10 Rahasia Sukses Mendirikan Usaha Toko Bangunan di Kota Makassar

Kota Makassar adalah kota besar dengan pertumbuhan yang sangat pesat, baik itu pertumbuhan penduduk maupun pertumbuhan pembangunan. Hal ini menjadikan Kota Makassar sebagai salah satu kota di Indonesia yang menjadi magnet bagi wirausaha untuk membangun bisnis di sana, salah satunya adalah toko bangunan. Dengan laju pembangunan yang tinggi, membuka toko bangunan di Kota Makassar bisa merupakan pilihan usaha yang potensial menghasilkan keuntungan.

Namun sama seperti bisnis lainnya, membangun usaha toko bangunan memerlukan perencanaan yang matang agar bisnis Anda tidak berakhir pada kerugian dan kebangkrutan. Pada artikel ini kami akan menjelaskan beberapa tips terbaik bagi Anda yang ingin mau mendirikan usaha toko bangunan yang sukses di Kota Makassar. Berikut adalah tips yang bisa Anda coba :

1. Berikan Diskon atau Hadiah

Berikan diskon kepada pembeli yang membeli bahan bangunan toko Anda. Jika pembeli melakukan transaksi pembelian pada batas harga tertentu, berikan persentase diskon. Memberikan diskon akan membuat pelanggan senang dan akan kembali ke toko Anda.

Anda juga bisa memberikan hadiah bonus selain diskon. Pemberian bonus pembelian juga bisa membuat pelanggan puas dan bahagia. Bonus di sini tidak perlu hadiah mahal. Suvenir cantik seperti payung, kaos, jam dinding, kalender, atau barang-barang lainnya dengan gambar logo toko merek Anda, ini juga akan membuat bisnis Anda akan dikenal banyak orang.

Baca juga : 7 Jenis Usaha Rumahan di Kota Makassar yang Wajib Anda Coba

2. Perhatikan Momen Tertentu

Pada saat atau musim tertentu, penjualan bahan bangunan akan meningkat. Di musim hujan, misalnya, penjualan pipa atau parallon akan meningkat. Atau di hari-hari menjelang hari raya idul fitri atau hari besar lainnya, permintaan terhadap cat bertambah, karena banyak orang yang ingin membuat rumahnya lebih indah. Jadikan momen ini sebagai peluang untuk meningkatkan penjualan bahan bangunan.

3. Jual barang berkualitas

Konsumen akan selalu menilai barang yang mereka beli. Jika konsumen menemukan kualitas yang baik dari toko bahan bangunan Anda, maka mereka pasti akan menjadikan toko Anda sebagai toko langganan. Selain itu, kualitas bahan bangunan sangat berdampak pada kekuatan dan daya tahan bangunan.

Baca juga : Perhatikan 6 Hal ini Sebelum Membuka Bengkel di Kota Makassar

4. Layanan yang ramah

Banyak toko bahan bagunan, tidak hanya di Kota Makassar yang mengabaikan pelayanan yang ramah pada pelanggan. Padahal layanan yang ramah dapat meningkatkan kualitas toko bahan bangunan di mata konsumen. Layanan yang ramah juga dapat meningkatkan jumlah pelanggan, yang berarti juga meningkatkan penjualan bahan bangunan Anda.

5. Bekerjasama dengan kontraktor

Kontraktor dan tukang bangunan selalu membutuhkan bahan bangunan. Bangunlah hubungan yang baik dan kooperatif sehingga kontraktor merekomendasikan toko bahan bangunan Anda kepada siapa pun yang menggunakan layanan mereka.

Baca juga : 10 Rahasia Sukses Membuka Wirausaha di Kota Makassar

6. Lakukan Pemasaran ke Pengembang Proyek

Membentuk tim pemasaran untuk menawarkan toko bahan bangunan Anda ke kompleks perumahan yang sedang dibangun adalah hal yang sangat baik, apalagi di Kota Makassar proyek pembangunan perumahan sedang bertumbuh. Kebutuhan bahan bangunan untuk kompleks perumahan sangat besar dan dapat sangat meningkatkan penjualan bahan bangunan.

7. Cari Lokasi yang Strategis

Metode ini hanya bisa dilakukan pada awal pembukaan toko bangunan. Tentu saja lokasi toko yang berdekatan dengan proyek pembangunan perumahan akan sangat mudah untuk meningkatkan penjualan bahan bangunan. Jika lokasi toko Anda saat ini kurang strategis dan berdampak negatif pada pendapatan, Anda mungkin perlu memikirkan untuk memindahkan bahan bangunan ke lokasi yang lebih strategis.

Baca juga : 7 Ide Bisnis Terbaik di Kota Makassar yang Wajib Anda Coba

8. Buat Poster atau Banner

Buatlah poster  atau banner besar, lalu pajang di depan toko bahan bangunan. Isi poster dapat berupa promo apa pun yang Anda berikan, hadiah yang ditawarkan, atau kualitas yang dijanjikan. Buat desain poster semenarik mungkin untuk menarik perhatian orang yang lewat.

9. Menyediakan layanan Konstruksi

Menjual bahan bangunan dan menyediakan layanan konstruksi yang kompeten adalah ide cerdas untuk meningkatkan penjualan. Bangunan apapun yang rusak atau ingin direnovasi misalnya, bisa mendapatkan solusi hanya dengan pergi ke toko Anda. Mereka tidak perlu mencari pekerja lain yang kinerjanya tidak bisa dipercaya begitu saja dan belum teruji. Ini tentu akan disambut positif oleh konsumen.

Baca juga : 5 Tips Terbaik Mendirikan Bisnis Percetakan di Kota Makassar

10. Pantau selalu Stok dan Arus Keuangan Anda

Toko bangunan adalah jenis usaha yang melibatkan banyak jenis produk yang bervariasi dengan stok yang berbeda pula. Hal ini menjadi tantangan bagi Anda untuk  memantau persediaan agar tetap faktual dan sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Belum lagi Anda harus memastikan arus keuangan Anda terjaga dan tidak pos pengeluaran berlebihan. Catatalah seluruh transaksi pemasukan dan pengeluaran sesuai standar pembukuan untuk memudahkan Anda membuat laporan keuangan guna evaluasi bisnis Anda nantinya.

Baca juga : Pembukuan Toko Bangunan Anda Berantakan? Gunakan Accurate Online

Jika Anda kesulitan melakukan dua hal ini, Anda bisa mencoba menggunakan software pembukuan yang memiliki fitur inventori dan pencatatan keuangan terlengkap seperti Accurate Online.

Accuurate Online adalah software akuntansi yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis, termasuk toko bangunan di Kota Makassar. Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melaui tautan ini.

Kesimpulan

Itulah sepuluh rahasia untuk meningkatkan penjualan bahan bangunan dan membuat toko bangunan Anda sukses. Gunakan itu sebagai kunci untuk mencapai omset berlipat ganda. Jika Anda lebih aktif dalam pemasaran dan pembukuan, maka pendapatan akan terus meningkat, dan semua arus keuangan bisnis terpantau secara transparan.

Saat itu, mungkin Anda perlu memutuskan untuk membuka cabang di banyak tempat strategis, di beberapa area potensial. Pada saat itu, Anda mungkin mempekerjakan lebih banyak karyawan yang berarti Anda berkontribusi pada pekerjaan bagi banyak orang. Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online dengan fitur multi cabang dan multi gudangnya. Coba sekarang melalui tautan di bawah  ini :

accurate 200 ribu perbulan