Coba Peluang di Bisnis Distributor? Berikut Keuntungan dan Kerugiannya

oleh | Okt 13, 2023

source envato.

Coba Peluang di Bisnis Distributor? Berikut Keuntungan dan Kerugiannya

Semakin kesini, semakin banyak orang yang nampak semangat untuk mulai membangun bisnis.

Beberapa di antaranya memulai bisnis bermodal koneksi, beberapa lainnya memulai bisnis bermodal dana, bermodal pengetahuan, hingga bermodal keberanian semata.

Bisnis distributor merupakan salah satu bisnis yang bisa dijalankan oleh siapa pun yang memiliki niat dan modal berupa gudang penyimpanan produk.

Pasalnya, belum banyak orang yang memahami peluang dan tata cara bisnis yang satu ini. Agar bisa paham lebih lanjut, yuk, simak terus artikel ini.

Apa Itu Bisnis Distributor?

Apa Itu Bisnis Distributor

ilustrasi bisnis distributor. source envato

Kalau Anda melihat warung-warung kecil dan bisnis retail lainnya, pernahkah Anda berfikir, “Kira-kira, barang-barang ini dari mana datangnya, ya?”

Di situlah peran bisnis distributor. Ia memberikan pasokan produk kepada para penjual dengan melakukan distribusi barang.

Menurut wikipedia, distribusi sendiri termasuk aspek pemasaran dengan kegiatan yang bertujuan memudahkan pelanggan dalam menjangkau produk.

Tentu akan terlalu rumit dan sulit apabila sebuah warung sembako dan bisnis retail wajib menghubungi masing-masing produsen dari tiap-tiap produk yang hendak mereka jual, bukan?

Esensi dari bisnis ini adalah menjadi penengah bagi para produsen dan para penjual.

Coba cari tahu, kira-kira, di kota Anda, sudah ada berapa bisnis serupa? Apakah masih sedikit kuantitasnya? Jika iya, bisnis ini bisa menjadi peluang besar bagi Anda.

Selama Anda memiliki gudang dan ketelitian, bisnis distributor ini bisa menjadi pilihan menguntungkan tanpa perlu memusingkan proses produksi.

Baca juga :  Apa itu Kegiatan Distribusi? Ini Pengertian dan Tujuannya

Kemampuan yang Wajib Dimiliki Saat Bisnis Distributor

Kemampuan yang Wajib Dimiliki Saat Bisnis Distributor

ilustrasi bisnis distributor. source envato

Dalam hal ini, ketelitian dalam mendata produk yang masuk menjadi perkara penting. Karena tanpa ketelitian, produk-produk yang Anda pasok bisa ter-cecer dan tertinggal.

Anda harus memiliki kemampuan untuk menyortir produk-produk yang masuk berdasarkan kategori dan masa kedaluwarsa masing-masing produk.

Agar bisa sukses dalam menjalankan bisnis ini, fokus-lah pada kontrak yang Anda bangun bersama klien atau carilah pembeli setia dari bisnis Anda. Karena dengan pembeli setia, distribusi akan lancar.

Memahami dua hal tersebut, berikut adalah 3 kemampuan yang wajib dimiliki untuk membuka bisnis distributor:

1. Negosiasi

Sudah bukan rahasia lagi kalau ‘perang harga’ merupakan hal yang nyata. Banyak penjual yang mencari distributor atau toko grosir dengan harga paling murah. Maka dari itu, kemampuan negosiasi terhadap produsen menjadi penting.

Jika Anda mampu memiliki kemampuan ini, Anda bisa mendapatkan margin yang lebih besar dari setiap penjualan yang Anda buat.

2. Mencari Klien

Lantas setelah berhasil mendapatkan harga miring, apa itu berarti Anda sudah berhasil? Belum tentu. Anda wajib memiliki kemampuan untuk mencari klien, terutama klien yang loyal. Anda bisa melakukan hal ini secara online dan offline.

3. Manajemen Logistik

Ini adalah esensi dari bisnis distributor, manajemen logistik. Anda harus teliti dan terampil dalam memasok barang tepat waktu, menyortir dan menyimpan sesuai kategori, dan mengantar barang tepat waktu dan sesuai pesanan klien.

Baca juga : Pengertian Sistem Inventory, Manfaat, serta Tips Pengelolaannya

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Distributor

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Distributor

ilustrasi bisnis distributor. source envato

Keuntungan

  1. Memiliki keleluasaan untuk mengelola produk-produk yang dibeli terlebih dahulu
  2. Tidak bergantung pada satu produsen
  3. Margin yang diambil bisa disesuaikan dengan keuntungan yang ingin didapat
  4. Mudah membangnun kepercayaan dan loyalitas klien apabila dijalankan dengan benar

Kerugian

  1. Membutuhkan modal yang cukup besar untuk memasok produk
  2. Membutuhkan gudang penyimpanan
  3. Produk memiliki masa kedaluwarsa
  4. Bertanggung jawab atas banyak hal seperti pengemasan, pengiriman, penerimaan komplain, hingga memasarkan bisnis

Baca juga : Apa itu Konsep Bisnis? Ini Pengertian dan Fungsinya!

Tips Sukses dalam Bisnis Distributor

Tips Sukses dalam Bisnis Distributor

ilustrasi bisnis distributor. source envato

Untuk meraih kesuksesan dalam bisnis distributor, ada beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut adalah panduan lengkap untuk membantu Anda mencapai keberhasilan dalam bisnis distribusi:

1. Pilih Niche yang Tepat: Identifikasi niche atau pasar yang ingin Anda fokuskan. Memilih produk atau industri yang Anda pahami dengan baik akan mempermudah penentuan target pasar dan strategi distribusi yang efektif.

2. Kembangkan Rantai Pasokan yang Kuat: Bangun hubungan yang kuat dengan pemasok yang dapat diandalkan. Pastikan Anda memiliki pasokan produk yang stabil dan berkualitas untuk memenuhi permintaan pelanggan.

3. Fokus pada Layanan Pelanggan: Layanan pelanggan yang baik adalah kunci sukses dalam bisnis distributor. Tanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat, dan pastikan mereka puas dengan pengalaman mereka.

4. Manajemen Stok yang Efisien: Jangan biarkan stok Anda menjadi terlalu besar atau terlalu kecil. Gunakan perangkat lunak manajemen stok untuk membantu Anda memantau stok dengan efisien.

5. Logistik yang Efisien: Perhatikan proses logistik. Pastikan pengiriman dan pengiriman tepat waktu, dan pertimbangkan opsi pengiriman yang paling efisien dan ekonomis.

6. Riset Pasar dan Persaingan: Selalu berada di atas perubahan pasar dan persaingan. Lakukan riset pasar secara teratur untuk memahami tren, harga, dan persaingan.

7. Investasi dalam Teknologi: Gunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional. Perangkat lunak manajemen gudang, perangkat pelacakan inventaris, dan sistem manajemen pelanggan dapat sangat membantu.

8. Diversifikasi Portofolio Produk: Jangan bergantung sepenuhnya pada satu produk atau produsen. Diversifikasi portofolio produk Anda untuk mengurangi risiko.

9. Jaringan dan Kemitraan: Jalin kemitraan dan hubungan dengan bisnis terkait dalam industri Anda. Kemitraan ini dapat membantu Anda memperluas jaringan dan kesempatan bisnis.

10. Evaluasi Kinerja secara Berkala: Evaluasi kinerja bisnis Anda secara berkala. Identifikasi area yang perlu diperbaiki dan buat rencana perbaikan.

11. Keuangan yang Sehat: Pastikan keuangan bisnis Anda selalu dalam kondisi sehat. Buat anggaran yang realistis dan pantau arus kas dengan cermat.

12. Fleksibilitas dan Responsif:
Bisnis distribusi sering kali menghadapi perubahan tak terduga. Berikan diri Anda fleksibilitas untuk merespons perubahan pasar dan permintaan pelanggan.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membangun bisnis distributor yang kuat dan sukses.

Bisnis distribusi adalah tantangan yang membutuhkan dedikasi dan manajemen yang cermat, tetapi dengan strategi yang tepat, Anda dapat meraih kesuksesan dalam industri yang sangat penting ini.

Baca juga: 10+ Contoh Wirausaha dengan Modal Kecil namun Untung Besar

Kesimpulan

Untuk memulai bisnis distributor, Anda harus mempersiapkan setidaknya 3 hal, yaitu, manajemen logistik, kemampuan negosiasi, dan pemasaran yang jelas.

Hal-hal tersebut memastikan Anda menjadi distributor yang kredibel dan dipercaya klien.

Keuntungan yang Anda dapat bisa Anda naik dan turunkan sendiri, mengingat harga produk yang Anda jual itu bergantung pada berapa besar keuntungan yang hendak Anda inginkan.

Untuk memudah bisnis ini, Anda memerlukan tools yang mampu melakukan pemantauan stok secara realtime kapan saja dan dimana saja. Hal ini diperlukan agar tidak ada kesalahan antara laporan dan stok yang sebenarnya tersedia.

Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memuliki fitur pemantauan stok dan fitur multi gudang seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akunatansi yang memiliki fitur yang Anda butuhkan untuk bisnis distributor.

Tidak hanya mencatat transksi dan arus keuangan bisnis, Accurate Online juga memiliki fitur pengelolaan stok, multi cgudang, multi cabang, penggajian, penghitungan aset dan perpajakan, sampai otomatisasi lebih dari 100 jenis laporan keuangan.

Tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

143 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Natalia

Artikel Terkait