Pengertian Reseller dan Tips Menjadi Reseller yang Sukses

Bisnis akan semakin berkembang dengan memperluas jaringan penjualan. Salah satunya dengan menggaet banyak reseller. Bagi Anda yag belum mengetahui apa itu reseller, pengertian reseller adalah agen atau perorangan yang turut serta menjual dan memasarkan produknya kembali.

Agen atau seseorang yang menjadi reseller bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga pada harga jual yang telah ditetapkan oleh penjual utama. Pada kasus lain, reseller tidak menentukan harga, tetapi akan mendapatkan bonus apabila penjualan mencapai target.

secara umum adalah seseorang atau sekelompok orang yang tergabung dalam agen penjualan serta ikut mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan barang dari pihak lain. Dengan kata lain, pihak yang menjual kembali barang dari tangan pertama.

Pengertian reseller ini telah dikenal dari dulu, namun semakin berkembang namanya sejak adanya bisnis online. Bisnis yang menggunakan sarana online ini, semakin mengembangkan sayapnya karena jaringannya diperluas oleh para reseller.

Baca juga: Beberapa Ide Bisnis di Kota Semarang yang Bisa Anda Coba

Pengertian Reseller

Pengertian reseller secara detail, berasal dari Bahasa Inggris, re dan seller. Re, artinya berulang-ulang  dan seller artinya penjual. Dengan demikian, reseller adalah penjual kembali, atau seseorang yang berprofesi sebagai penjual

Istilah reseller semakin berkembang dan mulai banyak yang beralih ke profesi ini, sejak adanya bisnis online. Pengertian reseller dalam bisnis online berarti memperluas jaringan penjualan. Dengan demikian, barang yang diproduksi bisa dijual dengan lebih banyak lagi.

Reseller tidak hanya terbatas pada perseorangan, tetapi juga bisa kelompok orang yang menjadi agen atau Group, yang kegiatannya untuk memasarkan. Yang terpenting adalah bisa turut menjual kembali produk dari penjual pertama.

Keuntungan yang akan didapatkan dari reseller bisa dari selisih harga pada penjualan. Maka dengan ini, Anda bisa meningkatkan penjualan lebih banyak untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Walau tidak menutup kemungkinan, teknik pengambilan keuntungan akan berbeda pada setiap agen penjualan.

Baca juga: 7 Cara Efektif Mengembangkan Usaha di Masa Sulit

Manfaat Adanya Reseller

Bisnis akan semakin berkembang dengan memperluas jaringan penjualan. Oleh sebab itu, dibutuhkan pelaku-pelaku bisnis yang bertugas memperluas jaringan penjualan, yaitu dengan adanya reseller. Berikut ini adalah beberapa manfaat adanya profesi ini:

1. Menambah Keuntungan

Keuntungan akan lebih mudah untuk didapatkan, karena Anda memiliki relasi untuk memperluas jaringan penjualan. Sehingga Anda bisa meningkatkan jumlah penjualan yang tentunya berpengaruh pada jumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan. Anda bisa memperbanyak jumlah produk yang akan dijual.

2. Menambah Relasi

Dalam sebuah bisnis, relasi itu penting untuk meningkatkan penjualan. Disamping menambah keuntungan, karena bisa menjual produk dalam jumlah banyak. Anda pun bisa memiliki banyak rekanan dan kerabat karena hubungan tersebut. Dengan demikian, akan berdampak baik terhadap kelangsungan bisnis.

Baca juga: Tertarik Membangun Usaha Kontraktor? Berikut 11 Tips Agar Anda Berhasil

3. Penjualan Terus Meningkat

Setiap reseller akan senantiasa untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan produk yang mereka lakukan. Sehingga, mereka akan senantiasa meningkatkan jumlah penjualan. Hal tersebut tentunya menguntungkan bagi Anda. Semakin banyak produk yang dijual, maka akan berdampak bagus pada performa Anda.

4. Menekan Biaya Operasional

Anda tidak lagi memerlukan biaya operasional untuk menggaji karyawan, atau membeli perlengkapan untuk promosi. Reseller akan lebih kreatif untuk lebih meningkatkan penjualan. Anda hanya perlu menyediakan produk yang dijual. Strategi marketing, dan hal lainnya menjadi urusan mereka. Oleh sebab itu, memiliki reseller dapat meningkatkan penjualan dan menekan biaya operasional.

5. Bertambahnya Tingkat Produksi

Seiring bertambahnya tingkat penjualan, memiliki korelasi yang cukup signifikan dengan bertambahnya tingkat produksi. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan. Aktifnya proses produksi, berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang lebih sehat.

Baca juga: New Normal pada Bisnis : Hal Apa Saja yang harus Diperhatikan?

Tips Sukses Menjadi Reseller

Pada perkembangan bisnis saat ini, menjadi seorang reseller merupakan salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Pengertian reseller itu sendiri adalah profesi bagi sebagian orang yang diawali sebagai konsumen yang loyal terhadap produk tertentu. Berikut ini tips sukses menjadi seorang reseller yang dapat dijadikan referensi:

1. Mencari produk yang Paling Banyak Diminati

Pengertian reseller itu sendiri adalah menjual kembali. Sehingga, Anda bisa menjadi sukses dengan menjadi seorang reseller yaitu dengan menjual kembali produk-produk yang paling banyak diminati. Produk-produk tersebut memiliki perputaran bisnis yang cepat, sehingga dengan mudah untuk menghasilkan keuntungan.

