Mau Usaha Fotocopy Untung Terus? 10 Tips Efektif Meningkatkan Keuntungan

Usaha Fotocopy merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, hampir semua orang membutuhkan jasa yang satu ini. Terutama bagi mereka yang bekerja di kantor atau yang statusnya masih sebagai mahasiswa.

Namun tidak jarang seorang tukang fotocopy melupakan beberapa tips sehingga usahanya tidak mendapatkan keuntungan yang banyak. Bagi yang membuka usaha fotocopy dan ingin efektif meningkatkan keuntungan, berikut ini adalah tipsnya.

Baca juga : 17 Tips untuk Membuat Akun Instagram yang Baik bagi Bisnis Anda

10 Tips Usaha Fotocopy Meningkatkan Keuntungan

1. Pilihlah Tempat Yang Strategis

Tidak jarang seorang tukang fotocopy mengabaikan tips yang satu ini. Iya, memilih tempat yang tidak strategis sehingga keuntungan yang didapat tidak sesuai yang diharapkan. Maka dari itu memilih tempat yang strategis merupakan tips pertama yang harus diperhatikan.

Tempat yang strategis untuk membuka usaha fotocopy sendiri diantaranya adalah dekat kantor, dekat sekolah, dan dekat kampus.
Dengan memilih tempat strategis tersebut maka keuntungan yang akan didapatkan pun akan besar. Bukan hanya itu saja, bahkan keuntungan yang akan didapatkan pun akan jauh lebih efektif meningkat setiap bulannya.

2. Gunakan Mesin Yang Bagus

Hasil fotocopy yang bagus tentu tidak terlepas dari penggunaan mesin yang bagus. Menggunakan fotocopy yang bagus sendiri tentu akan jauh meningkatkan keuntungan yang lebih besar lagi.
Maka dari itu pastikan menggunakan mesin fotocopy yang bagus agar hasil dari fotocopy pun bagus juga. Dengan begitu maka orang-orang pun akan lebih mudah menjadikan mereka sebagai pelanggan tetap.

Baca juga : 10 Tips Membangun Usaha Konveksi yang Menguntungkan

3. Berikan Diskon

Siapa yang tidak suka dengan diskon? Hampir semua orang baik perempuan maupun laki-laki tentu sangat senang apabila belanja mendapatkan diskon. Strategi tersebut bisa digunakan bagi para pengusaha fotocopy untuk mendapatkan keuntungan yang banyak bahkan bisa mendapatkan pelanggan tetap.

Berikan lah diskon pada setiap pelanggan yang memfotocopy dengan jumlah tertentu. Dengan memberikan diskon pada setiap orang yang memfotocopy maka tidak menutup kemungkinan orang-orang akan kembali datang untuk memfotocopy kembali. Terlebih jika hasil dari fotocopy mempunyai kualitas yang sangat bagus.

4. Ramah Terhadap Pelanggan

Selain kualitas dari hasil fotocopy, memberikan pelayanan yang ramah kepada pelanggan pun merupakan tips yang sangat penting untuk meningkatkan keuntungan usaha fotocopy. Karena pelayanan yang ramah akan membuat orang-orang nyaman dan senang menggunakan jasa fotocopy. Dengan begitu mereka pun akan kembali datang untuk memfotocopy bahkan bisa jadi mereka menjadi pelanggan tetap.

Baca juga : Ingin Mencari Investor? Berikut Perbedaan Tipe Investor di Dunia Startup

5. Lengkapi Dengan Alat Tulis Kantor

Agar efektif meningkatkan keuntungan dalam membuka usaha fotocopy, lengkapilah usaha fotocopy dengan alat tulis kantor. Dengan melengkapi alat tulis kantor, maka keuntungan yang akan didapatkan pun jauh akan lebih besar dan efektif.

Karena tidak sedikit orang-orang yang membutuhkan alat tulis kantor, untuk memanfaatkan hal tersebut maka tidak ada salahnya selain membuka jasa fotocopy lengkapi pula dengan alat tulis kantor.

6. Cari Supplier, Baik Itu Yang Berhubungan Dengan Fotocopy Atau Alat Tulis Kantor

Untuk mendapatkan keuntungan yang besar dan efektif, maka carilah suplier baik itu supplier yang berhubungan dengan fotocopy atau alat tulis kantor. Karena dengan mendapatkan barang-barang dari supplier tentu jauh akan lebih murah dibanding membeli eceran.

Maka dari itu, pastikan untuk mencari dan membeli berbagai macam kebutuhan fotocopy dan alat tulis kantor dari supplier agar keuntungan usaha fotocopy jauh lebih besar dan efektif.

