Berbagai Jenis Pasar Dalam Dunia Bisnis yang Harus Anda Ketahui

Bila kita merujuk pada pengertian pasar secara umum, maka pasar adalah tempat bertemunya berbagai penjual dan pembeli. Berdasarkan penjelasan sederhana ini maka Anda akan mengetahui jenis-jenis pasar tradisional dan pasar modern.

Jenis-jenis pasar memang bisa kita kategorikan dari sudut pandang yang berbeda. Contohnya saja seperti jenis produk yang dijual, keberadaan toko, lokasi pasar, persaingan bisnis, dan berbagai  jenis lainnya.

Dalam suatu persaingan bisnis, jenis-jenis pasar bisa kita kategorikan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Berikut ini akan kami bahas tentang jenis-jenis pasar tersebut.

Klasifikasi Pasar

Berdasarkan klasifikasinya, maka jenis-jenis pasar bisa kita bagi menjadi dua bagian, yakni pasar tradisional dan pasar modern.

1. Jenis Pasar Tradisional

Pasar tradisional adalah tempatnya penjual dan pembeli saling bertemu, yang ditandai dengan adanya kegiatan transaksi penjual dengan pembeli secara langsung. Umumnya, setiap transaksi akan ada kejadian proses tawar-menawar. Umumnya, dalam pasar tradisional akan terdapat berbagai kios dan juga lapak lesehan yang terbuka.

Lokasi pasar tradisional biasanya sangat dekat dengan kawasan perumahan, sehingga akan memudahkan akses penduduk di sekitarnya untuk mengunjungi pasar.

Beberapa pasar tradisional dan bersejarah yang ada di Indonesia adalah pasar klewer yang berada di Solo, Pasar Beringharjo yang ada di Yogyakarta, dan juga Pasar Johar yang berada di Semarang.

Baca juga: Scale Up: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Hal yang Menghambat Scale Up

2. Jenis Pasar Modern

Pada dasarnya, pasar modern tidak jauh berbeda dengan pasar tradisional.

Yang membedakannya hanyalah sedikit, yaitu pasar modern adalah proses bertemunya penjual dan pembeli dan bertransaksi secara tidak langsung melainkan setiap barang sudah diberikan label harga atau barcode dan pembeli bisa mengetahui harga barang dari  label harga yang sudah tercantum.

Syarat Terbentuknya Pasar

Terdapat empat hal yang memang harus dipenuhi agar bisa terjadinya atau terbentuknya suatu pasar. Bila keempat syarat ini tidak bisa terpenuhi, maka suatu bangsa tidak akan bisa dibentuk.

Keempat syarat tersebut adalah adanya penjual, adanya pembeli, tersedianya barang ataupun jasa yang diperjualbelikan di pasar, dan adanya kesepakatan antara setiap penjual dan pembeli di pasar.

Fungsi Pasar Bagi Sumber Daya Perekonomian

Pasar mempunyai peranan sangat penting dalam ranah perekonomian. Bayangkan saja bila tidak ada pasar, dimanakah setiap masyarakat bisa membeli barang-barang yang mereka perlukan?

Adanya peran penting pasar sebagai perekonomian menjadikan pasar sebagai suatu indikator yang harus dilihat guna mengukur perkembangan perekonomian suatu negara. Peran pasar sendiri bisa kita lihat dari kegiatan produksi, distribusi, dan juga konsumsi masyarakat.

1. Fungsi Pasar Sebagai Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi pasar adalah semua kegiatan yang dilakukan untuk memberikan nilai tambah atau untuk menciptakan barang dan jasa tertentu. Berikut ini adalah seluruh kegiatan produksi yang berfungsi sebagai penunjang peran pasar bagi perekonomian.

  •  Sebagai sarana memperoleh informasi terhadap riset barang
  •  Sebagai sarana memperoleh informasi target produksi barang
  •  Sebagai sarana memperoleh bahan baku yang diperlukan
  •  Sebagai acuan pembentuk harga produk atau jasa.

