Mau Membangun Bisnis Rental Mobil di Semarang? Berikut Strateginya

Sebagai kota besar sekaligus ibukota Jawa Tengah, Kota Semarang memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Tidak hanya pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan penduduk di kota semarang juga sangat pesat. Terbukti dengan pembangunan yang pesat di daerah Semarang. Hal ini menjadikan kota Semarang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, dan ini adalah peluang jika Anda ingin membangun bisnis rental mobil di Semarang.

Semarang adalah kota yang multi kultural, terdapat bandara internasional dan stasiun besar di daerah ini. Ini juga menjadi gerbang masuk yang potensial bagi para pendatang dan wisatawan untuk mengunjungi kota Semarang

Jika Anda tertarik untuk membuat usaha rental mobil di kota Semarang, Anda tentu membutuhkan perencanaan yang benar dan terukur. Karena sudah rahasia umum, bahwa jenis usaha seperti rental mobil ini memerlukan modal yang cukup besar.

Berikut adalah  strategi efektif dalam mengembangakan usaha rental mobil di kota Semarang :

Melakukan Riset Target Pasar

Semarang adalah kota yang multi kultural, setiap suku dan kelas sosial ada di sana. Itulah sebabnya sangat penting untuk Anda menentukan target pasar Anda. Target pasar yang tepat menentukan keberhasilan bisnis Anda.

Sebagai permulaan, mungkin Anda harus mengetahui  demografi, lokasi, dan tren yang cocok untuk membangun rental mobil di Kota Semarang. Misalnya, siapa saja yang membutuhkan rental mobil di semarang, apakah itu mahasiswa, wisatawan, atau para pemudik. Lalu kapan permintaan penyewaan mobil tertinggi, apakah saat hari besar atau perayaan tertentu? Jika iya, apakah Anda mempunyai rencana cadangan untuk itu?

Ini adalah hal yang akan menentukan semuanya. Riset pasar adalah hal penting yang diperlukan untuk permulaan pada setiap bisnis. Jadi pastikan dan lakukan dengan sangat terencana

Baca juga : Ingin Membangun Coffe Shop di Semarang? Baca dulu Tips Berikut ini

Lokasi yang Tepat

Lokasi adalah hal penting dalam membangun rental mobil di semarang. Anda tentu tidak ingin melekaukan bisnis di tempat yang sepi dan tidak strategis.

Pilihlah lokasi yang memiliki banyak interaksi orang berlalu lalang, contohnya adalah dekat Bandara Achmad Yani atau Stasiun Semarang Tawang. Alasan lain memilih kedua tempat ini adalah karena biasanya tempat ini adalah gerbang kota Semarang, dan banyak orang dari luar kota Semarang yang memerlukan kendaraan untuk mencapai tujuannya.

Perhatikan Jenis Mobil yang Digunakan

Setelah Anda melakukan riset pasar, Anda harus menentukan jenis mobil apa yang dominan pada bisnis Anda. Apakah mobil yang irit dengan ruang yang lapang atau mobil mewah?

Anda mungkin bisa menggunakan kedua jenis mobil ini pada operasi bisnis Anda, namun tentu tetap harus dominan pada jenis mobil tertentu.  Anda bisa membeli beberapa mobil dan tidak perlu membeli semua mobil sekaligus. bisa 2 hingga 5 mobil  dan itu sudah cukup untuk memulai rental mobil.

Untuk kota Semarang yang padat, akan lebih cocok jika Anda menggunakan sebagian besar mobil yang irit bahan bakar dan memiliki ruang yang lapang. Hindari menggunakan mobil sedan, jika Anda menyasar kalangan menengah keatas mungkin bisa menggunakan MPV premium seperti Toyota Alphard.

Tentukan Jenis Layanan

Pilihlah layanan yang tepat untuk usaha rental mobil Anda. Jika tempat usaha Anda dekat bandara atau stasiun bisa menyediakan layanan antar jemput bandara atau stasiun.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah apakah Anda akan menyertakan supir atau menggunakan cara “lepas kunci” untuk metode penyewaan mobil kepada pelanggan.

Perlu Anda ingat : Jika Anda memperkerjakan supir untuk setiap penyewaan, maka akan ada biaya yang harus Anda keluarkan untuk jasa supir tersebut. Namun, jika Anda memberlakukan metode “lepas kunci” Anda akan mendapatkan risiko yang lebih besar pada kendaraan yang Anda sewakan, jadi pastikan Anda memilih jenis layanan yang tepat bagi usaha Anda.

Baca juga : Ingin Kembangkan Bisnis? Ini 8 Cara Terbaik Mencari Investor Bagi Bisnis

Pekerjakan Mekanik yang Andal

Semua kendaraan yang Anda gunakan tentu perlu perawatan. Mungkin Anda bisa melakukan servis berkala secara rutin untuk semua mobil yang Anda gunakan. Namun Jika Anda sudah memiliki banyak mobil mempekerjakan mekanik adalah salah satu penghematan.

Anda bisa mempekerjakan mekanik yang Andal dan memiliki pengalaman dalam memperbaiki kendaraan. Pastikan juga bahwa mekanik tersebut mengerti tentang semua mesin mobil yang beroperasi pada usaha Anda. Jadi pilihlah dengan bijak mobil yang Anda gunakan pada bisnis rental Anda, karena ini juga berhubungan dengan bagaimana cara memperbaikinya.

Buat selalu Kendaraan Aman dan Nyaman

Bagi pelanggan, kendaraan Anda harus selalu nyaman. Bagi Anda selaku pemilik, kendaraan Anda harus aman. Ini adalah dua hal yang saling berkorelasi.

Membuat pelanggan nyaman adalah dengan cara melalukukan perawatan rutin, memastikan suku cadang tidak ada yang jelek dan aus, selalu tersedia kotak P3K, ketersediaan ban cadangan, dan juga kebersihan kendaraan yang selalu terjaga juga wangi.

Bagi Anda selaku pemiliki kendaraan yang ingin merasa aman, Anda bisa menerapkan cara atau regulasi untuk meminimalisir risiko kehilangan, kerusakan, atau kecelakaan. dengan cara sebagai berikut :

  • Pastikan ada perjanjian tertulis yang ditandatangani diatas materai
  • Lakukan penahanan KTP atau kartu identitas selama masa penyewaan
  • Pasang alat GPS tracker pada setiap kendaraan Anda
  • Asuransikan semua kendaraan Anda

Baca juga : Butuh Dana? Berikut Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Modal Usaha

Lakukan Pencatatan Keuangan yang Baik

Bisnis rental mobil adalah bisnis yang sarat dengan aset. Setiap mobil operasinal pada bisnis adalah aset yang harus Anda hitung depresiasinya. Belum lagi pengeluaran dan pemasukan yang terjadi setiap hari. Semua itu harus Anda catat dengan terperinci pada pembukuan yang benar.

Untuk kemudahan proses pembukuan bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur penghitungan aset, pencatatan pengeluaran, pemasukan, penghitungan pajak, dan fitur lain yang akan memudahkan proses akuntansi bisnis rental mobil Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu, digunakan oleh lebih 300 ribu pengguna dan memiliki fitur terlengkap yang cocok untuk bisnis rental mobil Anda. Hanya dengan 200 ribu perbulan, Anda bisa mendapatkan semua fitur yang diperlukan pada usaha rental Anda. Cobalah Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Pemasaran yang Baik

Kota Semarang adalah kota yang besar. Tentu Anda harus menentukan cara pemasaran yang efektif untuk menarik pelanggan menyewa kendaraan pada bisnis Anda.

Gunakanlah teknologi untuk membuat bisnis Anda dikenal secara luas melalui media sosial seperti Facebook, Instgaram, atau Twitter. Pertimbangkan juga untuk memasarkan jasa Anda pada aplikasi pihak ketiga seperti Traveloka, Grab, atau AirBnb.

Anda juga memeberikan program diskon bagi mereka yang pernah mennggunakan jasa Anda sebelumnya. Ini merupakan metode yang efektif untuk mencari pelanggan tetap.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Pengertian UKM, Contohnya, dan Tips Mengembangkannya


Setelah Anda mengatahui strategi untuk membangun bisnis rental mobil di semarang, sekarang saatnya Anda untuk membangun bisnis Anda menjadi nyata.

Lakukan juga proses pembukuan pada bisnis Anda, dengan begitu keuangan pada bisnis Anda akan terpantau secara transparan dan perencanaan bisnis Anda bisa mejadi lebih matang. Gunakanlah Accurate Online untuk proses akuntansi yang lebih baik.

accurate fokus pengembangan