Baca juga : 10 Tips Manajemen Waktu yang Efektif dan Manfaatnya untuk Bisnis

7. Berikan Pelayanan Spesial

Selain memberikan pelayanan yang ramah, untuk mendapatkan keuntungan yang besar dan efektif berikan juga pelayanan spesial pada pelanggan. Salah satu memberikan pelayanan spesial adalah memberikan pengiriman gratis di area tempat usaha fotocopy yang sedang dijalankan.

Dengan begitu, maka orang-orang yang sibuk atau malas keluar rumah akan menggunakan jasa fotocopy yang dijalankan tersebut. Bukan hanya itu saja, mereka pun kemungkinan besar akan menjadi pelanggan tetap karena tidak usah perlu repot-repot untuk pergi ke tempat fotocopy.

8. Perbanyak Jaringan Dan Kenalan

Pengaruh jaringan dan kenalan tentu sangat berperan penting untuk keberhasilan serta mendapatkan keuntungan yang besar pada sebuah usaha, termasuk pada usaha fotocopy. Maka dari itu memperbanyak jaringan dan kenalan akan sangat membantu untuk mendapatkan keuntungan yang besar dan efektif. Salah satu yang bisa digunakan untuk mendapatkan banyak jaringan adalah dengan berkenalan pada orang-orang kantor dan pada para mahasiswa.

Jika memungkinkan minta nomor telponnya untuk mendapatkan pelayanan spesial saat hendak menggunakan jasa fotocopy yang sedang dijalankan. Atau tidak ada salahnya untuk meminta tolong menawarkan jasa fotocopy pada teman terdekat. Dengan begitu usaha fotocopy yang dijalankan pun akan banyak dikenal orang.

Baca juga : 10 Tips Terbaik untuk Membangun Bisnis Apotek yang Menguntungkan

9. Senantiasa Perhatikan Kualitas Fotocopy

Senantiasa memperhatikan kualitas fotocopy menjadi tips selanjutnya agar mendapatkan keuntungan yang besar dan efektif. Karena dengan kualitas fotocopy yang bagus dan bisa dipertahankan sangat dipastikan orang-orang tidak akan berpindah pada jasa fotocopy yang lain.

Maka dari itu, sangat penting sekali untuk senantiasa memperhatikan kualitas fotocopy agar para pelanggan bisa tetap bertahan menggunakan jasa fotocopy yang sedang dijalankan.

10. Buka Jasa Penjilidan

Selain melengkapi usaha fotocopy dengan alat tulis kantor, tidak ada salahnya juga dengan membuka jasa penjilidan. Dengan menambah satu jasa tersebut, maka usaha fotocopy pun jauh akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan efektif.

Karena orang kantoran dan mahasiswa senantiasa dipenuhi dengan tugas-tugas yang mengharuskan penjilidan pada tugas tersebut. Dengan membuka salah satu jasa penjilidan maka usaha fotocopy yang dijalankan pun akan mendapatkan keuntungan yang besar dan lebih efektif.

Baca juga : Berencana Membangun Bisnis? Berikut Ide Bisnis Modal Kecil

Kesimpulan

Membuka bisnis fotocopy mungkin tidak semudah yang dibayangkan, karena harus memperhatikan kelengkapan alat atau mesinnya, dan kualitas fotocopy dari mesin tersebut. Maka dari itu Anda harus tetap memperhatikan kualitas serta mencari tempat yang strategis. Dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan agar memperbanyak jaringan kenalan Anda.

Dengan menjalankan beberapa tips di atas, maka tidak menutup kemungkinan usaha fotocopy yang dijalankan pun akan mendapatkan keuntungan jauh lebih besar dan efektif. Maka dari itu bagi yang ingin mendapatkan keuntungan besar dan efektif, gunakanlah tips-tips di atas.

Jika usaha Anda berjalan dengan lancar untuk kedepannya, Anda bisa membuka beberapa cabang untuk mengembangkan usaha yang Anda miliki. Oleh karena itu Anda pasti akan membutuhkan software akuntansi untuk usaha yang akan Anda kembangkan.

Accurate Online dapat memenuhi kebutuhan pembukuan usaha Anda dengan kelengkapan fitur multi cabang, laporan keuangan dan fitur lainnya yang dapat membantu Anda menghitung laba rugi usaha Anda secara cepat, tepat dan minim kesalahan

Jika tertarik Anda dapat mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini :

accurate berhenti membuang waktu