Mau Membangun Bisnis Petshop? Berikut Tips Pengembangannya
Daftar Isi
Peluang Bisnis Petshop
Bisnis Petshop yang dulunya jarang atau bahkan tidak ada yang menjalankannya kini semakin banyak dan menjamur diberbagai daerah, entah darimana awal mulanya dan siapa pencetusnya.
Mengutip dari Wikipedia, Pet shop atau toko hewan peliharaan merupakan suatu usaha retail yang menjual berbagai jenis hewan. Toko hewan peliharaan juga menjual makanan hewan, perlengkapan, dan aksesoris.
Bisnis yang menyediakan kebutuhan dan perlengkapan hewan peliharaan ini memiliki prospek yang positif karena semakin banyaknya masyarakat yang mempunyai dan menyukai hewan peliharaan baik sebagai hobi atau yang diperjual belikan.
Jika sebelumnya hobi Anda dalam memelihara binatang peliharaan hanya menghabiskan uang, kali ini Anda dapat membalik keadaan tersebut dengan cara menjadikan hobi Anda menjadi ide bisnis yang cemerlang dan menjanjikan.
Tidak banyak yang berani untuk memulai bisnis karena rasa ragu dan takut tidak balik modal, itu adalah hal yang wajar.
Bagi Anda yang sudah menjalankan bisnis ini bisa mengembangkannya dengan langkah-langkah yang akan dijelaskan dibawah ini, dan bagi Anda yang belum menjalankannya namun tertarik untuk menjalankannya Anda belum terlambat.
Baca juga: 15 Jenis Usaha Modal Kecil yang Mudah Anda Kembangkan
Berikut Langkah-langkah Membangun Bisnis Petshop
1. Pintar Membaca Peluang
Jika Anda belum menjalankan bisnis petshop dan hendak menjalankannya sebaiknya Anda segera membaca peluangnya.
Lihat sekitar Anda apakah ada bisnis yang sejenis jika belum ada maka Anda memiliki peluang yang besar, jika sudah ada yang menjalankan Andapun masih punya peluang!
Anda coba beli produknya dan amati kekurangan-kekurangannya termasuk harga, kemudian lengkapi kekurangan tersebut di toko petshop Anda.
2. Baca Tantangan
Salah satu tantangan dari bisnis petshop adalah target pasar, Anda harus jeli dalam memilih tempat Anda akan mendirikan bisnis petshop.
Misalnya cari tempat yang dekat dengan perumahan karena pada umumnya orang yang tinggal di perumahan memiliki hewan peliharaan.
Selain itu carilah tantangan lainnya yang akan menjadi kendala bisnis Anda, misalnya tempat beli produk-produk yang akan dijual apakah jaraknya terjangkau dan harganya bisa laku dipasaran.
Baca juga : Apa itu Target Pasar dan Bagaimana Cara Menentukannya?
3. Siapkan Modal
Walau bagaimanapun modal menjadi salah satu aspek terpenting dalam bisnis, begitu juga bisnis petshop.
Akan tetapi bisnis ini tidak begitu memerlukan modal yang sangat besar, menurut praktisi dengan modal 10 juta sudah bisa menjalankan bisnis ini.
Mulailah dari modal kecil kemudian kembangkan, dari pada harus menunggu mempunyai modal besar tanpa melakukan apa-apa.
4. Bisnis Anda Harus Unik
Jika yang lain hanya menjual makanan dan aksesoris Anda harus berinovasi se-kreatif mungkin, misalnya dengan menerima jasa memandikan, potong kuku, membersihkan telinga dan lainnya atau bisa dengan menerima jasa penitipan hewan peliharaan.
5. Pelajari Ilmunya
Bagi Anda yang menyukai hewan peliharaan dan pernah memilikinya tentu tidak sulit karena Anda telah memiliki pengalaman walaupun sedikit.
DapatAnda kembangkan dengan belajar lebih detail lagi, Anda bisa belajar lewat youtube atau yang lainnya.
Sekalipun Anda telah punya banyak ilmu dan pengalaman soal hewan peliharaan sebelumnya, namun saat terjun ke dunia bisnis pasti akan ada kesulitan kesulitan, namun ini tidak boleh menjadi hambatan untuk terus berjuang dalam bisnis Anda.
Baca juga : Ingin Kembangkan Bisnis? Ini 8 Cara Terbaik Mencari Investor Bagi Bisnis
6. Lakukan Pemasaran yang Efektif
Jika usaha Anda telah siap lakukanlah pemasaran baik dengan cara menyebar brosur atau mengirim pesan ke teman-teman dan orang-orang sekitar.
Pada dasarnya pemasaran dilakukan untuk memberitahukan bahwa usaha Anda ada dan agar orang-orang mengingatnya, tujuan pemasaran tidak harus ada pembeli dalam waktu dekat karena itu hanya tujuan jangka pendek saja.
Tujuan pemasaran jangka panjang adalah buat semua orang mengetahui toko Anda dan mengingatnya jadi bila suatu saat butuh orang-orang sudah tahu harus beli dimana.
7. Beri Kesan Terbaik
Bila ada pengunjung yang datang baik itu membeli barang atau hanya sekedar melihat-lihat berilah kesan ramah dan nyaman bila belanja di bisnis petshop Anda.
Karena itulah pemasaran yang paling baik, jika pelanggan tersebut suka dan terkesan maka dia akan menceritakan pada teman-temannya dan merekomendasikannya.
8. Gunakan Sosial Media
Di zaman sekarang tidak sulit untuk memasarkan produk atau jasa dengan cuma-cuma alias gratis, karena di era global ini hampir semua orang terkoneksi dengan media sosia.
Maka manfaatkanlah dengan baik seperti instagram, facebook, twitter dan lainnya. Postinglah secara konsisten setiap hari agar bisnis Anda cepat dikenal oleh masyarakat.
Baca juga: Sosial Media Marketing: Pengertian, Jenis, Strategi dan Manfaatnya
9. Berilah Saran
Jika ada pelanggan yang ingin membeli sesuatu namun tidak ada ditempat Anda maka berilah saran atau solusi, ini terlihat sepele namun akan sangat berkesan bagi pelanggan, jangan mengacuhkan para pelanggan karena pelanggan tidak suka itu.
10. Jangan Mudah Menyerah
Lika liku bisnis petshop yang sebenarnya tak semudah yang banyak orang telah ceritakan secara singkat, dalam membangun bisnis banyak pengorbanan dan perjuangan yang harus dilakukan secara konsisten.
Jika Anda berada pada titik terendah dalam bisnis Anda janganlah menyerah karena bisa jadi itu adalah awal dari keberhasilan bisnis Anda.
Kuncinya adalah jangan lalai dan melakukan kesalahan-kesalahan fatal seperti menjual produk tidak baik, buka toko tidak konsisten dan lainnya, hal semacam itu akan sangat mempengaruhi perkembangan bisnis Anda.
11. Milikilah Jiwa Bisnis
Dalam bisnis tidak cukup hanya dengan tersedianya modal, keyakinan, dan peluang tapi Anda juga harus memiliki jiwa bisnis!
Karena banyak orang takut untuk memulai bisnis bahkan menyerah ditengah-tengah, hal itu juga akan menimpa Anda jika Anda tidak memiliki jiwa bisnis yang mumpuni.
Maka banyaklah belajar dari pengalaman-pengalaman orang yang sudah sukses dan asahlah jiwa Anda hingga menjadi pebisnis yang handal.
12. Kembangkan dan Besarkan Bisnis Anda
Bila bisnis petshop Anda sudah berjalan dan sudah tampak BEP (break even point) atau sudah balik modal maka Anda akan segera menikmati hasilnya, namun hasil tersebut jangan lantas menjadi konsumsi bagi Anda.
Inilah waktunya Anda mengembangkan bisnis, carilah tempat lain yang strategis kemudian bukalah cabang karena Anda memiliki banyak dasar dalam membangun cabang tanpa harus memulainya dari awal lagi.
Baca juga : 10+ Tips Ampuh Strategi Bisnis beserta Penjelasannya
13. Gunakan Nama yang Sama saat Membuka Cabang Baru
Ini akan sangat membantu karena masyarakat sudah tahu bahwa bisnis petshop itu adalah milik Anda jadi pelanggan lama ataupun pelanggan baru akan lebih percaya untuk belanja ditempat Anda.
Dengan membangun cabang dengan nama yang sama ini juga akan membuat nama toko Anda menjadi lebih terkenal.
Masalah yang terjadi saat Anda membuka banyak cabang adalah sulitnya mengatur pembukuan dan pengelolaan stok di semua cabang.
Jika Anda mencari solusi untuk pengelolaan pembukuan dan stok yang lebih baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis Accurate Online yang memiliki fitur multi cabang dan multi gudang.
14. Tundalah keinginan konsumtif
Banyak orang yang gagal saat setelah bisnisnya maju karena mereka telah melakukan kesalahan fatal yaitu tidak sabar untuk menikmati hasil bisnis.
Saat bisnis dirasa sudah maju pasti akan tergiur untuk membeli barang konsumtif seperti mobil, jika memang tabungan Anda belum cukup jangan sampai mengganggu modal bisnis Anda kalau Anda tidak ingin menangis dan menyesalinya.
15. Jika Ragu, Serahkan pada Shlinya
Bagi Anda yang masih ragu untuk memulai dari nol karena minimnya pengalaman, Anda dapat memilih membeli waralaba bisnis petshop.
Hal ini akan menjadi lebih mudah bagi Anda karena Anda tidak perlu menguras banyak tenaga untuk belajar sendiri akan tetapi modal yang dikeluarkan pastinya lebih besar.
Baca juga: 10+ Contoh Wirausaha dengan Modal Kecil namun Untung Besar
Penutup
Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam membangun bisnis petshop yang sukses.
Jangan lupa dengan melakukan pencatatan transaksi dan pembukuan pada bisnis Anda dengan software akuntansi terbaik dan mudah digunakan seperti Accurate Online.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau. Telah digunakan oleh lebih ratusan ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.
Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :