Payment Gateway Adalah: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Pada dasarnya, payment gateway adalah media pembayaran yang disediakan oleh suatu layanan marketplace yang mampu memberikan otorisasi pemrosesan suatu kartu kredit ataupun pembayaran langsung pada klien dalam suatu kegiatan bisnis online.

Dilansir dari pada ensiklopedia online Wikipedia Payment gateway, payment gateway terbukti mampu membantu memudahkan para pebisnis dan para klien dalam melakukan kegiatan transaksi.

Dalam kesempatan kali ini, mari kita mengenal lebih dalam tentang payment gateway lebih dalam.

Payment Gateway Adalah

Payment gateway adalah suatu cara pembayaran yang mampu membantu para penjual dan juga pembeli dalam melakukan transaksi secara online.

Payment gateway juga mampu membantu setiap toko online dalam melancarkan proses pembayaran atau metode pembayaran secara baik. Dalam hal ini, bentuk payment gateway bisa berupa transfer bank, kartu kredit, virtual account, debit, e-wallet atau di gerai-gerai minimarket.

Dalam proses pelaksanaannya, sistem pembayaran ini akan melihat seluruh informasi penting dari pihak pembeli, toko online dan juga bank. Lantas bagaimana dengan sistem keamanannya? Padahal seluruh data tersebut adalah hal yang sangat sensitif dan juga sangat penting.

Nah, dalam hal pengguna sistem pembayaran payment gateway tidak perlu khawatir, karena sistem keamanan payment gateway sangatlah ketat. Berikut ini adalah sistem keamanan yang terdapat dalam suatu payment gateway:

  • Address Verification System. Dengan adanya sistem ini, seluruh rincian tagihan setiap pelanggan akan diperiksa dan disesuaikan dengan alamat kartu yang sudah terdaftar secara resmi. Sehingga, penggunanya tidak perlu khawatir terjadi salah tagih.
  • Card Security Code. Setiap kegiatan transaksi hanya akan bisa diproses jika mempunyai tiga angka terakhir pada nomor kartu kredit atau kartu debit.
  • 3D Secure Password. Setiap penggunanya akan selalu diminta memasukan password yang aman saat akan melakukan transaksi online.

Baca juga: Bootstrapping Adalah: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Perbedaannya dengan Venture Capital

Sejarah Singkat Pengembangan Metode Payment Gateway

Di era perkembangan zaman yang serba berteknologi seperti saat ini, seluruh orang rasanya hampir bisa merasakan imbas positifnya. Kenapa? Karena perkembangan teknologi yang pesat nyatanya tidak dilakukan pada suatu bidang tertentu saja, tapi juga terjadi pada bidang lain, termasuk dalam bidang bisnis.

Pada dasarnya memang teknologi diciptakan dan dikembangkan untuk membantu pekerjaan manusia, pun sama halnya dengan adanya teknologi payment gateway ini.

Hal tersebut dimulai dari adanya sistem belanja secara online di Indonesia yang saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup seluruh lapisan masyarakat. Bahkan, saat ini sangat jarang orang yang berbelanja di toko fisik yang ada di pinggir jalan raya atau mall.

Sudah ada banyak sekali website besar yang muncul dimana-mana dengan daya saing yang sangat ketat antar yang satu dengan yang lainnya.

Berbagai tawaran yang menarik pun mereka gencarkan, seperti gratis ongkos kirim, produk gratis, serta potongan harga besar-besaran. Sehingga, hal tersebut mampu menarik minat publik.

Kegiatan jual beli online yang saat ini menjadi tren di kalangan masyarakat kita tak lain dikarenakan terbukanya peluang untuk calon pembeli dalam membandingkan banyaknya harga produk secara lebih mudah dan juga cepat tanpa harus bepergian dari toko online yang satu ke toko online lainnya.

Selain itu, satu online biasanya mampu menyediakan berbagai variasi produk yang sangat menarik yang bahkan sulit ditemui saat berbelanja offline atau belanja di toko atau pasar.

Adanya perubahan pada pola bisnis ini menjadi peluang besar untuk banyak orang yang berniat menjalankan usahanya secara online.

Nah, dari sinilah dipicu adanya payment gateway. Sistem pembayaran ini memang akan sangat jarang sekali terdengar atau ramai dibicarakan banyak orang sepuluh tahun yang lalu. Namun, saat ini payment gateway memiliki peranan yang sangat penting mengingat banyaknya perkembangan situs belanja online.

Cara Kerja Payment Gateway

Walaupun payment gateway memiliki peranan yang penting dalam menghubungkan penjual dan pembeli dalam bertransaksi online, tapi cara kerja dari payment gateway ini sebenarnya cukup sederhana.

  • Pertama, pelanggan atau konsumen akan melakukan transaksi di website atau toko online Anda, mereka akan memilih produk dan menentukan cara pembayaran apa yang mampu memudahkan mereka hingga melakukan proses checkout.
  • Kedua, toko online akan mengirimkan suatu data pembelian dari konsumen ke penyedia jasa payment gateway. Setelah pihak konsumen berhasil menyelesaikan pembayaran, maka proses penjualan akan dilanjutkan ke bank ataupun institusi keuangan terkait.
  • Ketiga, pihak bank akan memproses transaksi. Namun mereka juga memiliki hak untuk menolak jika ada kesalahan pembayaran atau kekeliruan data.
  • Keempat, pihak penyedia payment gateway akan mengirimkan suatu pesan kepada toko online tersebut terkait berhasil atau gagalnya suatu transaksi.
  • Kelima, pihak bank bisa menerima pembayaran hasil transaksi konsumen lalu meneruskannya ke pihak toko online.

Uniknya, kelima langkah yang terkesan rumit tersebut hanya terjadi dalam beberapa detik saja.

Manfaat Payment Gateway 

Seperti yang sudah disinggung sedikit sebelumnya, sistem payment gateway ini bisa menguntungkan pihak penjual pembeli dan penjual. Berikut ini adalah penjelasannya.

  • Metode Pembayaran Lebih Variatif

Sistem pembayaran payment gateway  mampu memudahkan Anda dalam menyediakan beragam metode pembayaran. Hal tersebut akan memudahkan setiap pelanggan saat berbelanja di toko online Anda. karena, mereka memiliki banyak pilihan saat ingin melakukan pembayaran yang sesuai dengan kondisi dan juga keinginan mereka.

Manfaat tersebut tentunya tidak akan bisa dirasakan jika Anda hanya menyediakan  satu rekening bank saja sebagai metode pembayaran sedangkan banyak dari pelanggan Anda yang bukan berasal dari nasabah yang sama dengan Anda. Selain para pelanggan akan dikenakan biaya transfer antar bank, mungkin mereka bisa saja menumpang transfer ke temannya, namun tetap saja cara tersebut sangat merepotkan.

Terlebih lagi jika ada pelanggan yang lebih memilih ingin menggunakan kartu kredit, pembayaran di minimarket, COD, atau menggunakan dompet digitalnya. Sederhananya, sistem payment gateway mampu mengatasi kendala pembayaran di toko online Anda.

  • Instalasinya Mudah

Sebenarnya, instalasi payment gateway di website toko online tidak sesulit yang Anda bayangkan, terlebih lagi jika Anda menggunakan wordpress. Saat ini, ada banyak sekali pilihan plugin payment gateway yang bisa Anda gunakan, seperti Midtrans WooCommerce.

Lebih uniknya lagi, saat ini sudah banyak layanan penyedia payment gateway yang menyediakan dukungan 24/7 agar Anda tidak perlu khawatir lagi ketika ada kendala tertentu.

  • Proses Transaksi Lebih Cepat

Dengan menerapkan payment gateway, seluruh proses transaksi akan berjalan lebih cepat karena sistem di dalamnya berjalan secara otomatis. Namun, jika tidak menerapkan sistem ini, maka transaksi pembelian tentunya akan berjalan secara manual.

Setiap konsumen harus mengirimkan uang secara transfer dan melakukan konfirmasi pembayaran. Anda sebagai pemilik toko inline pun wajib menerbitkan invoice secara manual.

Jadi, akan diperlukan banyak waktu demi menyelesaikan satu transaksi. Lantas, bagaimana jika toko online Anda sangat ramai dan memiliki banyak transaksi setiap hari? Lamanya proses transaksi ini akan membuat konsumen tidak sabar dan akan selalu menanyakan proses transaksinya.

Namun, kendala tersebut tidak akan Anda temukan pada sistem pembayaran payment gateway, sehingga Anda bisa lebih fokus dalam menyelesaikan masalah lain.

  • Transaksi Lebih Aman

Sistem pembayaran payment gateway mampu memberikan solusi agar setiap transaksi yang terjadi pada toko online Anda menjadi lebih aman. Kenapa? Karena setiap perusahaan penyedia payment gateway sudah membangun suatu sistem keamanan yang sangat canggih. Sehingga mampu memeriksa seluruh transaksi secara lebih cepat dan mencegah adanya transaksi fiktif yang dinilai merugikan.

Hal ini tentu berbeda dengan pembayaran manual, yang mana Anda harus memastikan sendiri setiap transaksinya. Selain memerlukan banyak waktu, potensi kesalahan dan transaksi fiktif juga bisa terjadi.

  • Jangkauan Hingga Mancanegara

Jika Anda masih mengandalkan sistem pembayaran manual, maka akan menyulitkan Anda dalam menjangkau konsumen yang lebih luas, terlebih lagi jika pangsa pasar Anda adalah mancanegara.

Untuk itu, menggunakan payment gateway akan mampu meningkatkan potensi yang lebih besar, karena metode pembayaran yang banyak, sehingga mampu membuat konsumen membeli produk Anda dengan lebih mudah.

  • Transaksi Tidak Terbatas

Saat ini, sudah banyak transaksi yang bisa ditangani oleh sistem payment gateway. Itu artinya, walaupun toko online Anda dikunjungi oleh banyak pelanggan, transaksi online pun bisa tetap dilakukan secara mudah. Seluruh sistem payment gateway saat ini sudah dibekali dengan pengelolaan transaksi yang lebih baik dan akurat.

Baca juga: Cost Control Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Tahap Penerapannya

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa payment gateway adalah suatu gerbang atau media pembayaran yang disediakan oleh suatu layanan marketplace yang mampu memberikan otorisasi pemrosesan suatu kartu kredit ataupun pembayaran langsung pada klien dalam suatu kegiatan bisnis online.

Payment gateway terbukti mampu membantu memudahkan para pebisnis dan para klien dalam melakukan kegiatan transaksi. Untuk Anda, para pebisnis, payment gateway mampu memberikan rincian transaksi yang lebih akurat dan tepat, sehingga membantu mereka dalam membuat laporan keuangan untuk bisnisnya.

Nah, agar lebih mudah lagi dalam membuat laporan keuangan bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terbaik seperti otomasi pembukuan, manajemen aset, penghitungan dan pelaporan pajak, multi gudang, proses rekonsiliasi otomatis dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi bisnis Anda secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.