Sifat Pemimpin yang Baik yang Bisa Anda Terapkan

Kepemimpinan adalah salah satu faktor yang sangat penting di dalam perusahaan, karena sebagian besar kesuksesan dan kegagalan akan ditentukan oleh pimpinannya. Untuk itu, sifat pemimpin yang baik harus dimiliki oleh tiap manajemen atau pemimpin perusahaan.

Ada dasarnya, pemimpin memiliki arti mengarahkan, membina, mengatur, memimpin, dan menunjukkan ataupun mempengaruhi.

Sifat pemimpin yang baik akan memberikan dampak yang baik juga pada bisnis. Pemimpin harus memiliki etika bisnis dan tanggung jawab yang baik secara spiritual ataupun fisik atas keberhasilan kegiatan kerja dari dipimpinnya.

Menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah dan setiap pemimpin tidak akan memiliki kesamaan, baik itu dari karakter ataupun cara pemimpin menjalani perannya.

Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita bahas tentang berbagai sifat pemimpin yang nantinya bisa Anda terapkan dalam pribadi Anda.

10 Sifat Pemimpin yang Baik

Berikut ini adalah sifat pemimpin yang baik yang harus Anda perhatikan dan bisa Anda terapkan saat Anda nanti menjadi seorang pemimpin.

1. Memiliki Pendirian Teguh

Sifat pemimpin yang baik yang pertama adalah memiliki pendirian yang teguh dan tidak mudah terpengaruh oleh perkataan dari orang lain. Pemimpin yang mempunyai pendirian teguh akan menjadi pemimpin yang bisa berjalan sesuai dengan tujuan dan visinya tanpa terpengaruh oleh orang-orang yang ada disekelilingnya.

Pemimpin harus mempunyai komitmen atas keputusan dan tindakan yang dilakukannya, bila hal ini Anda terapkan dalam diri Anda, maka karyawan atau bawahan Anda nantinya akan memiliki tanggung jawab yang penuh atas berbagai pekerjaan dan tanggung jawab yang Anda berikan.

2. Jujur

Sifat pemimpin yang kedua yang harus Anda miliki adalah jujur. Sifat ini harus diterapkan di dalam anggota tim atau kepada klien atas berbagai risiko yang dialami sebagai pemimpin, baik itu terkait kerugian ataupun keuntungan yang didapat dari pemimpin.

Pemimpin harus memiliki sifat yang terbuka atas setiap kondisi yang dialaminya, sehingga hal tersebut akan bisa mempererat relasi dan memperoleh solusi dari kondisi yang sedang dihadapi saat itu.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Pemimpin yang Efektif? Berikut Tipsnya

3. Adil

Seorang pemimpin juga harus adil dalam menjalankan kepemimpinannya. Sifat pemimpin yang baik dan adil ini akan membuat bawahannya merasakan keadilan. Hindarilah berbagai bentuk kecemburuan sosial antar setiap karyawan yang nantinya bisa menyebabkan kelancaran bisnis menjadi terganggu.

Pemimpin yang baik harus mengerti dan memahami pekerjaan apa saja yang pantas untuk karyawannya sesuai dengan batas kemampuan yang mereka miliki. Dengan karakter ini, maka seorang pemimpin nantinya akan bisa lebih dihargai dan dihormati oleh setiap karyawannya.

 4. Cerdas

Seorang pemimpin yang baik juga harus memiliki pengetahuan yang luas. Karena sebagai pemimpin, Anda harus mentransfer pengetahuan Anda pada setiap karyawan Anda dan memberikan pengajaran pada mereka terkait pengetahuan yang mungkin saja belum mereka mengerti.

5. Mampu Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apapun

Dalam dunia bisnis, tentunya setiap pemimpin akan merasakan suatu masa yang mana mereka akan mengalami jatuh dan bangun saat membangun suatu bisnis. Dalam kondisi ini, sifat pemimpin yang baik dan tenang dalam menghadapi kondisi tersebut akan sangat diperlukan.

Carilah jalan keluar yang memang mampu membangun bisnis Anda kembali dan jangan membuat karyawan Anda menjadi khawatir atas kondisi yang sedang terjadi, bangunlah rasa percaya dan semangat dari karyawan Anda agar bisa membuat kebijakan di tengah kondisi krisis yang sedang dialami saat ini.

Baca juga: 10 Ciri-ciri Kepemimpinan yang Baik, Wajib Diketahui!

6. Komunikasi Yang Baik

Menjalin komunikasi yang baik adalah karakter pemimpin yang wajib diterapkan ke dalam setiap karyawannya. Dengan sering menjalin komunikasi ini, maka akan lebih memudahkan karyawan Anda dalam mengerti akan maksud dan tujuan Anda yang sesungguhnya.

Dengan adanya komunikasi yang baik antara karyawan dan pemimpin, maka nantinya bisa mencegah terjadinya perbedaan pendapat dan juga kesalahpahaman yang bisa menyebabkan kekacauan di dalam bisnis.

