7 Ide Bisnis Terbaik di Kota Makassar yang Wajib Anda Coba

Membangun sebuah bisnis yang sukses adalah mimpi bagi sebagian orang, tidak terkecuali bagi warga di Kota Makassar. Kota metropolitan di Indonesia bagian timur ini memiliki potensi besar bagi mereka yang berencana mengembangkan ide bisnis di kota Makassar.

Terlebih berdasarkan data, laju pertumbuhan ekonomi Kota Makassar berada di peringkat paling tinggi di Indonesia. Dalam lima tahun terakhir, rata-rata pertumbuhan ekonomi Kota Makassar di atas 9%. Hal ini menjadikan Kota Makassar sebagai tempat untuk lahrnya bisnis yang sukses di masa depan.

Jika Anda adalah warga Kota Makassar dan sedang kebingungan untuk mencari ide bisnis apa yang cocok Anda bangun di Kota Makassar, berikut adalah tujuh ide bisnis yang bisa Anda kembangkan di Kota Makassar.

1. Usaha Katering

Bagi Anda yang memiliki keahlian memasak, membuka bisnis katering di Kota Makassar bisa menjadi ide bisnis yang cukup baik, terutama jika Anda adalah bagian dari organisasi atau perkumpulan masyarakat.

Dengan beragam kuliner di Kota Makassar yang memiliki rasa melegenda, usaha katering di Kota Makassar memiliki prospek yang menjanjikan.

Gunakanlah bahan terbaik untuk setiap menu yang Anda buat, hal ini akan menambah kepuasan pelanggan Anda. Kenakan harga yang sesuai dan jangan takut merasa kemahalan, ingatlah mahal dan murah itu relatif, namun jaminan mutu dari setiap bahan makanan Anda adalah hal yang paling utama

Baca juga : 10 Strategi Bisnis Kuliner untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimal

2. Toko Kelontong

Membuka toko kelontong di kota besar seperti Makassar menjadi ide bisnis yang sangat tepat. Terlebih dengan tingkat daya beli dan kepadatan pemukiman di kota Makassar menjadikan toko kelontong sebagai salah satu bisnis yang bisa Anda lakukan dangen mudah dan modal yang minim.

Pilihlah suplier barang dagangan dengan harga terbaik dan pilih barang yang memiliki permintaan yang tinggi. Jangan lupa juga untuk menerapkan sistem konsinyasi pada barang tertentu. Hal ini untuk meminimalisir kerugian akibat barang terlalu lama di display.

Baca juga : 5 Tips Terbaik Sebelum Membuka Toko Sepeda di Kota Makassar

3. Rental Kendaraan

Sebagai kota besar, tentu kegiatan mobilisasi menjadi kebutuhan penting bagi penduduk asli Kota Makassar atau para pendatang yang ingin berkunjung ke Kota Makassar. Hal ini menjadikan bisnis rental kendaraan sebagai ide bisnis yang cocok Anda lakukan di kota ini.

Namun Anda harus memiliki perencanaan yang matang jika ingin mendirikan bisnis rental kendaraan. Maklum saja, jenis bisnis ini membutuhkan modal yang tidak sedikit dan akan sangat menakutkan jika Anda mengalami hal buruk saat membangun bisnis ini. Untuk mengetahui tips terbaik untuk membangun rental mobil di Kota Makassar, Anda dapat membacanya pada artikel di bawah ini :

Baca juga : Tips Mewujudkan Bisnis Rental Mobil yang Sukses di Makassar

4. Bisnis Fotocopy

Jika Anda berada di daerah dekat kampus atau sekolah di Kota Makassar, membuka bisnis fotocopy bisa menjadi ide bisnis yang mengahasilkan keuantungan yang cukup besar. Tidak hanya jasa fotocopy, Anda bisa menjual alat tulis dan perkantoran, jasa penjilidan, atau jasa ketik jika Anda menguasainya.

