10 Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini dan Tips Suksesnya Bagi Pemula!

Memasuki tahun 2022, kira-kira usaha makanan paling laris saat ini apa saja ya? Hal ini mungkin muncul di pikiran kamu, yang baru saja ingin memulai bisnis bidang kuliner.

Bidang usaha makanan memang memiliki prospek yang bagus dengan pendapatan yang menjanjikan. Pasalnya, semua orang akan membutuhkan makanan setiap harinya.

Selain itu, saat ini orang cenderung menyukai makanan yang praktis dan cepat saji, dibandingkan harus repot-repot memasak atau membuatnya di rumah.

Untuk menjadi inspirasi bisnis kuliner kamu, berikut ini beberapa usaha makanan paling laris saat ini versi Accurate Online.

Rekomendasi 10 Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini

1. Usaha Ayam Geprek

Makanan ayam geprek sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita ya. Ayam goreng yang dilumuri dengan bumbu pedas dari cabe ini ternyata memang menjadi usaha makanan paling laris saat ini.

Hal ini terbukti dengan menjamurnya restoran, kedai, hingga pedagang di pinggir jalan yang menjadikan Ayam geprek sebagai menu utamanya.

Usaha ini bahkan bisa dimulai dengan modal yang kecil. Jadi, tidak usah khawatir soal modal usaha ayam geprek. Promosi penjualannya juga cenderung mudah, baik secara langsung maupun online.

2. Usaha Rice Bowl

Usaha makanan paling laris saat ini yang berikutnya adalah Rice bowl. Konsep makanan cepat saji ini ternyata diminati para pelanggan, karena unik dan rasanya enak.

Rice bowl pada umumnya disajikan berupa paket nasi dengan lauk pauknya, serta sayur dan sambal pilihan. Konsep rice bowl adalah praktis dan kenyang. Menu makanannya juga bisa dikreasikan, tergantung kreatifitas penjualnya.

3. Usaha Makanan Sehat Box

Sejak pandemi covid 19 masuk ke Indonesia, orang-orang semakin aware dengan kesehatan mereka dan ingin mencoba lebih banyak makanan sehat. Hal ini tentunya menjadi peluang usaha makanan paling laris saat ini.

Untuk memulai bisnis makanan sehat, kamu hanya perlu tahu jenis-jenis makanan sehat rendah karbo, dan lebih teliti serta cermat dalam memilih jenis makanan serta cara memasak makanan sehat tersebut dengan benar.

4. Makanan Beku

Usaha makanan beku atau frozen food juga masih banyak diminati hingga saat ini. Makanan beku ini bisa disimpan untuk waktu yang cukup lama dan tidak mudah basi.

Untuk penjualannya juga tidak terlalu sulit, karena bisa dijual langsung maupun secara online. Makanan beku yang banyak disukai seperti chicken nugget, ayam potong beku, hingga berbagai olahan makanan seperti bakso ikan dan bakso sapi.

5. Toast

Toast adalah Bahasa Inggris untuk roti bakar ala orang barat. Makanan ini menjadi populer di Indonesia, karena memiliki cita rasa yang unik dan enak.

Bukan hanya roti bakar biasa, toast bisa dikreasikan dengan berbagai toping yang asin atau yang manis sesuai selera.

Usaha makanan paling laris saat ini dengan menjual toast, juga bisa dilengkapi menu favorit lainnya seperti jus, kopi, the dan lain –lain

Baca juga: 15 Usaha yang Cocok Untuk Pemula dan Menguntungkan

6. Burger Kekinian

Burger kekinian adalah menu makanan modifikasi dari burger yang sudah populer sejak dulu. Makanan cepat saji ini ternyata juga bisa dikreasikan menjadi burger yang lebih lezat dengan kandungan gizi yang cukup banyak.

Jika bosan dengan burger keju, kamu bisa modifikasi isi burgernya menjadi beef burger, chicken burger, egg burger dan lain sebagainya.

7. Tahu Crispy

Olahan tahu yang satu ini ternyata juga menjadi usaha makanan paling laris saat ini, bahkan sejak dulu. Hidangan tahu goreng ini ternyata disukai masyarakat Indonesia di segala usia.

Tahu crispy dibuat dengan taburan tepung, sehingga ketika digoreng rasanya lebih enak dan gurih.

Selain itu, usaha tahu crispy juga dapat dipastikan selalu laku, terutama di kawasan ramai seperti sekolah, perkantoran, hingga pusat perbelanjaan.

8. Martabak Variasi Topping

Martabak menjadi makanan manis yang juga paling populer dan diminati masyarakat Indonesia. Seiring berkembangnya kuliner Indonesia, martabak kini bukan hanya diberikan topping coklat atau keju saja.

Beberapa topping kekinian seperti coklat Silverqueen, Nutella, dan Kitkat bisa ditambahkan menjadi topping yang unik dan cantik pada martabak kekinian.

