Retail Assistant:  Sosok Yang Penting Dalam Bisnis Retail, Ini Tugasnya!

Pada dasarnya, retail assistant adalah mereka yang akan menyapa Anda secara langsung dan juga mempersilahkan Anda masuk untuk berbelanja ataupun sekedar melihat-lihat produk yang Anda tawarkan. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa perkembangan usaha retail dewasa ini memang sudah semakin pesat.

Lalu, sebagian besar dari kita mungkin masih Anda yang mempertanyakan apa saja sebenarnya yang dilakukan oleh seorang retail assistant? Berikut ini kami berikan penjelasan singkat tentang retail assistant untuk Anda.

Retail Assistant dan Tugasnya pentingnya

Jadi, retail assistant adalah orang yang menangani langsung seluruh persiapan usaha retail, menangani pelanggan, mengontrol, melakukan kegiatan transaksi penjualan, dan memastikan kelancaran bisnis  setiap hari.

Umumnya, seorang retail assistant akan langsung diawasi oleh manajer pada suatu toko atau usaha. Lantas, apa saja sebenarnya tugas penting dan tanggung jawab dari seorang retail assistant?

Mereka memiliki tanggung jawab dalam membantu pelanggan dalam menemukan produk yang sedang dibutuhkan. Mereka juga berkewajiban dalam memberikan informasi pada pelanggan tentang harga barang yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Seorang retail assistant pun harus mengatur pengiriman barang yang dipesan dari pihak supplier bila barang yang diinginkan sudah habis, mengatur dan menjalankan setiap proses pembayaran, dan memberikan laporan kepada manajer toko terkait persediaan barang terkini.

Lebih dari itu, mereka juga bertanggung jawab dalam mengemas barang dan mengatur pengiriman barang yang dipesan oleh konsumen, menjaga toko tetap bersih dan rapi, mendata stok barang, serta mengatur barang yang rusak agar bisa diperbaiki atau diretur pada pihak supplier.

Tidak berhenti disitu, seorang retail assistant pun mempunyai beberapa tugas tambahan, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melakukan inventaris barang dan juga melakukan analisa terkait agar bisa menentukan apakah ada barang yang harus ditambah persediaan atau tidak.
  • Melakukan kegiatan penawaran produk pada pembeli dengan kemampuan menjelaskan deskripsi terkait produk tersebut secara detail.
  • Menangani setiap keluhan yang disampaikan pada pelanggan terkait barang dan memberikan pelayanan dari toko yang dijalankannya.
  • Harus siap menghadapi berbagai keadaan darurat, seperti mencuri atau merampok dan harus mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan serta bagaimana cara yang tepat dalam menanganinya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menemukan Mentor Bisnis yang Tepat untuk Anda?

Skill yang diperlukan untuk menjadi Retail assistant

Terlepas dari berbagai tanggung jawab yang harus dipikul oleh seorang retail assistant, ternyata pekerjaan ini memerlukan beberapa keahlian dan juga kemampuan yang mampu menunjang pekerjaannya. Nah, berikut ini adalah beberapa keahlian dan juga kemampuan yang harus dimiliki oleh retail assistant.

1. Hard Skill

  • Matematika

Profesi dari seorang retail assistant akan selalu berhubungan dengan perhitungan. Untuk itu, mereka harus mampu melakukan analisis pada permintaan dan juga penawaran barang.

Selain itu, mereka juga memerlukan keterampilan matematika yang mampu membantu proses inventaris barang dan juga menentukan harga jual. Sebagai tambahan, seorang mereka juga terkadang harus mengerjakan dan menganalisa laporan keuangan serta merancang strategi pengembangan usaha dengan manajer dan juga pihak manajemen ritel.

  • Bahasa

Bahasa menjadi keterampilan hard skill selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang retail assistant. Untuk usaha atau toko yang belum terlalu besar mungkin keahlian ini belum banyak dibutuhkan.

Tapi, saat toko sudah semakin besar dan banyak pelanggan seiring dengan berjalannya waktu, maka bukan tidak mungkin konsumen dan juga pembeli yang berbelanja datang dari berbagai negara dan mereka tidak bisa menggunakan bahasa lokal.

Untuk itu, seorang retail assistant yang bisa menggunakan bahasa asing dalam berbicara dengan para pelanggannya akan memiliki poin tambahan.

2. Soft Skill

Selain hard skill seperti yang sudah kita jelaskan di atas, seorang retail assistant pun disarankan mempunyai kemampuan soft skill seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

  • Time Management

Manajemen waktu yang baik adalah keterampilan yang harus dan wajib dimiliki oleh seorang retail assistant. Keterampilan ini akan menentukan semua kegiatan usaha atau toko berjalan dengan lancar.

Jika seorang retail assistant tidak mempunyai kemampuan manajemen waktu yang baik, tentunya akan berdampak besar pada alur kerja usaha atau toko yang sedang berjalan di hari tersebut.

