Mengetahui Pentingnya Riset Pemasaran Dalam Pengembangan Bisnis

Berbagai macam bisnis kini tengah bertebaran dari segala penjuru, hal ini menuntut para pelaku bisnis terus melakukan pengembangan terhadap bisnisnya, bukan sembarangan, ternyata untuk melakukan pengembangan bisnis itu dibutuhkan riset pemasaran.

Memahami Riset Pemasaran

Riset pemasaran berarti melakukan riset terhadap pasar untuk menentukan bentuk pemasaran yang tepat bagi bisnis. Riset pasar merupakan metode efektif dalam melihat kebutuhan dan keinginan pasar, mencari tahu berbagai peluang yang ada hingga preferensi konsumen.

Karena dinamika industri yang fluktuatif, sebuah bisnis akan sulit bertahan tanpa melakukan riset pasar dan mencari tahu keinginan para konsumen. Riset pasar berarti mengumpulkan data dari target pasar yang menjadi sasaran produk atau jasa dari suatu bisnis. Data-data yang dikumpulkan berupa kebutuhan pasar, peluang bisnis, tantangan, hingga informasi mengenai kompetitor.

Setelah data terkumpul, maka bisa dilakukan analisis yang berujung pada pengetahuan akan tren, posisi bisnis di tengah persaingan, dan mencari segmen pasar. Setelah menemukan jawaban-jawaban ini, langkah bisnis selanjutnya adalah menentukan keputusan, misalnya, menambah diskon, membuka cabang, atau menambah karyawan.

Manfaat Riset Pemasaran bagi Bisnis Baru

Menentukan Target Pasar

Bukan bisnis namanya jika tidak ada konsumen. Dengan melakukan riset pemasaran, bisnis baru dapat mengetahui calon pembeli dari produk atau jasa yang mereka sediakan untuk pasar.

Mengetahui Kekurangan Pesaing

Dengan banyaknya bisnis yang sudah ada, kecil kemungkin bahwa bisnis baru Anda tidak memiliki pesaing dengan bisnis serupa. Dengan melakukan riset pemasaran Anda bisa melihat kekurangan pesaing di mata konsumen.

Memanfaatkan peluang

Setelah mengetahui kekurangan pesaing seperti yang dijelaskan di atas, bisnis Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut. Gunakan kekurangan pesaing untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda sesuai keinginan konsumen.

Meminimalkan Risiko

Berapa banyak orang yang bermimpi ingin berbisnis namun tidak memperhitungkan risiko yang akan dihadapi? Tentu tidak sedikit. Sebenarnya, risiko bisa diminimalisasi dengan melakukan target pemasaran, bukan berarti risiko akan hilang dan bisnis menjadi sukses 100%, namun, risiko-risiko dari faktor luar seperi kurangnya daya jual bisa diatasi dengan hal ini.

Melihat Rencana Jangka Panjang

Karena telah memiliki dasar-dasar yang jelas, maka menuntukan langkah bisnis ke depannya pun menjadi semakin terarah. Pembuatan rencana jangka panjang bagi bisnis pun menjadi lebih mudah.

Manfaat Riset Pemasaran bagi Pengembangan Bisnis

Dalam bisnis yang sedang berjalan, riset pasar memiliki beberapa fungsi, yaitu:

Fungsi Evaluasi

Fungsi evaluasi berarti mendengarkan testimoni dari para konsumen, hal ini disebut juga dengan riset kepuasan. Dengan melakukan riset pamasaran ini, Anda bisa mengetahui tanggapan dan kebutuhan lanjutan dari para pelanggan selama ini. Tujuannya agar Anda dapat mengambil keputusan dalam membenahi bisnis Anda demi kepuasan pelanggan yang semakin terjamin.

Fungsi Memahami

Kesuksesan sebuah bisnis bisa ditentukan berdasarkan kepuasan konsumennya. Di sini peran riset pemasaran adalah memahami seberapa besar harapan dan keinginan konsumen dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis yang Anda miliki.

Fungsi Prediksi

Fungsi prediksi merupakan fungsi yang paling sulit dilakukan dari tiga fungsi target pemasaran yang ada. Fungsi prediksi ini rawan mengalami atau melalui kesalahan dan ketidakpastian sehingga menjadikan kebimbangan pada bisnis. Bagaimanapun, dengan data yang mumpuni, prediksi dapat terlaksana dengan efektif dan rasional.

Kesimpulan

Hidupnya sebuah bisnis bergantung kepada konsumen, penikmat produk, atau pengguna jasa suatu bisnis. Dalam mempertahankan kepuasan konsumen, sebuah bisnis harus senantiasa mendengarkan keluhan dan keinginan dari konsumen yang kemudian digunakan untuk membenahi bisnisnya. Itulah peran riset pemasaran: mendengarkan konsumen dan terus membangun serta memajukan bisnis.

Hal yang tak kalah penting adalah mengenai pembukuan usaha Anda. Tanpa adanya pembukuan Anda tidak akan tahu seberapa jauh perkembangan keuangan dalam bisnis, dengan pembukuan yang baik tentunya Anda bisa menghasilkan laporan keuangan dengan benar dan ini berperan penting untuk Anda mengambil keputusan dalam menentukan pengembangan bisnis.

Untuk membantu Anda dalam membuat laporan keuangan yang minim kesalahan, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak tahun 1999 dan telah memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang. Memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau, Accurate Online bisa menjadi solusi dalam efisiensi pembukuan dan pembuatan laporan keuangan bisnis Anda.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini. 

 

Dibawah ini adalah artikel menarik lainnya tentang akuntansi, bisnis, dan keuangan: