7 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet dengan Keahlian Anda

Semakin banyak orang mencari cara untuk mendapatkan uang dari internet. Beberapa beralih ke pekerjaan sampingan untuk mendapatkan sedikit uang tambahan, sementara yang lain menciptakan bisnis internet yang menjadi pekerjaan penuh waktu mereka.

Mari kita lihat tujuh cara menghasilkan uang secara online yang dapat menyita sedikit atau banyak waktu Anda. Pikirkan opsi-opsi ini sebagai sumber pendapatan tambahan, yang sebagian besar berpotensi menjadi lebih banyak.

Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi bisa menjadi cara berbiaya rendah dan relatif mudah untuk mendapatkan uang dari internet. Anda tidak perlu memiliki produk atau layanan Anda sendiri untuk dijual; bisnis afiliasi memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan komisi dari perusahaan besar.

Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan di situs web / blog atau akun media sosial Anda, memberikan tautan ke penawaran produk atau layanan perusahaan.

Tautan pelacakan afiliasi ini memastikan Anda mendapatkan kredit karena telah mengirimkan pelanggan yang membayar ke situs web perusahaan, dan Anda mendapatkan persentase dari penjualan sebagai imbalan Anda.

Pekerjaan utama yang terlibat dalam pemasaran afiliasi adalah memberi orang alasan untuk mengunjungi situs web / blog Anda — atau Instagram, Facebook, Twitter, atau akun media sosial lainnya — dan membangun sekelompok besar pengunjung dan pengikut.

Untuk melakukan itu, Anda harus menyediakan konten yang menjadi senjata Anda untuk menarik audiens yang tertarik untuk membeli barang yang Anda coba tawarkan melalui konten yang Anda buat. Misalnya, Anda dapat menulis dan membuat video tentang produk elektronik, review, cara menggunakannya atau komparasi namun dengan cara yang dioptimalkan untuk mesin telusur (SEO).

Baca juga: Berbagai Ide Bisnis Unik yang Pasti Orang Suka, Tertarik Mencobanya?

Membuat Situs E-Commerce Anda Sendiri

Cara terkait untuk mendapatkan uang dari internet adalah membuat situs ecommerce atau toko online Anda sendiri. Tetapi itu mungkin membutuhkan lebih banyak usaha. Anda akan menjual produk dari situs web Anda, baik milik Anda yang Anda buat atau yang tersedia secara komersial.

Jika Anda memilih cara kedua, cara yang paling umum dan tidak merepotkan untuk memenuhi pesanan adalah melalui cara dropship. Anda mendapatkan pelanggan dan menerima pesanan mereka, tetapi perusahaan pihak ketiga menyimpan dan mengirimkan produk untuk Anda.

Lebih baik fokus pada satu kategori produk Anda dan dapat membuat niche pasar sendiri dan mengembangkan situs web Anda.

Jika Anda membuat produk sendiri, Anda mungkin ingin mulai menjualnya di platform yang sudah mapan, seperti Bukalapak, Tokopedia, dan situs Anda sendiri. Setelah Anda membangun basis pelanggan, pada akhirnya Anda bisa memotong perantara itu.

Selanjutnya ANda dapat memonetisasi situs web e-niaga Anda dengan menghosting iklan, seperti dengan Google AdSense.

Baca juga: Bagaimana Cara Membangun Bisnis Online yang Sukses?

Penerbitan Online

Terlepas dari pekerjaan Anda saat ini, menerbitkan e-book nonfiksi adalah cara yang baik untuk membantu memantapkan diri Anda sebagai ahli di bidang yang Anda tekuni sambil menghasilkan pendapatan pasif. Setelah Anda menulis dan menerbitkan buku, Anda tidak perlu melakukan apa pun secara aktif untuk memperoleh penghasilan darinya.

Alternatifnya, jika Anda telah menulis novel yang perlu dibaca, terutama dalam genre populer seperti romansa, fiksi ilmiah, fantasi, atau misteri, menerbitkannya sebagai e-book berpotensi menarik ribuan pembaca.

Dua perusahaan terbesar yang memungkinkan Anda menerbitkan e-book sendiri adalah IngramSpark dan Kindle Direct Publishing.

Anda dapat menjual e-book di platform seperti Amazon.com. Jika Anda mampu membuat branding untuk diri Anda sendiri sebagai seorang penulis, Anda dapat mulai menjual e-book langsung dari situs web Anda sendiri dan meningkatkan keuntungan Anda.

Jika Anda sudah lama ngeblog tentang topik tertentu, Anda seharusnya dapat mengedit dan mengemas posting yang ada menjadi sebuah buku tanpa terlalu banyak pekerjaan tambahan.

Konsumen e-book yang diterbitkan sendiri mengharapkan pengalaman berkualitas yang setara dengan penawaran penerbit tradisional.

Jika Anda tidak memiliki semua keterampilan untuk memastikan hasil akhir yang sempurna, Anda dapat mempertimbangkan untuk menyewa editor untuk menyempurnakan tulisan Anda dan desainer untuk membuat sampul yang menarik.

Dan jika Anda kesulitan mengubah ide menjadi paragraf dan bab prosa, Anda dapat menyewa editor pengembangan untuk membantu Anda dengan bagian awal proses tersebut.

Baca juga: 15 Usaha yang Menjanjikan yang Bisa Anda Coba di Tahun ini

Ikuti Survei Online

Mengikuti survei online adalah cara mudah untuk mendapatkan sedikit uang atau hadiah tambahan seperti kartu hadiah.

Anda juga dapat mendaftar untuk mengikuti survei menggunakan agregator seperti IdeaShifters atau Swagbucks, yang bermitra dengan banyak perusahaan yang berbeda.

Anda tidak boleh berharap menghasilkan lebih dari satu dolar atau lebih per survei. Dan kemungkinan besar Anda harus memberikan banyak informasi tentang diri Anda sebelum dapat mengambil proses survei Anda pertama kali.

Saat mencari peluang pengambilan survei, tetaplah dengan perusahaan yang memiliki rekam jejak yang terbukti dalam membayar respons survei dan bukan penipuan yang dirancang untuk mendapatkan info pribadi Anda.

Anda juga harus ingat bahwa Anda mungkin tidak memenuhi syarat untuk mengambil survei tertentu karena Anda tidak cocok dengan demografi yang dicari perusahaan. Misalnya Anda mungkin terlalu tua atau terlalu muda.

Baca juga: Langkah Membangun Bisnis Frozen Food yang Menguntungkan

cara mendapatkan uang dari internet 2

Menjadi Freelancer Online

Jika Anda memiliki keahlian tertentu yang dapat Anda lakukan dari jarak jauh, seperti layanan IT, copyediting, atau desain grafis, Anda dapat menawarkannya sebagai freelancer online.

Jika Anda dapat menemukan dan menerima cukup banyak pekerjaan, Anda bisa menjadi pekerja lepas penuh waktu di bidang Anda. Atau Anda bisa mengambil tugas sesekali untuk menambah penghasilan dari pekerjaan utama Anda.

Anda dapat menemukan pertunjukan menggunakan situs web khusus freelance seperti Freelancer dan Upwork, serta situs pekerjaan besar seperti Linkedin atau Indeed.

Anda juga harus mempertimbangkan untuk bergabung dengan organisasi atau forum khusus untuk freelancer di bidang spesialisasi Anda.

Grup semacam itu sering kali mengizinkan Anda memposting informasi online tentang diri Anda dan keterampilan khusus yang dapat Anda berikan, dan mereka mungkin mengirimkan pemberitahuan email atau memiliki lowongan pekerjaan dengan informasi kontak bagi mereka yang mencari bantuan freelance.

