Perbedaan Pasar Konsumen dan Pasar Bisnis

oleh | Jun 5, 2024

source envato.

Pasar Bisnis dan Perbedaannya dengan Pasar Konsumen

Salah satu kesalahan yang paling banyak terjadi tentang dunia transaksi komersial adalah menganggap bahwa pasar bisnis memiliki pengertian yang sama dengan pasar konsumen.

Hal tersebut sangatlah disayangkan, pasalnya walaupun keduanya sangat mirip dari sisi konten, namun tetap memiliki perbedaan yang besar.

Satu hal yang harus selalu Anda ingat adalah bahwa pasar bisnis adalah transaksi pertukaran barang yang terjadi antar satu perusahaan dengan perusahaan lainnya untuk dijual kembali atau untuk dijadikan sebagai bahan baku produk.

Sedangkan pasar konsumen adalah transaksi pertukaran barang antar produsen dengan konsumen rumah tangga.

Lantas, apa saja perbedaan yang terdapat pada pasar bisnis dan pasar konsumen? Tenang, karena kami sudah merangkum perbedaannya di bawah ini:

Apa itu Pasar Bisnis?

Pasar bisnis, juga dikenal sebagai pasar industri atau pasar B2B (business-to-business), adalah pasar di mana perusahaan atau organisasi menjual produk atau layanan mereka kepada perusahaan atau organisasi lain untuk digunakan dalam produksi barang atau jasa, untuk dijual kembali, atau untuk keperluan operasional.

Contoh:

  • Pabrik yang membeli bahan baku untuk produksi.
  • Perusahaan IT yang membeli perangkat lunak dan perangkat keras untuk operasional mereka.
  • Kantor yang membeli furnitur dan perlengkapan kantor.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Pasar dan Karakteristiknya

Apa itu Pasar Konsumen?

Pasar konsumen, juga dikenal sebagai pasar B2C (business-to-consumer), adalah pasar di mana perusahaan menjual produk atau layanan mereka langsung kepada individu untuk keperluan pribadi atau rumah tangga.

Contoh:

  • Individu yang membeli makanan dan minuman dari supermarket.
  • Konsumen yang membeli pakaian dan aksesoris dari toko ritel.
  • Keluarga yang membeli peralatan elektronik untuk keperluan rumah tangga.

Baca juga: Mengenal Pasar Konsumen: Jenis, Contoh, Faktornya

Perbedaan Pasar Bisnis dan Pasar Konsumen

perbedaan pasar konsumen dan pasar bisnis

ilustrasi perbedaan pasar konsumen dan pasar bisnis. source envato.

1. Kebutuhan Bisnis dan Keinginan Konsumen

Sebagian besar barang atau produk yang diinginkan oleh konsumen adalah produk yang beredar di pasar bebas.

Bahkan, produk tersebut tidak benar-benar menjadi kebutuhan pelanggan. Contohnya seperti layanan hiburan, berbagai barang elektronik, ataupun paket perjalanan liburan.

Biasanya, pelaku konsumen akan berdasarkan pada karakteristik, seperti mode atau style atau bisa hal lain yang lebih bersifat gengsi.

Faktor emosional memiliki peran yang sangat besar dalam mempengaruhi konsumen untuk memutuskan pembelian produk.

Jadi, pemasaran konsumen lebih fokus tentang bagaimana merangsang perilaku pembelian dengan melalui pesan yang bersifat persuasif dan investasi media atau promosi agar bisa menghasilkan permintaan konsumen.

Sebaliknya, pihak perusahaan sebagai produsen umumnya sudah siap untuk membeli solusi agar berbagai kebutuhan bahan baku yang dibutuhkan untuk operasional sehari-hari perusahaan bisa terpenuhi atau untuk memecahkan berbagai masalah bisnis tertentu yang berkaitan dengan efisiensi biaya.

Kebutuhan mereka akan benar-benar terukur dari orientasi, sesuai dengan perencanaan. Karakteristik seperti halnya performa produk memiliki peran yang jauh lebih penting daripada citra produk yang berlaku di pasar konsumen.

Pembeli yang terdapat di pasar bisnis kurang berlaku secara emosional dan lebih berorientasi pada target operasional perusahaan.

Mereka hanya akan memikirkan masalah tentang bagaimana menemukan pemasok yang paling mampu memenuhi kebutuhan perusahaan.

2. Kuantitas Pelanggan

Ruang lingkup pasar bisnis akan cenderung lebih kecil daripada pasar konsumen.

Pelaku pasar di dalam pasar bisnis mungkin hanya bisa menargetkan ratusan pelanggan saja, tapi di dalam pasar konsumen bisa berjumlah hingga jutaan pelanggan.

Karena ukurannya yang lebih kecil ini, seringkali dimungkinkan untuk melakukan identifikasi dan memetakan seluruh jenis prospek dalam setiap pelaku pasar bisnis dan juga memberikan metode pendekatan dengan menggunakan komunikasi pemasaran khusus.

3. Tingkat Kedekatan dengan Pelanggan

Di dalam lingkungan pasar konsumen, komunikasi seringkali berakhir dengan transaksi jarak jauh yang dilakukan dengan menggunakan toko ritel.

Perusahaan selaku produsen sangat jarang sekali melakukan kontak secara pribadi dengan pelanggan.

Sebaliknya, di dalam pasar bisnis, relasi atau hubungan yang terjadi antara pembeli dan penjual sangatlah dekat.

Dalam banyak kasus, pemasok atau penjual akan mengunjungi pelanggan atau perusahaan secara langsung dan melakukan hubungan bisnis untuk jangka waktu yang lama.

4. Proses Transaksi

Pembeli yang terdapat di dalam pasar konsumen umumnya akan mengambil keputusan yang berkaitan dengan proses transaksi yang tidak rumit.

Di sisi lain, pembeli yang terdapat di dalam pasar bisnis seringkali melakukan kegiatan proses transaksi yang dikenal dengan multi-step, lebih rumit daripada proses transaksi di dalam pasar konsumen yang dilakukan secara profesional dalam periode waktu tertentu.

5. Bentuk Produk

Banyak sekali produk yang ada di dalam pasar bisnis membutuhkan tingkat penyesuaian dalam hal teknisi, baik itu dari sisi spesifikasi maupun requirement yang tinggi untuk kebutuhan perusahaan.

Bahkan, berbagai produk sehari-hari, seperti mesin faktor produksi, cenderung terlihat sangat rumit jika dibandingkan dengan produk lain yang ada di dalam pasar konsumen, karena kebutuhan perusahaan mewajibkan penggunaan produk atau barang tersebut.

Kebutuhan pelanggan yang terdapat di dalam pasar bisnis sangatlah beragam dalam menentukan bentuk pemasaran yang sifatnya lebih intim dan termasuk ke dalam jenis produk, pelayanan dan harga yang bisa disesuaikan.

Bahkan, proses transaksi yang terjadi di dalam pasar bisnis umumnya memerlukan beberapa tingkat penyesuaian terhadap kuantitas logistik, cara pembayaran, dan juga jasa pengiriman.

Baca juga: Berbagai Jenis Pasar Dalam Dunia Bisnis yang Harus Anda Ketahui

Penutup

Demikian lah penjelasan dari kami tentang perbedaan mendasar antara pasar bisnis dan pasar konsumen.

Bila diperhatikan antar keduanya, sangat jelas kebutuhan akan akuntansi sangatlah diperlukan.

Nah, untuk bisa memenuhi berbagai proses akuntansi di dalam bisnis, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, seluruh kegiatan transaksi Anda akan tercatat secara otomatis dan Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat.

Lebih dari itu, aplikasi yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini juga sudah dilengkapi dengan fitur bisnis luar biasa lainnya.

Berbagai fitur tersebut akan memudahkan Anda untuk melakukan kegiatan penjualan, mengelola persediaan di gudang, menyelesaikan urusan perpajakkan, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh fitur dan kelebihan dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya administrasi yang sangat terjangkau, yakni sekitar 200 ribuan saja perbulan.

Bahkan, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

bisnisukmbanner
sidebarPromo
Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait