9 Tips Membangun Bisnis Rumah Makan yang Sukses dan Menguntungkan

Bisnis rumah makan merupakan jenis usaha yang akhir-akhir ini semakin bagus peluangnya. Tidak hanya berkaitan dengan kebutuhan perut, kebutuhan sejumlah kalangan terhadap tempat makan yang cozy dan instagramable membuat peluang bisnis di bidang kuliner ini semakin terbuka lebar. Lalu bagaimana agar bisnis ini berjalan lancar dan menguntungkan? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Tentukan Konsep Bisnis Rumah Makan Anda

Langkah awal dalam memulai bisnis rumah makan adalah menentukan konsep yang jelas. Semakin unik dan menarik konsep yang Anda usung, maka peluang Anda untuk sukses di bidang ini juga semakin tinggi.

Sejak awal, Anda perlu memilih konsep apa yang akan diterapkan di rumah makan Anda. Apakah konsep tradisional, internasional, nuansa khas Jepang, Korea, Arab, konsep muda bergaya, atau konsep rumah makan ramah anak yang akan Anda terapkan?.

Jika sudah memilih salah satunya, selanjutnya Anda dapat menyesuaikan desain interior, menu makanan, dan  cara penyajian yang sesuai dengan konsep yang telah dipilih. Makin unik dan menarik konsep yang Anda pilih, Makin besar pula kemungkinan rumah makan Anda dikunjungi pelanggan.

Baca juga : Mengetahui Tips Membangun Bisnis Mainan Anak untuk Pemula

2. Pilih Desain Rumah Makan yang Cozy dan Menarik

Saat ini kebutuhan untuk eksis di media sosial sudah melanda hampir semua kalangan. Tak heran jika banyak rumah yang memiliki desain cozy dan chic sangat menarik perhatian. Anda pun dapat mengadopsi hal ini. Sediakan ragam spot foto yang menarik di dalam rumah makan Anda untuk menarik minat para pengunjung.

3. Jaga Kualitas Makanan

Selain suasana rumah makan yang bagus dan instagramable, Anda juga harus mengedepankan kualitas makanan. Usahakan untuk menjaga konsistensi kelezatan hidangan yang disajikan agar pelanggan semakin cinta dengan rumah makan  Anda.

Ingat, Anda menjual makanan. Jadi pastikan rasa dan kebersihan adalah segalanya bagi bisnis Anda

4. Perkuat Branding

Branding merupakan hal yang tak kalah penting di dalam menjalankan bisnis rumah makan. Semakin kuat branding yang Anda bangun, maka pelanggan akan semakin mudah mengenali dan mengingat rumah makan Anda.

Baca juga : Tips Mengajukan Pinjaman Dana ke Bank untuk Kembangkan Bisnis

5. Pilih Lokasi Rumah Makan yang Strategis

Tidak bisa dipungkiri, salah satu kunci sukses berbisnis di bidang kuliner adalah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau.

Namun, jika Anda tidak dapat memiliki rumah makan dengan lokasi yang strategis, Anda dapat memperkuat promosi dan memberikan link lokasi yang dapat`memudahkan pelanggan mencari lokasi rumah makan Anda. Semakin unik dan istimewa rumah makan Anda, semakin besar peluangnya untuk dicari pelanggan meskipun lokasinya tidak terlalu strategis.

6. Tetapkan Harga Sesuai Pangsa Pasar

Tips sukses lainnya dalam menjalankan bisnis rumah makan adalah menetapkan harga sesuai pangsa pasar atau target market Anda.

Apakah sasaran Anda adalah anak muda siswa siswi sekolah, keluarga, atau golongan eksklusif tertentu? Harga yang tepat dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan bisnis Anda.

7. Berikan Pelayanan Prima bagi Pelanggan

Kepuasan pelanggan merupakan hal utama dalam menjalankan sebuah bisnis, termasuk bisnis rumah makan. Oleh karena itu, terapkan pelayanan prima agar pelanggan Anda puas dan melakukan kunjungan kembali ke rumah makan Anda.

8. Gunakan Media Promosi yang Tepat

Agar pelanggan rumah makan Anda semakin banyak dan bisnis Anda semakin terkenal, diperlukan promosi sekaligus konten yang tepat. Anda dapat menggunakan media sosial untuk mem-posting foto menu makanan yang menarik atau event dan promosi yang Anda selenggarakan untuk menarik minat pelanggan. Anda juga dapat menggunakan iklan berbayar di IG atau Fb untuk mendapat jangkauan pelanggan yang lebih luas.

Anda juga bisa mempelajari konten marketing melalui artikel ini.

9. Lakukan Pembukuan

Untuk bisnis yang menguntungkan, pencatatan seluruh transaksi dalam pembukuan adalah suatu keharusan, termasuk untuk bisnis rumah makan. Bayangkan jika Anda tidak memiliki catatan keuangan, apakah Anda bisa menentukan rencana yang tepat disaat Anda sendiri tidak tahu  bahwa bisnis Anda untung atau rugi?

Pembukuan yang baik akan membuat arus keuangan bisnis Anda berada dalam kendali dan transparan. Hal ini juga baik bagi Anda pemilik bisnis yang berencana melakukan pengembangan bisnis berdasarkan data keuangan terkini.

Baca juga : 10 Peluang Bisnis di Tahun 2020 yang Mudah untuk Dikembangkan

Kesimpulan

Bisnis rumah makan merupakan bisnis yang cukup menjanjikan di era sekarang. Ada beberapa tips agar bisnis kuliner Anda makin banyak pengunjung dan makin untung. Mulai dari pemilihan konsep yang tepat, hidangan yang lezat, harga yang tepat, promosi yang efektif, dan pembukuan yang efisien.

Anda bisa melakukan pembukuan manual jika Anda baru memulai bisnis rumah makan. Namun saat Anda sudah memiliki banyak pelanggan, beragam menu, dan memiliki banyak suplier untuk bahan baku, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi untuk memudahkan proses pembukuan dan operasional bisnis Anda.

Pilihlah software akuntansi yang mudah digunakan kapan saja, dimana saja dan memiliki fitur terlengkap juga harga terjangkau, contohnya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa Anda gunakan kapapun dimanapun yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Teratrik membuat bisnis yang lebih mudah dengan Accurate Online? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.