Namun, perhatikan lokasi dimana Anda membangun bisnis. Pastikan usaha Anda dekat dengan pusat keramaian seperti kampus, sekolahan, perkantoran, atau tempat yang berpotensi membutuhkan jasa fotocopy seperti Samsat, kantor polisi, atau kelurahan.

Bacan juga : Mau Usaha Fotocopy Untung Terus? 10 Tips Efektif Meningkatkan Keuntungan

5. Usaha Bengkel

Ide bisnis yang cocok di Kota Makassar dan kota besar lainnya adalah membuka usaha bengkel. Kota besar memiliki jumlah kendaraan yang sangat tinggi dan ini bisa menjadi peluang untuk Anda membuka usaha bengkel, baik itu bengkel mobil dan motor.

Pastikan Anda memiliki pengalaman dan kemampuan memperbaiki kendaraan. Kembangkan juga relasi Anda pada banyak suplier suku cadang untuk mendapatkan harga dan kualitas yang terbaik.

Usaha bengkel adalah termasuk bisnis jasa, maka kepercayaan pelanggan adalah nomor satu. Jangan lupa juga untuk mengembangkan skill dan pengetahuan Anda tentang mesin kendaraan tebaru yang mungkin akan berbeda dengan apa yang Anda pelajari sebelumnya.

Baca juga : Jadikan Pembukuan Usaha Bengkel lebih Baik dengan Accurate Online

6. Membuka Kafe

Saat ini banyak kafe menjamur di kota besar, tidak terkecuali Kota Makassar. Membangun kafe di Kota Makassar adalah ide yang baik, terutama jika Anda berada di pusat kota atau berada di area wisata kota seperti pantai losari atau benteng rotterdam. Tempat strategis bisa mennjadi modal utama dan faktor penentu kesuksesan kafe Anda.

Sajikan juga menu yang menarik, Anda bisa mencari inspirasi melalui sosial media atau internet untuk menu kekinian dan sedang laris. Akan lebih baik jika Anda memiliki kemampuan untuk meracik kopi dan kemampuan membuat kue yang lezat.

Baca juga : Tips Membangun Coffee Shop Sukses di Makassar

7. Toko Oleh Oleh

Sama seperti kota besar sekaligus kota wisata lainnya, Kota Makassar juga memiliki oleh oleh khas nya sendiri. Mulai dari makanan dan pakaian khas, semua ini bisa menjadi ide bisnis yang bisa Anda kembangkan. Sebut saja kue khas Makassar seperti barurasa, olahan ikan yang melegenda : otak otak ikan, kopi toraja, atau kain tenun khas bugis.

Anda bisa memilih tempat strategis di pintu masuk dan keluar utama Kota Makassar seperti bandara atau terminal. Dengan begitu akan banyak wisatawan yang baru datang dan mau pulang bisa melihat oleh oleh yang Anda jual. Pastikan Anda memberikan harga terbaik dan bisa juga Anda menjual barang dagangan Anda ke marketplace atau toko online.

Baca juga : Ingin Membuka Bisnis Grosir di Makassar? Baca dulu 9 Tips ini

Kesimpulan

Jadi bisnis apa yang akan Anda pilih? Apapun bisnis yang Anda pilih, pastikan perencanaan yang matang dan konsisten dalam menjalankannya. Karena semudah apapun bisnis dan sebanyak apapun modal Anda, semua itu tidak akan berarti jika Anda tidak konsisten dalam menjalankan bisnis Anda.

Hal penting yang dilakukan dalam bisnis adalah manajemen keuangan dan pembukuan pada usaha. Dengan pembukuan yang baik, keuangan bisnis Anda dapat terpantau secara transparan dan Anda bisa membuat perencanaan bisnis yang baik berdasarkan laporan keuangan yag faktual.

Kesulitan dengan pembukuan manual? Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja seperti Accurate Online.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate fokus pengembangan