Kontraktor dan Sub Kontraktor: Pengertian dan Perbedaannya

Ketika datang untuk melakukan pekerjaan konstruksi, biasanya ada dua peran: kontraktor dan sub kontraktor. Bekerja sebagai salah satu datang dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dengan mengetahui perbedaan antara keduanya, Anda dapat memutuskan dengan lebih baik opsi mana yang terbaik untuk Anda. Pada artikel ini, kami membahas perbedaan antara kontraktor dan sub kontraktor, beserta kelebihan dan kekurangan keduanya.

Apa itu kontraktor?

Kontraktor adalah seseorang yang mengawasi suatu proyek konstruksi. Menjadi kontraktor mirip dengan menjalankan bisnis Anda sendiri. Sebagai kontraktor, Anda mempromosikan bisnis Anda, menegosiasikan kontrak dengan klien, memastikan pekerjaan selesai dan mengambil keuntungan.

Kontraktor biasanya menghasilkan lebih dari mereka yang hanya menyediakan tenaga kerja karena mereka harus mencari klien mereka sendiri dan karena mereka menetapkan tarif mereka sendiri.

Apa itu sub kontraktor?

Sub kontraktor adalah seseorang yang mendapatkan pekerjaannya dari kontraktor. Daripada pergi mencari pelanggan sendiri, sub kontraktor bekerja dengan kontraktor untuk menangani bagian dari pekerjaan mereka.

Sub kontraktor biasanya memiliki seperangkat keterampilan dan jaringan khusus dengan kontraktor yang membutuhkan keterampilan ini. Sub kontraktorlah yang biasanya melakukan pekerjaan fisik pada proyek konstruksi, seperti mengganti lantai, mengecat dinding, atau memasang lampu.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Spin Off dan Bedanya dengan Split Off Dalam Perusahaan?

Sub kontraktor dan kontraktor

Untuk mengilustrasikan perbedaan antara kontraktor dan subkontraktor dengan lebih baik, akan sangat membantu untuk melihat bagaimana mereka membandingkan dalam beberapa bidang utama:

  • Jenis pekerjaan: Kontraktor melakukan sebagian besar pekerjaan manajerial, sedangkan sub kontraktor menangani pekerjaan fisik.
  • Tanggung Jawab: Kontraktor bertanggung jawab untuk menemukan klien dan mempekerjakan sub kontraktor yang andal. Sub kontraktor ini bertanggung jawab untuk menyelesaikan kontrak yang ditugaskan dengan sukses dan tepat waktu.
  • Keterampilan: Baik kontraktor maupun sub kontraktor biasanya terampil dalam hal proyek konstruksi. Namun, sub kontraktor cenderung memiliki keterampilan yang lebih khusus di beberapa bidang, sementara kontraktor menangani keseluruhan proyek dan manajemen.

Keuntungan menjadi kontraktor

Berikut adalah beberapa manfaat dan keuntungan yang dapat Anda harapkan ketika bekerja sebagai kontraktor:

Pilih jadwal kerja Anda sendiri

Sebagai kontraktor, Anda dapat memilih jam kerja Anda. Meskipun Anda harus menyesuaikan jadwal Anda agar sesuai dengan jam yang tersedia dari klien Anda, Anda biasanya memiliki pilihan untuk menolak yang tidak sesuai dengan jadwal Anda.

Baca juga: Benchmarking Bisnis: Pengertian dan Pentingnya dalam Bisnis

Pilih pelanggan mana yang bekerja dengan Anda

Kontraktor juga dapat memilih pelanggan mana yang akan diajak bekerja sama. Jika pelanggan senang bekerja dengan mereka di masa lalu dan dibayar tepat waktu, kontraktor dapat memilih untuk bekerja dengan mereka lagi. Kontraktor juga dapat memilih jenis pekerjaan apa yang ingin mereka lakukan dan di mana mereka ingin bekerja.

Tetapkan tarif Anda sendiri

Mungkin keuntungan terbesar menjadi kontraktor atas subkontraktor adalah kemampuan untuk menetapkan tarif. Kontraktor bisa memutuskan berapa banyak mereka ingin mengenakan biaya untuk pekerjaan tertentu.

Ini membantu menentukan berapa banyak keuntungan yang mereka hasilkan, bahkan jika mereka mengontrakkan ke subkontraktor.

Pilih sub kontraktor mana yang ingin Anda ajak bekerja

Kontraktor dapat memutuskan apakah mereka ingin bekerja dengan subkontraktor dan dengan subkontraktor mana mereka ingin bekerja. Oleh karena itu, mereka dapat memberikan lebih banyak pekerjaan kepada subkontraktor yang mereka percayai dan yang tarifnya masuk akal.

Luangkan lebih banyak waktu untuk mengelola daripada melakukan pekerjaan fisik

Dalam banyak kasus, kontraktor mengirim sebagian besar pekerjaan ke subkontraktor. Ketika ini terjadi, kontraktor menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengelola dan memasarkan daripada tenaga fisik. Kemampuan untuk mengawasi proyek daripada mengerjakannya secara langsung sangat menarik bagi banyak profesional.

Kekurangan menjadi kontraktor

Beberapa kekurangan bekerja sebagai kontraktor antara lain:

Lebih banyak tanggung jawab

Kontraktor menanggung seluruh tanggung jawab kontrak apa pun. Jika kesalahan dibuat, bahkan oleh subkontraktor, kontraktor bertanggung jawab. Ini menambah tekanan pada peran kontraktor, yang harus memastikan semuanya selesai dengan benar dan tepat waktu.

Harus menemukan klien Anda sendiri

Menemukan klien Anda sendiri adalah bagian besar dari menjadi kontraktor. Kontraktor membagi waktu mereka antara mengelola proyek dan mencari kontrak baru. Mereka yang tidak menyukai promosi diri mungkin tidak menikmati menjadi kontraktor.

Membutuhkan keterampilan yang berbeda

Menjadi seorang kontraktor membutuhkan seorang individu untuk memiliki keterampilan yang berbeda dari subkontraktor. Subkontraktor mengkhususkan diri pada bagian tertentu dari pekerjaan konstruksi. Kontraktor, bagaimanapun, perlu tidak hanya tahu tentang pekerjaan konstruksi tetapi juga tentang menjalankan bisnis. Kontraktor perlu mengetahui cara memasarkan bisnis, merencanakan anggaran, mengelola penggajian, dan mendelegasikan tugas.

Baca juga: Siklus Bisnis: Pengertian Lengkap dan 5 Tahapnya

Keuntungan menjadi sub kontraktor

Menjadi subkontraktor memiliki keunggulan tersendiri, seperti:

Tanggung jawab yang lebih sedikit

Sub kontraktor tidak perlu khawatir dengan hasil keseluruhan proyek karena mereka hanya ditugaskan pada satu bagian tertentu. Itu berarti mereka dapat fokus untuk melakukan pekerjaan yang sangat baik di satu bidang tertentu.

Lebih sedikit kontak pelanggan

Beberapa orang lebih suka menghabiskan lebih sedikit waktu untuk berinteraksi dengan pelanggan. Subkontraktor tidak perlu menegosiasikan tarif atau menindaklanjuti pembayaran. Sebagian besar kontak pelanggan adalah melalui kontraktor, artinya subkontraktor biasanya hanya perlu berkomunikasi dengan kontraktor.

Mendapat lebih banyak proyek

Jika subkontraktor dapat bekerja sama dengan baik dengan kontraktor dan menyediakan produk jadi yang berkualitas, mereka harus memiliki aliran pekerjaan yang stabil. Kontraktor beralih ke mereka lebih teratur, memberi mereka kesempatan proyek yang lebih sering.

Kerugian menjadi sub kontraktor

Ada beberapa kelemahan menjadi sub kontraktor juga, termasuk:

Kurang bayar

Sub kontraktor hanya menerima sebagian dari tarif yang dinegosiasikan antara pelanggan dan kontraktor. Bahkan jika subkontraktor melakukan sebagian besar pekerjaan fisik, mereka biasanya menerima pembayaran yang lebih kecil daripada yang seharusnya mereka terima karena bekerja melalui kontraktor.

Kurang kebebasan

Sub kontraktor juga tidak banyak bicara tentang dengan siapa mereka bekerja dan kapan mereka bekerja. Kontraktor membawa semua pelanggan, dan sub kontraktor hanya dapat memutuskan apakah mereka ingin menerimanya atau tidak.

Baca juga: Sunk Cost: Pengertian dan 4 Contohnya yang Terjadi dalam Bisnis

Lebih banyak kerja fisik

Sebagian besar pekerjaan fisik dalam hubungan kontraktor dan sub kontraktor diselesaikan oleh sub kontraktor. Bergantung pada sifat pekerjaannya, ini bisa berarti hari kerja fisik yang panjang.

Kesimpulan

Itulah pengertian dan perbedaan antara kontraktor dan sub kontraktor yang harus Anda tahu, Mereka terbagi dengan skala tanggung jawab yang berbeda namun tetap memiliki tujuan yang sama, yaitu memuaskan klien mereka.

Jika Anda memiliki bisnis kontraktor dan memiliki kesulitan untuk pencatatan pengeluaran dan pemasukan proyek, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online untuk proses pembukan dan akuntansi bisnis kontraktor Anda.

Dengan menggunakan software akuntansi Accurate Online, Anda bisa dengan mudah memantau setiap keuntungan dalam proyek yang Anda kerjakan melalui fitur multi proyek dan cost and center yang tersedia pada Accurate Online.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate-200 ribu per bulan