Pengertian Time to Market dan 7 Strategi Ampuh Menerapkannya

oleh | Agu 8, 2023

source envato.

Pengertian Time to Market dan 7 Strategi Ampuh Menerapkannya

Mempercepat kehadiran produk di pasar adalah tantangan yang tak terelakkan dalam dunia bisnis yang kompetitif seperti saat ini. Dalam era di mana persaingan semakin sengit, memiliki “time to market” yang cepat telah menjadi kunci keberhasilan bagi banyak perusahaan.

Time to market, atau waktu yang diperlukan dari konsepsi produk hingga peluncuran di pasar, telah menjadi faktor penentu yang bisa mendorong kesuksesan perusahaan dan memungkinkan mereka untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.

Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi strategi-strategi yang dapat membantu perusahaan dalam mempercepat time to market mereka.

Kami akan membahas langkah-langkah praktis yang dapat diambil, mulai dari perencanaan yang efisien, manajemen proyek yang baik, kolaborasi antar tim yang solid, hingga penerapan teknologi terbaru.

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan dalam memasarkan produk mereka.

Pengertian Time to Market

accurate.id Pengertian Time to Market

Berdasarkan laman Wikipedia, time to market adalah konsep yang mengacu pada periode waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan, memproduksi, dan meluncurkan produk baru ke pasar.

Time to market adalah metrik penting yang digunakan oleh perusahaan untuk mengevaluasi kecepatan mereka dalam menghadirkan produk kepada konsumen.

Secara sederhana, time to market mengukur jangka waktu dari tahap awal pengembangan produk hingga produk tersebut tersedia untuk dijual di pasar. Hal ini mencakup seluruh proses, termasuk perencanaan, desain, pengujian, produksi, distribusi, dan pemasaran.

Waktu yang dihabiskan untuk memasarkan produk memiliki dampak yang signifikan terhadap keberhasilan bisnis. Semakin cepat produk dapat dihadirkan di pasar, semakin cepat perusahaan dapat memperoleh pendapatan dan mendapatkan keunggulan kompetitif.

Peluncuran produk yang lambat dapat mengakibatkan kerugian dalam hal potensi pendapatan yang hilang dan kesempatan yang terlewatkan, karena kompetitor dapat meluncurkan produk serupa lebih dulu.

Time to market juga berhubungan dengan inovasi dan responsif terhadap perubahan pasar. Dalam lingkungan bisnis yang cepat berubah, perusahaan yang mampu mengurangi waktu pengembangan produk dapat lebih fleksibel dalam merespons tren baru dan kebutuhan konsumen.

Hal ini akan memberi mereka keuntungan dalam menciptakan keunggulan kompetitif dan memenuhi harapan pasar dengan lebih baik.

Dalam rangka mempersingkat time to market, perusahaan sering kali mengadopsi strategi seperti perencanaan yang efisien, pengembangan produk secara paralel, kolaborasi tim yang kuat, penggunaan teknologi canggih, dan pemilihan metode produksi yang cepat.

Dengan mengoptimalkan proses dan mengelola risiko dengan baik, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan menghadirkan produk baru dengan cepat ke pasar.

Baca juga: Pengertian Voice of Customer dan 5 Cara Mudah Mengumpulkannya

Strategi Ampuh dalam Menerapkan Time to market

accurate.id Strategi Ampuh dalam Menerapkan Time to market

Untuk menerapkan time to market yang efektif, berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu perusahaan mempercepat pengembangan dan peluncuran produk:

1. Rencana yang Matang

Mempersiapkan rencana yang komprehensif dan terperinci sebelum memulai proses pengembangan produk sangat penting. Ini melibatkan identifikasi tujuan, target pasar, kebutuhan konsumen, analisis pesaing, dan penjadwalan yang realistis.

Rencana yang matang akan membantu mengarahkan setiap tahap pengembangan produk dan mengurangi risiko penundaan atau perubahan yang tidak terduga.

2. Desain Produk yang Modular

Mengadopsi pendekatan desain modular dapat mempercepat proses pengembangan. Dengan memecah produk menjadi modul yang terpisah, tim dapat bekerja secara paralel pada setiap modul, meningkatkan efisiensi dan mengurangi waktu pengembangan secara keseluruhan.

Selain itu, pendekatan modular juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan perbaikan atau peningkatan pada modul individu tanpa harus mengganggu keseluruhan produk.

3. Kolaborasi Tim yang Solid

Memastikan adanya kolaborasi yang kuat antara departemen dan tim yang terlibat dalam pengembangan produk sangat penting.

Mengadakan rapat reguler, berbagi informasi secara terbuka, dan memastikan saling pemahaman antar tim dapat mempercepat pertukaran ide, mengatasi hambatan, dan memastikan kelancaran proses pengembangan.

4. Prototyping Cepat

Menggunakan prototyping cepat atau teknik pengembangan iteratif dapat membantu memvalidasi dan menguji konsep produk dengan cepat.

Dengan membuat prototipe awal yang fungsional, perusahaan dapat mendapatkan umpan balik dari konsumen atau pemangku kepentingan lebih awal, mempercepat proses perbaikan dan penyempurnaan produk.

5. Proses Produksi yang Efisien

Memilih proses produksi yang efisien dan mempertimbangkan teknik seperti manufaktur berbasis lean dapat mengurangi waktu produksi dan meminimalkan limbah. Mengotomatiskan beberapa langkah produksi juga dapat membantu meningkatkan kecepatan dan presisi dalam pembuatan produk.

6. Penggunaan Teknologi Terkini

Menerapkan teknologi seperti manajemen rantai pasokan berbasis cloud, pemodelan dan simulasi produk, analisis data, dan kecerdasan buatan (AI) dapat memberikan keuntungan signifikan dalam mengoptimalkan proses pengembangan produk.

Teknologi ini dapat membantu mengidentifikasi dan mengatasi kendala, mempercepat analisis data, dan meningkatkan efisiensi keseluruhan.

7. Evaluasi Pasar secara Terus-menerus

Selama proses pengembangan, penting sekali untuk terus memantau tren pasar dan feedback dari konsumen. Dengan melakukan evaluasi pasar secara terus-menerus, perusahaan dapat mengidentifikasi perubahan yang diperlukan, mengoptimalkan produk, dan memastikan kesesuaian dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Menerapkan strategi-strategi ini dengan hati-hati dan disiplin dapat membantu perusahaan mempercepat time to market mereka. Namun, perlu diingat bahwa setiap langkah harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik perusahaan, serta jenis produk yang dikembangkan.

Baca juga: Proses Bisnis: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Penutup

Jadi, time to market adalah konsep yang mengacu pada waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan meluncurkan produk baru ke pasar. Memiliki time to market yang cepat dan efektif adalah kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif dalam bisnis yang kompetitif.

Dalam upaya untuk menerapkan time to market yang efisien, perusahaan perlu mengadopsi strategi-strategi yang tepat. Ini termasuk perencanaan yang matang, desain produk modular, kolaborasi tim yang solid, prototyping cepat, proses produksi yang efisien, penggunaan teknologi terkini, dan evaluasi pasar secara terus-menerus.

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, perusahaan dapat mengurangi waktu pengembangan produk, merespons perubahan pasar dengan lebih cepat, mengurangi biaya pengembangan, dan meningkatkan efisiensi operasional.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan kompetitif, memenuhi harapan konsumen, dan mengoptimalkan peluang bisnis yang ada.

Dalam dunia yang terus berkembang dan kompetitif, perusahaan yang mampu menghadirkan produk baru ke pasar dengan waktu yang lebih cepat akan memiliki keunggulan yang jelas.

Oleh karena itu, perusahaan perlu mengambil langkah-langkah konkret dan strategis untuk mempersingkat time to market mereka dan tetap relevan di pasar yang dinamis ini.

Namun untuk bisa menerapkan konsep ini dengan baik, Anda harus memiliki sistem manajemen yang baik dan Anda bisa memilikinya dengan menggunakan Accurate Online.

Software akuntansi dan bisnis yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini mampu mengelola persediaan bisnis secara efisien. Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, mengelola persediaan barang, melakukan penjualan dan pembelian, dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan Accurate Online? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya selama 30 hari, Gratis!

bisnisukmbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Download Template Pembukuan Bisnis

Template pembukuan untuk bisnismu dengan format Excel.

Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait