Pasar Persaingan Monopolistik: Pengertian, Ciri-ciri dan Contohnya

Pasar persaingan monopolistik adalah salah satu pasar persaingan tidak sempurna. Teori pasar persaingan monopolistik ini dikembangkan karena adanya ketidakpuasan pada analisis model persaingan pasar sempurna ataupun pasar monopoli.

Namun, jika dilihat dari struktur pasar monopolistik, maka ia lebih mendekati pada pasar persaingan yang sempurna, namun perusahaan akan lebih berpartisipasi di pasar tersebut guna menghasilkan suatu produk yang berbeda dan juga memiliki karakteristik tersendiri.

Pasar persaingan monopolistik ini adalah pasar dengan banyaknya para konsumen yang menghasilkan suatu komoditas yang berbeda-beda dan bisa disebut juga sebagai pasar yang adanya banyak penjual yang menawarkan satu jenis barang dengan banyak produk yang berbeda-beda dalam hal kualitas, bentuk, dan juga ukuran produk tersebut.

Dalam pasar persaingan monopolistik, setiap konsumen akan merasakan adanya perbedaan dari karakteristik pada setiap produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan dengan produk yang di hasilkan oleh perusahaan lainnya.

Adanya perbedaan tersebut akan mencerminkan perbedaan yang sebenarnya di antara produk-produk yang akan mereka konsumsi atau hanya perbedaan dalam hal persepsi konsumen bahwa berbagai produk yang dihasilkan oleh berbagai perusahaan yang beroperasi di pasar memanglah sangat berbeda.

Sebagai contoh sederhananya, perbedaan produk bisa dilihat dari bentuk fisiknya seperti adanya perbedaan fungsi, bentuk, ataupun kualitas produk. Perbedaan ini juga bisa dilihat dalam kaitannya dengan suatu merek, logo, ataupun kemasan.

Selain itu, bisa dilihat juga dari jangka waktu kredit penjualannya, ketersediaan komoditas, kemudahan dalam mengaksesnya, layanan after sales, lokasi memperoleh komunitas, pelayanan, dan masih banyak lagi.

Berbagai contoh dari komoditas monopolistik yang banyak dijumpai dalam kehidupan kita sehari-hari adalah pakaian, obat-obatan, alat kosmetik, restaurant dan banyak komoditas makanan lainnya.

Pasar Persaingan Monopolistik

Pasar persaingan monopolistik pada dasarnya adalah pasar yang berada di antara dua jenis pasar yang sangat ekstrem, yakni pasar persaingan sempurna dan monopoli, untuk itu sifat pasar ini masih mengandung unsur-unsur sifat dari pasar monopoli dan juga pasar persaingan sempurna.

Persaingan monopolistik ini bisa kita artikan sebagai suatu pasar yang mana adanya banyak produsen yang memproduksi barang yang beragam.

Baca juga: Bahan Baku Adalah: Pengertian, Jenis, dan Faktor yang Mempengaruhinya

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Monopolistik

1. Adanya Banyak Penjual

Perusahaan dalam pasar monopolistik memiliki ukuran yang cenderung sama besar, kondisi ini akan melahirkan produksi suatu perusahaan yang cenderung sedikit bila dibandingkan dengan seluruh produksi yang ada di dalam pasar.

Jika didalam pasar sudah terdapat beberapa puluhan perusahaan yang eksis, maka persaingan monopolistik sangat mungkin akan terjadi.

2. Produksi Barang Lebih Bersifat Berbeda-Beda

Ciri ini adalah sifat yang paling penting dalam membedakan antara pasar persaingan monopolistik dan pasar persaingan sempurna.

Dalam persaingan sempurna, produksi dari berbagai perusahaan akan sama, tentunya hal ini berbeda dengan pasar persaingan monopolistik yang produksi barangnya bersifat variatif dan secara fisik akan lebih mudah dibedakan diantara produksi suatu perusahaan dengan produksi perusahaan lainnya.

3. Perusahaan Memiliki Sifat Kekuasaan dalam Mempengaruhi Harga

Pasar persaingan monopolistik bisa mempengaruhi harga walaupun relatif lebih kecil dibandingkan hasil persaingan sempurna yang tidak memiliki kekuasaan ataupun pengaruh harga kekuasaan dan mempengaruhi harga.

Hal ini terjadi karena adanya produksi barang yang sangat berbeda-beda, maka para pembeli akan cenderung lebih memilih barang dari perusahaan tersebut.

4. Pemasukan Industri Relatif Lebih Mudah Diperoleh

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan pemasukan industri cenderung lebih mudah diperoleh adalah:

  • Adanya modal yang dibutuhkan relatif lebih besar walaupun dibandingkan dengan membangun perusahaan pasar persaingan sempurna
  • Karena perusahaan harus menghasilkan barang yang lebih menarik dari yang sudah ada di dalam pasar, dan juga mempromosikan barang tersebut untuk memperoleh langganan.

5. Persaingan Promosi Penjualan yang Sangat Aktif

Harga bukanlah faktor penentu dari besarnya pasar dan dan dari perusahaan-perusahaan yang ada di dalam pasar persaingan monopolistik.

Suatu perusahaan akan sangat mungkin menjual barang yang relatif lebih mahal harganya, namun dia tidak bisa menarik banyak pelanggan, sebaliknya suatu perusahaan lain yang menjual barang dengan harga murah akan bisa menarik lebih banyak pelanggan.

Kondisi ini disebabkan oleh adanya sifat barang yang mereka produksi yaitu barang yang sifatnya berbeda-beda. Untuk itu dalam mempengaruhi citarasa pembeli, maka setiap pebisnis harus melakukan persaingan bukan dengan harga melainkan memperbaiki mutu dan juga desain suatu barang

Keuntungan Dalam Pasar Persaingan Monopolistik

Kurva permintaan yang akan dihadapi oleh perusahaan dalam persaingan monopolistik akan lebih  elastis dari yang dihadapi di dalam pasar monopoli. Namun, tidak sampai mencapai elastis yang sempurna sebagaimana kurva permintaan yang dihadapi oleh berbagai perusahaan di dalam pasar persaingan sempurna.

  • Memaksimalkan Keuntungan Dalam Jangka Pendek

Permintaan yang akan dihadapi perusahaan di dalam persaingan monopolistik adalah sebagian dari keseluruhan permintaan pasar. Keuntungan maksimal akan bisa diperoleh bila perusahaan terus berproduksi sampai pada tingkat tercapainya MC = MR. Perusahaan dalam hal ini akan mendapatkan laba di atas normal dalam jangka waktu yang pendek.

  •  Memaksimalkan Keuntungan Jangka Panjang

Keuntungan yang melebihi batas normal akan menyebabkan perkembangan perusahaan di pasar. Sehingga, setiap perusahaan yang ada di pasar akan menghadapi suatu permintaan yang semakin berkurang pada berbagai tingkatan harga. Sehingga, keuntungan pun akan semakin menurun ke tingkat normal.

Adanya Ketidakefisienan Dari Pasar Persaingan Monopolistik.

Terdapat dua penyebab adanya ketidakefisienan dari pasar persaingan monopolistik ini, yakni harga jual lebih besar dari biaya marginal, dan kapasitas yang berlebih.

Bila perusahaan menderita kerugian minimum, maka dia akan keluar dari pasar tersebut. Sehingga, jumlah perusahaan yang ada di dalam pasar akan semakin sedikit dan jumlah permintaan yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan yang masih ada akan menjadi lebih besar.

Keluarnya perusahaan dari pasar akan berlangsung terus hingga perusahaan mendapatkan keuntungan yang normal. Dalam kondisi seperti ini, maka tidak akan ada lagi perusahaan yang masuk ke pasar dan juga tidak ada lagi perusahaan yang keluar dari pasar. Inilah yang disebut sebagai keseimbangan jangka panjang perusahaan di dalam persaingan monopolistik.

Kelebihan dan Kekurangan Persaingan Monopolistik

 Kelebihan Pasar Persaingan Monopolistik Adalah:

  • Banyaknya produsen di pasar akan memberikan keuntungan untuk konsumen dalam memilih produk yang terbaik untuknya.
  • Adanya kebebasan keluar masuk bagi para produsen, sehingga akan mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi dalam memproduksi barangnya.
  • Adanya diferensiasi produk akan mendorong konsumen untuk lebih selektif dalam menentukan produk mana yang nantinya akan dibeli dan dapat membuat setiap konsumen bisa lebih lanjut terhadap produk yang akan dipilihnya.
  • Pasar ini juga relatif sangat mudah dijumpai oleh konsumen karena sebagian besar keperluan sehari-hari akan tersedia di dalam pasar monopolistik

 Kekurangan Pasar Monopolistik

  • Pasar monopolistik mempunyai tingkat persaingan yang sangat tinggi baik itu dalam hal harga kualitas ataupun pelayanan. Sehingga, produsen yang tidak memiliki modal dan juga pengalaman yang cukup akan lebih cepat keluar dari pasar tersebut.
  • Diperlukan modal yang sangat besar untuk bisa masuk ke dalam pasar monopolistik karena para pemain pasar didalamnya memiliki skala ekonomis yang sangat tinggi.
  • Pasar ini akan mendorong berbagai produsen untuk selalu melakukan inovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar oleh setiap konsumen.

Contoh pasar persaingan monopolistik di Indonesia adalah penjualan sepeda motor Honda dan Yamaha.

Sepeda motor keluaran Honda selalu dikatakan lebih irit daripada sepeda motor lainnya. Sedangkan motor keluaran Yamaha diklaim lebih memiliki tenaga yang lebih unggul daripada sepeda motor lainnya.

Hal tersebut adalah salah satu contoh pada pasar persaingan monopolistik kedua brand ini sama-sama produsen sepeda motor. Namun keduanya memiliki karakteristik produk yang sangat berbeda.

Honda cenderung lebih unggul dalam hal bahan bakar karena iritnya bahan bakar yang digunakan oleh mereka. Sedangkan Yamaha akan lebih unggul dalam hal akselerasi. Selanjutnya, tinggal bergantung pada pilihan konsumen.

Baca juga: Berbagai Jenis Pasar Dalam Dunia Bisnis yang Haru

Pemutup

Demikian penjelasan dari kami tentang pasar persaingan monopolistik.

Jadi, bisa kita tarik kesimpulan bahwa pasar persaingan monopolistik adalah suatu pasar yang dikembangkan karena adanya ketidakpuasan dalam pasar model persaingan sempurna dan pasar monopoli atau sederhananya pasar persaingan monopolistik adalah kombinasi dari pasar persaingan monopoli dan pasar persaingan sempurna.

Pemahaman ini akan sangat penting untuk dimengerti bagi Anda yang baru terlibat dalam dunia bisnis. Jadi, Anda harus menentukan pasar mana yang nantinya akan Anda masuki  dan memiliki strategi yang tepat untuk bisa bersaing di dalamnya.

Hal lainnya yang tidak boleh dilupakan oleh setiap bisnis adalah melakukan pencatatan laporan keuangan secara rapi, tepat, dan juga akurat. Namun, untuk melakukannya tentu tidaklah mudah, dibutuhkan ketelitian yang sangat tinggi dalam mencatat laporan keuangan tersebut.

Untuk itu,  software akuntansi Accurate online hadir untuk mempermudah Anda dalam melakukan pencatatan laporan keuangan dan juga mengelola finansial perusahaan Anda.

Accurate Online akan menyediakan 200 lebih jenis laporan keuangan yang bisa dengan mudah Anda akses di mana saja dan kapan saja menggunakan laptop ataupun smartphone yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

Berbagai fitur di dalamnya juga sudah sangat lengkap dan mudah Anda mengerti karena dilengkapi dengan tampilan dashboard yang sangat sederhana.

Seluruh keunggulan dan fitur dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

https://accurate.id/lp/marketing-form/