Mengenal Bidang Profesi Makelar Mobil dan Tips Sukses Memulainya

Bisnis jual beli mobil bekas bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin berbisnis di bidang otomotif. Permintaan akan mobil bekas memang terus meningkat setiap tahunnya, terlebih karena harga dan pajak yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mobil baru. Dalam hal ini, Anda bisa memulainya sebagai makelar mobil sembari mengumpulkan modal jika memang ingin memiliki showroom sendiri.

Adapun menjadi seorang makelar mobil tidak sesederhana yang terlihat. Ada kiat serta norma yang penting untuk ditaati guna menghindari sentimen negatif dan menjadi makelar yang sukses serta terpercaya.

Lebih lanjutnya, berikut diuraikan penjelasan terkait peran, besar komisi, larangan, serta tips menjadi seorang makelar mobil.

Peran Makelar dalam Bisnis Jual Beli Mobil

Pada dasarnya, peran makelar dalam bisnis jual beli mobil sama dengan peran makelar dalam bidang lain, yakni sebagai perantara bagi pembeli dan penjual. Dalam hal ini, makelar menawarkan jasa tenaganya sebagai mediator yang menjembatani kedua belah pihak.

Keberadaan perantara jual beli mobil ini membawa manfaat besar bagi pihak yang ingin menjual mobil. Penjual tidak perlu repot memasang iklan dan mencari sendiri pembeli. Cukup serahkan kepada makelar dan mereka akan mencari serta meyakinkan calon pembeli.

Makelar mobil juga biasanya telah mempunyai channel sendiri yang akan membantu dalam kepengurusan administrasi mobil bekas, mulai dari pajak hingga balik nama.

Baca juga: Ingin Mencoba Jualan Sepatu? Ini Cara dan Modal yang Harus Dipersiapkan

Besar Keuntungan yang Diperoleh Makelar Mobil

Makelar mobil merupakan bisnis yang hampir tanpa modal dan bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan karena tak terikat waktu. Anda hanya perlu mencari mobil-mobil yang hendak dijual dan mempertemukannya dengan calon pembeli yang tepat.

Besar komisi yang bisa didapat oleh makelar dalam bidang ini pun cukup menjanjikan. Terlebih karena harga mobil terbilang mahal, dimana bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Adapun besaran komisi yang diterima tergantung dari kesepakatan antara penjual dan makelar. Meski rata-rata, komisi yang didapat mulai dari 2 hingga 5 persen dari nilai transaksi.

Ada pula sistem titip jual yang memungkinkan penjual menentukan sendiri harga final dari mobil dan makelar juga menentukan sendiri keuntungan akan diterimanya.

Baca juga: Kisah Sukses Pengusaha di Desa dan Pelajaran yang Bisa Diambil

Hal yang Perlu Dihindari dalam Bisnis Makelar Mobil

Dalam bisnis makelar mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dihindari guna bisnis yang berjalan lancar dan sesuai dengan aturan. Dimana beberapa hal tersebut meliputi:

  • Hindari merebut proyek yang sudah dipegang makelar lain
  • Bersikap netral dan tidak memihak salah satu pihak
  • Hindari meminta atau mengambil untung diluar hak dan kesepakatan
  • Hindari meminta komisi sebelum produk terjual
  • Hindari menggunakan kekerasan
  • Hindari menyimpan uang muka dari calon pembeli tanpa seizin penjual
  • Tidak boleh sengaja membatalkan transaksi secara sepihak agar bisa mengambil uang muka yang hangus dari calon pembeli
  • Tidak mencatut pihak lain yang tidak terkait dengan transaksi dengan tujuan mempengaruhi pembeli
  • Tidak memaksa ataupun mengintimidasi
  • Tidak mempersulit urusan surat-menyurat

Baca juga: Ide Bisnis Cemilan Sehat Untuk Tubuh Dan Dompet

Tips Menjadi Makelar Mobil yang Sukses dan Terpercaya

Karena tidak sedikit yang memandang negatif bidang pekerjaan ini, berikut dijabarkan beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa menjadi makelar mobil yang sukses dan dapat dipercaya.

1. Perluas Relasi

Semakin luas relasi yang Anda miliki, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk mengembangkan bisnis. Dalam hal jual beli mobil bekas, Anda akan mendapatkan lebih banyak informasi tentang siapa yang ingin menjual mobil dan yang ingin membeli mobil.

Anda pun disarankan untuk menjalin relasi dengan pihak leasing atau bank. Dimana lembaga-lembaga tersebut tentu akan membantu bisnis makelar Anda selama di lapangan.

2. Kuasai Produk yang Dijual

Penting bagi Anda untuk mengetahui secara spesifik produk yang Anda jual. Di antara hal yang wajib Anda pelajari sebagai seorang makelar mobil yakni spesifikasi mobil secara lengkap, kondisi mesin dan desain, kondisi onderdil, hingga harga umum di pasaran untuk tingkat dealer dan user.

3. Maksimalkan Penggunaan Teknologi Informasi

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, Anda bisa memasarkan mobil yang Anda jual dengan lebih maksimal melalui berbagai platform media sosial ataupun e-commerce. Anda pun bisa lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan hingga rekan sesama makelar.

4. Pastikan Kelengkapan Surat-Surat Kendaraan

Kelengkapan surat-surat kendaraan adalah hal yang wajib Anda penuhi ketika berbisnis makelar mobil. Pasalnya hal ini penting untuk meyakinkan pelanggan bahwa mobil yang Anda jual bukanlah mobil bodong atau hasil curian.

5. Rajin Melakukan Promosi

Anda bisa melakukan promosi, baik melalui media cetak, media sosial, maupun e-commerce. Lebih spesifik untuk media sosial, Anda bisa mempromosikan di grup WhatsApp, Facebook, hingga forum jual beli kendaraan bekas.

Untuk lebih memaksimalkan promosi, perhatikan komposisi kalimat dan pastikan untuk mencantumkan informasi kontak serta detail kendaraan yang dijual.

6. Junjung Tinggi Etika Berbisnis

Bisnis makelar mobil pun memerlukan sebuah etika. Dimana hal ini akan membantu Anda dalam mempertahankan relasi dan mengembangkan bisnis secara keseluruhan.

7. Taat pada Hukum

Faktanya, tidak sedikit orang yang memandang negatif bidang pekerjaan ini. Karena itu, Anda harus patuh terhadap peraturan dan hukum yang berlaku. Sekali Anda melanggarnya, bukan tidak mungkin bisnis Anda akan merugi dan kehilangan pelanggan.

8. Perhatikan Penampilan

Ketika akan bertemu calon pembeli ataupun penjual, pastikan untuk berpenampilan rapisebagai tanda Anda menghargai diri sendiri dan mereka sebagai calon pembeli ataupun penjual. Penampilan ini tentu harus didukung pula dengan perilaku dan tutur kata yang sopan.

Baca juga: Crowdsourcing: Ini Pengertian dan Manfaatnya Dalam Bisnis

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan terkait makelar mobil dalam bisnis jual beli mobil bekas. Dalam hal ini, peran serta seorang makelar mobil sama dengan makelar di bidang pekerjaan lain, yakni sebagai perantara bagi penjual dan pembeli.

Adapun sebagai seorang makelar, Anda perlu memerhatikan beberapa hal yang wajib diikuti dan yang wajib dihindari. Tujuannya jelas agar Anda mendapatkan kepercayaan dari pelanggan dan dapat mengembangkan bisnis Anda secara keseluruhan.

Sebagaimana telah disebutkan di atas, komisi yang didapat oleh seorang makelar jual beli mobil pun cenderung besar. Oleh karena itu, seorang makelar tetap membutuhkan manajemen pengelolaan keuangan yang mumpuni.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan metode yang lebih modern seperti penggunaan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online. Accurate Online sendiri merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis.

Berbagai fitur dan keunggulan tersedia di dalamnya, yang dapat memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Tunggu apa lagi? Segera coba Accurate Online secara gratis selama 30 dengan klik gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.