10 Tips Terbaik Membangun Bisnis Restoran yang Menguntungkan

Mengapa harus Bisnis Restoran?

Bisnis Restoran adalah bisnis yang memiliki peluang sekaligus tantangan yang tinggi dan ada banyak faktor yang berperan. Banyak usaha restoran tidak pernah bertahan lebih dari 3 hingga 6 bulan pertama tanpa perencanaan yang baik.

Memiliki bisnis, terutama restoran, atau bisnis makanan dan minuman apa pun, membutuhkan kerja keras yang luar biasa. Anda harus jelas dalam tujuan Anda, dan di atas segalanya, cintai apa yang Anda lakukan. Anda harus benar-benar yakin bahwa bisnis Anda akan melampaui pesaing, bahkan ketika masalah terburuk yang dapat Anda bayangkan muncul dan menyurutkan kepercayaan diri Anda.

Salah satu aspek terbesar dari memiliki bisnis sendiri adalah kepuasan mendapatkan sesuatu untuk benar-benar menguntungkan bagi diri sendiri. Dan kebanyakan tidaklah harus menjadi ide paling menakjubkan di dunia.

Sebenarnya, Anda tidak perlu ide baru; Anda hanya perlu membawa sesuatu yang istimewa ke ide lama dan mengemasnya dengan improvisasi yang hebat. Dan sementara menjadi inovatif Anda akan menemukan keajaiban membuat sesuatu dari ketiadaan terlepas dari industri Anda.

Namun, bisnis restoran adalah salah satu industri di mana inovasi sedikit lebih sulit ditemukan karena “kejenuhan” di pasar. Dengan begitu banyak jenis makanan yang berbeda, dan berbagai macam restoran di setiap sudut di setiap kota besar, akan sangat sulit untuk menemukan cara untuk menonjol.

Selain itu, masalah-masalah operasional yang menuntut seperti pergantian staf, kerusakan peralatan, keluhan pelanggan, atau laba tipis adalah beberapa masalah yang selalu dihadapi orang-orang di industri ini.

Tambahkan kompetisi dari pendatang baru di ruang ini dan terus-menerus ubah selera dan kebiasaan, dan Anda mulai melihat besarnya tantangan pada bisnis ini.

Disisi lain peluang pada bisnis ini adalah orang orang yang membutuhkan makanan dengan rasa yang lezat dan tampilan yang menakjubkan terus bertambah terutama pada era digital saat semua informasi tersebar dengan mudah. Saat Anda telah mendapatkan banyak pelanggan potensial, Anda akan mendapakan keuntungan besar dari bisnis restoran Anda.

Baca juga : Tertarik Membangun Bisnis Kuliner? Mari Kita Bahas Secara Lengkap

Tips Mengembangkan Bisnis Restoran

Pemasaran adalah inti dari bisnis ini. Bisnis restoran dapat bertahan dari persaingan ketat para kompetitor jika merumuskan rencana pemasaran yang unik. Anda harus tahu ceruk pasarnya, target pelanggan, pesaing dengan sangat baik.

Orang-orang pergi ke restoran untuk menghabiskan waktu yang tak terlupakan bersama teman dan keluarga sambil menikmati makanan. Namun, banyak pengusaha yang menutup bisnis restorannya secara tiba-tiba atau mereka tidak puas dengan kinerjanya. Sebagian besar dari mereka gagal karena mereka tidak mematuhi beberapa dasar operasi bisnis restoran dan akhirnya kehilangan pelanggan merekadan beralih ke kompetitor Anda.

Mayoritas pemilik restoran beranggapan jika sebuah restoran menyajikan makanan berkualitas baik, maka itu sudah cukup untuk menjalankan bisnis yang menguntungkan, padahal itu tidak sepenuhnya benar. Kualitas produk atau layanan yang baik adalah sesuatu yang mendasar. Selain penawaran berkualitas, Anda perlu mengubah bisnis restoran Anda menjadi merek yang dapat dipercaya orang.

Inilah beberapa tips penting untuk membuat bisnis restoran Anda sukses :

1. Sewa Koki Hebat Dan Kenali Konsep Restoran Anda

Pastikan bahwa Anda menyewa seorang koki yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam menyiapkan hidangan untuk kepuasan pelanggan. Ingatlah, dalam bisnis restoran koki seperti superstar. Orang pergi ke restoran tertentu karena memiliki layanan koki yang memiliki reputasi untuk menyiapkan hidangan unik.

Jadi, pikirkan untuk mempekerjakan beberapa koki berbakat yang dapat memuaskan selera pelanggan Anda. Lokasi restoran Anda juga penting dalam menentukan keberhasilan bisnis Anda. Kunjungi banyak tempat dan lakukan riset untuk mengetahui lokasi mana yang akan penting bagi restoran.

Cari tahu apa yang menarik penduduk setempat ketika mereka ingin menikmati pergi ke restoran. Pastikan restoran Anda berada di area sibuk yang memiliki tempat parkir yang memadai.

Pilih konsep restoran Anda dengan hati-hati juga. Apakah Anda ingin menargetkan hanya beberapa turis kaya dan orang-orang di daerah itu? Atau, apakah Anda ingin menargetkan konsumen kelas menengah? Kenali konsumen target Anda untuk memutuskan sebelum meluncurkan proyek restoran Anda. Beberapa konsep yang dapat Anda pilih adalah:

  • Restoran cepat saji
  • Santapan santai cepat seperti kafe dan pub dan santapan gaya keluarga
  • Hidangan mewah
  • Kafe dengan makanan kekinian

2. Simpan Cadangan Dana yang Memadai

Kemerosotan tiba-tiba dalam bisnis sering tak tertahankan bagi pemilik restoran pemula dan banyak dari mereka menutup bisnis. Sebagian besar restoran mulai dengan baik tetapi menghadapi krisis keuangan di musim tertentu ketika pelanggan menghilang.

Langkah bijak untuk menghadapi situasi uang ketat seperti ini adalah merencanakan pengeluaran modal Anda selama beberapa bulan ke depan. Anda akan membutuhkan dana untuk berinvestasi dalam membeli software akuntansi untuk efisensi setiap pembukuan usaha Anda, sehingga Anda bisa menyiapkan rencana dan dan mengtahui kapan waktu restoran Anda ramai atau sepi.

Umumnya, pemilik restoran baru membutuhkan waktu delapan hingga sembilan bulan sebelum mencapai titik impas. Sisihkan cukup uang sampai periode itu berakhir. Selain itu, Anda perlu uang tambahan juga untuk menunggu atau menyiapkan rencana baru, jika restoran Anda mau. Dengan disiplin membuat laporan keuangan, Anda dapat memperkirakan kapan masa krisis datang, dan bisnis Anda sudah siap untuk melaluinya.

Jadi, jangan terbawa oleh keuntungan di awal. Sebaliknya, biarkan bisnis Anda berajalan sewajarnya. Sampai saat sepi pelanggan tiba, belanjakan dana cadangan Anda dengan hati-hati.

Baca juga : 15 Tips Terbaik Sebelum Memilih Aplikasi Akuntansi untuk Pembukuan Bisnis Anda

3. Dapatkan Logo Berkesan

Pastikan bisnis restoran Anda diwakili oleh logo unik. Orang-orang akan melihat logo restoran Anda di rambu-rambu jalan, iklan, papan iklan, surat kabar, kartu nama, situs web, kartu menu dan di tempat lain

Logo bukan hanya tanda hak cipta untuk mengidentifikasi restoran Anda. Lebih dari itu, desain logo Anda membantu Anda membangun citra merek yang dapat dipercaya dari bisnis restoran Anda.

Jadi, dapatkan logo yang unik dalam desain dan konsepnya. Pastikan bahwa logo tersebut bebas dari unsur klise seperti topi koki, gambar piring, atau ide pasaran lainnya.

Minta desainer layanan desain grafis Anda untuk membuat sesuatu yang menarik dan menarik. Bisnis restoran Anda akan menggunakan logo Anda sebagai alat untuk mengarahkan pelanggan. Jadi, logo haruslah desain yang mengesankan yang membantu membangun basis pelanggan yang solid.

4. Pastikan Kartu Menu Yang Unik

Ketika orang mengunjungi restoran Anda, hal pertama yang mereka temui adalah kartu menu restoran Anda. Kartu memiliki harga dan hidangan yang ditampilkan untuk pelanggan. Mereka dapat memilih hidangan yang sesuai dengan anggaran mereka setelah melihat daftar menu dengan hati-hati. Tetapi desain kartu menu yang dibuat secara profesional memiliki kemampuan untuk berbicara banyak tentang bisnis restoran Anda.

Pastikan harga dan hidangan dikategorikan dengan rapi dalam desain kartu. Gunakan campuran gambar dan teks sehingga terlihat unik untuk pengunjung. Mereka harus membawa ingatan yang baik tentang restoran Anda kembali bersama mereka. Kartu menu Anda pasti akan menjadi salah satu faktor bagi mereka untuk kembali ke restoran Anda.

Baca juga : Mempelajari Konsep Promosi secara Mendalam untuk Pengembangan Bisnis

5. Bangun Situs Web untuk Bisnis Restoran Anda

Letakkan bisnis restoran Anda secara online. Ingatlah bahwa orang akan memesan meja untuk makan di restoran Anda. Mereka dapat dengan mudah melakukannya jika fitur dan layanan restoran Anda tersedia di web. Jadi, buat desain situs web yang mudah diingat dan letakkan di web.

