15 Usaha yang Menjanjikan yang Bisa Anda Coba di Tahun ini

Dengan begitu banyaknya ide usaha yang menjanjikan di tahun ini, mungkin sulit untuk mencari tahu mana yang layak realisasikan. Meskipun tren baru terkadang berisiko, namun hal ini juga bisa sangat bermanfaat.

Anda mungkin memperhatikan bahwa banyak ide dalam daftar ini yang semakin populer akhir-akhir ini tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia.

Ide lainnyaa telah populer sejak lama sehingga membuat mereka lebih kompetitif tetapi tidak terlalu berisiko. Namun satu hal yang pasti, semua ide bisnis kecil di bawah ini akan membantu Anda menghasilkan uang.

Jika Anda bertanya pada diri sendiri jenis bisnis apa yang harus dimulai dan cocok di tahun ini, maka daftar ini cocok untuk Anda.

1. Dropshipping

Apakah Anda ingin menjual produk secara online tetapi tidak punya uang untuk membeli dan menyimpan stok? Pertimbangkan dropshipping!

Dropshipping adalah model bisnis online di mana Anda tidak perlu mengelola produk fisik apa pun. Anda hanya perlu menyiapkan toko online, dan bermitra dengan pemasok yang siap untuk menyimpan, mengemas, dan mengirimkan pesanan ke pelanggan Anda.

Salah satu alasan orang sering tertarik pada bisnis dropship adalah Anda tidak perlu menyimpan inventaris. Namun, jika menyimpan inventaris tidak menjadi masalah – mungkin ada cukup ruang di lemari cadangan itu – Anda juga dapat mencari produk secara grosir.

Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee memungkinkan pemilik usaha kecil menemukan produk unik berkualitas tinggi dan membangun hubungan jangka panjang dengan pemasok. Layak untuk dicoba sebagai suplemen dropshipping jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda jual.

2. Penerjemah

Orang dengan multibahasa selalu diminati, jadi jika Anda dapat berbicara dua bahasa atau lebih, pertimbangkan untuk memulai bisnis kecil di mana Anda dapat menghasilkan uang dari keterampilan tersebut.

Anda dapat mulai mencari klien di situs web seperti Upwork dan Flexjobs dan perlahan-lahan membangun portofolio Anda.

Saat Anda berhasil bekerja dengan lebih banyak perusahaan, Anda dapat mempekerjakan lebih banyak penerjemah yang berspesialisasi dalam bahasa lain untuk memperluas penawaran layanan Anda.

Ini juga merupakan ide bagus untuk memasarkan bisnis Anda di situs media sosial karena dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas.

Baca juga: Skill yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Desainer Baju Terkemuka 

3. Katering Rumahan

Jika Anda memiliki bakat memasak dan melihatnya sebagai kelebihan, Anda dapat memperoleh penghasilan yang layak dengan membuka bisnis katering rumahan.

Modal awal sangat bergantung pada seberapa besar Anda ingin membangun bisnis Anda. Misalnya, jika Anda memulai dengan toko kecil yang dapat Anda kelola sendiri, Anda dapat memulai bisnis dengan harga lebih murah.

Sebagian besar katering rumahan mulai dengan membuat situs web, bereksperimen dengan pasar makanan lokal, atau bergabung dengan platform yang memungkinkan pakar memasak mendapatkan keuntungan dari keterampilan kuliner mereka.

4. Asisten Virtual

Salah satu ide bisnis paling sukses adalah menawarkan layanan asisten virtual. Setiap orang dari perusahaan besar hingga solopreneur membutuhkan bantuan dengan manajemen bisnis sehari-hari mereka.

Anda dapat menggunakan keterampilan organisasi Anda yang luar biasa untuk mengurangi beban mereka. Tentu saja, Anda akan dibayar atas waktu dan tenaga yang Anda berikan untuk menjawab email, menjadwalkan rapat, dan melakukan tugas administratif lainnya.

Ini adalah model usaha yang menjanjikan di masa depan karena orang selalu mencari asisten virtual yang efisien dan menghemat waktu mereka.

Baca juga: Langkah Membangun Bisnis Frozen Food yang Menguntungkan

5. Website Flipping

Website flipping adalah salah satu ide bisnis baru yang membuat semua orang yang bekerja di rumah hingga lulusan baru bersemangat.

Bisnis ini adalah melibatkan pembelian situs web yang sudah berjalan, meningkatkan desain dan kontennya, dan kemudian menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Ada cukup banyak tempat di mana Anda dapat membeli dan menjual situs web untuk mendapatkan keuntungan. Marketplace Exchange Shopify, misalnya, memungkinkan Anda membeli toko online yang selanjutnya dapat Anda tingkatkan melalui pemasaran konten, SEO, dan taktik lainnya.

Setelah situs Anda mulai menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada saat Anda mendapatkannya, Anda dapat menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi.

6. Personal Shopper

Apakah Anda sering dipuji karena minat Anda terhadap tren fesyen? Apakah Anda seseorang yang teman dan keluarga datangi untuk meminta nasihat pakaian?

Personal shopper bisa menjadi usaha yang menjanjikan yang dibangun di atas keterampilan itu. Personal shopper menemukan item pakaian untuk klien yang kesulitan menemukan gaya pribadi mereka.

Tugas mereka meliputi mengevaluasi lemari pakaian klien Anda, mengunjungi situs web, dan memilih item yang sesuai untuk mereka. Ada berbagai macam produk di semua jenis butik pakaian online, jadi Anda tidak perlu berbelanja secara offline untuk memulai bisnis ini.

Selain itu, Anda tidak perlu memiliki sertifikasi atau gelar khusus untuk menjadi personal shopper. Jika minat Anda terletak pada ide bisnis dengan investasi rendah, ide bisnis ini mungkin merupakan cara yang ideal untuk dipertimbangkan.

Baca juga: Daftar Bisnis Franchise dengan Modal Rendah yang Bisa Anda Coba

7. Bimbingan Online

Jika Anda ahli dalam seni, matematika, atau disiplin ilmu lainnya, Anda dapat memulai bisnis bimbingan belajar online.

Syarat penting adalah memiliki gelar sarjana dalam mata pelajaran yang ingin Anda ajarkan, jadi pastikan untuk mencakup area ini sebelum Anda memulai.

Untuk hasil terbaik, selalu ajarkan mata pelajaran yang berkaitan dengan bidang keahlian Anda karena Anda akan dapat berbagi keterampilan dan pengetahuan konstruktif untuk meningkatkan pengalaman belajar.

Anda dapat menyampaikan kuliah dan berinteraksi dengan siswa Anda melalui Skype atau Zoom, dan menjadikan bimbingan online salah satu bisnis online termudah untuk memulai.

8. Content Writing

Hampir setiap perusahaan dengan kehadiran internet membutuhkan bantuan dalam membuat konten untuk halaman produk, blog, dll.

Dengan demikian, memulai perusahaan penulisan konten atau copywriting bisa menjadi salah satu ide bisnis yang paling menguntungkan bagi Anda.

Situs web populer untuk menemukan beberapa pelanggan pertama tersebut termasuk sribulancer atau freelancer.co.id. Anda juga dapat bergabung dengan grup penulisan konten di Facebook untuk mempromosikan bisnis Anda ke audiens yang lebih luas. A

da banyak cara untuk memberikan kesan yang baik pada klien, seperti dengan menawarkan pengoptimalan kata kunci atau infographis khusus sebagai bagian dari layanan Anda.

Baca juga: 12 Prinsip Etika Bisnis yang Harus Dimiliki Oleh Wirausahawan

bisnis yang menjanjikan 2

9. Pembinaan Karir

Dengan meningkatnya pengangguran dan pasar kerja yang jenuh, tidak ada kekurangan orang yang membutuhkan bantuan untuk mencari pekerjaan. Jika Anda memiliki bakat untuk membantu teman dan keluarga Anda menemukan pekerjaan yang cocok, Anda mungkin juga dapat membantu orang lain.

Pertimbangkan untuk memulai bisnis pelatihan karier di mana Anda membantu orang lain mencari tahu apa karir terbaik bagi mereka, bagaimana melakukan wawancara, ciri-ciri apa yang menentukan kandidat yang baik, dan banyak lagi.

Anda dapat mencari klien di grup Facebook atau di platform seperti Coach.me. Hal terbaik tentang bisnis ini adalah Anda dapat menghasilkan uang dengan melakukan sesi 4-5 jam sebulan.

Selain itu, Anda dapat melatih banyak klien dalam satu sesi. Jika Anda mencari ide bisnis sampingan yang tidak akan menghabiskan terlalu banyak waktu Anda, pembinaan karier mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk Anda.

10. Email Marketing

Apakah Anda pandai menulis email? Sudahkah Anda memecahkan kode untuk menyusun baris subjek yang tidak dapat tidak diklik orang? Jika demikian, Anda bisa melangkah ke wirausaha dan menghasilkan uang dengan meluncurkan bisnis email marketing.

Anda dapat menemukan perusahaan yang membutuhkan bantuan dengan strategi email mereka di platform seperti Sribulancer dan Upwork.

Setelah Anda mendemonstrasikan keterampilan Anda, klien akan segera mendapatkan layanan Anda dan bahkan menyetujui harga yang Anda minta termasuk biaya jika Anda berinvestasi dalam alat pemasaran email, yang akan mengotomatiskan banyak tugas Anda.

Baca juga: 5 Bisnis Online Terbaru dan Menjanjikan di Kala Pandemi

11. Pengujian Situs Web

Tahukah Anda bahwa merek dengan jejak digital mempekerjakan orang sungguhan untuk memberikan umpan balik di situs web mereka?

Opini memungkinkan mereka untuk mengatasi masalah yang mungkin gagal diidentifikasi oleh pengembang mereka. Anda dapat mempekerjakan sekelompok orang sebagai freelance dan membuat perusahaan pengujian situs web Anda sendiri.

Selama proyek berlangsung, karyawan Anda akan menerima serangkaian pertanyaan yang perlu mereka jawab saat mereka menavigasi situs web perusahaan. Anda dapat menemukan pekerjaan melalui situs web seperti UserTesting, Ferpection, dan TryMyUI.

12. SEO

Apakah Anda memiliki pengalaman dalam menghasilkan backlink dan meningkatkan visibilitas mesin pencari dari sebuah situs web?

Jika ya, maka ada peluang bagi Anda untuk memanfaatkan keahlian Anda menjadi usaha yang menjanjikan. Pemilik situs di seluruh dunia membutuhkan jasa ahli SEO, jadi membuka bisnis di bidang ini bisa menjadi salah satu keputusan terbaik Anda.

Saat mencari klien, fokuslah pada audiens yang baik, belajar dari pengalaman dan bangun portofolio Anda – tunjukkan kisah sukses Anda dan Anda pasti akan melihat masuknya klien jika teknik SEO Anda tepat. Anda dapat memilih untuk menargetkan semua jenis perusahaan atau menarik bisnis di ceruk tertentu, seperti di sektor hukum, kesehatan, atau keuangan.

Baca juga: 12 Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik dan Tahan lama

13. Pengembang Aplikasi

Pengembangan aplikasi adalah salah satu ide usaha yang menjanjikan karena begitu banyak perusahaan membutuhkan aplikasi.

Belum lagi, biaya memulai usaha ini telah turun drastis karena pertumbuhan alat dan pengembang yang terjangkau. Saat ini, Anda dapat menggunakan perangkat lunak seperti OmniGraffle, Sketch, dan CoreAnimator untuk membuat wireframe dan mockup sebelum Anda memutuskan untuk menerbitkan aplikasi.

Atau, Anda dapat menyewa pengembang aplikasi lepas melalui situs seperti AngelList dan Upwork. Ada juga peluang untuk mendapatkan penghasilan pasif dengan membuat aplikasi untuk konsumen. Tentu saja, itu tergantung pada strategi monetisasi yang menghasilkan pendapatan berulang.

Strategi yang baik termasuk menawarkan pembelian dalam aplikasi dan menawarkan versi premium aplikasi Anda.

14. Fotografer Stok

Jika Anda memiliki kemampuan untuk menangkap momen candid yang hebat atau baru-baru ini melakukan pemotretan potret seorang kerabat, Anda dapat menjadi fotografer stok dengan mendaftarkan kepemilikan perseorangan atas nama Anda.

Perusahaan seperti Shutterstock, Adobe Stock dan sejenisnya selalu mencari gambar yang menarik. Anda dapat memulai dengan membuat daftar beberapa foto Anda yang ada di platform ini. Setelah Anda mengirimkan foto-foto Anda, tunggu sampai orang-orang mengunduhnya.

Sebagian besar situs web fotografi stok membayar Anda dengan royalti untuk setiap unduhan di platform mereka. Pilihan lainnya adalah meluncurkan situs web fotografi Anda sendiri dan menjual gambar langsung kepada orang-orang, yang hanya dapat dilakukan jika Anda memiliki sumber daya untuk berinvestasi dalam pemasaran.

15. Produksi Video

Dengan meningkatnya konsumsi konten video online, tentunya ada kebutuhan orang-orang yang dapat merekam, mengedit, memotong, dan mempublikasikan video.

Oleh karena itu, memulai perusahaan produksi video mungkin menjadi ide bisnis yang menguntungkan bagi Anda. Investasi awal dalam bisnis ini adalah set pencahayaan dasar, mikrofon nirkabel, satu hingga dua kamera (dan lensa), dan perangkat lunak pengeditan seperti Adobe Premiere atau Final Cut Pro.

Pertimbangkan menggunakan alat bekas untuk beberapa peralatan ini untuk mengurangi biaya awal. Anda dapat menawarkan untuk memproduksi konten video untuk saluran YouTube perusahaan, acara wisuda dan videografi pernikahan, dan banyak lagi.

Meskipun tidak ada batasan untuk jenis proyek yang dapat Anda lakukan, mengkhususkan diri pada niche memudahkan Anda untuk menonjol di pasar yang sangat padat dan penuh kompetitor.

Baca juga: Tips Terbaik Dalam Menguji Ide Bisnis yang Ingin Anda Bangun

Kesimpulan

Itu dia, daftar 15 ide usaha kecil yang menjanjikan yang akan menghasilkan uang  dan keuntungan bagi Anda di tahun ini.

Untuk memberi diri Anda kesempatan terbaik untuk sukses, fokuslah pada satu ide pada satu waktu sampai Anda menemukan ide yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Ribuan wirausahawan telah menerapkan ide bisnis ini untuk menghasilkan uang, jadi Anda dapat yakin bahwa Anda telah mencurahkan waktu dan tenaga untuk sesuatu yang layak dan terbukti. Baik Anda seorang mahasiswa, orang tua yang bekerja di rumah, atau siapa pun yang ingin memulai bisnis, ingatlah bahwa ada banyak peluang untuk memperoleh penghasilan yang cukup besar.

Jika sudah menghasilkan keuntungan dalam bisnis, hal yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan semua keuntungan, biaya dan pengeluaran terpantau dengan baik untuk memastikan kesehatan keuangan bisnis Anda baik baik saja.

Jika Anda kesulitan dalam melakukan pemantauan keuangan dan proses pembukuan, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki harga terjangkau seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis.

Hanya dengan 200 ribu perbulan, Anda akan mendapatkan solusi pencatatan pembukuan menyeluruh, kostumisasi faktur pembayaran dan penjualan, pengelolaan dan pelaporan pajak, manajemen inventori, pengelolaan aset, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Jadi apalagi yang masih Anda ragukan? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2