Untuk memulai usaha ini, kamu cukup belajar cara membuat martabak yang enak, serta lebih berinovasi dengan topping-topping yang ada.

9. Dimsum

Untuk menemukan kedai atau restoran yang menjual dimsum kini sangat mudah. Ini bukti bahwa dimsum juga menjadi usaha makanan paling laris saat ini di Indonesia.

Makanan kukus ala Tiongkok ini memiliki beberapa varian dengan rasa yang enak dan lembut. Beberapa dimsum yang paling banyak disukai adalah isi ayam, kepiting, dan udang. Dimsum biasanya disajikan dengan saus sambal pedas.

Memulai bisnis makanan dimsum juga cukup mudah. Kamu bisa bekerja sama dengan beberapa mereka dimsum lokal.

Selain itu, kamu juga bisa berkreasi sendiri dengan membuat dimsum di rumah dan dijual secara offline maupun online.

10. Takoyaki

Cemilan ala Jepang, Takoyaki juga populer di Indonesia sebagai makanan yang unik dan lezat. Takoyaki biasanya disajikan dengan isian kepiting, gurita, hingga keju. Kemudian, diberikan lapisan saus sambal dan mayonaise.

Baca juga: Ingin Merdeka dalam Menilai Peluang Usaha? Perhatikan Hal Ini!

Tips Memulai Usaha Makanan Paling Laris Manis Saat Ini

Untuk membuat makanan ini juga mudah, kamu bisa mencontek bahan-bahan pembuatannya melalui youtube atau blog tentang makanan. Pastikan konsep penjualannya ala Chinese food, agar terkesan semakin unik.

Jika kamu berminat untuk memulai usaha di bidang kuliner, maka ada beberapa tips yang bisa diikuti. Berikut penjelasanya:

  • Buat Makanan yang Mudah Dibuat

Dalam hal usaha makanan paling laris saat ini, hal yang penting yang harus diperhatikan sebelum memulainya adalah menguasai makanan itu sendiri.

Maksudnya, kita harus menguasai cara memasak makanan tersebut, cara membuat adonannya dan lain sebagainya. Hal ini bisa dilakukan untuk membuat makanan yang kualitas rasanya enak.

Kamu bisa belajar dari mentor yang sudah berhasil menjalankan usaha kuliner sejenis. Cobalah masakan kamu sebelum mulai menjualnya di pasaran.

  • Kemasan yang Menarik

Selain makanan yang enak, bersih, dan lezat, kemasan makanan juga harus diperhatikan dalam usaha kuliner yang laris manis. Hal pertama yang pelanggan lihat tentu adalah kemasan dari makanan itu sendiri.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kemasan nya adalah ukurannya, motifnya, logo, hingga warna dari bungkus makanannya.

  • Harga yang Sesuai

Usaha makanan laris manis saat ini adalah usaha yang harga jual makanan nya sesuai dengan kondisi pasar. Pastikan kalau harga tersebut tidak mahal dan juga tidak murah.

Sesuaikan harga dengan kualitas produk serta biaya produksi dari produk makanan yang dibuat. Pastikan kamu tetap memperoleh keuntungan yang sesuai.

  • Inovasi Produk

Pengusaha makanan wajib melakukan inovasi pada produk makanannya. Dengan begitu, konsumen akan mudah tertarik untuk mencicipi produk baru yang dijual.

  • Tidak Plagiarisme

Makanan yang akan dijual harus memiliki keunikan sendiri. Misalnya, kamu menjual menu makanan sehat untuk diet, ada kompetitor yang menyamai. Pastikan ada perbedaan antara menu atau variasi menunya. Hindari membuat makanan tersebut menjadi sama persis.

  • Kembangkan Usaha

Jika sudah mulai mendapatkan keuntungan dari usaha kuliner, kamu bisa mengumpulkan uang tersebut untuk mengembangkan usaha kedepannya.

Baca juga: Paket Usaha: Pengertian, Perbedaan dengan Franchise dan Jenis-jenisnya

Kesimpulan

Bagi kamu yang ingin memulai usaha makanan paling laris saat ini, jangan pernah takut dan ragu untuk memulainya.

Jika kamu takut karena sulit dalam membuat pencatatan keuangan dari usaha tersebut, serahkan saja masalah tersebut kepada ahlinya, yaitu software akuntansi dan bisnis Accurate online.

Accurate online sudah dipercaya oleh 377 ribu pebisnis di Indonesia, dalam membuat pembukuan akuntansi yang lebih mudah, cepat, dan akurat.

Dilengkapi dengan fitur tambahan, membuat laporan keuangan lebih mudah dibandingkan secara manual.

Kamu bahkan sudah bisa mencoba software Accurate online ini secara gratis selama 30 hari, melalui tautan ini.accurate 2 banner bawah

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.