Bisnis Hampers Adalah: Ini Pengertian, Strategi dan Analisa Keuntungannya
Belakang ini, bisnis hampers adalah bisnis yang banyak digandrungi oleh masyarakat. Pasalnya, hampers banyak dijadikan sebagai hadiah di hari special, dengan bentuk yang unik dan cantik.
Permintaan hampers akan lebih banyak ketika mendekati hari special, seperti Ramadhan, Idul fitri, hingga Natal dan Tahun baru.
Hampers sering disamakan dengan parcel, padahal keduanya memiliki perbedaan. Bisa dibilang, kini hampers lebih banyak diminati dibandingkan parcel. Penasaran dengan bisnis hampers, berikut ulasan lengkapnya.
Pengertian Hampers Adalah
Hampers adalah istilah dalam Bahasa Inggris untuk sebuah keranjang yang terbuat dari anyaman. Di wilayah Amerika, hampers disebut sebagai keranjang untuk peralatan rumah tangga.
Setiap barang yang dikemas dalam sebuah keranjang anyaman di sana akan disebut hampers. Hampers berbeda dengan parcel, baik secara harfiah maupun secara bentuknya.
Di Indonesia, hampers dijadikan sebagai salah satu bisnis musiman yang laris manis. Hampers banyak dipesan dalam acara besar seperti Ramadhan, Idul Fitri, Natal, Imlek dan Tahun Baru.
Hampers juga sering dipesan oleh pelanggan yang ingin membuat kado cantik untuk diberikan kepada orang tersayang. Hampers yang memiliki bentuk yang cantik dan bervariasi juga sering menjadi objek foto untuk di post di social media.
Baca juga: Bisnis Car Wash: Jenis Peluang Usaha, Analisa Modal dan Tips Sukses Menjalankannya
Perbedaan Hampers dan Parcel
Masyarakat kita masih sering menganggap parcel dan hampers itu sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan.
Parcel dalam Bahasa Inggris artinya “ a thing wrapped in paper in order to be carried or sent by mail”. Dalam Bahasa Indonesia, artinya sesuatu yang dibungkus dan dikirimkan lewat pos. Itu berarti, parcel lebih cenderung pada paket yang dikemas oleh kertas.
Sementara hampers adalah wadah berbentuk keranjang untuk peralatan rumah tangga. Artinya, barang –barang apa saja yang disimpan dalam hampers, kemudian dijadikan bingkisan.
Seiring berkembangnya zaman, parcel dan hampers juga banyak mengalami inovasi dan sentuhan kreatif dari pemilik bisnis. Parcel kini bisa dikemas dengan kertas warna-warni, sementara hampers bisa diisi dengan berbagai jenis produk yang bisa di request.
Peluang Bisnis Hampers
Hampers adalah suatu bisnis musiman yang akan laris manis menjelang hari-hari besar di Indonesia. Bisnis hampers memiliki peluang yang cukup besar.
Saat hari-hari besar itu tiba, akan banyak perusahaan yang ingin mengirimkan hampers cantik untuk karyawannya. Ada juga para professional yang ingin memberikan bingkisan hampers untuk para klien atau konsumennya.
Di luar hari-hari besar, bisnis hampers juga menerima pesanan untuk hadiah ulang tahun, lahiran, wisuda dan lain sebagainya. Para pebisnis hampers biasanya akan menggunakan sistem pre order, sehingga hampers hanya dibuat ketika pemesan atau calon pembeli sudah melakukan pembayaran.
Rata-rata harga jual hampers biasanya tergantung dari ukuran dan banyaknya barang yang terdapat di dalam keranjang hampers. Harga hampers berkisar antara Rp. 100.000 hingga Rp. 800.000. Pebisnis hampers pemula sebaiknya juga memperhitungkan biaya bahan-bahan dan operasional yang diperlukan.
Jenis-Jenis Hampers
Bisnis hampers yang muncul belakangan ini ternyata menyediakan berbagai jenis hampers dengan keunikan tersendiri. Berikut ini jenis-jenis hampers yang laku di pasaran:
- Satu Set Hampers Alat Makan: Jenis ini sering dijadikan sebagai hampers pernikahan. Alat-alat makan lengkap dari mulai sendok, garpu, pisau dan sumpit dikemas secara unik dan cantik.
- Satu set Hampers Self- Care: Biasanya ada di hampers pernikahan atau hampers yang dijual oleh suatu brand tertentu. Isi dari hampers ini biasanya berupa sabun batang, krim malam, serum wajah dan lain sebagainya
- Satu Set Hampers Fashion: Hampers fashion ini paling laris saat ini, dan isinya bisa bermacam-macam. Beberapa hampers yang paling laris adalah jilbab, baju, masker dan lain sebagainya.
- Hampers Aneka Minuman dan Makanan,:Hampers ini juga sering dijadikan bingkisan untuk ulang tahun. Isinya Berupa toples kue kecil, brownies hingga kemasan kopi premium.
