Packaging Box: Pengertian dan Perannya Bagi Brand

Saat ingin membeli suatu produk, selain akan mendapatkan produk, hal lainnya yang akan Anda dapatkan adalah kemasan atau packaging box. Dengan adanya kemasan tersebut maka produk yang Anda beli akan lebih terlindung dari udara luar dan akan lebih mudah juga untuk di bawah.

Walaupun memang terdengar sepele, namun faktanya packaging box sangat dibutuhkan untuk bisa memperindah tampilan produk. Hal tersebut juga nantinya akan memberikan dampak pada peningkatan angka penjualan, karena mampu menarik perhatian pelanggan.

Lalu, apa saja yang harus diketahui tentang packaging box? Tenang, karena kami sudah merangkumnya pada artikel tentang packaging box di bawah ini.

Pengertian Packaging Box

Kemasan atau packaging adalah suatu pengemasan yang berhubungan dengan pembuatan bungkus produk barang ataupun makanan dengan memanfaatkan desain agar bisa lebih menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Nah, pembungkus makanan yang mampu melindungi barang atau isi makanan yang kita beli pun bisa disebut dengan packaging. 

Semenatara itu, penambahan box yang ada pada bagian luarnya berguna untuk mempertegas packaging yang umumnya berbentuk kotak. Packaging box ini dibuat sedemikian rupa agar bisa melindungi produk yang akan dijual agar bisa terlindung selama pengiriman barang.

Baca juga: Pengertian Kemasan Produk: Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya untuk Bisnis

Fungsi dari Packaging Box

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, fungsi utama dari packaging box adalah agar bisa melindungi produk barang atau makanan yang dijual. Kemasan yang didesain dengan menarik juga mampu menarik konsumen untuk membeli produk.

Lebih dari itu, fungsi dari kemasan juga adalah agar bisa mempertahankan produk agar tidak cepat kadaluarsa.

Baca juga: 8 Tips Penting untuk Membuat Desain Kemasan yang Menarik

Pentingnya Packaging Box Produk

Dalam membuat kemasan, diperlukan inovasi dan kreativitas, karena hal tersebut juga akan berhubungan dengan pelanggan. Dalam membuatnya juga Anda harus memperhatikan produk yang akan dijual. Hal utama yang harus Anda perhatikan adalah menarik konsumen untuk membeli.

Dalam membuat kemasan tidak hanya berhubungan dengan warna, bentuk, dan juga nama brand. Di dalamnya juga harus tercantum informasi yang ada di kemasan tersebut. Manfaatnya adalah untuk memasarkan produk itu sendiri.

Baca juga: Pengertian Produk: Jenis, Tingkatan, dan Konsep Produksi Menurut Ahlinya

Kelebihan dari Box Packaging

  • Packaging mampu melindungi produk barang atau makanan dari debu.
  • Meningkatkan daya tarik konsumen untuk membeli produk.
  • Sebagai sarana promosi agar bisa mendapatkan penghasilan yang lebih banyak

Desain Pada Packaging Box

Desain kemasan produk akan menggambarkan kualitas produk itu sendiri. Kemasan desain produk harus bisa didesain secara menarik dan mampu mencakup kemasan dalam berbagai bentuk.

Hal ini sangat penting, karena bila kemasan produk menarik, maka akan bisa meningkatkan perbedaan dengan kemasan produk lainnya di pasar dan agar bisa dikenal lebih banyak pelanggan.

Baca juga: 10 Tips Desain Kemasan Produk Yang Menentukan Keberhasilan Merek

Jenis Packaging Box

Pada umumnya, packaging box terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

1. Packaging Primer 

Packaging primer adalah suatu kemasan produk yang dibuat oleh produk itu sendiri. Nantinya, produk tersebut akan secara langsung bersentuhan dengan kemasannya.

2. Packaging Sekunder 

Packaging sekunder adalah bentuk kemasan kedua dari packaging primer yang mampu melindungi kemasan produk tersebut.

3. Packaging Delivery atau Tersier

Packaging delivery atau packaging tersier adalah kemasan produk yang sudah dikemas dengan baik dan sudah siap untuk dikirim.

Peran Penting Packaging Box Pada Brand

Kemasan memiliki peran penting tersendiri untuk brand, diantaranya adalah membuat brand untuk bisa memiliki kemasan produk yang unik, mampu menarik konsumen untuk mau melakukan pembelian, dan juga sebagai media promosi atau periklanan.

Jangan lupa juga untuk menempatkan label produk pada kemasan. Kenapa? karena label produk sangat penting sebagai identitas kemasan produk untuk kebutuhan branding. Selain itu, label produk juga nantinya akan menjadi unsur yang bisa mengingatkan pelanggan pada brand.

Baca juga: Klasifikasi Produk: Pengertian dan Pembagian Tingkatannya Berdasarkan Jenisnya

Unsur-unsur dalam Packaging

Nah, agar bisnis Anda bisa lebih dikenal banyak orang, terdapat beberapa unsur yang harus diketahui dalam membuat kemasan. Beberapa unsur yang sangat penting dalam membuat packaging box adalah komposisi warna, bahan, dan beberapa hal yang unik.

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat kemasan produk adalah memilih kemasan dengan desain yang tepat dan menarik. Anda harus memilih program desain kemasan produk yang tepat dan berbagai jenisnya.

Selanjutnya, Anda harus membuat template desain kemasan produk. Nantinya, template kemasan produk ini akan mempermudah Anda untuk membuat desain kemasan produk yang lainnya. Lalu, Anda harus memilih bentuk bahan kemasan dan harus Anda sesuaikan dengan ukuran produk yang ingin Anda jual.

Terakhir, Anda harus memilih vendor yang tepat. Tahap terakhir ini harus bisa Anda perhatikan secara teliti. Karena, kesuksesan kemasan produk Anda akan sangat ditentukan pada tahap ini.

Baca juga: Mengenal MFG Date dalam Pembuatan suatu Produk

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang packaging box atau kemasan produk, lengkap dengan pengertian, jenis dan cara untuk membuatnya.

Namun, hal penting lainnya yang tidak boleh Anda lupakan dalam menjalankan bisnis, selain packaging box, adalah mencatat setiap penjualan produk dan membuat laporan laba rugi dari bisnis Anda. Anda bisa melakukan hal tersebut secara manual menggunakan buku kertas biasa atau menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

Namun, menggunakan cara manual tentu akan memakan banyak waktu dan rentan terjadi kesalahan. Nah, solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi ini, seluruh kegiatan transaksi akan tercatat secara otomatis dan Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara instan dan tepat.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang mampu meningkatkan efisiensi operasional bisnis Anda. Sehingga, Anda bisa mengelola dan mengembangkan bisnis secara lebih mudah.

Ayo klik banner di bawah ini untuk langsung mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.