9 Ide Bisnis Hobi yang Menguntungkan

Merawat kesehatan tubuh dan kesehatan psikologis sangat penting ditengah pandemi covid-19. Salah satu caranya adalah melakukan hobi agar kesehatan psikologis bisa terpelihara dengan baik. Saat ini bahkan sudah banyak masyarakat yang melakukan hobinya di tengah pandemi demi mengusir rasa bosan dan mempertahankan suasana hatinya agar bisa terus produktif. Bahkan beberapa hobi tersebut bisa mendatangkan ide bisnis yang menguntungkan.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas 9 ide bisnis yang mampu mendatangkan keuntungan dan dijadikan lahan bisnis. Berikut ini adalah ulasannya.

Ide Bisnis Hobi yang Mampu Mendatangkan Penghasilan

1. Membuat Video Tutorial Masak, Menjahit, Olah Raga, dll.

Bila Anda mempunyai kemampuan dalam hal mengedit video dan hobi tertentu seperti halnya memasak, menjahit, atau olahraga, maka manfaatkanlah kemampuan Anda untuk membuat video tutorial dan menguploadnya ke YouTube.

Keahlian edit video yang Anda perlukan tidak perlu hebat layaknya seorang professional, karena yang terpenting adalah Anda bisa menikmati proses pembuatan video tersebut. Terlebih lagi, saat ini video tutorial sangat digemari oleh banyak orang.

Meskipun jumlah penontonnya tidak bisa meningkat secara cepat, namun selalu ada saja yang mau menonton video tutorial. Terlebih lagi disaat banyak orang yang melakukan kegiatannya di dalam rumah, seperti memasak, olahraga dan mempelajari berbagai hal baru lewat YouTube.

Selain mampu menyalurkan hobi dan memberikan manfaat untuk orang lain, ide bisnis hobi ini juga bisa Anda jadikan sebagai peluang yang tepat untuk memperoleh penghasilan tambahan.

2. Penulis Freelance

Bila Anda mempunyai hobi menulis, maka Anda bisa menyalurkannya untuk menjadi penulis freelance. Andapun tidak perlu ahli dalam bidang tertentu untuk menjadi penulis, terlebih lagi saat ini sudah banyak media online yang mau menerima tulisan seperti puisi, artikel dan tulisan lainnya. Anda bisa memulainya dari tulisan formal hingga sekedar tulisan biasa yang dimuat dan dibayar oleh media online.

Jadi, jika biasanya Anda hanya terbiasa menulis di buku diari, maka sekarang Anda bisa memperoleh penghasilan tambahan sebagai seorang kontributor penulis freelance walau di dalam rumah saja dengan ide bisnis hobi ini.

Anda bisa mulai mencari berbagai situs media dan syarat pengiriman naskahnya. Jika sudah dapat, maka Anda bisa mulai menentukan karya tulisan yang menurut Anda cocok dan hendak Anda kirimkan. Jika tulisan Anda diterima oleh redaktur, maka bisanya mereka akan memberikan pemberitahuan akan hal tersebut.

Baca juga: Startup: Pengertian dan Perkembangannya di Indonesia

3. Membuka Jasa Desain Grafis Freelance

Jika selama ini Anda sangat suka mendesain gambar menggunakan berabagai software seperti adobe illustrator, adobe premier, dll. untuk kepuasan pribadi Anda saja, maka di masa pandemi saat ini Anda bisa coba menyalurkan hobi Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Anda bisa menjadi seorang desain grafis freelance dengan menggunakan aplikasi atau website freelance yang saat  ini sudah banyak tersebar. Anda juga bisa menawarkan jasa Anda pada mereka yang memiliki usaha dan membutuhkan konten gambar untuk selanjutnya di publish pada media sosialnya. Gambar tersebut bisa berupa logo, company profile, banner, dll.

Jasa desain grafis freelance akan sangat dibutuhkan oleh para pengusaha di Indonesia mengingat terbatasnya kegiatan masyarakar di luar rumah. Jika Anda bisa menawarkannya pada target yang tepat, maka hobi Anda ini bisa disalurkan dan mampu mendatangkan penghasilan yang menggiurkan.

4. Menjual Kerajinan Tangan Online

Daripada Anda kesal karena adanya peraturan PSBB yang membatasi ruang gerak Anda, maka lebih baik Anda membuat kerajinan tangan saja seperti membuat craft book, tas daur ulang, vas bunga dari tanah liat, dll. demi mengusir rasa bosan Anda. Jika kerajinan tangan yang Anda buat cukup bagus, maka Anda bisa coba menjualnya melalui media sosial atau berbagai marketplace.

Jika kendala Anda adalah pengiriman, maka Anda bisa menawarkan pada pelanggan Anda untuk menggunakan ojek online agar bisa tetap aman di rumah.

5. Membuat Podcast

Jika Anda hobi berbicara dimanapun dan kapanpun, atau lebih suka menuangkan ide dengan cara berbicara langsung daripada menulis, maka Anda bisa coba membuat podcast Anda sendiri.

Saat ini, podcast sudah menjadi sangat populer. Banyak sekali hal yang bisa Anda bagikan pada para pendengar Anda. Anda tidak perlu menggunakan berbagai alat yang canggih dan mahal, karena Anda bisa memulainya dengan menggunakan smartphone untuk merekam podcast dengan suara yang jernih dan jelas, lalu Anda bagikan di berbagai platform podcast agar Anda bisa mulai mendapatkan penghasilan.

Baca juga: Pengertian Inovasi Disruptif, Contoh, dan Tips Untuk Bisnis Anda

6. Menjual Camilan Secara Online

Saat ini, camilan menjadi sesuatu yang dibutuhkan oleh banyak orang ketika pandemi covid-19, mulai dari yang tradisional hingga yang kekinian. Kenapa? Karena mereka yang work from home atau belajar di rumah membutuhkan camilan untuk menemani aktivitasnya. Jadi, jika Anda suka melakukan eksperimen membuat camilan ketika di rumah, maka Anda bisa menyalurkannya untuk menambah pundi penghasilan Anda.

Proses promosinya pun tidak perlu yang terlalu rumit, karena kemungkinan akan banyak sekali dari mereka yang menyambut tawaran camilan Anda. Selain itu, kemampuan Anda dalam memproduksinya pun mungkin masih sangar terbatas. Anda bisa mulai menawarkannya pada tetangga, alumni, atau teman-teman yang rumahnya dekat dengan Anda, sehingga mereka bisa menikmati camilan dengan cepat tanpa repot-repot.

7. Buka Les Private Online

Berbeda halnya dengan Anda yang hobi mengajar atau berbagi ilmu dengan cara berinteraksi. Pada masa pandemi seperti saat ini, keterbatasan teknologi digital akan menjadi cobaan yang berat bagi setiap orang. Oleh karena itu, jika Anda hobi mengajar, maka Anda masih bisa tetap menyalurkan hobi sekaligus menambah penghasilan Anda tersebut.

Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi yang mempertemukan guru les dan calon murid, atau membuka jawal les online melalui berbagai media lain. Anda bisa memulai pengajaran pada bidang yang Anda tekuni, mulai dari pelajaran formal hingga nonformal.

Lalu, Anda tinggal mengatur tarif dan jadwal sesuai kesepakatan saja.

8. Menjual Catering Makanan Sehat Online

Selain camilan, Anda juga bisa menjual makanan berat yang saat ini banyak dibutuhkan oleh banyak orang.

Saat ini, banyak orang yang harus tetap bekerja di rumah dan tidak memiliki waktu untuk memasak. Disaat yang sama, mereka juga tidak bisa sembarangan dalam mendapatkan asupan gizinya karena mereka akan lebih memperhatikan makanan dan minumannya demi menjaga kesehatan tubuh dan sistem imun tubuh.

Oleh karena itu, kebutuhan akan catering makanan sehat akan sangat banyak dibutuhkan.

Nah, bila Anda memiliki hobi mengolah makanan sehat, Anda bisa menjadikan hobi tersebut sebagai peluang usaha untuk meningkatkan penghasilan Anda. Sama halnya dengan menjual camilan online, proses promosinya pun tidak harus dilakukan secara rumit hingga melakukan pengiriman ke luar kota. Anda bisa menawarkannya pada orang-orang disekitar lingkungan Anda yang membutuhkan makanan sehat.

9. Edit Foto dan Menjualnya Melalui Web Photography

Sebelum pandemi covid-19 terjadi, mungkin sebagian besar dari Anda yang hobi memotret lebih senang memburu gambar di luar rumah. Namun, saat ini Anda sudah tidak bisa atau terbatas dalam melakukannya. Nah, agar hobi tersebut bisa menambah pendapatan Anda, maka Anda bisa memotret berbagai hal unik di dalam rumah yang bisa dijadikan objek foro, atau Anda bisa membuka kembali galeri foto Anda dan mengedit foto tersebut.

Setelahnya, Anda bisa coba menjualnya pada berbagai website photography untuk mendapatkan bayaran yang tinggi.

Jika foto Anda dinilai bagus dan ada perusahaan atau internet marketer yang membelinya, maka Anda akan mendapatkan bayaran yang sangar besar. Berbagai situs photography tersebut bahkan berani membayar foto Anda dengan harga 100 dollar per-foto.

Untuk itu, mulai dari sekarang carilah objek-objek menarik di rumah Anda atau buka kembali galeri foto Anda untuk di edit dan dijual demi mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca juga: 9 Tips Ampuh Memulai Bisnis Kos-kosan

Siapkah Anda Untuk Menjalankan Ide Bisnis Hobi di Atas?

Berbagai ide bisnis hobi di atas hanyalah segelintir hobi yang mampu mendatangkan penghasilan tambahan di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini. Jika Anda memiliki hobi lain selain diatas dan Anda bisa melihat peluang bisnis di dalamnya, maka Anda bisa mencoba menyalurkan hobi tersebut.

Terlebih lagi, saat ini sudah banyak kisah sukses dari mereka yang menyalurkan hobinya menjadi peluang bisnis. Namun, jika Anda saat ini adalah salah satu yang sukses dalam menjalankan hobi Anda menjadi bisnis, maka Anda perlu melakukan pencatatan keuangan dengan baik agar bisnis Anda bisa lebih sukses di tengah pandemi covid-19.

Anda bisa memanfaatkan software akuntansi untuk memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan keuangan bisnis. Salah satu software akuntansi yang patut Anda pertimbangkan adalah Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan lebih mudah dalam membuat  dan mengecek laporan keuangan perusahaan Anda dimanapun dan kapanpun. Selain itu, data laporan juga akan tersimpan dengan aman dan Anda bisa lebih mudah dalam menggunakannya.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1