Setiap kegiatan toko atau usaha akan berjalan dengan baik karena tugas mereka tidak hanya melayani setiap pelanggan yang datang saja, namun mereka juga bertanggung jawab dalam membuat inventaris barang, membuat laporan keuangan toko, dan berbagai tugas penting lainnya.

  • Decision Making

Seorang retail assistant harus mampu menentukan pilihan ataupun kebijakan yang akan diambil olehnya. Walaupun memang sebelumnya sudah mendapatkan arahan dari manajer atau manajemen toko, namun retail assistant tetap mempunyai kendali penting untuk menentukan berbagai hal krusial pada saat usaha retail berjalan.

Untuk itu, mereka harus yakin pada setiap keputusan dan cepat serta efisien dalam menghadapi setiap masalah yang terjadi ketika menjalankan toko.

  • Service Skills

Idealnya, seorang retail assistant tidak hanya harus fokus dalam berurusan dengan setiap pelanggan, tapi mereka juga harus memiliki orientasi pada pelayanan ataupun service pada seluruh pelanggan toko. Mereka harus bisa memprioritaskan layanan untuk seluruh elemen usaha retail, seperti elemen manajemen, elemen supplier, dan berbagai elemen lainnya.

Keuntungan Menjadi Retail Assistant

Dibalik tanggung jawabnya yang sangat banyak, menjadi seorang retail assistant memang memiliki banyak sekali keuntungan. Berikut ini adalah berbagai keuntungan yang akan Anda rasakan saat menjadi seorang retail assistant:

1. Gaji

Kenyataannya, seorang retail assistant mempunyai bayaran yang cukup, terlepas dari berbagai tanggung jawab yang sangat menumpuk. Misalnya untuk di Amerika Serikat, rata-rata gaji para mereka adalah sekitar $35.000 pertahun atau setara hampir 500 juta.

Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, seorang retail assistant bisa mengantongi gaji sebanyak Rp 5 juta sampai Rp 10 Juta dalam setiap bulannya.

2. Jenjang Karir yang Luas

Kesempatan dalam mengembangkan karir tentunya menjadi alasan bagi setiap orang untuk memilih suatu pekerjaan. Nah, pekerjaan ini ternyata mempunyai jenjang karir yang sangat luas sekali.

Dengan menjadi seorang retail assistant, maka bukan hal yang tidak mungkin Anda menjadi seorang manajer toko atau bahkan bisa membuka dan juga mengembangkan usaha  sendiri berkat pengalaman dan pengetahuan yang sudah dimiliki saat menjadi retail assistant.

3. Pekerjaan yang Selalu Dibutuhkan

Retail assistant adalah salah satu pekerjaan yang akan selalu diperlukan. Melihat perkembangan bisnis retail yang semakin pesat dalam setiap tahunnya, maka bukan hal yang tidak mungkin bila pekerjaan ini akan selalu diperlukan, karena setiap bisnis akan selalu membutuhkan peran penting dari seorang retail assistant.

Baca juga: Akta Pendirian Perusahaan: Pengertian, Jenis, dan Syarat Membuatnya

Kesimpulan

Tugas utama dari seorang retail assistant dalam suatu bisnis memang sangat penting dan mampu memberikan pengaruh yang besar pada usaha tersebut.

Namun, tidak menutup kemungkinan untuk para pebisnis retail untuk lebih mengembangkan suatu sistem yang mampu membantu kegiatan operasional bisnis secara langsung, terutama dalam masalah pencatatan keuangan.

Tentunya kita harus menerapkan suatu sistem keuangan yang baik dalam melakukan kegiatan pencatatan transaksi keuangan. Dengan menerapkan hal ini, maka bisnis Anda akan menjadi lebih mudah untuk dijalankan dan bisa berkembang secara maksimal.

Saat ini, bisnis retail sudah banyak yang menerapkan berbagai teknologi dalam menjalankan operasionalnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan software akuntansi. Software ini mampu memberikan kemudahan dalam dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan dalam menjalankan kegiatan operasional bisnis.

Nah, salah satu software akuntansi yang bisa Anda pertimbangkan untuk mencatat setiap transaksi keuangan bisnis dan menunjang aktivitas bisnis Anda adalah Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda sudah tidak perlu lagi melakukan pembukuan yang lama dan menyita banyak waktu hingga larut malam. Karena Accurate Online akan menyediakan seluruh laporan keuangan dan pembukuan Anda secara cepat, otomatis dan akurat. Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja Anda butuhkan.

Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan tampilan dashboard yang sederhana, sehingga akan lebih mudah dipahami oleh siapa saja, bahkan oleh orang yang tidak memiliki latar belakang akuntansi sekalipun.

Fitur yang lengkap pada Accurate online juga akan mampu mempermudah Anda dalam menjalankan kegiatan bisnis. Beberapa fitur tersebut contohnya adalah fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, rekonsiliasi, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh keunggulan dan fitur menarik dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yakni hanya 200 ribuan perbulan saja.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate1

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.