NPP Perusahaan: Ini Pengertian dan Manfaatnya

oleh | Mar 28, 2022

source envato.

NPP Perusahaan: Ini Pengertian dan Manfaatnya

Jika Anda ingin mendirikan suatu perusahaan dengan karyawan yang banyak, maka Anda harus membuat NPP perusahaan. Pasalnya, NPP perusahaan adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk membuat perusahaan baru.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan secara singkat tentang NPP perusahaan dan manfaatnya untuk perusahaan.

Pengertian NPP Perusahaan

Pada dasarnya, NPP perusahaan adalah Nomor Pendaftaran Perusahan yang bisa digunakan untuk beragam fungsi, salah satunya adalah sebagai program perlindungan karyawan.

Dengan adanya program ini, maka perusahaan pun bisa mendapatkan untung. Kenapa? Karena karyawan adalah aset utama perusahaan agar kegiatan perusahaan bisa berjalan dengan lancar. Nah, Nomor Pendaftaran Perusahan bisa membantu perusahaan dalam meningkatkan perlindungan pada karyawannya selama bekerja.

Bahkan untuk masalah perlindungan, pihak perusahaan pun sudah tidak perlu lagi membuat program baru dan khusus. Karena, hampir semua jenis jaminan sosial sudah ada di dalam program BPJS pemerintah.

Misalnya seperti jaminan kesehatan, jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, dan masih banyak lagi. Semuanya sudah ada di dalam program BPJS, sehingga perusahaan hanya perlu mendaftarkan NPP perusahaan saja.

Baca juga: Contoh Surat Penawaran dan Cara Mudah Membuatnya

Apa Itu NPP BPJS Perusahaan?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Nomor Pendaftaran Perusahan adalah program yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan dalam rangka mensejahterakan karyawan, termasuk NPP BPJS perusahaan.

Untuk NPP BPJS perusahaan sendiri adalah suatu program langkah awal yang dilakukan oleh setiap perusahaan untuk mendaftarkan semua karyawannya dalam program BPJS Ketenagakerjaan, agar nantinya mereka bisa menikmati berbagai fasilitas yang bersifat perlindungan.

Seperti yang sudah dibahas di atas juga bahwa BPJS Ketenagakerjaan terdiri dari beberapa program jaminan, yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pemeliharaan kesehatan.

Perusahaan pun harus mendaftarkan setiap karyawannya dalam program NPP BPJS Perusahaan sebagai upaya mensejahterakan karyawan, yang diberikan oleh perusahaan selain upah bulanan dan berbagai hak lainnya.

Perusahaan tidak bisa mengelak hal tersebut, karena sudah diatur dalam Peraturan Presiden No. 109 Tahun 2013, terkait kepesertaan program jaminan sosial.

Baca juga: Cara Menghitung SHU (Surat Hasil Usaha) Badan Koperasi

Cara Mendapatkan Nomor Pendaftaran Perusahaan

1. Kunjungi Situs Resmi BPJS

Tahap pertama untuk memperoleh NPP Perusahaan BPJS adalah mengunjungi situs resmi BPJS.

2. Registrasi

Bila sudah melakukan pendaftaran, silahkan klik tombol register badan usaha baru. Nantinya, Anda akan masuk pada halaman persetujuan. Tapi, Anda harus memahami berbagai syarat dan ketentuannya terlebih dahulu, yaitu:

Pengguna Portal Pendaftaran Badan

  • Bisnis atau badan hukum lainnya harus mempunyai kewenangan secara hukum untuk bisa mendaftarkan badan bisnis atau badan hukum lain.
  • Mengisi formulir dan memberikan data lengkap dan benar serta bisa dipertanggungjawabkan.
  • Mengisi tanggal yang bisa dihubungi oleh petugas BPJS Kesehatan
  • Pihak perusahaan harus setuju bila harus mengulang lagi proses pendaftaran bila belum melakukan proses tersebut. Pembayaran iuran pertama hingga 90 hari kalender  sejak pendaftaran di situs resmi BPJS di atas.

3. Periksa Kembali Sebelum Menyetujui

Sebelum setuju, Anda harus mencermati terlebih dulu berbagai syarat dan ketentuan diatas. Bila sudah yakin, maka Anda bisa langsung mencentang kotak setuju.

4. Isi Formulir Pendaftaran

Mengisi formulir pendaftaran badan usaha atau badan hukum lainnya. Mulai dari alamat perusahaan, identitas, jumlah karyawan dan keluarga karyawan, nomor ijin usaha, NPWP, dan email perusahaan, serta data lainnya.

5. Isi Kode Captcha

Bila semua data sudah diisi secara lengkap, Anda bisa langsung mengisi kode captcha yang disediakan. Isi kode ini akan memberi tahu pada server bahwa Anda bukanlah robot, lalu klik tombol submit.

6. Tunggu Email Untuk Aktivasi

Bila sudah, Anda akan diminta untuk menunggu notifikasi aktivasi melalui email atau bisa melakukan aktivasi melalui link yang sudah diberikan di email.

7. NPP resmi dimiliki perusahaan

Setelah memperoleh berbagai dokumen diatas, maka perusahaan Anda sudah resmi memperoleh NPP perusahaan. Nantinya, NPP tersebut bisa langsung Anda gunakan untuk membayar iuran dan melaporkan BPJS.

Manfaat NPP Perusahaan

Selain sebagai syarat untuk mendaftar BPJS ketenagakerjaan, NPP juga berfungsi sebagai salah satu syarat dalam melakukan prosedur pembayaran iuran premi BPJS, yang umumnya dilakukan setiap bulan.

NPP juga bisa digunakan untuk melakukan akses layanan tambahan BPJS, seperti BPJS online agar perusahaan dan karyawan bisa mengakses informasi terkait BPJS dengan mudah menggunakan smartphone.

Baca juga: Crowdsourcing: Ini Pengertian dan Manfaatnya Dalam Bisnis

Kesimpulan

Terdapat banyak sekali perusahaan yang sangat terbantu dengan adanya NPP perusahaan, seperti bagian finance sampai bagian HRD.

Kenapa? Karena dengan mempunyai Nomor Pendaftaran Perusahaan, perusahaan bisa dengan mudah mengakses informasi yang berhubungan dengan karyawan. Seperti memeriksa saldo BPJS karyawan pada payroll, dan karyawan pun bisa melihat potongannya di slip gaji.

Perusahaan yang tidak memiliki NPP kemungkinan besar tidak bisa mengakses data informasi BPJS karyawannya secara mudah via online.

Nah agar lebih mudah lagi, terlebih lagi untuk memudahkan Anda para pebisnis dan bagian finance, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Sehingga, Anda bisa melakukan pekerjaan lain yang lebih penting untuk mengembangkan perusahaan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan berbagai fitur luar biasa yang disediakan Accurate Online, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, manufaktur, dan berbagai fitur lainnya yang akan membuat operasional bisnis Anda berjalan lebih efisien.

Yuk, coba Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.

bisnisukmbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Download Template Pembukuan Bisnis

Template pembukuan untuk bisnismu dengan format Excel.

Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait