Bagaimana Cara Mencari Supplier yang Tepat? Ini Tipsnya!

Sebagian pebisnis awam atau pebisnis pemula yang baru ingin menjalankan bisnis, merasa kesulitan untuk mencari stok barang terlebih dahulu. Mereka bertanya-tanya tentang bagaimana cara mencari supplier yang tepat demi mendapatkan harga termurah.

Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara mencari supplier yang tepat dan terpercaya, langsung dari tangan pertama.

Cara Mencari Supplier yang Tepat dari Tangan Pertama

Cara mencari supplier langsung dari pertama adalah sebagai berikut:

1. Mengunjungi Sentra Industri atau Bazar

Cara mencari supplier tangan pertama adalah dengan mendatangi sentra industri atau bazar bisnis secara langsung. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mendatangi pemasok langsung ke lokasi industri atau lokasi berjualannya.

Selain bisa melihat proses produksi secara langsung, Anda juga bisa melihat dan memilih sendiri kualitas produk yang ingin Anda jual kembali. Anda juga bisa secara langsung melihat pemilik atau pebisnis supplier tersebut, sehingga akan mampu menekan risiko kerugian.

Terlebih lagi, Anda juga bisa membangun relasi dan komunikasi langsung, sehingga akan timbul rasa saling percaya antar setiap pihak. Bukan tidak mungkin nantinya Anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih rendah.

Pilihan yang lainnya adalah dengan mengunjungi bazar bisnis secara rajin. Dalam bazar tersebut akan ada banyak sekali bisnis lain yang memperkenalkan produk agar bisa tercipta suatu kerjasama bisnis.

Hal tersebut adalah kesempatan emas untuk Anda yang ingin membagun kerjasama, jaringan, relasi dan meningkatkan wawasan. Karena akan ada banyak peserta bazar, Anda juga akan memiliki banyak pilihan, tentunya Anda juga akan mendapatkan harga yang murah.

2. Melalui Website atau Toko Online

Jika Anda belum bisa mendapatkan pemasok atau supplier yang tepat, Anda bisa mengunjungi langsung situs resmi supplier yang sudah Anda incar.

Bila Anda belum memiliki daftar supplier pun Anda bisa terlebih dulu mencarinya di dunia maya dengan memanfaatkan media sosial ataupun situs penelusuran. Anda tinggal memasukkan kata kunci untuk memperoleh banyak pilihan.

Saat ini, sudah banyak sekali online shop yang juga bertindak sebagai supplier. Cara mencari supplier dari tangan pertama yang satu ini tentunya akan lebih memudahkan Anda.

Baca juga: Arti Supplier: Pengertian, Tugas, Jenis, dan Cara Kerja Supplier

Tips Memilih Supplier yang Tepat

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mencari supplier yang tepat:

1. Alamat dan Kontak yang Jelas

Carilah supplier yang terpercaya dengan meminta alamat dan kontak yang bisa mereka hubungi. Bila mereka bersedia memberikan kontak dan alamatnya, itu artinya mereka terbuka dan tidak memiliki niat yang buruk.

2. Feedback

Anda bisa melihat ulasan atau feedback yang diberikan oleh konsumen demi mengetahui kualitas supplier yang Anda incar. Untuk mereka yang memiliki toko online sendiri, umumnya mereka akan mengunggah ulasan konsumen di media sosialnya.

Bila Anda mencarinya di marketplace, seperti shopee atau tokopedia, Anda bisa melihat kolom penilaian konsumen yang terdapat di bagian bawah produk. Tapi, bukan artinya toko yang belum bisa menjual produknya dan belum memperoleh ulasan itu buruk. Bisa saja toko tersebut baru buka atau produknya baru dirilis di pasar.

Ada baiknya untuk menghindari toko yang malas dalam merespon pelanggannya. Karena, Anda bisa melihat kualitas toko dari cara toko tersebut merespon dan melayani calon pelanggan.

3. Ketersedian Barang

Ketersediaan barang dari supplier harus Anda perhatikan dengan baik. Setiap supplier yang baik biasanya memiliki persediaan yang banyak dan tanpa batas, sehingga Anda bisa memesannya dalam jumlah yang banyak kapanpun Anda perlukan.

4. Kondisi Produk

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih salah satu supplier, Anda bisa melihat kondisi produk yang dijual dengan memeriksa keterangan produk.

Bila informasi yang disajikan tidak lengkap, maka Anda bisa menanyakannya langsung atau melalui kolom chat pribadi yang telah tersedia atau di kolom komentar.

Beberapa supplier terkadang ada yang memberikan harga miring tapi tingkat akurasi atau spesifikasinya tidak sesuai dengan pesanan Anda.

Baca juga: Apa Itu Produsen, Distributor, dan Konsumen?

5. Kecepatan Pengiriman Barang

Bisnis penjualan produk, khususnya yang dijalankan secara online, mempunyai kompetisi yang ketat dan cepat dalam hal ketersediaan serta kecepatan pengiriman. Toko yang memiliki histori pengiriman buruk ada baiknya untuk tidak Anda pilih sebagai supplier.

6. Peraturan Toko

Cobalah untuk terlebih dahulu memeriksa peraturan toko yang akan dijadikan supplier. Contohnya, apakah bisa mengajukan retur barang atau refund. serta cara dalam mengajukan refund atau retur barang. Hal tersebut harus Anda perhatikan demi kenyamanan setiap pihak.

7. Waktu Terakhir Login

Tips terakhir ini biasanya bisa Anda gunakan di marketplace, cobalah untuk memerhatikan waktu terakhir penjual login pada akun tokonya. Pebisnis yang profesional umumnya akan selalu memeriksa akun marketplace miliknya agar bisa melayani dan menjawab setiap pertanyaan serta pesanan dari pelanggan.

Baca juga: Bagaimana Cara Efektif untuk Bernegosiasi dengan Pemasok?

Penutup

Demikianlah beberapa cara mencari supplier langsung dari tangan pertama, lengkap dengan tips dalam memilihnya. Bila ada supplier yang bermasalah, maka laju transaksi Anda akan terganggu. Pun begitu juga dalam mengelola bisnis Anda di masa depan.

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan dalam mencari supplier adalah mengelola keuangan Anda secara rapi dan tepat. Untuk itu, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Sehingga, Anda bisa mengelola keuangan untuk mencari bahan baku dari supplier.

Terlebih lagi, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul bisnis luar biasa yang akan membantu Anda dalam penjualan dan pembelian dengan supplier serta pelanggan, mengelola persediaan, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Tunggu apa lagi? Segera daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.