7. Bertanggung Jawab

Sebagai seorang pemimpin, sikap tanggung jawab dan mental adalah salah satu hal yang harus diterapkan di dalam setiap sifat pemimpin. Setiap pemimpin harus siap menerima resiko yang mungkin saja terjadi dalam bisnis yang sedang mereka jalankan. Dalam kondisi inilah sikap dan tanggung jawab menjadi sangat diperlukan dalam seorang pemimpin.

8. Menginspirasi

Sebagai seorang pemimpin, Anda juga harus menjadi inspirasi untuk setiap karyawan atau bawahan Anda. Sifat ini akan memberikan dampak yang positif pada setiap karyawan Anda dan bisa secara langsung memotivasi mereka atau orang lain yang mendengarkan Anda.

Saat Anda memberikan motivasi ataupun inspirasi pada karyawan Anda, maka hal tersebut akan meningkatkan semangat kerja mereka dan akan membuat mereka semakin terinspirasi pada perkataan yang Anda berikan pada mereka. Sehingga, mereka pun akan lebih giat dan tekun dalam melakukan pekerjaannya.

Baca juga: Kepemimpinan Informal: Pengertian dan Cara Menjadi Pemimpin Informal

9. Keyakinan

Agar bisa memiliki sifat pemimpin yang baik, Anda harus percaya diri dalam memastikan bahwa orang lain atau bawahan Anda mengikuti perintah dari Anda. Bila Anda tidak yakin tentang kualitas dan keputusan Anda, maka bawahan Anda pun tidak akan mau mengikuti arahan dari Anda.

Jadi sebagai seorang pemimpin, Anda harus memiliki rasa percaya diri, menampilkan ketegasan dalam mengambil suatu kebijakan atau keputusan, bahkan dalam kondisi yang sedang krisis sekalipun, agar bisa mendapatkan rasa hormat dari bawahan Anda.

Tapi, bukan artinya Anda harus terlalu merasa percaya diri, namun minimal Anda harus mencerminkan tingkat kepercayaan yang dibutuhkan agar bisa memastikan karyawan Anda cukup mempercayai Anda sebagai seorang pemimpin.

10. Empati

Sifat pemimpin yang baik terakhir adalah memiliki rasa empati pada karyawan atau bawahan. Pemimpin yang baik harus memiliki rasa peka yang tinggi atas lingkungan kerja yang ada disekitarnya. Kondisi yang terjadi pada setiap karyawan harus diperhatikan secara khusus.

Rasa empati atas berbagai masalah yang sedang dialami karyawan adalah hal yang penting yang wajib untuk dilakukan. Mencoba untuk bisa mengerti kondisi bawahan ini adalah salah satu bentuk rasa kepedulian pemimpin pada bawahannya.

Baca juga: Mengenal Karakteristik dan Pro-Kontra Kepemimpinan Otoriter

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang sifat pemimpin yang baik yang bisa Anda terapkan untuk menjadi seorang pemimpin. Pemimpin adalah kunci suatu keberhasilan dari setiap karyawan. Bila tidak ada pemimpin, maka setiap visi dan misi yang dimiliki oleh perusahaan tidak akan bisa dilaksanakan dengan baik, karena tidak adanya arahan yang diberikan oleh pemimpin.

Kepedulian pemimpin pada karyawan tidak hanya bisa dilihat dari karakter pemimpin saja, tapi juga dari cara pemimpin memperlakukan setiap karyawan dalam pekerjaan yang dilakukannya.

Seorang pemimpin harus membuat lingkungan kerja yang nyaman dan tidak menambah kesulitan setiap karyawan yang mengerjakannya, seperti dalam menghitung dan juga mencatat laporan keuangan perusahaan.

Dalam hal ini, pemimpin harus menemukan strategi yang baru dalam menghitung dan mencatat laporan keuangan perusahaan, nah salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka setiap karyawan di dalam departemen finansial tidak lagi merasakan kesulitan dalam mengerjakan dan membuat laporan keuangan. Selain itu, usaha yang Anda jalankan juga nantinya bisa memperoleh keuntungan yang bisa membuat kondisi finansial Anda aman dan jauh dari risiko kerugian.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis dan akuntansi yang dikembangkan dengan teknologi cloud computing berbasis website. Sehingga dalam penggunaannya, Anda sudah tidak perlu melakukan proses instalasi ataupun pembaruan yang memakan banyak tenaga dan waktu.

Accurate Online juga sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu kalangan pebisnis di Indonesia, baik itu kalangan pebisnis UMKM ataupun kalangan pebisnis Besar. Terlebih lagi, Accurate Online juga sudah meraih penghargaan TOP Brand Award dari tahun 2016 hingga tahun 2017

Dengan menggunakan Accurate Online Anda akan mendapatkan laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya pada Anda secara otomatis, cepat dan akurat.

Berbagai fitur yang luar biasa di dalamnya pun akan mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis Anda, seperti fitur perpajakan, penjualan, pembelian, persediaan, manufaktur, multi cabang, cost and profit center, dan masih banyak lagi. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda.

Ayo gunakan dan coba Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.