Proses Riset Pasar serta Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Proses riset pasar adalah suatu proses dalam mengumpulkan dan juga melakukan analisa pasar secara lebih sistematis. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan proses pengambilan keputusan terkait pemasaran yang lebih efektif dan lebih cermat, sehingga nantinya mampu memberikan dampak yang signifikan bagi bisnis.

Dari adanya hasil riset pemasaran, maka pihak pemasaran nantinya bisa mengetahui informasi terkait apa saja yang kurang dan memang harus diperbaiki, serta strategi pemasaran apa yang masih cocok untuk bisa dilakukan secara kontinyu.

Nah, pada kesempatan kali ini mari kita bahas proses riset pasar, manfaat, dan juga contohnya secara singkat.

6 Proses Riset Pasar

Proses riset pasar terbagi menjadi enam tahapan, apa saja? ini alasannya:

  1. Terlebih dulu menentukan masalah dan juga tujuan dari penelitian. Umumnya, riset pemasaran dilakukan dengan melingkupi aspek penjualan, produk, distribusi, promosi, penetapan harga, perilaku pembeli, dan juga pengemasan produk.
  2. Menentukan desain penelitian, seperti kualitas, penelitian deskriptif, ataupun eksploratif.
  3. Menentukan metode yang nantinya akan digunakan untuk mengumpulkan data, yakni data primer dan juga data sekunder.
  4. Melakukan proses pengumpulan data, baik itu secara kuantitatif ataupun kualitatif. Pengumpulan ini tergantung pada cara yang akan dilakukan, baik itu sekunder ataupun primer.
  5. Melakukan kegiatan analisis dan memberikan gambaran terkait data yang akan didapat. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memasukan data menjadi suatu database.
  6. Mempersiapkan laporan dari penelitian yang telah dibuat. Berdasarkan hasil kesimpulan analisa yang telah dibuat, nantinya akan ada rekomendasi strategi selanjutnya yang bisa Anda gunakan.

Baca juga: Pengertian Riset Pasar, Metode, Jenis dan Tips Melakukannya

Manfaat Proses Riset Pemasaran untuk Bisnis

Tentunya suatu perusahaan akan memerlukan informasi yang akurat dan terbaru terkait kondisi lingkungan pemasaran agar mereka bisa memperoleh temuan yang pas untuk strategi pemasaran yang baik. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat proses pemasaran untuk bisnis.

1. Meminimalisir Risiko

Dengan melakukan kegiatan riset pemasaran, maka nantinya Anda akan bisa menentukan formula tepat dengan target pasar yang akan Anda tuju. Hal tersebut mampu meminimalisir resiko bisnis karena kegiatan pemasaran akan jauh lebih efisien.

2. Mengidentifikasi Peluang Pasar

Peluang pasar menjadi suatu hal yang sangat penting karena produk Anda bisa hadir menjadi solusi pada permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan.

3. Mengidentifikasi Potensi Masalah

Mengetahui potensi masalah merupakan hal yang sangat penting untuk suatu bisnis. Anda bisa membuat perencanaan solusi secara tepat dan cepat jika terjadi kendala dengan pemasaran produk Anda. Hal tersebut terjadi karena Anda sudah terlebih dahulu melakukan riset pemasaran.

4. Merencanakan Masa Depan

Salah satu manfaat dari adanya proses riset pemasaran adalah mampu membantu Anda dalam membuat perencanaan bisnis agar bisa berjalan lebih baik. Riset pemasaran ini tidak hanya dilakukan ada saat awal saja, tapi juga bisa terus dilakukan agar bisa memperoleh informasi terkini. Sehingga, di tengah persaingan bisnis yang sudah semakin ketat, bisnis Anda bisa tetap bertahan.

5. Memahami Tren

Tren pasar dan juga selera pasar bisa bergerak secara cepat. Untuk itu, perusahaan membutuhkan strategi pemasaran yang selalu terbaru agar tetap bisa bersaing.

Baca juga: Research Gap Adalah: Metode Evaluasi Penelitian yang Dapat Anda Terapkan Dalam Bisnis

Contoh Riset Pemasaran

1. Produk atau Menu

Contoh pertama dari riset pemasaran adalah inovasi produk ataupun menu dalam bisnis. Contohnya, selama ini terdapat dua jenis menu ayam yang sering dijual di restoran, yaitu ayam bakar dan ayam goreng.

Tapi perlahan-lahan, ternyata ada beberapa restoran yang mulai menjual ayam dengan varias ayam yang pedas, yang ternyata dibagi lagi menjadi beberapa level. Pada akhirnya, banyak restoran yang berusaha dalam menghadirkan cita rasa pedas, salah satunya adalah ayam geprek dengan level kepedasan tertentu.

Lalu, bagaimana caranya pebisnis bisa mengetahui rasa pedas akan menjadi terkenal atau banyak disukai oleh para pelanggan? Caranya tentu dengan melakukan proses riset pasar. Pebisnis bisa bertanya pada pelanggan setianya secara langsung, mencari informasi di internet dan lain sebagainya.

Dari riset yang sudah dilakukan, terdapat kesimpulan bahwa selera masyarakat mulai beralih menuju cita rasa yang pedas, yang bisa dijadi dipengaruhi dengan adanya budaya pop dari luar negeri, kuliner yang sedang hits, ataupun perbincangan yang banyak dilakukan di media sosial.

Kejelian terkait membaca trend dan bisa melakukan identifikasi peluang ini menjadi kemampuan yang harus diasah oleh pemilik bisnis, khususnya saat mereka sedang melakukan kegiatan proses riset pasar.

Sehingga, saat Anda sudah mengerti skema pasar, maka Anda tidak akan sulit lagi untuk bisa meningkatkan penjualan bisnis.

2. Terkait Kebiasaan Pelanggan Saat Berbelanja

Contoh riset pemasaran yang kedua adalah yang berhubungan dengan kebiasaan pelanggan ketika berbelanja. Bila Anda jeli untuk membaca peluang, saat ini pelanggan sudah semakin nyaman dalam berbelanja secara online karena mereka merasa lebih aman, nyaman dan juga praktis.

Terlebih lagi, di tengah masa krisis seperti saat ini, pelanggan ataupun pemilik bisnis akan diimbau untuk melakukan digitalisasi proses transaksi jual beli yang dilakukan secara online.

Jadi bila saat ini toko Anda hanya berjalan secara online, Anda bisa memperoleh peluang yang lebih besar dengan berjualan secara online. Sehingga, Anda bisa menjangkau lebih banyak penghasilan dan juga peluang.

Namun, saat Anda ingin menjalankan bisnis secara online dan juga offline, maka Anda harus menggunakan teknologi pendukung yang nantinya mampu memperlancar operasional bisnis Anda.

Salah satu rekomendasi teknologi yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan iSeller. Pasalnya, aplikasi ini mampu membantu Anda mengelola bisnis secara mudah lewat beragam fitur dan kelebihannya. Sehingga, kegiatan penjualan online dan offline bisa berjalan lebih lancar.

Terlebih lagi, saat ini iSeller pun sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, sehingga setiap kegiatan transaksi bisnis yang terjadi bisa dilakukan secara otomatis dan Anda pun bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara instan.

Ayo cari tahu kelebihan lainnya dari integrasi yang dilakukan antara Accurate Online dan iSeller dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Accuratexiseller

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.