Perputaran produk pada aktivitas bisnis yang cepat akan mudah untuk mendapatkan keuntungan yang lebih cepat. Meskipun Anda mengambil keuntungan dari selisih harga yang Anda jual, namun kesempatan untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar dapat terbuka lebar.

2. Mencari Harga yang Lebih Murah

Harga yang lebih murah dari sebuah produk lebih mudah untuk menentukan harga jual dengan mendapatkan selisih keuntungan yang besar. Sehingga, Anda bisa dengan mudah untuk menentukan harga jual, termasuk potongan harga yang dapat menarik minat konsumen.

Orientasi setiap pebisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan, hal tersebut merupakan bagian dari pengertian reseller. Sehingga untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, Anda harus mencari produk yang lebih murah. Dengan demikian, Anda bisa menentukan harga jual dengan selisih harga yang lebih tinggi dari harga beli.

Baca juga: 7 Cara untuk Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan

3. Promosikan Produk di Kalangan Sendiri

Aktivitas seseorang untuk memasarkan dan menjual kembali produk merupakan bagian dari Pengertian reseller. Karena aktivitasnya menjual dan memasarkan, maka promosi sebaiknya dimulai di kalangan lingkungan sekitar, agar lebih mudah untuk mempelajari selera dan tingkah laku konsumen.

Promosikan semua produk yang Anda jual, dengan memanfaatkan semua media. Baik media cetak, maupun elektronik. Dengan demikian, promosi yang dilakukan, akan membuka kesempatan untuk memperoleh calon konsumen dalam jumlah banyak. Anda pun bisa meningkatkan lagi kualitas penjualan.

4. Menggunakan Jejaring Sosial untuk Promosi Produk

Menjadi seorang penjual bisa dikatakan berhasil apabila promosi yang dilakukan tepat pada sasaran. Anda bisa memaksimalkan kegiatan promosi yang Anda lakukan dengan memaksimalkan jejaring sosial. Dengan demikian, cara ini pun lebih mudah orang untuk mengenalinya.

Jejaring sosial pada saat ini, merupakan sarana yang cukup efektif sebagai media promosi. Sehingga membuka kesempatan untuk mendapatkan calon konsumen dengan lebih banyak lagi. Disamping itu, promosi yang dilakukan cukup murah.

5. Mencari Reseller Baru

Semakin banyak yang mengetahui produk Anda. Mereka tidak akan hanya tertarik untuk membeli produk tersebut, melainkan keinginan besar untuk jadi reseller. Sehingga Anda berpeluang untuk meningkatkan penjualan yang lebih banyak. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari aktivitas reseller yang telah Anda jaring.

Suksesnya seorang penjual ditentukan oleh banyaknya jumlah produk yang dijual. Dengan demikian, Anda harus bisa meningkatkan penjualan dari produk tersebut. Anda bisa memperluas jaringan penjualan dengan menarik reseller baru,yang dapat turut serta menjual produk dengan lebih banyak lagi.

Baca juga: 10 Tips Memulai Bisnis Hidroponik Yang Menguntungkan

Bisnis Terbaik untuk Reseller

Menjadi seorang reseller pada saat ini, merupakan salah satu pilihan bisnis yang nyaris tidak memiliki risiko apapun. Anda bisa memulainya dengan turut menjual beberapa produk yang telah Anda gunakan, dan memberikan banyak manfaat bagi Anda.

Menjual produk yang telah Anda gunakan sendiri, lebih mudah untuk mempromosikan dan mereview produk tersebut. Anda bisa memulai mempromosikannya pada lingkungan sekitar Anda. Seperti untuk kawan, kerabat, dan keluarga.

Menjadi seorang reseller, baik bisnis online maupun offline, yang terpenting adalah strategi marketing yang tepat sasaran yang dapat menarik banyak konsumen. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penjualan lebih banyak. Hal tersebut tentunya berdampak pada keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Berdasarkan hal tersebut, bisa menarik kesimpulan, bahwa menjadi seorang reseller tentunya bukan tentang apa yang dijual, tetapi bagaimana cara menjual produk tersebut. Karena seorang reseller adalah pelaku, untuk aktivitasnya sama dengan kegiatan menjual seperti penjualan pada umumnya.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis menjadi seorang reseller, maka sebaiknya mengetahui dan memahami esensi pengertian reseller. Anda pun harus memiliki jaringan yang cukup luas agar produk yang dijual semakin banyak diterima oleh masyarakat luas.

Namun bagi Anda pemiliki bisnis yang memiliki banyak reseller atau tenaga penjual dalam operasional penjualan produk atau jasa, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur komisi tenaga penjual untuk memudahkan penghitungan besaran komisi dari setiap reseller yang bekerja sama dengan Anda. Salah satu software pembukuan yang memiliki fitur komisi untuk tenaga penjualan adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang tealah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Dapatkan fitur terbaik lainnya di Accurate Online seperti penghitungan pencatatan pengeluaran dan pemasukan secara otomatis, payroll, multi gudang, multi cabang, pembuatan faktur dan 200 jenis laporan keuangan otomatis, penghitungan dan pelaporan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Tertarik menggunakan Accuarate Online untuk memudahkan pembukuan bisnis? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan