Kerajinan Rotan: Peluang dan Tips Memulai Usahanya

Di tangan orang yang memiliki kreativitas dan inovasi, kerajinan rotan bisa menjadi berbagai macam produk yang memiliki nilai jual tinggi.

Di era digital marketing seperti sekarang ini, para pengusaha rotan juga tidak perlu bingung dengan bagaimana cara memasarkan produk kerajinan rotannya. Mereka bisa membuka lapak secara online dan menentukan target pasarnya sendiri.

Kerajinan rotan umumnya terbuat dari rotan, namun diciptakan kembali dengan bentuk yang beragam. Bisa menjadi furniture, peralatan rumah tangga dan lain sebagainya.

Bagaimana peluang bisnis kerajinan rotan? Apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin memulai bisnis ini. Artikel ini akan membahas secara lebih lengkap.

Bahan Kerajinan Rotan

Bahan utama untuk membuat kerajinan rotan adalah rotan itu sendiri. Rotan merupakan salah satu tanaman merambat yang biasanya banyak dijumpai di area hutan di Indonesia.

Orang seringkali menyebut rotan sebagai kayu, namun aslinya rotan merupakan suatu tanaman dengan bentuk batang langsing, memiliki ruas dan tidak berduri. Bagian yang sering dijadikan kerajinan rotan adalah bagian batangnya.

Rotan-rotan yang sudah diambil dari hutan akan mengalami serangkaian proses pengolahan, hingga siap menjadi produk rotan yang jadi. Prosesnya cukup panjang, mulai dari penggorengan, penggosokan, pengeringan, pengupasan, pengasapan hingga pengawetan.

Tanaman rotan ini banyak dipilih sebagai bahan furniture karena memiliki bentuk yang unik, juga nilai seni yang tinggi. Tanaman rotan mudah dibentuk, dan memiliki ketahanan yang lebih baik, dibandingkan kayu.

Baca juga: Bisnis Hampers Adalah: Ini Pengertian, Strategi dan Analisa Keuntungannya

Peluang Bisnis Kerajinan Rotan

Rotan ternyata memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan kayu yang sering dimanfaatkan untuk bahan kerajinan. Bahannya yang lebih tahan lama dan lebih kuat menjadikan kerajinan ini banyak diminati masyarakat.

Beberapa produk yang bisa dibuat dengan bahan rotan seperti kursi, tas, vas bunga, tudung nasi, keranjang, bakul dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana dengan peluang bisnis rotan saat ini? Sebagai pebisnis pemula, Anda harus mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis kerajinan rotan di Indonesia.

Kalau bisa, Anda harus mampu menciptakan produk yang lebih menarik, bagus dan unik daripada yang lainnya.

Alasan Terjun di Bisnis Kerajinan Rotan

Kenapa harus bisnis ini, mengapa tidak mencoba bisnis yang lain saja? Kerajinan ini ternyata masih mendapatkan tempat di masyarakat Indonesia, bahkan mancanegara.

Oleh karena itu, masih banyak orang yang memilih menjalankan usaha kerajinan rotan hingga saat ini. Berikut beberapa alasan mengapa bisnis kerajinan ini bisa menguntungkan:

  • Bisa Dibentuk Menjadi Banyak Jenis Produk

Produk rotan dengan ukuran besar atau ukuran kecil bisa disesuaikan dengan modal yang Anda miliki. Kerajinan rotan yang ukurannya lebih besar akan membutuhkan modal yang lebih besar juga. Anda tinggal mengembangkan kreatifitas dalam membuat aneka bentuk kerajinan.

  • Memiliki Pasar yang Luas

Kerajinan ini sejak dulu sudah bisa diekspor ke luar negeri. Produk ini juga laku di pasar lokal. Jika ingin melakukan ekspor, siapkan juga modal yang lebih banyak. Namun, jangan khawatir karena pendapatan penjualan juga akan lebih besar.

  • Kerajinan Tangan yang Di Apresiasi

Jenis usaha kreatif khas Indonesia yang banyak mendapatkan dukungan dari pemerintah adalah kerajinan rotan.

