7 Jenis Usaha Rumahan di Kota Makassar yang Wajib Anda Coba

Saat ini, memiliki usaha sendiri merupakan impian banyak orang. Kota Makassar adalah kota terbesar di Indonesia timur yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup bagus dan iklim persaingan usaha yang baik. Hal ini menjadikan Kota Makassar sebagai kota yang cocok bagi Anda pebisnis pemula yang ingin memmbangun bisnis rumahan di Kota Makassar.

Namun terkadang Anda kesulitan untuk memilih usaha apa yang cocok Anda bangun dan sesuai keterampilan Anda, berikut akan kami berikan beberapa contoh usaha rumahan yang cocok Anda kerjakan terutama bagi Anda yang berada di Kota Makassar lengkap beserta tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat bisnis rumahan Anda lebih maju.

1. Toko roti rumahan

Satu-satunya hal yang lebih baik daripada aroma kue resep kue cokelat nenek di dalam oven adalah menyaksikan uang tunai masuk saat para pelanggan memesan makanan lezat itu. Membuka toko kue atau roti rumahan sebagai ide bisnis rumahan di Kota Makassar adalah ide bisnis yang sangat baik, terutama  ika Anda suka membuat kue. Anda mungkin memiliki semua peralatan dan keahlian yang Anda butuhkan untuk memulai.

Tips : Konsistensi lebih penting daripada variasi dalam bisnis kue atau roti. Pilihlah 1 atau 2 menu yang mungkin sudah Anda kuasai, jangan  terburu buru membuat menu baru. Coba juga bekerjasama dengan layanan pengantaran makanan pihak keriga seperti Gojek dan Grab.

Jika menu atau kue andalan Anda sudah diterima dengan baik oleh pelanggan, Anda bisa menambahkan menu lain atau variasi pada toko kue Anda.

Baca juga : 10 Rahasia Sukses Membuka Wirausaha di Kota Makassar

2. Layanan Katering

Seperti memulai toko roti rumahan, mengembangkan layanan katering bisa menjadi ide bisnis rumahan yang bisa Anda kembangkan. Namun bisnis ini  memiliki serangkaian tantangan berorientasi makanan yang unik dan memerlukan relasi yang cukup besar, dan yang pasti keahlian Anda dalam memasak.

Tips : untuk memulai dengan bisnis ini dengan mudal yang minim, pertama-tama Anda bisa memasak di rumah pelanggan dan menggunakan piring mereka. Pastikan juga Anda memiliki spesialisasi  pada jenis masakan atau acara tertentu dapat membantu Anda menarik pelanggan saat Anda bekerja mengembangkan basis pelanggan yang kuat.

Baca juga : 5 Tips Terbaik Sebelum Membuka Toko Sepeda di Kota Makassar

3. Perawatan Hewan

Perawatan hewan peliharaan biasanya mengharuskan Anda pergi ke rumah orang lain untuk merawat teman  terkasih yang berbulu. Jenis usaha rumahan ini bisa menjadi peluang besar, terutama di Kota Makassar yang belum banyak profesi ini. Perawatan hewan peliharaan bahkan bisa mengharukan Anda untuk tinggal di rumah seseorang saat klien pergi.

Tips : Pastikan Anda suka dengan hewan dan juga memiliki pengalaman dan keterampilan untuk merawat binatang. Anda juga harus memikirkan jenis layanan yang akan Anda berikan dan jenis-jenis hewan yang akan Anda rawat, tetapi umumnya memelihara hewan peliharaan adalah ide bisnis berbiaya rendah dan sangat menyenangkan.

Baca juga : 5 Tips Terbaik Mendirikan Bisnis Percetakan di Kota Makassar

4. Pembuatan Sabun dan Lotion

Usaha rumahan yang cocok Anda lakukan di Kota Makassar adalah dengan membuat sabun dan lotion dengan skala bisnis rumahan. Akhir akhir ini jenis bisnis rumahan ini menjadi sangat terkenal, terlebih dengan semakin banyaknya pemasaran di media sosial.

Tips : Ingatlah bahwa efisiensi adalah kunci keberhasilan bisnis pembuatan sabun seperti halnya seni — mungkin lebih dari itu. Fokus pada target pasar yang ditentukan, dan Anda dapat menjalankan bisnis berbasis rumah yang menguntungkan dan sukses.

Pastikan Anda menggunakan bahan terbaik dan aman untuk tubuh, jangan lupa untuk mendaftarkan produk Anda ke BPOM agar Anda tidak menyalahi peraturan dan perundang-undangan di Indonesia.

5. Bengkel

Suka otomotif dan memiliki keahlian dalam permesinan? Membuka bengkel dirumahan adalah ide terbaik untuk Anda. Bengkel merupakan bisnis jasa yang sangat mudah Anda bangun jika Anda memiliki keterampilan yang mumpuni, terlebih di Kota Makassar memiliki jumlah penduduk dan kepemilikan kendaraan bermotor yang cukup tunggi

Tips : Perhatikan 6 Hal ini Sebelum Membuka Bengkel di Kota Makassar

6. Fotografer

Mitos populer akhir-akhir ini adalah bahwa siapa pun yang memiliki ponsel cerdas dapat menjadi seorang fotografer. Namun yang harus Anda tahu adalah bahwa fotografi profesional dapat menjadi bisnis yang kejam, dengan klien yang menuntut dan persaingan yang ketat. Bisnis ini dilakukan sebagai profesi bagi mereka yang memiliki hasrat dan hobi fotografi yang kuat.

Tentu saja, fotografi dapat mengambil banyak bentuk, dari foto jurnalistik, fotografi potret, hingga fotografi pernikahan. Anda bisa mendirikan studio di rumah atau mengambil foto untuk digunakan sebagai foto stok, karena jurnalisme foto sejati membutuhkan pengalaman bertahun-tahun dan hampir tidak pernah melibatkan benar-benar bekerja dari rumah.

Bahkan pilihan potret dan foto penikahan, tidak benar-benar untuk pemula. Bisnis fotografi bisa menjadi operasi yang kompleks, dengan banyak peralatan yang dibutuhkan dan portofolio dan pembangunan hubungan yang diperlukan untuk benar-benar mendapatkan aliran pendapatan yang stabil.

Namun, jika Anda sudah hobi, memulai bisnis fotografi sebagai pekerjaan sampingan adalah cara yang bagus untuk menghasilkan uang tambahan dan mungkin memulai perubahan karir.

Tips : Selain keterampilan fotografi, ada baiknya Anda juga mempelajari dan menguasi keterampilan desain atau pengoperasian software pengeditan gambar seperti photoshop. Ini akan menjadi nilai tambah dari layanan Anda. Hal yang lain perlu Anda perhatikan adalah dengan pemasaran.

Anda bisa memasarkan jasa Anda pada situs website personal, dengan menampilkan potofolio karya Anda, atau bisa juga dengan mengopload karya Anda di sosial media yang berkaitan dengan gambar seperti Pinterest atau Instagram untuk membuat jasa Anda dikenal banyak orang

Baca juga : Mau Membuka Toko Elektronik di Makassar? Baca dulu Tips Berikut ini

7. Oleh-oleh rumahan

Selain kota yang besar, Makassar juga merupakan kota destinasi pariwisata yang dikunjungi banyak orang. Hal ini tentu menjadi alasan yang baik bagi Anda yang ingin membuka usaha oleh oleh rumahan di Kota Makassar, terlebih jika Anda memiliki pemahaman yang dalam mengenai Kota Makassar.

Tips : Akan lebih baik jika Anda memilih tempat untuk memasarkan produk Anda dekat pusat keramaian atau objek wisata di Kota Makassar. Hal ini akan meningkatkan visibilitas usaha Anda untuk para wisatawan. Anda juga bisa memasarkan  produk Anda melalui marketplace online untuk menjangkau pelanggan lebih luas.

Baca juga : Ingin Membuka Bisnis Grosir di Makassar? Baca dulu 9 Tips ini

Kesimpulan

Itulah 7 usaha rumahan yang cocok Anda kerjakan di Kota  Makassar. Pastikan sebelum Anda mendirikan usaha, Anda memiliki perencanaan yang matang dan juga proses manajemen kuangan yang benar.

Salah satu penerapan manajemen keuangan yang optimal adalah dengan melakukan pembukuan yang terencana bahkan sebelum memulai usaha.

Dengan memiliki pembukuan yang baik, Anda bisa memantau pengembangan bisnis dengan data yang realistis dan semua perencanaan bisnis Anda bisa berjalan lancar dengan data keuangan yang faktual.

Akan lebih baik jika Anda menggunakan software akuntansi untuk proses pembukuan jika usaha Anda sudah mulai berkembang, hal ini dikarenakan semakin banyaknya transaski, stok, pelanggan, dan proses pembukuan yang bisnis Anda lakukan, sehingga melakukan pembukuan manual tidak lagi cocok untuk bisnis Anda.

Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online sebagai software akuntansi yang akan membuat proses pembukuan usaha menjadi lebih optimal seperti 300 ribu pengguna lainnya.

Coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate berhenti membuang waktu