Ide Pemasaran Terbaik dan Efektif Untuk Bisnis Laundry Anda
Pendapatan bisnis laundry dan layanan binatu diperkirakan akan mencapai 9 miliar dolar tahun ini di Amerika. Ini adalah berita baik saat seluruh industri di dunia mengalami penurunan dan banyak bisnis tutup karena ekonomi yang buruk, masalah lingkungan, dan berkurangnya permintaan konsumen.
Faktanya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa pengeluaran konsumen untuk dry cleaning dan laundry semakin meningkat ketika industri mulai merangkul produk dan teknologi lingkungan yang baru.
Apakah bisnis dry cleaning dan binatu Anda membuat perubahan untuk menjaga pelanggan saat ini dan menangkap kesempatan baru? Jika demikian, bagaimana Anda mendapatkannya? Apakah itu berhasil?
Tips Pemasaran Bisnis Laundry yang Efektif
Kenali Pelanggan Anda
Sebelum Anda dapat memasarkan bisnis Anda, Anda perlu tahu dengan siapa Anda memasarkan. Apakah kota Anda kota pendidikan yang banyak perguruan tinggi? Apakah Anda berada di dekat kantor pemerintah atau pangkalan militer? Berapa usia rata-rata penduduk di komunitas Anda?
Baca juga : 8 Cara Untuk Meningkatkan Produktivitas Pada Usaha Bengkel Anda
Memahami demografi yang membentuk audiens Anda akan membantu Anda membuat pesan pemasaran dan strategi yang tepat sasaran. Misalnya, Anda mungkin menawarkan diskon siswa jika Anda berada di kota dengan banyak perguruan tinggi. Atau pengiriman gratis ke pegawai pemerintah dengan syarat dan ketentuan. Atau sesuaikan jam bisnis Anda untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan Anda.
Kenyamanan adalah Segalanya
Pakaian bersih adalah keharusan, tetapi hanya sedikit yang rela menghabiskan waktu yang berharga untuk mencuci, mengeringkan dan melipatnya. Menawarkan layanan kenyamanan seperti pickup dan pengiriman, pengepresan pakaian, layanan repair, dan layanan lainnya adalah kunci untuk menarik dan mempertahankan lebih banyak pelanggan, bahkan jika Anda mengenakan biaya untuk layanan ini.
Sebagian besar konsumen akan rela membayar sedikit ekstra untuk menghemat waktu dan usaha, jadi biarkan mereka tahu layanan kenyamanan seperti apa yang Anda tawarkan.
Usahakan selalu Bersih
Anda berada dalam bisnis yang segar dan bersih dan Anda harus selalu menyajikan gambar yang mencerminkan sikap yang sama. Pastikan etalase Anda menarik dan mengundang.
Jika Anda menyediakan penjemputan dan pengiriman, karyawan Anda harus mempertahankan penampilan profesional saat mereka melakukan pekerjaan mereka. Kendaraan pickup dan pengiriman Anda harus bersih dan dalam kondisi kerja yang baik.
Hal-hal ini memberikan kesan secara keseluruhan yang Anda buat untuk bisnis laundry Anda dan memperkuat kepercayaan konsumen pada layanan Anda.
Baca juga : 10 Strategi Marketing Paling Efektif untuk Bisnis Fesyen
Kalahkan Pesaing Anda
Karena Anda tidak mendapatkan banyak waktu tatap muka dengan pelanggan atau tetangga Anda, cobalah untuk memaksimalkan kapan saja waktu yang Anda dapatkan dengan mereka.
Tawarkan kopi gratis di toko Anda. Sambut pelanggan dengan layanan yang ramah. Perluas sentuhan pribadi itu dengan mengirim email buletin berkala tips-tips cucian yang bermanfaat bagi pelanggan dan usaha laundry Anda. Temukan apa yang unik tentang bisnis Anda dan tentukan diri Anda berbeda dari pesaing Anda.
Beri tahu Keunggulan Anda
Bisnis laundry dan binatu telah mengalami banyak perubahan selama beberapa dekade terakhir. Permintaan akan produk pembersih yang ramah manusia dan bumi bersama dengan konservasi energi telah menciptakan kebutuhan akan proses yang lebih baik. Teknologi telah memengaruhi industri ini agar tetap kompetitif. Tentunya mereka harus pindah ke mesin dan metode yang lebih baru.
Jangan ragu untuk merepresentasikan bisnis laundry telah mengikuti perkembangan zaman kepada orang banyak. Bagikan info tentang mesin baru yang lebih cepat, yang menerima pembayaran kartu debit dan kartu kredit, serta mengedukasi pelanggan Anda tentang produk baru yang aman bagi lingkungan. Hal itu akan membuat perbedaan.
Rencanakan Strategi Pemasaran yang Matang
Anda tahu Anda telah membuat perubahan untuk menyediakan layanan laundry dan binatu terbaik, tetapi bagaimana Anda memberi tahu calon pelanggan Anda? Untungnya, ada banyak pilihan pemasaran yang efektif dan terjangkau yang tersedia untuk Anda. Ingatlah strategi pemasaran multichannel yang menggabungkan pemasaran tradisional dan digital untuk menghasilkan hasil terbaik.
Direct mail
Ketika Anda benar-benar ingin secara positif mengenalkan bisnis laundry pada orang sekitar Anda, penawaran melalui direct mail adalah caranya. Tawarkan kupon pada orang orang di sekitar Anda melaluidirect mail dan itu pasti akan menambah pesanan.
Direct mail masih efektif sebagai metode pemasaran dan menjamin pengembalian investasi Anda yang sehat bersama dengan tingkat respons yang akan membuat Anda tersenyum.
Pemasaran Digital
Pertama-tama, jadilah “dapat ditemukan” melalui online dengan mendaftarkan bisnis lokal Anda di direktori bisnis online seperti Google Bisnisku. Dengan cara ini, ketika ada calon pelanggan mencari “laundry di dekat saya,” bisnis Anda akan lebih mungkin muncul.
Situs web Anda harus dioptimalkan mesin pencari , yang juga akan membantu bisnis Anda muncul lebih awal dalam hasil pencarian dan meningkatkan kemungkinan tautan situs web Anda akan diklik untuk membantu Anda mendapatkan pelanggan baru.
Orang-orang juga sangat bergantung pada ulasan online hari ini. Kelola profil Anda di media sosial dan tinjau situs-situs seperti Yelp. Tanggapi semua ulasan secara profesional, terlepas dari apakah itu negatif atau positif.
Iklan Google (SEM) dan iklan facebook adalah iklan digital dan opsi pemasaran lainnya. Sekarang calon pelanggan juga dapat melihat ulasan di sebelah informasi bisnis Anda, jadi pantau situs-situs ini untuk ulasan negatif atau pelanggan yang marah, kumpulkan informasi yang akan membantu Anda memasarkannya secara lebih spesifik dan beragam di masa mendatang.
Program loyalitas
Buatlah program loyalitas atau ulangi program bisnis yang mendorong bisnis yang berkelanjutan. Misalnya, coba hadiah seperti “Dapatkan layanan gratis setelah empat kunjungan” atau “Pesanan laundry ke sepuluh akan diantarkan secara gratis”
Kesimpulan
Pemasaran pada bisnis laundry memang hampir sama seperti bisnis lainnya, hanya saja pada bisnis ini Anda harus tetap bersih secara harfiah kena bisnis ini berhubungan dengan kebersiham. Akan ironis jika Anda tidak memperhatikan kebersihan dan kerapihan sementara Anda menjual jasa untuk hal itu.
Baca juga : Gunakan Accurate Online sebagai Solusi Pembukuan Hotel Anda
Hal lain yang tak kalah penting dalam bisnis ini selain pemasaran adalah pembukuan. Semua bisnis membutuhkan pembukuan, termasuk bisnis laundry. Dengan pembukuan yang baik dan benar perencanaan bisnis Anda akan lebih baik dan lebih terukur. Pembukuan juga berguna untuk memantau kesehatan keuangan pada bisnia Anda.
Jika Anda merasa kesulitan melakukan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis. Dengan fitur terlengkap dan harga terjangkau, Accurate Online bisa menjadi pilihan untuk bisnis laundry Anda.
Anda juga bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui link ini.
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.