Apa itu Konveksi Rumahan? Ini Cara Memulai Bisnisnya!

Sebagian dari Anda pasti sudah sangat akrab dengan konveksi. Bisnis ini lebih fokus pada produksi pakaian yang dibuat secara masal. Jadi, apa itu konveksi rumahan bisa diartikan sebagai industri skala rumah tangga yang merupakan tempat pembuatan pakaian jadi.

Untuk di negara kita ini, bisnis konveksi rumahan telah banyak diminati karena tingginya permintaan pasar yang bisa dijadikan peluang menjanjikan.

Dalam memulainya pun Anda tidak perlu membangung pabrik garmen, Anda bisa membukanya dalam skala rumahan, sehingga sangat sesuai untuk dijadikan sebagai bisnis sampingan. Bisnis ini bahkan bisa berkembang menjadi skala yang lebih besar bila ditekuni dengan baik.

Nah, setelah mengetahui apa itu konveksi rumahan, mari kita mengetahui tahapan dan tips untuk memulai bisnis konveksi rumahan.

Tahap Memulai Bisnis Konveksi Rumahan

Bila sebelumnya Anda sudah mengetahui apa itu konveksi rumahan, maka ada beberapa tahapan bisnis yang bisa Anda lakukan untuk memulainya, yaitu:

1. Analisis Bisnis 

Persiapan yang matang adalah hal yang Anda perlukan dalam memulai bisnis, apapun jenisnya. Dalam tahap ini, Anda harus melakukan analisa bisnis dengan sangat mendalam. Umumnya, persiapan ini mencakup analisis potensi pasar, peluang, persediaan modal, dan faktor SWOT.

Fungsinya tentu sebagai dasar dalam membuat strategi pemasaran dan membangun produk Anda. Karena bisnis ini bergerak dengan sangat dinamis, maka analisis bisnis bisa menjadi hal yang sangat penting untuk bisa dilakukan.

Contohnya saja, saat ini konveksi akan sangat bergantung dengan tren pasar. Bila Anda menjual produk yang tidak sesuai dengan tren, maka bisnis Anda akan kalah saing dengan produk lainnya.

Bisnis pun harus dijalankan oleh tim yang baik. Anda cukup memulainya dengan membentuk tim kecil agar bisa melakukan analisis bisnis yang akan Anda jalankan. Selain itu, Anda pun harus memikirkan jumlah karyawan yang nantinya akan Anda pekerjakan.

Hindarilah merekrut karyawan secara berlebihan, karena hal tersebut akan membuat anggaran Anda menjadi terlalu banyak. Hal ini pun akan membuat kondisi keuangan Anda berkurang untuk membeli kebutuhan lainnya yang lebih penting.

2. Persiapan Sarana dan Prasarana

Jika Anda tertarik dalam memulai usaha konveksi, maka hal lain yang harus Anda persiapkan adalah sarana dan prasarana demi mendukung operasional bisnis.

Sarana adalah berbagai alat penunjang, sedangkan prasarana mencakup lokasi membuka bisnis. Biasanya, peralatan yang diperlukan dalam membuka usaha konveksi adalah mesin obras, mesin jahit, overdeck, meja potong, rantai, mesin potong, meja steam, dan berbagai peralatan menjahit.

Kuantitas dari barangnya pun bisa Anda sesuaikan dengan jumlah karyawan yang nantinya ingin Anda rekrut.

3. Mencari Supplier 

Bahan utama yang akan Anda perlukan dalam membuka bisnis konveksi adalah benang dan kain. Anda harus mencari pemasok yang mampu menyediakan kain berkualitas, karena hal tersebut akan menentukan kualitas pakaian Anda.

Oleh karena itu, cobalah untuk mencari supplier yang mempunyai reputasi dan biaya yang murah. Perhatikan juga lokasi dari supplier tersebut agar bisa mempermudah pengawasan dan mengurangi beban produksi.

4. Strategi Pemasaran atau Promosi Grosir Pakaian 

Jika seluruh persiapan sudah matang, maka mulailah untuk membuat strategi pemasaran. Tahapan ini cukup sulit karena sebagai seorang pemula Anda harus memperoleh kepercayaan dari pelanggan pertama.

Pemasaran tersebut bisa Anda lakukan lewat beragam cara, dari mulai blog, media sosial, forum komunitas, atau dengan mengikuti pameran.

Jika Anda ingin lebih mudah dalam memperoleh perhatian pelanggan, Anda bisa mulai menerapkan strategi diskon. Selain itu, Anda juga bisa memaksimalkan konten tulisan pada media promosi yang akan Anda gunakan.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Distributor yang Baik?

Tips Memulai Bisnis Konveksi Rumahan

Selain mengetahui apa itu konveksi rumahan dan tahapan dalam memulainya, hal penting lain yang harus Anda ketahui adalah tips untuk memulainya, yaitu:

1. Menentukan Tempat Bisnis Konveksi Anda

Bisnis konveksi adalah bisnis yang membutuhkan tempat atau ruang produksi. Bila Anda memulai bisnis ini dari skala rumahan, Anda tidak perlu menyediakan pabrik.

Anda bisa terlebih dulu memulainya dengan menggunakan ruangan yang tidak terpakai di rumah Anda untuk membangun tempat bisnis. Dengan begitu, Anda akan menghemat biaya pengeluaran sewa tempat.

2. Mempersiapkan Modal 

Apapun bisnis yang Anda jalankan, pasti Anda memerlukan modal, pun dengan bisnis konveksi. Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini tergantung persiapan dan strategi Anda. Bila Anda ingin produksi langsung, maka Anda memerlukan modal yang lebih besar.

Tapi bila Anda ingin menerapkan sistem pre order, maka modal yang Anda perlukan tidak terlalu besar. Modal pun akan sangat Anda perlukan untuk produksi dan juga promosi.

3. Menentukan Jenis Produk

Bila Anda sudah mengetahui tren pasar, maka Anda bisa menentukan jenis produk. Anda juga harus memperhatikan kebutuhan produk Anda, apakah itu untuk kebutuhan casual, formal, seragam, ataupun perayaan.

4. Siapkan Marketing Tools dan Strategy

Strategi pemasaran atau marketing yang baik akan memberikan dampak yang besar pada bisnis Anda. Anda bisa memilih penjualan B2B atau B2C. Strategi pemasaran pun mencakup peralatan yang nantinya ingin Anda gunakan.

Contohnya, Anda bisa menggunakan aplikasi ­e-commerce atau memanfaatkan blog. Anda bisa menggunakan media sosial terkenal untuk mengunggah konten maupun produk Anda.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Cake and Bakery untuk Anda Para Pemula

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang apa itu konveksi rumahan, lengkap dengan tahapan dan tips untuk memulai bisnis konveksi rumahan.

Namun, hal penting lain harus Anda perhatikan dalam memulai bisnis konveksi rumahan adalah mengelola keuangan. Setiap transaksi harus Anda catat secara detail agar bisa membuat laporan keuangan yang Anda perlukan. Jangan lupa juga untuk selalu merapikan dan melihat catatan keuangan Anda secara teratur.

Tapi jika Anda kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk mencatat atau membuat laporan keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi ini, seluruh kegiatan pencatatan transaksi akan tercatat secara otomatis, dan Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda akses secara mudah di mana saja dan kapan saja.

Terlebih lagi, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang akan membantu Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan Accurate Online? Anda bisa lebih dulu mencobanya selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.