Ingin Membangun Bisnis Ayam Goreng Sukses di Semarang? Berikut Tipsnya

Peluang Bisnis Ayam Goreng di Semarang

Pernah dengan tentang ayam goreng Pak Supar yang melegenda di Semarang? Restoran ayam goreng ini menjadi pilihan bagi para pecinta kuliner yang berkunjung ke daerah Semarang dan tak boleh dilewatkan. Banyak para pembeli yang rela antre hingga 1 jam hanya untuk merasakan kelezatan ayam goreng yang sudah terkenal sejak tahun 1974.

Semarang menjadi kota besar yang memiliki ragam kuliner yang menggugah selera, salah satunya adalah dengan sajian ayam goreng di Semarang. Begitu banyaknya para pecinta kuliner yang menyukai makanan dari olahan berbagai daging ayam menjadi peluang untuk Anda untuk membangun bisnis ayam goreng di kota Semarang.

Jika Anda tertarik untuk membangun bisnis ayam goreng yang sukses seperti pak Supar di Semarang, berikut adalah tips terbaiknya :

Gunakan selalu Bahan Terbaik

Ini adalah hal yang sederhana namun banyak orang yang tidak melakukannya, bahan terbaik akan menghasilkan rasa yang terbaik. Jangan mengambil risiko dengan menggunakan bahan yang bermutu buruk kepada pelanggan Anda.

Untuk membuka usaha ayam goreng yang sukses di Semarang, Anda bisa memilih bahan seperti ayam kampung muda yang sehat dan terbaik, bumbu segar yang mungkin langsung Anda dapatkan dari petani lokal, atau cara pengolahan yang alami.

Mahal dan murah itu relatif, namun yang pasti pelanggan ingin yang terbaik untuk apa yang mereka konsumsi sekalipun itu sedikit mahal. Dan jika ada beberapa pelanggan yang bertanya tentang betapa nikmatnya makanan yang mereka makan, Anda hanya perlu memberitahu bahwa mereka telah mendapatkan yang terbaik.

Baca juga : Mau Membangun Bisnis Rental Mobil di Semarang? Berikut Strateginya

Miliki Keterampilan Memasak yang Mumpuni

Tentu saat Anda memutuskan untuk membangun bisnis berhubungan dengan masakan Anda harus bisa memasak dan yang pasti Anda harus tahu perpaduan untuk membuat masakan yang lezat. Pastikan Anda terus menambah pengalaman masak Anda dengan mencoba jenis masakan baru atau cara memasak yang unik.

Dalam hal ini, Anda harus mencoba membuat masakan dengan bahan dasar ayam seperti ayam pop, ayam betutu, ayam woku, atau olahan ayam lainnya yang mungkin akan ada di menu bisnis Anda nantinya.

Pastikan ada Menu Andalan

Walaupun Anda memiliki banyak menu dalam restoran Anda nantinya, pastikan Anda memiliki satu menu andalan dan autentik yang tidak dimiliki restoran manapun, atau walaupun ada menu yang serupa, pastikan menu Anda jauh lebih enak dari pesaing Anda. Ini akan membuat restoran Anda memiliki ciri tersendiri di mata pelanggan.

Menu andalan ini nantinya akan menjadi sumber pendapatan utama di restoran Anda. Kami ambil contoh, seperti pada tempat makan ayam goreng pak Supar. Mereka menyediakan banyak menu seperti sop daging atau sop buntut. Namun kebanyakan orang lebih memilih untuk memesan menu ayam gorengnya. Mengapa? Ssedehana saja, karena ayam gorengnya enak.

Baca juga : Ingin Membangun Coffe Shop di Semarang? Baca dulu Tips Berikut ini

Perhatikan Lokasi

Seperti banyak restoran atau warung makan lainnya, lokasi strategis menentukan keberhasilan bisnis Anda. Pilihlah lokasi yang banyak dilalui orang atau dipusat kota. Mungkin sewa tokonya akan mahal tetap ini sebanding dengan apa yang akan peroleh nantinya.

Untuk di daerah Semarang Anda bisa memilih lokasi strategis seperti daerah simpang lima, kawasan CBD, atau daerah Gajahmada.

Daftarkan diri Anda pada Layanan Pesan Antar

Layanan pesan antar makanan seperti Gojek dan Grab Food adalah layanan yang harus digunakan oleh setiap restoran saat ini. Siapapun kini dapat memesan makanan melalui smartphone kapanpun. Layanan ini juga tebukti menambah omzet seluruh tempat makan yang bermitra dengannya.

Jadi, tidak ada alasan lagi jika untuk tidak mendaftarkan usaha Anda pada layanan yang sangat menguntungkan ini. Lagipula, cara ini juga cukup baik untuk mndatangkan penjualan bagi Anda pemilik usaha makanan yang tidak berada di lokasi strategis, hal ini dikarenakan konsumen tidak harus datang ke toko Anda.

Baca juga : 10 Peluang Bisnis Peternakan yang Mudah Dikembangkan dengan Modal Kecil

Ramah Pelayanan dan Tempat yang Nyaman

Hal penting lainnya saat Anda membuka usaha ayam goreng di Semarang adalah keramahan pelayanan dan tempat yang nyaman. Selain makanan yang lezat, keramahan pelayanan adalah hal yang diinginkan konsumen.

Bisa dibayangkan jika pelanggan Anda mendapatkan pelayanan yang buruk? Cerita buruk ini akan lebih cepat berkembang dan akan merugikan Anda. Jadi pastikan Anda dan karyawan Anda melayani konsumen dengan sepenuh hati dan senyuman.

Tempat nyaman juga bisa menjadi daya tarik selain makanan yang lezat dan pelayanan yang ramah. Bayangkan jika toko Anda tidak memiliki tempat parkir yang memadai, tentu ini akan mengganggu pelanggan dan mengurungkan niatnya untuk makan di tempat Anda.

Baca juga : Tertarik Membangun Bisnis Kuliner? Mari Kita Bahas Secara Lengkap

Lakukan Pembukuan

Pembukuan adalah kunci untuk pengembangan usaha, termasuk untuk usaha ayam goreng di semarang. Dengan pembukuan yang benar, Anda dapat merinci pengeluaran dan pemasukan juga megetahui pengeluaran mana yang perlu dikurangi untuk menghindari pemborosan.

Pembukuan yang baik juga mampu menghasilkan laporan keuangan yang benar, dan laporan keuangan ini nantinya bisa Anda gunakan sebagai informasi bisa yang Anda berikan pada investor atau Bank jika Anda ingin mengekspansi bisnis secara besar.

Untuk memenuhi kebutuhan terhadap proses pembukuan yang benar dan minim kesalahan, Anda bisa mecoba menggunakan software akuntansi yang memiliki kemudahan penggunaan dan fitur yang sesuai kebutuhan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Hanya 200 ribu perbulan, Accurate Online bisa digunakan sekalipun Anda tidak memiliki pengetahuan terhadap ilmu akuntansi sekalipun.

Tidak percaya? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu