Apa itu Statistik Bisnis? Ini Pengertian dan Jenis-Jenisnya!

Pada dasarnya, statistik bisnis merupakan ilmu tentang pengambilan keputusan dengan berdasarkan banyaknya analis di dalam audit, produksi dan juga ekonometrik. Setiap manajer akan bisa mengambil keputusan yang tepat dengan menggunakan statistik ini.

Namun untuk membuatnya, diperlukan keterampilan seperti riset pasar, forecasting, perencanaan produk, kualitas kontrol, manajemen personalia, membaca dan membuat laporan tahunan, dan lain sebagainya.

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang statistik bisnis? Ayo baca terus artikel tentang statistik bisnis di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Statistik Bisnis?

Berdasarkan laman Wikipedia, statistik bisnis adalah suatu proses analisis data dari statistik dasar dan menerapkannya ke dalam bisnis. Contohnya seperti memperkirakan probabilitas produk cacat yang keluar dari saluran distribusi perusahaan atau melihat arah penjualan yang akan terjadi di masa depan.

Terdapat banyak metode yang bisa digunakan dalam statistik bisnis, seperti modus, median, mean, grafik barang dan kurva lonceng, serta probabilitas dasar.

Pengujian hipotesis, yang mana Anda harus menguji suatu ide dan analisis regresi dengan menyesuaikan data dengan persamaan dibuat berdasarkan statistik tersebut.

Baca juga: Apa itu Rencana Strategi? Ini Pengertian dan Konsep yang Ada di Dalamnya!

Apa Saja Jenis Statistik Bisnis?

Terdapat setidaknya dua jenis metode statistik bisnis yang bisa Anda gunakan, yaitu:

1. Statistik Deskriptif

Statistik deskriptif adalah ringkasan data yang sangat berguna dan memiliki arti yang lebih. Analisis statistik ini menjadi bagian yang sangat penting yang akan memberikan informasi pada Anda tentang suatu data. Di dalamnya berisi perhitungan numerik, grafik, atau tabel.

Analisis deskriptif akan melihat apa saja yang sudah terjadi dan akan menjelaskan kenapa. Dengan memanfaatkan informasi tersebut, maka setiap manajer bisa memeriksa pencapaian dan kesalahan yang terjadi di masa lalu. Hal tersebut dikenal dengan analisis sebab akibat.

Beberapa penggunaan statistik deskriptif umumnya akan menggabungkan kegiatan transaksi, keuangan, pemasaran, dan juga operasional perusahaan.

Statistik deskriptif pun terbagi lagi menjadi empat jenis, yaitu:

  • Ukuran Variasi atau dispersi yang mencakup varian, rentang, dan deviasi standar.
  • Pengukuran Frekuensi yang mencakup persentase, perhitungan dan frekuensi.
  • Ukuran posisi yang mencakup peringkat kuartil dan peringkat persentil.
  • Ukuran kecenderungan sentral yang mencakup median, mean dan modus.

2. Statistik inferensial

Data yang telah Anda kumpulkan dengan statistik inferensial tidak bisa didapat dengan menggunakan statistik deskriptif. Di dalam statistik inferensial ini, Anda harus membuat asumsi pada sisi parameter pengukuran, seperti mengambil statis dari data spesimen.

Selain itu, di dalamnya Anda bisa menggunakan data sampel untuk memecahkan masalah penelitian yang kerap kali terjadi.

Statistik inferensial ini pun terbagi menjadi tujuh jenis, yaitu Uji-t atau Anova, Uji hipotesis satu sampel atau Uji perbedaan satu sampel, Regresi Bivariat, Tabel Kontingensi dan Statistik Chi-Square, Regresi Multivariat, Korelasi Pearson dan Interval Keyakinan.

Baca juga: Mengenal Pasar Konsumen dan Faktor yang Mempengaruhinya

Keterbatasan Menggunakan Statistik

Walaupun menggunakan statistik bisnis ini sangat penting untuk membuat keputusan, tapi di dalamnya terdapat keterbatasan, seperti nilai sampel yang digunakan dalam analisis statistik.

Berbagai kasus yang besar akan mampu menghasilkan sesuatu yang lebih unggul, tapi model yang lebih besar akan memerlukan biaya yang lebih banyak dan lebih rentan mengalami kerugian, hal itu pun tidak bisa dihindari.

Di dalamnya merupakan pertukaran teladan antara biaya untuk bisa memperoleh hasil yang tepat pada rencana pengeluaran dan keterbatasan waktu Anda.

Baca juga: Apa itu Barang Homogen? Ini Pengertian dan Karakteristiknya!

Penutup

Saat ini, teknologi internet sudah berkembang semakin maju dan penggunaannya bisa digunakan secara bertahap untuk mengumpulkan data.

Suatu industri yang sudah diperkuat dengan data, seperti ilmu statistik, akan membuat aliran data baru lebih cepat dan variabel baru bisa tersampaikan untuk memberikan informasi pada keputusan yang mereka ambil.

Perkembangan tersebut juga telah melahirkan berbagai bidang baru di dalam dunia bisnis, seperti misalnya data scientist.

Namun, untuk Anda yang kesulitan dalam mencatat dan mengelola keuangan bisnis secara menyeluruh, atau tidak memiliki cukup waktu untuk melakukannya, #lebihbaik Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate online.

Accurate Online adalah aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh anak bangsa dan sudah dilengkapi dengan sistem keamanan super ketat. Tampilan dashboard di dalamnya pun di desain dengan sangat unik dan sederhana. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara aman, mudah, dan nyaman.

Accurate Online juga sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia dan telah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award untuk kategori software akuntansi sejak tahun 2016 hingga tahun ini. Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi meragukan keandalan dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan laporan arus kas, laporan perubahan modal, laporan neraca, laporan penjualan, laporan laba rugi, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat serta akurat.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis luar biasa yang mampu membantu Anda dalam mengelola persediaan barang di gudang, melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, menyelesaikan urusan perpajakan, menyederhanakan proses manufaktur, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, Anda bisa melakukan pekerjaan lain dan bisa lebih fokus dalam mengelola serta mengembangkan bisnis melalui strategi-strategi tertentu.

Lebih menariknya lagi, semua fitur dan keunggulan dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan hanya mengeluarkan biaya investasi sebesar 200 ribuan saja perbulannya.

Bagaimana, masih ragu dengan Accurate Online? Tenang, Anda bisa lebih dulu mencoba semua fitur dan keunggulan dari Accurate Online selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Accurate footer image blog manajemen

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?