Organisasi freelancer juga dapat menyediakan saluran sosial, menghubungkan Anda dengan orang-orang yang melakukan pekerjaan yang sama dengan Anda dan tertarik pada hal yang sama dengan Anda.

Situs seperti Meetup.com mungkin merupakan tempat yang baik untuk mulai menemukan orang lain yang memiliki minat dan keahlian yang sama dengan Anda.

Baca juga: Daftar Bisnis Franchise dengan Modal Rendah yang Bisa Anda Coba

Pelatihan Online

Pelatihan online adalah pilihan karir online yang menjanjikan, terutama jika Anda memiliki keterampilan komunikasi yang kuat dan keinginan untuk membantu orang lain sukses dalam kehidupan pribadi atau profesional mereka.

Banyak orang membutuhkan dorongan untuk melewati rintangan mental yang menghalangi kebahagiaan pribadi atau kepercayaan diri dan karier. Sebagai pelatih atau mentor online, Anda dapat menawarkan saran untuk membantu mereka mengubah pola pikir dan meningkatkan kehidupan mereka.

Seorang mentor tidak boleh mencoba menggantikan profesional kesehatan mental yang terlatih. Mentoring menangani hal-hal seperti pertumbuhan pribadi dan pencapaian tujuan, bukan mengatasi penyakit mental.

Salah satu hal tersulit tentang menjadi seorang mentor adalah menemukan basis klien. Saat Anda baru memulai, Anda dapat mencoba beriklan secara online dan menawarkan untuk berbicara dengan kelompok komunitas.

Memiliki sertifikasi profesional dapat membuat Anda menjadi pilihan yang lebih kredibel saat seseorang mencari mentor. Langkah lainnya adalah menawarkan testimonial dari klien sebelumnya di situs web Anda juga membuat Anda menjadi kandidat mentor yang lebih menarik.

Baca juga: 12 Prinsip Etika Bisnis yang Harus Dimiliki Oleh Wirausahawan

Tawarkan Kursus Online

Seperti e-book, kursus online menghasilkan pendapatan pasif setelah Anda membuatnya dan membuatnya tersedia secara daring. Jika Anda memiliki bakat mengajar dan seperangkat keterampilan yang ingin Anda bagikan dengan orang lain, pertimbangkan untuk membuat kursus online sebagai cara untuk menghasilkan uang tambahan.

Ada situs web utama tempat Anda dapat memposting kursus dan mendapatkan bayaran untuk itu, contohnya adalah Udemy. Tetapi seperti bisnis online lainnya, jika Anda mampu membangun reputasi, Anda mungkin berhasil menawarkan kursus melalui situs Anda sendiri.

Selain pengetahuan di bidang subjek atau disiplin ilmu tertentu, Anda harus memiliki pembawaan yang menarik dalam video Anda. Jika Anda tidak dapat mempertahankan perhatian calon siswa, mereka tidak akan kembali untuk kelas lainnya.

Baca juga: 10 Bisnis Digital yang Wajib Anda Coba Sekarang Juga

Kesimpulan

Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet saat ini — terutama dengan semakin banyak orang yang tidak dapat atau tidak mau bekerja dalam lingkungan tradisional karena COVID-19. Menurut ekonom Universitas Stanford Nicholas Bloom, 42% karyawan bekerja dari rumah penuh waktu pada Juni 2020.

Untuk memanfaatkan sebagian besar kemungkinan ini, Anda harus menonjol dan terlihat dari kerumunan dan meyakinkan calon klien dan pelanggan bahwa Anda adalah orang yang tepat digunakan jasa atau produknya.

Menjadi sukses dalam pekerjaan online apa pun membutuhkan keterampilan pemasaran online yang luar biasa dan pengelolaan keuangan yang baik, jangan sampai apa yang Anda dapatkan lebih kecil dari pemasukan Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam pengelolaan keuangan bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia, termasuk para frelancer atau pemilik toko online.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu