Apa itu Bisnis Laser Engraving? Bagaimana Cara Memulainya?

Terdapat banyak sekali jenis bisnis di dunia ini, dari mulai yang terkenal sampai yang belum terkenal. Jika ditekuni dengan baik, pada dasarnya setiap bisnis mampu memberikan hasil yang memuaskan. Salah satunya adalah bisnis laser engraving, atau ukiran laser.

Bisnis laser engraving ini dinilai mampu menjanjikan keuntungan bagi pebisnis pemula. Bisnis ini juga hanya memerlukan investasi yang kecil dan tidak membutuhkan pelatihan yang formal.

Lantas, hal apa saja yang harus dipersiapkan dalam memulai bisnis laser engraving ini? dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang bisnis laser engraving di bawah ini hingga selesai.

Tips Memulai Bisnis Laser Engraving

1. Pelajari Cara Mengukir

Dalam memulai bisnis, Anda tidak perlu belajar atau kursus cara mengukir dengan baik. Setiap orang bisa mempelajarinya secara otodidak. Terlebih lagi, di zaman yang sudah serba canggih seperti saat ini terdapat mesin pengukir yang bisa langsung terkoneksi dengan perangkat komputer atau laptop.

Sehingga, Anda hanya harus mempelajari cara menjalankan aplikasi yang menghubungkan laser tersebut. Tapi, mempelajari mesin laser juga tidak boleh Anda anggap mudah. Konon, mempelajari mesin laser ini memerlukan banyak latihan dan juga waktu. Untuk itu, keduanya harus diasah, bahkan secara otodidak sekalipun.

Mempelajari mesin laser secara otodidak ini bisa dilakukan dengan membaca artikel ataupun menonton video tutorialnya di Internet. Hal yang harus Anda perhatikan adalah bahwa pengalaman merupakan guru yang terbaik. Untuk itu, pengalaman dan latihan akan sangat dibutuhkan agar Anda bisa semakin mahir dalam mengukir.

Baca juga: Peluang Bisnis Anak Muda yang Bisa Anda Coba

2. Menyusun Rencana Bisnis

Bisnis bukan suatu hal yang bisa dilakukan secara spontan dan tanpa dilakukan banyak perhitungan. Terdapat banyak sekali hal yang harus Anda perhitungkan dan Anda rencanakan dalam menjalankan suatu bisnis, termasuk menjalankan bisnis laser engraving.

Rencana bisnis yang Anda buat harus bisa mencakup rencana pemasaran, deskripsi bisnis, manajemen, keuangan, analisis kompetitor, prosedur operasi, asuransi bisnis, sampai dengan rangkuman terkait proyeksi pendapatan, rugi, serta keuntungan dalam kurun waktu tiga tahun ke depan.

Rencana bisnis ini juga nantinya dibutuhkan untuk bisa mengajukan dana pinjaman ke lembaga keuangan.

3. Mempersiapkan Keuangan

Dalam memulai bisnis, tentunya Anda memerlukan modal yang tidak sedikit. Pun sama halnya dengan memulai bisnis laser engraving. Bila tabungan Anda belum cukup dalam mendanai modal bisnis, maka Anda bisa mengajukan modal pinjaman.

Terlebih lagi, saat ini pemerintah Indonesia telah memberikan perhatian pada setiap pelaku UMKM. Terdapat banyak sekali program pemerintah dan pinjaman dana untuk para UMKM.

Untuk itu, pastikanlah agar modal Anda cukup, hingga bahkan lebih agar Anda bisa mengantisipasi agar bisnis Anda tidak jalan ditempat karena kurangnya modal.

4. Menentukan Target Pasar

Pemasaran adalah hal yang paling penting dalam kesuksesan bisnis. Target pasar dengan barang yang telah diproduksi harus beriringan agar nantinya tidak terjadi kesalahan dalam hal kebutuhan konsumen.

Dalam memulai bisnis laser engraving, ada baiknya agar Anda membuat produk yang memang diperlukan oleh banyak orang dari segala usia dan kalangan. Contoh sederhananya seperti album foto, mug, kartu nama, hiasan dari marmer, dan lain sebagainya.

Baca juga: Bisnis Makanan Online Untuk Pemula dan Tipsnya

5. Menentukan Strategi Pemasaran

Agar bisa lebih sesuai dengan target pasar, maka dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Terdapat beberapa strategi pemasaran yang bisa Anda jalankan, seperti dengan memperluas jaringan dengan orang lain dan juga memasang iklan tertentu.

Selain itu, memperluas jaringan pasar pun bisa Anda lakukan dengan cara mengikuti suatu pemeran. Sedangkan membuat iklan bisa Anda lakukan dengan menyebarkan iklan di media sosial atau bisa juga dengan melakukan endorse di Instagram.

6. Membuat Katalog Produk

Sebagian pebisnis banyak melewatkan hal yang satu ini. Padahal, pembuatan katalog ini mampu meningkatkan citra bisnis yang akan dijalankan. Bisnis bisa dikatakan kompeten dan bisa dipercaya dari adanya katalog.

Selain itu, katalog pun bisa membantu konsumen dalam membuat desain yang mereka inginkan. Di dalamnya, Anda bisa mencantumkan harga produk yang Anda tawarkan. Katalog juga bias Anda sebarkan di media sosial, ataupun ke dalam website sebagai salah satu media dari bisnis laser engraving.

7. Membeli Peralatan Laser Engraving

Dalam membuat peralatan laser engraving, hal penting yang harus Anda perhatikan adalah kebutuhan bisnis laser engraving, yakni jumlah watt dan area ukiran laser. Semakin besar watt, maka akan semakin cepat juga proses pemotongan yang bisa Anda lakukan.

Hal lainnya yang harus dipertibangkan sebelum membeli peralatan laser engraving, seperti ukuran kerajinan yang nantinya akan dibuat, anggaran untuk membeli peralatan laser, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Jualan Barang Bekas Online Demi Untung Banyak

Penutup

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memulai bisnis laser engraving. Selain ke sembilan hal tersebut, setiap pebisnis laser engraving pun harus mempunyai ide produk yang futuristik agar produk bisa tetap laris manis dan awet.

Sedangkan dalam urusan mengelolanya, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul bisnis luar biasa yang akan memudahkan Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang digudang, menyelesaikan administrasi perpajakan, serta menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis.

Aplikasi ini telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia dan bahkan telah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award untuk kategori software akuntansi sejak tahun 2016.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, dan Anda bisa mencobanya terlebih dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?