Mengenal Target Pasar, Faktor Penentu, dan Tips Untuk Menentukannya

Selain pembukuan, hal pertama yang harus Anda pikirkan saat memulai usaha adalah menentukan target pasar. Hal ini penting, karena unsur inilah yang menentukan arah kebijakan perusahaan terkait produksi barang/jasa maupun jenis distribusi yang akan dipilih

Untuk mengetahui lebih jauh tentang target pasar secara lebih jauh, di bawah ini akan dijelaskan apa pengertian dan faktor yang harus Anda pikirkan saat menetapkan target pasar Anda.

Pengertian Target Pasar

Target pasar adalah sekelompok masyarakat atau audiens yang akan dijadikan sasaran promosi produk perusahaan. Sedangkan penentuan target pasar ini disesuaikan dengan usia, karakter, tingkat pendidikan, animo dan lain sebagainya.

Bisa dibilang target pasar adalah orang yang akan dijadikan sasaran perusahaan terkait produk yang akan dijual. Tentunya jika sasaran ini sudah didapatkan, promosi dari perusahan akan lebih intens dibandingkan pada masyarakat yang tidak menjadi sasaran penjualan.

Jika perusahaan memiliki target audiens, tentu pembuatan produk/jasa akan sesuai dengan keinginan masyarakat yang dipilih. Karena pastinya, sebelum target ditentukan, pihak perusahaan sudah mempelajari terlebih dahulu apa saja kebutuhan masyarakat sekaligus bagaimana daya belinya.

Jadi, bisa disimpulkan kalau target pasar adalah masyarakat yang menjadi sasaran penjualan produk perusahaan sesuai dengan karakter, umur dan sifat masyarakat itu sendiri yang sebelumnya sudah dilakukan survei perusahaan terkait daya beli masyarakat.

Baca juga : Mengetahui Lebih Jauh 10 Pilar Revolusi Industri 4.0 Pada Bisnis

Faktor Penentuan Target Pasar

Target pasar tidak bisa ditentukan secara sembarangan. Harus ada faktor-faktor tertentu yang menjadi syarat ditentukannya target pasar. Dengan target audiens yang jelas, jauh lebih mudah untuk menentukan di mana dan bagaimana memasarkan perusahaan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menentukan target pasar Anda.

Lihatlah basis pelanggan Anda saat ini

Siapa pelanggan Anda saat ini, dan mengapa mereka membeli dari Anda? Cari karakteristik dan minat yang sama. Yang mana yang menghasilkan bisnis paling banyak? Sangat mungkin bahwa orang lain seperti mereka juga dapat memperoleh manfaat dari produk / layanan Anda.

Lihatlah pesaing Anda

Siapa pesaing atau kompetitor bisnis Anda? Siapa pelanggan mereka saat ini? Jangan mengejar pasar yang sama. Anda mungkin bisamenemukan ceruk pasar yang mereka tidak kuasai

Analisis produk / layanan Anda.

Tuliskan daftar masing-masing fitur produk atau layanan Anda. Di sebelah setiap fitur, daftarkan manfaat yang disediakannya. Misalnya, seorang desainer grafis menawarkan layanan desain berkualitas tinggi. Manfaatnya adalah citra perusahaan yang profesional.

Citra profesional akan menarik lebih banyak pelanggan karena mereka melihat perusahaan sebagai profesional dan dapat dipercaya. Dan pada akhirnya, manfaat dari desain berkualitas tinggi adalah mendapatkan lebih banyak pelanggan dan menghasilkan lebih banyak uang.

Setelah Anda mendaftarkan manfaat Anda, buatlah daftar orang-orang yang memiliki kebutuhan yang memenuhi kebutuhan Anda. Misalnya, seorang desainer grafis dapat memilih untuk menargetkan bisnis yang tertarik dalam meningkatkan basis klien mereka. Meskipun ini masih terlalu umum, Anda sekarang memiliki basis pelanggan dan hal ini bagus jika Anda berencana memulai bisnis.

Pilih demografi tertentu untuk ditargetkan.

Cari tahu tidak hanya siapa yang membutuhkan produk atau jasa Anda, tetapi juga siapa yang paling mungkin membelinya. Pikirkan tentang faktor-faktor berikut:

  • Usia
  • Lokasi
  • Jenis kelamin
  • Tingkat pendapatan
  • Tingkat Pendidikan
  • Status perkawinan atau keluarga
  • Latar belakang etnis

Pertimbangkan psikografis target Anda.

Psikografi adalah karakteristik seseorang yang lebih pribadi, termasuk:

  • Kepribadian
  • Sikap
  • Nilai-nilai
  • Minat / hobi
  • Gaya hidup
  • Tingkah laku

Tentukan bagaimana produk atau layanan Anda akan cocok dengan gaya hidup target Anda. Bagaimana dan kapan target Anda menggunakan produk? Fitur apa yang paling menarik bagi target Anda? Media apa yang dituju target Anda untuk mendapatkan informasi? Apakah target Anda membaca koran, mencari online, atau menghadiri acara tertentu?

Baca juga : Pengertian Laporan Laba Rugi, Jenis, Fungsi, dan Contohnya

Tips Untuk Mengevaluasi Penentuan Target Pasar

Setelah Anda menentukan target pasar, pastikan untuk mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan ini:

  1. Apakah ada cukup banyak orang yang memenuhi kriteria saya?
  2. Apakah target saya akan mendapat manfaat dari produk / layanan saya?
  3. Apakah mereka akan melihat kebutuhan untuk itu?
  4. Apakah saya mengerti apa yang mendorong target saya untuk membuat keputusan?
  5. Bisakah mereka membeli produk / layanan saya?
  6. Bisakah saya menjangkau mereka dengan pesan saya? Apakah mereka mudah diakses?

Jangan mencari target yang terlalu jauh! Ingat, Anda dapat memiliki lebih dari satu segmen pasar. Pertimbangkan apakah pesan pemasaran Anda harus berbeda untuk setiap segmentasi.

Jika Anda menjangkau dua segemen pasar dengan pesan dan strategi yang sama, maka mungkin Anda telah menargetkan pasar Anda terlalu jauh. Namun, jika Anda menemukan hanya 50 orang yang memenuhi semua kriteria Anda, mungkin Anda harus mengevaluasi kembali target Anda. Kuncinya adalah menemukan keseimbangan yang sempurna.

Atau Anda bisa mencari artikel majalah dan blog yang berbicara tentang atau ke target pasar Anda. Cari blog dan forum tempat orang-orang di pasar sasaran Anda mengomunikasikan pendapat mereka. Cari hasil survei, atau pertimbangkan untuk melakukan survei Anda sendiri. Mintalah umpan balik dari pelanggan Anda saat ini.

Baca juga : Mengetahui Pentingnya Neraca Keuangan Dan Komponennya

Kesimpulan

Menentukan target pasar Anda adalah bagian yang sulit. Setelah Anda tahu siapa yang Anda targetkan, jauh lebih mudah untuk mengetahui media mana yang dapat Anda gunakan untuk menjangkau mereka dan pesan pemasaran apa yang akan beresonansi dengannya.

Ini akan menghemat uang dan Anda dapat pengembalian investasi yang lebih baik dengan mendefinisikan audiens dari target Anda.

Untuk pembukuan, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang akan memudahkan operasional pencatatan keuangan dan transaksi pada bisnis. Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang memiliki fitur terlengkap dan harga yang paling terjangkau.

Coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.