Karakter Pemimpin Seperti ini yang Harus Anda miliki Untuk Membangun Bisnis

Seperti yang kita ketahui bahwa kepemimpinan adalah salah satu yang paling penting dalam suatu perusahaan, karena sebagian besar keberhasilan dan kegagalan pada suatu perusahaan akan ditentukan oleh pimpinan dan karakter pemimpin di dalam perusahaan tersebut.

Di dalam kalimat seorang pemimpin, terdapat pengertian yang memiliki kandungan kalimat membina, mengatur, mengarahkan, menuntun, serta mempengaruhi atau menunjukkan.

Pemimpin harus memiliki etika berbisnis dan juga tanggung jawab, baik itu secara fisik ataupun spiritual atas suatu keberhasilan dan juga kinerja perusahaan yang dipimpin olehnya.

Oleh karena itu, menjadi seorang pemimpin pada dasarnya tidaklah mudah, dan setiap pemimpin memiliki karakternya masing-masing. Nah, berikut ini adalah beberapa karakter pemimpin yang harus Anda miliki untuk memimpin suatu perusahaan.

Tentang Karakter Pemimpin

Sebelumnya sudah kita singgung bahwa tidaklah mudah untuk menjadi seorang pemimpin. Diperlukan karakter dan juga kepribadian yang unik, pengaruh kondisi dan situasi dari luar juga seringkali membentuk suatu karakter pemimpin dan gaya seseorang dalam memimpin suatu perusahaannya.

Jadi, sebaik atau sehebat-hebatnya pemimpin, pasti akan selalu ada individu yang menganggapnya bukan pemimpin yang baik. Pun demikian sebaliknya, pemimpin yang kita nilai sebagai pemimpin yang tidak baik pasti akan ada anak buah atau pengikutnya yang beranggapan bahwa pemimpinnya adalah yang terbaik.

George R. Terry menjelaskan bahwa kepemimpinan adalah suatu hubungan yang ada dalam diri seseorang untuk mampu memengaruhi orang lain untuk bisa bekerja secara sadar dalam hubungan tugas agar bisa mencapai tujuannya.

Terry juga menjelaskan bahwa kepemimpinan adalah serangkaian kegiatan untuk bisa memengaruhi setiap orang agar mau bekerja sama dalam mencapai tujuan kelompok secara sukarela.

Sedangkan suradinata berpendapat bahwa kepemimpinan adalah mereka yang memimpin suatu kelompok, baik itu organisasi ataupun perusahaan, dan mampu untuk mengendalikan, memengaruhi pikiran, perasaan, atau tingkah laku orang lain dalam mencapai suatu tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Ordy Teas menerangkan bahwa pemimpin adalah sebagai gabungan peringai yang memungkinkan seseorang agar mampu memotivasi pihak lain dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Terakhir, Rauch dan Behling menjelaskan bahwa kepemimpinan adalah suatu proses yang mampu memengaruhi suatu kegiatan dalam suatu kelompok yang didorong ke arah pencapaian suatu tujuan.

Baca juga: Pengertian Rencana Strategis Pada Bisnis, Tahapan, Komponen, dan Manfaatnya

Berbagai Karakter Pemimpin yang Harus Anda ketahui

1. Memiliki Pendirian Teguh

Seorang pemimpin harus mempunyai karakter yang teguh akan pendiriannya, serta tidak mudah terpengaruh dengan pendapat orang lain. Seorang pemimpin yang mempunyai pendirian yang teguh akan mampu menjadi seorang pemimpin yang bergerak sesuai dengan visi dan misinya, tanpa terpengaruh berbagai pendapat yang ada di sekitarnya.

Selain itu, pemimpin juga harus mempunyai komitmen pada setiap keputusan dan juga tindakan yang dilakukan, bila Anda menerapkan karakter seperti itu di dalam diri Anda, maka bisa dipastikan setiap bawahan Anda akan mempunyai tanggung jawab yang penuh pada setiap pekerjaan yang Anda berikan.

2. Jujur

Karakter pemimpin yang jujur sangat diperlukan oleh setiap organisasi. Kejujuran ini harus bisa diaplikasikan pada anggota tim atau kliennya pada setiap risiko yang ia pimpin, baik itu terkait kerugian atau keuntungan yang dialami oleh perusahaan.

Pemimpin juga harus mempunyai sikap yang terbuka pada setiap kondisi yang terjadi, dengan begitu Anda akan mampu mempererat relasi, sehingga akan memungkinkan Anda memperoleh pendapat yang mampu membantu Anda keluar dari kondisi sulit.

3. Adil

Sikap adil akan selalu diperlukan dalam setiap karakter pemimpin. Karakter pemimpin yang adil akan membuat setiap karyawan merasakan keadilan yang ada dalam diri pemimpinnya. Untuk itu, jangan sampai ada kecemburuan sosial pada setiap karyawan yang bisa menimbulkan terhambatnya bisnis yang sedang Anda lakukan.

Seorang pemimpin yang adil akan mengerti dan memahami pekerjaan apa saja yang pantas untuk diberikan pada karyawannya, sesuai dengan kapasitas yang dimiliki oleh setiap karyawan. Seorang pemimpin yang mampu bersikap adil akan lebih dihargai dan juga dihormati oleh setiap karyawannya.

4. Cerdas

Pemimpin juga harus memiliki pengetahuan yang luas. Jadi, setiap pemimpin harus bersedia mentransfer ilmu pengetahuannya pada setiap karyawan atau anggota tim dan mengajarkan mereka pengetahuan yang mungkin saja belum mereka pahami.

5. Mampu Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apapun

Dalam dunia bisnis, pasti akan selalu ada kondisi jatuh dan bangun. Nah, dalam kondisi seperti ini, seorang pemimpin harus bisa selalu tenang dalam menghadapi kondisi yang ada.

Temukanlah jalan keluar terbaik yang mampu membangun perusahaan Anda kembali, usahakan untuk tidak membuat karyawan Anda khawatir tentang kondisi yang terjadi, tingkatkanlah rasa kepercayaan dan semangat dari karyawan untuk bisa membuat keputusan yang tepat ditengah badai krisis yang sedang dialami.

6. Komunikasi yang Baik

Setiap pemimpin harus mampu membangun komunikasi yang baik pada setiap karyawannya. Dengan sering berkomunikasi nya seorang pemimpin dengan timnya, maka akan lebih memudahkan mereka dalam memahami maksud dan tujuan yang akan diberikan.

Selain itu, dengan adanya komunikasi yang baik antar pemimpin dan karyawan, maka akan bisa menghindari adanya perbedaan pendapat dan juga kesalahpahaman yang bisa menyebabkan kerugian dalam menjalankan bisnis.

7. Bertanggung Jawab

Seorang pemimpin harus memiliki sikap yang bertanggung jawab dan bermental baja. Jadi, setiap pemimpin harus sudah siap menerima setiap resiko yang mungkin saja bisa terjadi pada bisnis yang sedang dijalankan. Dan dalam kondisi seperti inilah sikap dan tanggung jawab tersebut akan sangat diperlukan oleh setiap pemimpin.

8. Menginspirasi

Seorang pemimpin juga harus mampu menginspirasi setiap karyawannya. Seorang pemimpin yang mampu menginspirasi juga akan memberikan dampak yang positif pada karyawannya. Sehingga, secara langsung akan mampu memotivasi anggota tim ataupun orang lain yang mendengarkannya.

Saat seorang pemimpin mampu memberikan inspirasi atau motivasi pada karyawannya, maka hal tersebut akan meningkatkan semangat kerja anggota timnya, dan akan semakin membuat mereka terinspirasi pada perkataan yang diberikan oleh pemimpinnya. Sehingga, mereka akan lebih tekun dan giat dalam bekerja.

9. Keyakinan

Karakter pemimpin yang baik adalah yang memiliki rasa percaya diri yang cukup untuk mampu memastikan orang lain atau anggota tim dalam mengikuti arahannya. Jika rasa percaya diri atau keyakinan dalam mengambil keputusan tidak dimiliki, maka setiap anggota tim juga akan ragu dan tidak mau mengikutinya.

Rasa percaya diri akan menunjukkan ketegasan dalam mengambil suatu kebijakan, bahkan jika itu dalam kondisi yang sedang krisis sekalipun. Tapi, bukan berarti seorang pemimpin harus selalu tampil percaya diri, namun minimal mampu mencerminkan tingkat kepercayaan yang dibutuhkan untuk bisa memastikan setiap anggota tim mempercayai pemimpinnya.

10. Empati

Setiap pemimpin juga harus memiliki rasa empati yang baik pada bawahan atau karyawannya. Karakter pemimpin seperti ini harus memiliki rasa kepedulian yang tinggi pada karyawan dan kepekaan yang tinggi pada lingkungan kerjanya. Untuk itu, kondisi setiap karyawan harus bisa diperhatikan lebih serius.

Rasa empati pada setiap masalah yang sedang dialami oleh para karyawan adalah suatu hal yang penting dan harus dimiliki. Untuk itu, cobalah untuk bisa memahami kondisi setiap anggota sebagai bentuk rasa kepedulian pemimpin pada mereka.

Baca juga: Roadmap Adalah: Pengertian dan Tips Membuat Produk Roadmap yang Baik

Penutup

Itulah berbagai karakter pemimpin yang harus Anda terapkan dalam memimpin suatu bisnis atau perusahaan. Pemimpin adalah kunci utama setiap keberhasilan karyawan, tidak adanya pemimpin akan membuat visi dan misi yang dilakukan tidak akan bisa dilakukan dengan baik karena tidak ada arahan.

Suatu kepedulian pemimpin yang diberikan pada bawahannya bukan hanya bisa dilihat dari karakter pemimpin nya, tapi juga dari cara pemimpin dalam memperlakukan para anggota tim dalam melakukan pekerjaan.

Setiap pemimpin harus mampu membuat suatu pekerjaan yang lebih nyaman dan tidak menambah kesulitan karyawan ketika melakukannya, seperti dalam hal menghitung laporan keuangan.

Sebagai seorang pemimpin, Anda juga harus selalu bijak dalam menentukan strategi baru dalam menghitung setiap laporan keuangan bisnis Anda.

Nah,dengan menggunakan aplikasi akuntansi dari Accurate Online, Anda akan mampu membantu kesulitan yang dialami oleh anggota tim dalam menghitung laporan keuangan, sehingga bisnis yang Anda jalanan juga akan memperoleh keuntungan yang mampu membuat bisnis Anda semakin aman dan jauh dari setiap kerugian yang ada.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.