SMART Goal, Metode yang Tepat untuk Menetapkan Target Bisnis Anda

Pada dasarnya, Smart goal memang suatu metode yang tepat dalam menentukan target bisnis. Tidak adanya tujuan ataupun target yang jelas akan sangat berdampak pada kesuksesan bisnis Anda.

Kenapa? Karena dengan mempunyai target, maka akan sangat membantu Anda dalam kehilangan arah dan juga akan menjaga motivasi Anda agar tetap fokus dan juga terjaga. Tapi, dalam menentukan tujuan tersebut Anda tidak boleh, asal.

Agar Anda bisa lebih mudah dalam mencapai kesuksesan, maka ada baiknya bila Anda menggunakan metode SMART Goal sebagai panduaannya.

Apa Itu Metode SMART Goal?

Metode SMART Goal adalah suatu metode yang digunakan sebagai panduan dalam menetapkan target, tujuan, maupun sasaran. Kata SMART Goal disini merajuk pada akronim Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan juga Timely.

Itu artinya, cara kerja dari metode SMART Goal ini adalah dengan cara menggabungkan seluruh kriteria tersebut agar bisa membantu Anda lebih fokus dalam meningkatkan peluang guna mencapai tujuan Anda.

Istilah metode SMART Goal Goals ini pada awalnya diperkenalkan oleh George T Doran pada tahun 1981, seorang Direktur perencanaan di perusahaan, dalam makalahnya yang berjudul “There is a S.M.A.R.T Way to Write Management’s Goals and Objective“.

Pada waktu itu, Doran memperhatikan bahwa banyak perusahaan kerap kali kesulitan dalam hal menetapkan tujuan yang tepat, sehingga hal tersebut berdampak pada performa daripada perusahaan tersebut. Sehingga, ia menyarankan akan pentingnya menetapkan SMART Goal goals agar bisa berhasil dalam mengelola tenaga kerja.

Lalu, metode ini pun diterapkan oleh banyak sekali organisasi hingga pelatih dan juga para mentor di seluruh dunia, karena metode ini memang sudah terbukti sangat efektif.

Baca juga: Kemitraan Adalah: Pengertian, Jenis, dan Karakteristiknya

Tahapan dan Cara Menggunakan Metode SMART Goal

Seperti yang sebelumnya sudah kita jelaskan sebelumnya bahwa metode SMART goal ini terdiri dari lima akronim yang adalah tahapan guna membantu Anda agar bisa lebih fokus dalam membuka peluang dalam mencapai target Anda.

Kelima tahapan atau langkah tersebut adalah sebagai berikut ini.

1. Specific (Spesifik)

Agar bisa lebih memperluas peluang Anda dalam mencapai tujuan ataupun target, cobalah untuk membuat tujuan yang lebih jelas dan spesifik, sehingga Anda bisa lebih fokus dan lebih merasa termotivasi dalam mencapai nya.

Untuk membuat, rancang lah tujuan Anda dengan menggunakan rumus 5 W, yaitu:

  • What: Apa saja yang bisnis Anda ingin capai?
  • Why: Kenapa tujuan tersebut penting untuk Anda capai?
  • Who: siapa saja yang nantinya akan terlibat dalam mencapai tujuan tersebut?
  • Where: dimana tempat dalam mencapai tujuan tersebut?
  • When: Kapan Anda ingin mencapai tujuan tersebut?

2. Measurable (Terukur)

Cobalah untuk memiliki tujuan yang terukur yang mana Anda bisa memantau dan juga melacak setiap kemajuan yang Anda raih. Sehingga, Anda bisa lebih fokus lagi dalam memenuhi setiap tenggat waktu dan juga bisa lebih antusias saat semakin dekat dengan tujuan yang ingin Anda capai.

Agar bisa menentukan tujuan yang lebih terukur, cobalah untuk menanyakan pada diri Anda sendiri tentang bagaimana Anda mengetahui target yang sudah Anda capai, apa saja indikator yang mampu menunjukkan perkembangan Anda dalam mencapai tujuan, dll.

3. Achievable (Dapat dicapai)

Walaupun Anda mampu menetapkan target yang tinggi, namun ingatlah bahwa untuk mencapai tujuan tersebut, Anda tetap harus realistis. Tujuan ataupun target yang realistis adalah saat Anda tahu bagaimana cara tujuan ataupun target Anda bisa diwujudkan dengan mengandalkan kemampuan, sumber daya dan juga peluang yang ada.

Itulah sebabnya saat Anda menentukan tujuan ataupun target, Anda harus memeriksanya lagi tentang bagaimana cara Anda dalam mencapai tujuan dan seberapa realistis kah tujuan tersebut bisa Anda capai dengan kondisi Anda yang saat ini.

4. Relevant (Relevan) 

Cobalah untuk memastikan bahwa tujuan yang ingin Anda capai adalah tujuan yang penting dan juga sudah sesuai dengan nilai dan juga rencana jangka panjang bisnis Anda. Sehingga, Anda bisa tetap memegang kendali atas hal tersebut.

Agar bisa memastikan tujuan atau goal Anda tetap sesuai, maka jawablah empat pertanyaan di bawah ini:

  • Apakah tujuan tersebut memiliki manfaat yang baik?
  • Apakah hal tersebut adalah waktu yang memang tepat?
  • Apakah tujuan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan?
  • Apakah tujuan tersebut sudah sesuai dengan keadaan lingkungan pada saat ini?

5. Time-bound  atau Timely (Tepat waktu) 

Agar bisa tetap fokus dalam mencapai tujuan Anda, maka Anda harus menentukan tanggal yang menjadi target ataupun tenggat waktu Anda. Bila tidak dibatasi dengan baik, maka tidak akan ada rasa urgensi dan juga motivasi dalam mencapai tujuan.

Untuk itu, cobalah untuk menentukan kapan Anda ingin mencapai tujuan tersebut. Sebuah teori terkait penetapan tujuan mengemukakan bahwa mereka yang menetapkan tujuan pada diri mereka sendiri memiliki tingkat kemungkinan yang tinggi dalam meraih kesuksesannya dari mereka yang tidak menetapkan tujuan.

Seorang peneliti bernama Edwin Locke membuktikan bahwa teori penetapan tujuan dan juga membaginya pada lima prinsip, yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Clarity (Kejelasan): tujuan yang Anda buat harus mudah untuk dipahami, dan lebih efektif dalam mencapainya.

2 Challenge (Tantangan): sasaran yang baik mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi agar Anda bisa lebih mampu mendorong diri Anda dalam mencapainya.

3 Commitment (Komitmen): tanpa adanya komitmen yang tinggi, Anda akan kesulitan dalam mencapai tujuan apapun, khususnya tujuan yang sifatnya agak menantang.

4 Feedback (Umpan Balik): Anda harus lebih mampu menerima informasi terkait seberapa baik Anda maju menuju tujuan yang sudah Anda buat. Informasi tersebut bisa Anda gunakan sebagai motivator ataupun mengandalkan

bahwa sasaran Anda sudah terlalu mudah ataupun memang terlalu sulit, dan nantinya diperlukan evaluasi untuk menyesuaikannya.

5 Task Complexity (Kompleksitas Tugas):  tingginya tingkat kompleksitas suatu tujuan, maka akan semakin banyak pula waktu yang diperlukan dalam mencapainya. Suatu tujuan bisnis yang baik tidak selamanya harus rumit, namun memahami tingkat kerumitan sasaran Anda adalah bagian yang penting dari perencanaan bagaimana Anda dalam mencapainya.

Contoh Penerapan Metode SMART Goal

Agar Anda bisa lebih jelas dalam memahami cara menerapkan metode SMART Goal dalam menentukan target dan goal bisnis Anda, maka cobalah perhatikan contoh di bawah ini.

Katakanlah Anda memiliki tujuan bisnis untuk lebih memanfaatkan teknologi dalam bisnis Anda. Ketahuilah

bahwa tujuan ini terlalu umum. Dengan cara menerapkan metode SMART Goal, maka tujuan tersebut akan menjadi lebih jelas, sehingga Anda bisa tahu cara mencapai tujuan tersebut dengan tepat.

  • S: Specific

Perlu Anda ketahui bahwa teknologi adalah bidang yang sangat luas, Anda harus bisa mencari tahu apa saja teknologi yang benar-benar ingin Anda terapkan dalam bisnis Anda. Lalu hubungkanlah keterampilan, posisi dan juga prestasi yang akan memberikan gambaran yang lebih jelas.

  • M: Measurable 

Tetapkanlah sasaran yang lebih terukur agar Anda tidak merasa ambigu dalam mencapainya. Sebagai contoh, dengan menargetkan tujuan yang spesifik, Anda bisa tahu bahwa tujuan Anda bisa dicapai jika Anda bisa menetapkan beberapa perangkat teknologi pada bisnis Anda.

  • A: Achievable

Cobalah untuk mencari tahu apakah tujuan itu bisa dicapai atau tidak gunakan kriteria tertentu.

  • R: Relevant 

Pikirkanlah jalur bisnis yang ingin Anda bangun dan yang kamu inginkan, lalu pastikanlah goal atau tujuan Anda bisa selaras dengan jalur bisnis Anda.

  • T = time-bond

Time bond sangat penting untuk menjaga agar target yang Anda buat bisa realistis dan sesuai dengan kemampuan Anda

Manfaat Penerapan Metode SMART Goal

Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya bahwa metode SMART Goal ini banyak digunakan oleh banyak perusahaan karena mampu memberikan kerangka yang kelas untuk mencapai suatu tujuan. Selain itu, manfaat lainnya dari metode SMART Goal ini adalah:

  • Memberi Fokus dan Arahan 

Dengan menetapkan tujuan, maka Anda bisa lebih fokus pada target Anda. Selain itu, SMART goal juga akan menghindari Anda dari adanya gangguan dari banyak hal.·

  • Menanamkan Disiplin Dalam Berbisnis

Ketika Anda menerapkan metode ini, maka secara tidak langsung juga akan melatih Anda untuk bisa mendisiplinkan diri. Kenapa? Karena tanpa adanya disiplin yang tinggi, tentu Anda akan kesulitan untuk mencapai tujuan.

  • Mengingatkanmu Akan Prioritas

Dengan membuat SMART goal, maka Anda bisa mengetahui apa prioritas Anda dan cara pasti untuk mencapai goal Anda

  • Membantu Mengatur Waktu

Ketika Anda menerapkan metode SMART Goal, maka Anda tidak hanya terbantu dalam menetapkan tujuan, tapi juga dalam menerapkan timeline dalam mencapainya. Hal tersebut akan membantu Anda dalam mengelola waktu dan juga beradaptasi di bawah tekanan.

  • Lebih Mudah Untuk Memvisualisasikan Kesuksesan

Anda bisa lebih mudah lagi dalam memantau kemajuan dan juga mengevaluasi diri. Untuk itu, akan lebih mudah lagi bila Anda mampu memprediksi apa hasilnya dalam kurun waktu yang panjang dan bagaimana hasil akhirnya tersebut.

Baca juga: Whatsapp Bisnis: Fitur, Manfaat, dan Cara Membuatnya dengan Mudah Untuk Bisnis Anda

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang SMART goal dan cara menerapkannya agar target bisnis Anda bisa dicapai dengan sukses. Anda bisa coba menerapkannya di dalam kehidupan dan juga pekerjaan Anda, sehingga tujuan bisnis yang Anda inginkan bisa dicapai dengan lebih mudah.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan Anda di laporan laba rugi dalam laporan keuangan bisnis. Hal tersebut menjadi upaya lain yang harus Anda lakukan guna mencapai tujuan bisnis. Namun, untuk

Melakukan kegiatan tersebut Anda membutuhkan waktu yang lama dan perhatian yang lebih. Nah, agar bisa membantu Anda dalam melakukan hal tersebut, maka cobalah untuk menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Software akuntansi ini akan memudahkan Anda dalam membuat lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda akses dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan gadget yang sudah terkoneksi dengan internet. Selain itu, Anda juga bisa menikmati banyak fitur bisnis di dalamnya yang tentunya akan semakin memudahkan Anda dan para pebisnis lainnya dalam mencapai tujuan yang Anda inginkan.

Anda bisa langsung mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate 3 banner bawah