- Hampers Paket Buku Catatan/ Notes: Hampers ulang tahun biasanya banyak menggunakan set berupa buku catatan cantik, dengan kemasan yang estetis.
Strategi Memulai Bisnis Hampers
Melihat peluang bisnis hampers yang menjanjikan, bisnis hampers adalah bisnis yang juga cocok bagi pemula. Namun, Anda harus menerapkan strategi khusus agar bisnis hampers Anda bisa laris di pasaran. Apa saja strategi yang bisa dilakukan untuk meraih keuntungan secara maksimal, berikut ini ulasannya:
-
Membuat Katalog Offline dan Online
Katalog merupakan bentuk promosi yang dapat membuat konsumen kenal dengan produk hampers dari bisnis hampers Anda . Untuk itu, buatlah katalog offline dan juga online, karena penjualan hampers saat ini malah banyak dilakukan secara online. Buatlah katalog dalam bentuk file image atau PDF.
-
Memilih Vendor yang Berpengalaman
Sebelum memilih vendor, Anda harus menentukan dulu jenis hampers mana yang akan Anda jual. Kemudian hubungi vendor yang terpercaya. Jika sudah menentukan jenis hampers dan vendor, pastikan membuat surat perjanjian di antara kedua belah pihak, agar sama-sama diuntungkan.
-
Pelajari Mengemas Dengan Estetis dan Kreatif
Ini merupakan kunci untuk membuat hampers cantik yang banyak diminati. Jika ingin memulai bisnis hampers, belajarlah mengemas secara kreatif dan estetis. Anda bisa mempelajarinya secara online, seperti di situs Craft gratis via Youtube atau Google.
-
Membuat Kartu Ucapan yang Unik dan Khas
Hampers adalah gift yang identik dengan kartu ucapan khas di dekatnya. Untuk itu, membuat kartu ucapan sangat wajib. Buatlah kartu ucapan yang khas agar menjadi selling point bagi produk Anda .
Anda bisa berkreasi dengan sebuah quote, puisi, kata-kata manis dan lain sebagainya. Berikan sentuhan-sentuhan kreatif pada tulisan tersebut.
-
Promosi Semaksimal Mungkin di Sosial media
Promosi online merupakan cara promosi yang jitu untuk menjual produk hampers Anda . Oleh sebab itu, lakukan promosi semaksimal mungkin lewat sosial media. Buatlah iklan promosi yang menarik, dengan sentuhan fotografi dan editing yang estetik.
Analisa Keuntungan Bisnis Hampers
Sudah memahami jenis-jenis hampers dan peluang bisnis hampers, kira-kira bagaimana analisa keuntungan bisnis hampers ini ya? Berikut simulasi perhitungannya:
Modal untuk membuat bisnis hampers adalah biaya-biaya untuk membeli aksesoris dan isi dari hampers tersebut, diasumsikan Rp 9.000.000
Kemudian Anda asumsikan harga jual hampers adalah Rp 250.000 hingga Rp 300.000.
Maka keuntungan yang bisa didapatkan sebagai berikut:
= (50 buah X Rp 300.000) – Modal
= (Rp 15.000.000) – (Rp 9.000.000)
= Rp 6.000.000
Bagaimana? Keuntungan yang didapatkan lumayan bukan? Itu untuk asumsi penjualan 50 hampers per hari. Pastikan Anda lebih kreatif dalam merangkai hampers lebaran, hampers pernikahan hingga hampers ulang tahun, agar harga jual hampers bisa lebih tinggi.
Baca juga: Bisnis Agency Adalah: Pengertian, Struktur Organisasi dan Jenis Agency di Indonesia
Kesimpulan
Hampers adalah suatu bingkisan dalam keranjang rotan yang ternyata memiliki nilai jual yang tinggi jika diberi sentuhan kreatifitas dan inovasi. Bisnis hampers kian marak, karena sebagian masyarakat kita mulai mengikuti tren memberikan hadiah spesial untuk acara yang spesial.
Agar bisnis hampers Anda lebih sukses, pastikan untuk melakukan pencatatan keuangan dengan baik, agar bisa mengetahui berapa keuntungan yang didapatkan. Salah satu cara tercepat untuk membuat laporan pembukuan bisnis hampers adalah dengan software akuntansi dan bisnis Accurate Online.
Accurate online dapat membantu bisnis Anda dalam mencatat pengeluaran, pemasukan, modal, hingga membuat laporan keuangan yang akan dibutuhkan dalam setiap bisnis.
Dengan pengalaman membantu 300 ribu lebih pengusaha di Indonesia dalam membuat laporan pembukuan yang akurat, cepat dan tepat, software akuntansi ini harus dicoba.
Kabar baiknya, ada penawaran selama 30 hari untuk mencoba software Accurate online ini secara gratis. Tunggu apa lagi, Ayo coba sekarang!
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.