Bagaimana Cara Mengembangkan Bisnis Restoran? Baca Tips Ini!

Terdapat banyak sekali hal yang harus Anda perhatikan saat Anda sedang menggeluti bisnis restoran, seperti promosi bisnis, modal, sampai manajemen restoran. Anda bisa saja memaksimalkan manajemen restoran Anda dengan menggunakan aplikasi bisnis berbasis web.

Namun sebelum menggunakan aplikasi bisnis untuk restoran, jangan abaikan untuk menghitung skema perhitungan harganya. Hindari memerhatikan satu aspek saja tapi melupakan aspek lainnya, serta mengabaikan tujuan utama Anda dalam menjalankan bisnis ini, yaitu mendapatkan banyak pengunjung.

Tapi bila restoran Anda saat ini belum maksimal dan tidak bisa berkembang, maka jangan dulu menyerah. Karena, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara mengembangkan bisnis restoran secara maksimal agar mendapatkan pengunjung yang ramai.

Tips Mengembangkan Bisnis Restoran

1. Buatlah Konsep yang Menarik

Terdapat suatu laporan yang menunjukkan bahwa tema yang menarik di dalam restoran saat ini menjadi pertimbangan yang memiliki peran penting. Memilih tema yang sangat menarik memiliki peran penting, karena generasi milenial dan Gen Z lebih mudah terkesan dengan konsep dan juga suasana restoran yang unik.

Tapi, apapun konsep restoran yang ingin Anda bangun, kenyamanan restoran harus Anda jadikan perhatian utama. Jangan lupa juga untuk menyediakan fasilitas WiFi agar semakin memanjakan para pengunjung. Kenyamanan para pelanggan adalah salah satu faktor utama dalam menjaga tingkat retensi pelanggan.

Salah satu cara untuk bisa menjaga retensi pelanggan adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis yang mampu mengotomasi pesanan pelanggan. Dengan menerima pesanan secara otomatis dan cepat datang, maka pelanggan akan merasa lebih nyaman, sehingga mereka bersedia menjadi pelanggan setia.

Baca juga: Apa itu EVA? Apa Bedanya dengan ROI?

2. Melakukan Inovasi Secara Berkelanjutan

Anda harus terus melakukan inovasi pada menu makanan, karena orang yang berkunjung ke restoran tidak hanya untuk mengisi perut saja, ada juga diantara mereka yang ingin mencoba menu baru yang sebelumnya belum pernah mereka coba.

Anda harus bisa memutar otan dan mencoba mengembangkan kreatifitas dalam menemukan berbagai menu baru yang bisa terus memperoleh pembaruan secara berkala. Sehingga, pengunjung pun akan bersedia mengunjungi restoran Anda karena tertarik dengan menu baru.

3. Menyajikan Menu Khusus

Perlu Anda ketahui bahwa setiap orang mempunyai selera makannya masing-masing, terlebih lagi ada juga beberapa orang yang hanya bisa mengkonsumsi hidangan tertentu saja. Untuk itu, tidak ada salahnya bila Anda menyediakan menu tertentu untuk para pengunjung tersebut.

Contohnya menu untuk para pengunjung vegetarian, menu yang rendah lemak untuk mereka yang sedang diet, atau menu makanan sehat yang khusus untuk pengunjung pelanggan yang memilih pola makan sehat.

4. Jelaskanlah Kegiatan Marketing Online

Melakukan promosi secara konvensional seperti memasang spanduk atau memasang pamflet saja tidak cukup untuk bisnis restoran Anda. Saat ini, sebagian besar pebisnis restoran mempromosikan bisnis dengan memanfaatkan internet marketing, seperti melalui media sosial.

Saat ini, menjalankan kegiatan promosi harus dikembangkan dengan menggunakan strategi internet marketing. Untuk itu, lakukanlah pemasaran melalui media sosial yang sesuai dengan target audiens Anda.

5. Menyediakan Berbagai Macam Pelayanan

Jangan sampai bisnis restoran yang Anda jalankan ketinggalan zaman, terutama karena saat ini adalah eranya teknologi digital. Bekerja sama dengan layanan pesan antar makanan online akan memberikan Anda keuntungan yang lebih besar karena Anda akan lebih mudah memproses pesanan makanan untuk pelanggan.

Selain bisa mencapai tujuan restoran agar bisa ramai pelanggan, Anda bisa memperoleh tambahan omset dari layanan ini.

Baca juga: Apa Itu Corporate Communication Strategy dan Bagaimana Cara Menyusunnya?

Kesimpulan

Demikianlah tips dari kami tentang bagaimana cara mengembangkan restoran. Jadi, beberapa tips tersebut adalah membuat konsep restoran yang menarik, melakukan inovasi secara berkelanjutan, menyediakan menu khusus, menjalankan pemasaran online, dan menyediakan berbagai jenis pelayanan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menggunakan bantuan teknologi, seperti menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing dan telah dibekali dengan sistem keamanan yang canggih. Tampilan dashboard di dalamnya pun telah didesain sesederhana mungkin. Sehingga, siapa saja bisa menggunakan aplikasi berbasis web ini secara mudah, aman dan nyaman.

Saat ini, Accurate Online telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia, termasuk pebisnis restoran. Accurate Online pun telah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award dari tahun 2016. Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi meragukan keandalan dari aplikasi ini.

Dengan menggunakan Accurate Online, pelayanan staff di restoran Anda akan meningkat. Karena, aplikasi ini akan memproses transaksi Anda secara cepat, sehingga sistem kerja dari para pegawai pun akan lebih efisien. Anda juga bisa mengelola informasi para pelanggan serta membuat segmentasi dan juga program promosi dengan mudah.

Accurate Online pun akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat, serta bisa Anda akses dimanapun Anda berada.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul luar biasa yang akan memudahkan Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Sehingga, Anda bisa bisa lebih mudah dalam mengelola dan mengembangkan bisnis Anda melalui strategi, konsep ciri khas dan kualitas layanan yang terbaik.

Lebih dari itu, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online pun bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau. Bahkan, saat ini Anda bisa lebih dulu menikmati free trial selama 30 hari dengan mendaftarkan bisnis Anda pada tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.