Pastikan bahwa situs web tersebut ramah pengguna. Ini menyiratkan bahwa ia harus memiliki semua informasi yang mereka butuhkan tentang restoran Anda. Misalnya, informasi kontak Anda, fasilitas pemesanan, fasilitas pemesanan, menu, dan detail lainnya harus ada di halaman web

6. Gunakan Media Sosial

Salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis restoran Anda adalah dengan memanfaatkan media sosial. Pelanggan potensial Anda ada di situs sosial seperti Facebook dan Twitter. Jadi, buat halaman media sosial yang berguna untuk bisnis Anda.

Kemudian, mulai posting konten yang relevan untuk memberikan detail dan perkembangan baru yang relevan dengan restoran Anda. Pastikan Anda mengirim tweet secara teratur setiap hari. Tujuan di sini adalah untuk melibatkan orang-orang dengan layanan dan bisnis restoran Anda.

7. Lakukan Promosi yang Agresif

Promosi agresif bisnis restoran baru Anda online atau offline sangat penting untuk mendapatkan pengakuan merek di antara orang-orang. Mereka akan segera mengetahui tentang restoran baru di wilayah mereka. Tidak ada dana besar yang terlibat untuk publisitas. Yang perlu Anda lakukan adalah mengadopsi beberapa cara pemasaran yang hemat biaya.

Misalnya, bagikan selebaran di tempat ramai agar orang-orang mengetahui bisnis Anda. Tapi pastikan bahwa desain selebaran membuat kesan pertama yang bagus. Sebenarnya ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis Anda. Jelajahi mereka untuk melihat hasilnya sendiri.

Baca juga : 5 Strategi Melakukan Ekspansi Bisnis yang Berkelanjutan

8. Selalu Puaskan Pelanggan Anda

Anda harus memperlakukan pelanggan Anda sebagai tamu. Ini menyiratkan bahwa Anda akan mendapatkan bisnis yang baik dan uang Anda dengan memperlakukan mereka dengan makanan dan layanan berkualitas. Latih karyawan restoran Anda untuk bersikap sopan sambil melayani pelanggan Anda.

Lakukan upaya tambahan untuk terhubung dengan pelanggan Anda. Buat hubungan yang dekat dengan mereka saat berbicara dan melayani dengan menggunakan frasa yang membangun hubungan emosional nyata dengan para tamu.

Habiskan sejumlah uang untuk memberikan pengalaman pribadi yang tak terlupakan bagi tamu Anda. Mereka akan menyebarkan kabar baik ke restoran Anda.

9. Jalankan Restoran Anda Sebagai Entitas Perusahaan

Jalankan restoran baru Anda secara profesional. Kembangkan sistem untuk menghasilkan permintaan akan makanan dan layanan Anda. Pastikan Anda mempertahankan koki berbakat dengan restoran Anda.

Jika Anda mengoperasikan restoran Anda dari dua lokasi, Anda perlu mempelajari beberapa keterampilan organisasi dan gunakan software pembukuan yang memiliki fitur multi cabang agar Anda bisa memantau seluruh arus keuangan binis secara realtime dan bersamaan. Salah satu software akuntnasi yang memiliki fitur multi cabang adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akutnansi buatan Indonesia yang memiliki fitur terlengkap dan harga yang terjangkau yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Anda juga bisa mencoba menggunakan fitur Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

10. Bermitra dengan Orang yang Lebih Cerdas

Setelah restoran Anda mendapatkan tempat berpijak, pastikan restoran itu berkembang dengan mantap sesudahnya. Anda akan memerlukan banyak ide dari banyak orang untuk pertumbuhan bisnis yang stabil. Anda perlu mencari tahu orang-orang pintar dengan ide-ide pintar.

Setelah Anda mendapatkan ide-ide dan orang-orang, membangun hubungan emosional yang kuat dan kemitraan dengan mereka. Ide-ide mereka adalah dasar di mana Anda akan membangun reputasi restoran Anda.

Baca juga : Berencana Berbisnis? Berikut 7 Ide Bisnis yang Cocok Untuk Pemula

Kesimpulan

Walaupun memiliki tantangan, memiliki bisnis restoran mungkin merupakan pilihan yang paling menguntungkan saat ini. Hampir setiap orang membutuhkan makanan, sebagian lainnya suka memasak. Terkadang memasak adalah sesuatu yang sangat biasa yang kita lakukan di rumah. Tetapi mengubahnya menjadi karier yang menghasilkan pendapatan yang penuh gairah adalah sesuatu yang tidak sering dipertimbangkan orang.

Namun dalam kenyataannya, memiliki sebuah bisnis restoran adalah pengalaman yang menyenangkan. Ya, ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan seperti mengelola keuangan, menjaga kualitas makanan, dan memasarkan restoran Anda. Namun, semua pekerjaan itu menjadi sangat menyenangkan jika Anda memberikan hati Anda untuk itu.

Jadi bagi Anda yang sedang merencanakan membangun usaha, bisnis restoran bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda.