Kompetitor Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Pintar Menghadapinya

Pada dasarnya kompetitor adalah pesaing bisnis dan mereka sudah sangat umum ada di dunia bisnis. Setiap bisnis yang dibangun pasti mempunyai pesaingnya sendiri. Baik itu cuma satu, dua, atau bahkan puluhan pesaing, yang mana setiap pesaing tersebut pasti berlomba untuk bisa mendapatkan pelanggan yang sama.

Untuk itu, diperlukan segala persiapan yang matang agar bisnis yang dijalankan bisa merebut hati setiap konsumen. Terlebih lagi jika usaha yang akan dibangun memiliki produk atau jasa yang sudah banyak ditemukan dipasar. Diperlukan ide yang lebih baru dan cemerlang untuk menjalankannya.

Tingkat persaingan di pasar akan jauh lebih sulit lagi jika kompetitor Anda sudah lama berdiri daripada usaha yang akan dirintis.

Kompetitor adalah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kompetitor adalah satu atau beberapa pesaing usaha yang mempunyai produk barang atau jasa yang sama dengan bisnis Anda. Mereka seringkali dianggap sebagai suatu tantangan atau risiko yang harus ditaklukan agar usaha yang dijalankan menjadi berhasil atau mendapatkan keuntungan.

Jika Anda salah memperlakukan mereka, maka mereka pun akan memberikan dampak yang serius bagi bisnis Anda. Mulai dari konsumen yang lebih memilih kompetitor Anda, hingga membuat Anda menjadi bangkrut.

Salah memperlakukan kompetitor, akan memberikan pengaruh dan dampak yang serius. Mulai dari konsumen yang berpindah haluan hingga membuat perusahaan yang dimiliki gulung tikar.

Baca juga: Kartel Adalah: Pengertian, Jenis, Karakteristik, dan Dampak dalam Perekonomian

Lantas, Apa Manfaat Kompetitor?

Jika diperhatikan dari segi positifnya, maka kompetitor pun sebenarnya mampu memberikan manfaat yang baik pada suatu bisnis. nah, berikut ini adalah manfaat dari kompetitor.

  • Memberikan Motivasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa kompetitor memang mampu memberikan hal positif pada suatu bisnis, karena mereka mampu memacu Anda untuk bisa selalu memberikan yang terbaik untuk konsumen Anda. Mulai dari tingkat pelayanan, menjaga kualitas produk, hingga menciptakan suatu inovasi serta kreativitas yang baru pada bisnis Anda.

Anda sebagai seorang pebisnis juga nantinya bisa melakukan evaluasi dan juga mendapatkan kekurangan yang selama ini dirasakan dan juga tidak disukai oleh konsumen Anda. seluruh hal tersebut dilakukan agar tidak ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh kompetitor Anda.

  • Meningkatkan Performa Pebisnis

Dorongan yang kuat yang dirasakan oleh setiap pebisnis tentunya akan memberikan dampak yang baik bagi performa suatu bisnis. sehingga Anda akan menjadi semakin bersemangat untuk bisa mengejar kompetitor Anda, dan bahkan mendahului mereka.

Dampak paling besar yang bisa Anda rasakan kemungkinan adalah keuntungan yang semakin meningkat, karena performa yang Anda berikan untuk bisnis Anda semakin besar juga.

  • Selalu Berpikir Lebih baik dari Kompetitor

Seorang pebisnis yang baik adalah mereka yang tidak selalu berada pada zona nyamannya dan selalu berpikir lebih baik dalam hal strategi agar tidak tertinggal satu langkah pun dari kompetitornya.

Kehadiran kompetitor tentu akan membuat Anda sebagai pebisnis untuk berpikir out of the box serta memikirkan strategi pemasaran yang baik lagi. Untuk itu, cobalah berbagai hal baru yang saat ini tengah berkembang.

  • Mendapatkan Pelanggan Setia

Berbagai usaha yang sudah Anda lakukan sebelumnya tentunya akan memberikan hasil yang memuaskan, seperti hadirnya pelanggan setia yang selalu membeli produk dari Anda.

Alasan utamanya tidak lain adalah karena Anda mampu memberikan berbagai pelayanan yang memuaskan, kualitas produk yang baik, serta berbagai strategi marketing yang baik. Sehingga, brand Anda bisa bertahan di kondisi yang sulit sekalipun.

Para pelanggan akan merasa seluruh sarannya didengar oleh Anda karena Anda mampu memperbaiki diri untuk selalu mengikuti tren pasar.

Cara Menghadapi Kompetitor dengan Pintar

1. Jangan Menjadi Peniru

Langkah pertama yang harus dilakukan saat bersaing dalam suatu bisnis adalah dengan tidak menjadi peniru. Walaupun di pasar ada banyak sekali pesaing yang memiliki produk barang dan jasa yang sama, bukan berarti Anda harus meniru berbagai hal yang mereka tampilkan dan mereka berikan kepada konsumen.

Untuk itu, Anda harus segera membuang jauh-jauh pemikiran seperti itu. Meniru hanya akan membuat produk Anda semakin buruk di mata konsumen karena mereka menilai bisnis Anda adalah plagiat.

Untuk itu, cobalah Anda memposisikan diri sebagai kompetitor yang konsepnya Anda curi, pastinya nanti Anda akan merasa kesal dan membuat persaingan bisnis menjadi tidak sehat.

2. Jangan Lengah dengan Kompetisi  

Mengabaikan kompetitor adalah suatu tindakan yang keliru, karena hal itu akan berdampak besar pada bisnis. Anda. sewaktu-waktu, mereka bisa saja mencuri pelanggan setia Anda.

Walaupun saat ini Anda merasa mungkin produk Anda adalah produk terbaik, tapi tetap saja kompetitor akan berusaha keras untuk mengungguli produk Anda dengan berbagai cara yang gila. Untuk itu, Anda tidak boleh lengah dengan adanya kompetisi di pasar.

3. Jangan Menganggap Remeh Sebuah Kompetisi

Cara lain yang tidak boleh Anda abaikan adalah dengan tidak menganggap remeh suatu persaingan atau kompetisi dagang. Akan ada berbagai kompetitor baru setiap hari, jam, menit bahkan detiknya yang mampu mengancam bisnis Anda.

Mereka akan hadir dalam berbagai macam jenis, bentuk, atau ukuran dari berbagai celah bisnis yang ada. Mereka datang dengan tujuan yang pastinya sama, yaitu mengalahkan Anda.

Selain itu, Anda juga tetap tidak boleh menganggap enteng para kompetitor kecil, karena terkadang mereka lah yang lebih berbahaya dan lebih mengancam untuk bisnis Anda.

Hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya perusahaan besar yang jatuh karena birokrasi di dalam perusahaannya sendiri, namun perusahaan baru atau startup selalu bergerak gesit dan lebih cepat di bawah radar.

Mereka akan sangat berani untuk mengambil jalan pintas dan berani mengambil risiko yang besar. Untuk itu, hindari menganggap remeh para pesaing Anda, khususnya pesaing kecil.

4. Jangan Bermain Kotor

Sebagai seorang pebisnis atau wirausaha, maka Anda harus selalu bersikap bijak dan cerdas dalam mengambil langkah pada setiap keputusan yang Anda. Anda tidak harus membalas dendam ketika ada kompetitor lain yang mampu mencuri pelanggan tetap Anda.

Jika memang mereka seperti itu, maka Anda harus mengevaluasi bisnis Anda, apakah ada yang salah atau ada yang harus diperbaiki atau memang mereka melakukan hal licik.

Kompetitor yang berani melakukan hal licik, besar kemungkinan mereka tidak mengutamakan rasa puas pelanggannya, mereka hanya mengejar keuntungan semata saja. Ketika para pelanggan setia Anda menyadari hal tersebut, pastinya mereka akan kembali lagi untuk membeli produk Anda walaupun lebih mahal.

Untuk itu, Anda tidak harus melakukan hal licik, karena segala sesuatu yang dilakukan secara licik tidak akan pernah bisa bertahan lama.

Penyebab Terjadinya Persaingan Usaha

  • Salah Memilih Lokasi

Pemilihan lokasi bisnis Adalah hal yang paling penting yang harus diperhatikan saat membuka suatu usaha. Keliru dalam memilih lokasi bisa menjadi penyebab kehadiran kompetitor. Bisa jadi seluruh ide dan rencana yang sudah Anda pikirkan dengan batang bisa dicuri oleh kompetitor Anda begitu saja, dan mereka bisa membuka usahanya ditempat lain yang dinilai lebih strategis.

Sehingga, setiap kali Anda berusaha membuat promosi iklan yang bagus, yang muncul di pikiran konsumen Anda justru adalah kompetitor Anda, karena mereka lebih familiar dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh kompetitor Anda, walaupun ide tersebut adalah ide dari Anda.

Hal tersebut tentunya akan memberikan dampak kerugian yang luar biasa untuk Anda

  • Produk Tidak Mampu Memenuhi Ekspektasi Konsumen

Seperti yang sebelumnya sudah kita jelaskan bahwa membangun suatu bisnis tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda harus melakukan riset dan analisa. Sebagai pebisnis yang baik, Anda harus mengetahui produk apa yang memang laku dijual di pasaran. Dengan begitu, maka bisnis Anda akan ramai secara otomatis.

Namun, bila syarat tersebut ternyata tidak mampu Anda penuhi, maka konsumen Anda tentu tidak akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

  • Salah Mengambil Langkah

Sebelum Anda menerapkan berbagai strategi pemasaran, Anda harus mempertimbangkan segala kemungkinan dampaknya untuk perusahaan Anda. jangan sampai berbagai strategi yang sudah Anda pikirkan justru akan gagal karena tidak bisa berjalan secara maksimal. Nantinya, hal tersebut akan dilihat sebagai peluang oleh kompetitor Anda.

Alasan tersebut juga nantinya akan melahirkan kompetitor baru yang lebih hebat. Mereka yang pada mulanya memang tidak berniat membuka usaha akan menjadi tergiur dan membuka usaha pada bidang yang sama karena melihat kegagalan Anda.

Baca juga: Pengertian Wiraswasta dan Bedanya Dengan Wirausaha

Penutup

Berdasarkan penjelasan yang sudah kita bahas bersama diatas, maka bisa kita simpulkan bahwa kompetitor adalah pesaing bisnis yang tidak boleh Anda anggap remeh sedikitpun, baik itu kompetitor kecil atau besar. Anda tidak bisa sepenuhnya menghilangkan mereka dalam pasar.

Tapi, mereka bukanlah ancaman yang besar selama Anda bisa menerima dan menghadapi mereka dengan cara yang baik. Karena kehadiran mereka akan memotivasi Anda untuk selalu tampil lebih baik dalam melayani pelanggan Anda dengan berbagai strategi yang Anda.

Salah satu cara yang baik dalam menghadapi mereka adalah dengan melakukan strategi pemasaran, manajemen keuangan dan manajemen persedian yang lebih baik daripada kompetitor.

Nah, untuk membantu Anda dalam melakukan manajemen keuangan dan manajemen keuangan yang baik, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan berbagai proses akuntansi, mulai dari laporan arus kas, laporan laba rugi, hingga laporan keuangan.

Accurate Online juga akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai proses akuntansi yang rumit. Jadi, Anda bisa mencatat seluruh transaksi laporan keuangan Anda dengan cepat. Selain itu, Anda juga bisa mengelola stok barang, aset perusahaan, sampai dengan mengelola utang-piutang perusahaan secara instan.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1