Apresiasi ini akan hadir dalam bentuk pemberian modal usaha, atau kelengkapan untuk acara pameran. Masyarakat lokal juga tidak menganggap bahwa rotan harganya mahal, karena disesuaikan dengan proses pembuatannya yang cukup sulit.

  • Strategi Pemasaran yang Modern

Dulu, kerajinan ini banyak dijual secara manual, seperti door to door. Namun, sekarang ini sudah banyak platform digital yang dapat membantu penjualan online dengan jangkauan pasar yang lebih luas.

Tips Membuka Usaha Kerajinan Rotan

Jika ingin memulai usaha ini, sebaiknya lakukanlah survey terlebih dulu kepada orang-orang yang lebih dulu menjalani bisnis ini. Selain itu, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Menentukan Modal yang Diperlukan

Modal untuk kerajinan rotan harus memperhitungkan beberapa aspek di dalamnya. Pertimbangankanlah biaya untuk bahan baku rotan, upah tenaga kerja (pengrajin) dan peralatan yang dibutuhkan.

Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki kebun rotan sendiri. Perhitungkan semua dengan detail, agar Anda mengetahui dengan jelas berapa modal yang diperlukan.

  • Menentukan Harga Jual Produk

Beberapa produk rotan memiliki harga yang bervariasi. Biasanya harga ini tergantung dari proses pembuatanya yang rumit atau dari modal yang dikeluarkan.

Harga kerajinan ini sebenarnya masih cukup terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah. Misalnya, harga untuk sebuah tas rotan adalah Rp 100.000 – Rp 150.000. Dengan keunikan yang ditampilkan, rasanya konsumen akan banyak membeli produk tersebut.

  • Menentukan Target Konsumen

Langkah selanjutnya, Anda harus menentukan siapa yang akan menjadi target konsumen untuk bisnis kerajinan rotan Anda.

Tidak sulit untuk menentukan calon konsumen, Anda tinggal menyesuaikan dengan produk yang dijual. Misalnya, kerajinan yang dijual adalah sebuah tas rotan, maka target pasarnya adalah para wanita.

  • Melakukan Pemasaran Produk Kerajinan Rotan

Ciri khas dari kerajinan rotan adalah memiliki gaya yang klasik dan kesan elegan juga modern. Produk seperti ini kini bisa dipasarkan secara online. Selain itu, Anda bisa mengikuti pameran-pameran kerajinan atau titipkan produk kerajinan tersebut di supermarket terdekat.

Pemasaran online dianggap cukup positif dalam menaikan jumlah konsumen dengan lebih cepat. Pasanglah foto produk yang berkualitas tinggi dan menarik untuk dilihat. Buatlah website pribadi atau masukan ke e-commerce populer dan lakukan promosi berkala di social media.

Baca juga: Bisnis Agency Adalah: Pengertian, Struktur Organisasi dan Jenis Agency di Indonesia

Kesimpulan

Memulai usaha kerajinan rotan memang membutuhkan kreativitas yang tinggi, serta mampu menentukan strategi penjualan yang tepat dengan target market yang sesuai.

Usaha ini sebenarnya akan selalu diperlukan, mengingat ciri khas yang dimiliki produk-produk dari rotan yang klasik dan elegan.

Pastikan pengusaha kerajinan rotan sudah memiliki karyawan (pengrajin rotan) yang ahli, memiliki peralatan yang lengkap, serta pembukuan yang terstruktur dengan baik. Dengan begitu, usaha kerajinan Anda lebih profesional dibandingkan yang lainnya.

Jika ingin memiliki pembukuan keuangan yang terstruktur, para pengusaha harus menggunakan software akuntansi dan bisnis yang memiliki fitur lengkap seperti Accurate Online. Software akuntansi dan bisnis ini akan sangat dibutuhkan di era bisnis online seperti saat ini.

Accurate online sudah membantu sebanyak 300 ribu lebih pengusaha di Indonesia, dalam membuat berbagai laporan keuangan, serta pembukuan yang lebih modern, akurat dan tepat.

Jadikan pembukuan sebagai tanda bahwa usaha kerajinan rotan tersebut memiliki keuntungan yang tercatat dengan jelas setiap tahunnya. Cobalah software Accurate Online ini sekarang, dan dapatkan gratis selama 30 hari untuk mencobanya!accurate 3 banner bawah