2. Peran Pasar Dalam Kegiatan Distribusi

Pasar memiliki peran dalam mempermudah kegiatan suatu distribusi produk atau barang distribusi yang lancar, sehingga akan mempengaruhi perekonomian yang positif secara menyeluruh.

Suatu perekonomian akan bisa terhindar dari masalah adanya kenaikan harga, yang terjadi karena proses distribusi barang di pasar yang lancar tanpa adanya masalah dan tentu akan meminimalisir tingkat inflasi yang terjadi di suatu negara.

3. Peran Pasar Dalam Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi dilakukan agar bisa memenuhi keperluan. Pasar mempunyai peran sebagai penyedia alat pemuas suatu kebutuhan barang ataupun jasa sehingga setiap konsumen bisa memenuhi kebutuhan mereka nya masing-masing.

Dengan adanya pasar, maka setiap masyarakat akan lebih mudah dalam memperoleh barang yang dikonsumsi dan memberikan dampak pada perkembangan perekonomian.

Semakin mudah seseorang menemukan barang yang diperlukan, maka akan semakin besar perkembangan ekonomi dalam suatu negara. Dampak terhadap harga akan menjadi lebih stabil karena barang yang dikonsumsi akan sangat mudah ditemukan di pasar.

Jenis-Jenis Pasar Berdasarkan Struktur Organisasi

Jenis-jenis pasar bisa kita lihat berdasarkan struktur organisasinya. Nah, berdasarkan struktur organisasi tersebut maka terdapat 2 jenis pasar,  yaitu pasar persaingan sempurna, dan tidak sempurna.

1. Jenis Pasar Persaingan Sempurna

Jenis pasar pertama yang harus Anda ketahui dalam persaingan suatu bisnis adalah pasar persaingan sempurna. Pada umumnya, pasar adalah suatu kondisi yang memungkinkan para penjual dan pembeli bertemu dan melakukan suatu transaksi penjualan dan pembelian.

Namun untuk  pasar persaingan sempurna, maka tidak hanya terdapat penjual yang menjajakan produknya dengan merek tertentu saja. Itu  artinya, di pasar ini kita bisa menemukan banyak pedagang yang menjual produk dengan merek yang sama.

Ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna antara lain adalah adanya keberadaan beberapa pedagang yang menjual produk dengan merek yang sama, serta adanya harga jual produk yang sama dari setiap pedagang di pasar tersebut.

Harga sebelumnya telah ditentukan sesuai kesepakatan, sehingga setiap pedagang akan menjual produk serupa dengan harga yang sama. Sehingga, nantinya tidak akan ada kecemburuan yang terjadi pada setiap pedagang.

Dari adanya keberadaan tersebut, maka bisa dipastikan kualitas pelayanan akan menjadi kunci penting dalam konsep penjualan dan konsep pemasaran. Pasar persaingan sempurna tidak hanya ada dalam suatu pasar di dalam suatu lokasi saja.

Dalam pasar yang tidak nyata seperti pedagang online, pasar persaingan sempurna juga bisa terjadi pada pedagang yang menjual produk dan distributor ataupun produsen yang sama.

Umumnya, pihak produsen telah mematok harga yang harus dijual oleh mereka sehingga walaupun dijual oleh pedagang dari lokasi yang berbeda, harga jual dari produk tersebut akan tetap sama.

2. Jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Selain pasar persaingan sempurna, terdapat juga jenis pasar persaingan yang tidak sempurna. Pasar ini adalah suatu kondisi pasar ketika terdapat satu penjual dan pembeli saja. Perbedaan pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna yang paling sangat menonjol adalah bisa dilihat dari barang dan juga harga jualnya.

Di dalam pasar ini, setiap penjual bisa dengan bebas menentukan harga produk, dan berbagai produk yang diperjualbelikan oleh seseorang pedagang bisa sangat bermacam-macam.

Pasar persaingan tidak sempurna ini  terdiri dari dua bentuk. Jika kita lihat dari keberadaan pedagang dan produk yang dijual, maka kedua bentuk pasar persaingan tidak sempurna tersebut adalah pasar monopoli dan juga pasar oligopoli.

  • Jenis Pasar Monopoli

Pasar monopoli adalah jenis pasar persaingan tidak sempurna yang terjadi pada suatu kondisi pasar yang memungkinkan seluruh penawaran terhadap suatu barang yang ada di pasar sudah dikuasai oleh salah seorang penjual ataupun sejumlah penjual tertentu saja.

Ciri-ciri dari pasar monopoli ini adalah adanya keputusan harga yang sudah ditentukan oleh satu penjual, sehingga tidak ada penjual lain sebagai kompetitor dan tidak ada campur tangan dari pemerintah ataupun aturan undang-undang yang mengatur tpraktik pasar seperti  ini

Adanya kegiatan pasar monopoli akan memungkinkan keuntungan yang diperoleh oleh penjual sangatlah tinggi. Namun, saat ini di indonesia telah diatur dengan tegas adanya praktik pasar monopoli, bahkan untuk produk yang menguasai hajat atau keperluan hidup masyarakat indonesia pada umumnya sudah diatur tersendiri oleh pemerintah.

Beberapa perusahaan yang terjun dalam praktik pasar monopoli dan sudah diatur secara khusus oleh negara adalah pt. Kai, pln, pdam, dan pertamina.

  • Jenis Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli adalah jenis pasar persaingan yang tidak sempurna yang terjadi saat beberapa penjual yang menjual suatu produk barang yang sama. Dampak adanya kondisi ini adalah penjual yang satu dengan penjualan lainnya bisa turut mempengaruhi harga barang.

Beberapa contoh dari praktik pasar oligopoli ini adalah perusahaan rokok, perusahaan penjual mobil, perusahaan semen dan juga perusahaan telekomunikasi.

Umumnya ciri-ciri pasar  oligopoli ini ini adalah wah ada nya sedikit penjual saja dan keputusan salah satu penjual mampu mempengaruhi para penjual lainnya.

Hal ini tentu berbeda dengan pasar monopoli yang memungkinkan tidak ada peluang sedikitpun untuk masuk dan juga untuk bersaing di pasar monopoli setiap penjual bisa melakukan persaingan secara terbuka walaupun sangat sulit untuk menggeser penjualan yang sudah eksis terlebih dahulu

Baca juga: Jasa Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa

Penutup

Demikianlah  penjelasan dari kami tentang jenis-jenis pasar dalam dunia bisnis. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa  berdasarkan klasifikasinya, maka jenis pasar terbagi menjadi dua, yaitu pasar tradisional dan juga pasar  modern.

Sedangkan jika berdasarkan struktur organisasi,  maka jenis pasar terbagi menjadi 2,  yaitu jenis pasar persaingan sempurna,  dan  jenis pasar persaingan tidak sempurna.

Pemahaman akan jenis-jenis pasar ini sangat penting untuk Anda yang ingin atau yang baru mulai berbisnis, tujuannya adalah agar Anda bisa mengetahui pasar mana yang akan Anda masuki.

Selain itu, Anda juga harus bisa melakukan pengelolaan uang dan mencatat seluruh  laporan arus kas perusahaan Anda dengan baik dan rapi.  Dalam hal ini, ini Anda akan lebih terbantu bila Anda menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi di indonesia yang sudah  dipercaya oleh lebih dari 300.000 pebisnis di Indonesia. Hal itu dikarenakan Accurate Online memiliki berbagai fitur yang mampu memudahkan kegiatan bisnis online ataupun offline.

Selain itu, Accurate Online juga akan membantu menyediakan 200 lebih laporan keuangan untuk perusahaan Anda yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja dengan menggunakan smartphone ataupun laptop yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

Seluruh fitur dan juga kelebihan dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati sekarang juga secara gratis selama 30 hari  cara dengan cara klik tautan gambar di bawah ini.

Accurate-