Tertarik Usaha Fried Chicken? Baca Tips ini Dulu, yuk!

Hingga saat ini, usaha fried chicken masih banyak diminati. Hal ini terlihat jelas karena potensinya yang sangat menguntungkan. Dari sisi modal, Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak.

Proses memasaknya pun tergolong sangat mudah dan cepat. Terlebih lagi, daging ayam adalah daging yang sangat mudah ditemui dan harganya juga sangat terjangkau.

Usaha fried chicken yang nantinya ingin Anda buka juga bisa disesuaikan dengan target pasar yang ingin dituju. Jika lokasinya berada di dekat sekolah atau kampus, maka Anda bisa menjual menu fried chicken dengan ukuran yang lebih kecil, seperti fried chicken ala Taiwan atau ala Korea.

Anda juga bisa memilih menu fried chicken dengan variasi yang berbeda, seperti menu ayam geprek fried chicken yang saat ini sedang banyak peminatnya.

Nah, bila Anda memang ingin menggeluti usaha ini, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah tips untuk membuka usaha fried chicken.

4 Tips Jitu untuk Membuka Usaha Fried Chicken

Peluang dalam membuka usaha fried chicken memang sangatlah lebar. Tapi, perlu Anda ingat bahwa akan ada banyak sekali kompetitor yang harus Anda hadapi. Saat ini, sudah ada banyak sekali bisnis lain yang juga mencoba peruntungannya dengan menu fried chicken yang menarik.

Untuk itu, Anda harus membuat persiapan yang matang agar bisa bersaing dengan kompetitor dan harus bisa lebih unggul dari mereka. Tapi Anda tidak perlu khawatir lagi, karena Anda bisa mengikuti beberapa tips usaha fried chicken di bawah ini.

1. Buat Sistem Operasional yang Efektif

Hal yang menjadi daya tarik utama dari usaha fried chicken adalah cepat dimasak dan juga disantap. Sehingga, termasuk pada golongan makanan fast food atau makanan cepat saji.

Sebelum Anda memulai usaha ini, maka ada baiknya Anda rencanakan terlebih dahulu sistem operasional yang efektif, seperti sistem layanan pesan antar, pre-order, atau sistem ticketing agar bisa meminimalisir antrian pelanggan.

Ingatlah bahwa seluruh hal yang Anda lakukan harus serba cepat agar para konsumen tidak kabur ke kompetitor lain.

Baca juga: Jualan Jus Buah Dengan Modal 5 Jutaan? Ini Tipsnya!

2. Pilih Konsep Usaha

Anda tidak melulu harus terpaku dengan menu fried chicken yang itu-itu saja. Sesuaikanlah dengan lokasi dan juga target konsumen Anda.

Tentukanlah terlebih dahulu konsep usaha fried chicken yang ingin Anda buat, apakah itu konsep kekeluargaan dengan menu fried chicken dan kursi serta meja seperti restoran, atau konsep yang lebih santai dengan hanya menyediakan gerobak atau kios sederhana.

Nantinya, konsep ini bisa dihubungkan dengan menu fried chicken yang ingin Anda jual. Perhatikanlah tren pasar terkait menu fried chicken apa yang saat ini banyak disukai. Ingatlah bahwa Anda tidak harus membuka restoran yang besar. Anda bisa memulainya dengan gerobak kecil yang dihias secara menarik agar bisa memikat perhatian calon konsumen.

Anda juga bisa memulai usaha fried chicken dengan konsep booth kecil tanpa tempat makan dan hanya bisa dibeli atau dipesan dengan layanan pesan antar makanan. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan modal usaha yang lebih banyak untuk membeli meja atau kursi.

Berbagai lokasi seperti tempat wisata, kampus dan juga sekolah adalah tempat yang sangat strategis untuk memulai membuka usaha fried chicken dengan menggunakan gerobak. Sedangkan lokasi pemukiman seperti apartemen, perumahan dan juga perkantoran adalah tempat yang tepat untuk membuka suatu rumah makan fried chicken.

Berusahalah untuk menemukan konsep usaha yang paling sesuai agar nantinya Anda bisa menentukan image brand yang Anda miliki.

3. Buatkan Paket Hemat

Hampir semua orang tertarik dengan harga yang murah, terlebih lagi jika dilengkapi dengan menu paket. Tips ini akan membuat usaha fried chicken Anda semakin banyak digemari banyak orang. Tentunya, berbagai menu sampingan ini akan membuat para pelanggan menjadi lebih lahap dalam menikmati menu fried chicken yang Anda sajikan.

Untuk itu, buatlah menu paket hemat dengan harga yang lebih murah. Seperti menggabungkan menu fried chicken dengan nasi, es teh manis, puding, atau camilan lainnya.

Sehingga, akan ada banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke usaha fried chicken Anda, karena mereka bisa hemat dengan menu makan yang lengkap sebagai menu makan siang atau makan malamnya.

4. Promosikan Dengan Social Media

Di jaman yang sudah modern seperti saat ini, sangat penting untuk membuat usaha fried chicken agar dikenal secara online. Jika Anda sudah bergabung dengan layanan pesan antar makanan, maka inilah saatnya untuk Anda memperkenalkan nama brand fried chicken di media sosial.

Buatlah berbagai konten yang menarik yang mampu menampilkan kelezatan menu fried chicken Anda, bisa itu dengan menggunakan foto ataupun video.

Dengan menggunakan media sosial, Anda bisa menyebarkan berbagai promo menarik pada banyak orang.

Akan lebih baik lagi bila Anda menyelenggarakan suatu promo khusus untuk mereka yang sudah mengikuti media sosial brand fried chicken Anda. Sehingga, tingkat exposure media sosial Anda menjadi makin luas, dan usaha fried chicken yang Anda jalani pun akan semakin ramai.

Resep Masak Fried Chicken Yang Lezat

Diluar sana memang ada banyak sekali jenis menu fried chicken yang bisa Anda pilih, tapi seluruh menu tersebut hanya berdasarkan menu fried chicken yang original. Jika usaha fried chicken yang Anda jalani ingin semakin laris manis dan diminati para pelanggan, maka Anda harus mempunyai menu fried chicken unggulan yang tidak kalah enaknya dengan menu fried chicken kompetitor.

Nah, cara memasak fried chicken ternyata sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti resep fried chicken yang enak dan renyah di bawah ini.

Berbagai bahan untuk bumbu daging ayam 1 ekor:

  • 6 siung bawang putih yang sudah ditumbuk
  • ½ ruas kunyit yang sudah ditumbuk
  • 1½ sendok teh bubuk kaldu ayam
  • ½ sendok teh lada bubuk
  • 2 sendok teh garam

Bahan-bahan untuk tepung ayam fried chicken:

  • 1 kg terigu dengan kadar protein yang tinggi
  • 1½ sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok teh baking powder
  • 9 gram bubuk kaldu ayam
  • 2 sendok teh bubuk bawang putih
  • 2 sendok teh garam
  • 2 sendok teh vetsin

Berbagai bahan yang digunakan untuk rendaman daging ayam:

  • 1 sendok makan susu bubuk
  • 2½ liter air putih

Berbagai bahan lainnya

  • 3 liter minyak goreng
  • 1 ekor ayam

Cara membuatnya:

  1. Potonglah ayam menjadi beberapa bagian, yaitu paha, dada dan sayap. Lalu cuci potongan ayam tersebut dan simpan ke dalam mangkuk.
  2. Masukkan semua bahan bumbu daging ayam kedalam mangkuk, lalu bersihkan potongan daging ayam tersebut. Ratakan dan pijat daging ayam dengan bumbunya agar bisa meresap secara sempurna.
  3. Diamkan selama minimal 3 jam di suatu wadah yang tertutup. Simpan di freezer agar proses marinasi bisa berjalan dengan baik. Anda juga bisa mendiamkannya selama 24 jam agar bumbu tersebut bisa meresap sempurna.
  4. Siapkan berbagai bahan untuk tepung daging ayam.
  5. Larutkanlah susu bubuk dengan air hangat, lalu campurkan dengan menggunakan air putih.
  6. Untuk penepungan yang pertama, masukkanlah potongan daging ayam ke wadah tepung, lalu pastikan seluruh sisi daging ayam tersebut sudah terlapisi dengan tepung.
  7. Selanjutnya, masukkanlah potongan daging ayam tadi ke dalam air rendaman susu bubuk. Tiriskan dan masukkan kembali potongan daging ayam ke dalam tepung.
  8. Lapisi lagi potongan daging ayam tersebut dengan menggunakan tepung dan masukan lagi ke rendaman susu bubuk.
  9. Tiriskan lagi potongan daging ayam tersebut dan lapisi kembali dengan tepung sebelumnya. Jika kita hitung, untuk satu potong daging ayam harus dimasukkan ke dalam adonan tepung sebanyak tiga kali dan direndam ke dalam susu sebanyak dua kali.
  10. Goreng potongan daging ayam tersebut pada minyak goreng dengan suhu 150 sampai 160 oC selama sekitar 12 menit sampai potongan daging tersebut berwarna keemasan.
  11. Anda tidak perlu memutar atau membolak-balikan daging tersebut.
  12. Segera angkat daging ayam jika sudah matang,
  13. Diamkan daging ayam selama dimasak.
  14. Angkat dan tiriskan jika sudah matang, dan fried chicken pun siap untuk disajikan.

Baca juga: Ghost Kitchen, Solusi Bisnis Kuliner Baru di Tengah PPKM Darurat

Penutup

Demikianlah tips yang bisa kami berikan untuk Anda yang ingin memulai usaha fried chicken. Tips tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi, namun Anda tidak melulu harus berpatokan dengan tips di atas. Anda bisa mengembangkannya lagi sesuai dengan usaha yang Anda lakukan.

Namun, satu hal yang sangat penting dalam memulai usaha fried chicken atau usaha lainnya, yaitu selalu mencatat laporan keuangan secara berkala, rapi, dan tepat. Kenapa? Karena laporan keuangan ini nantinya bisa Anda jadikan sebagai pedoman untuk menentukan keputusan bisnis yang ingin Anda lakukan di masa depan.

Namun, bila Anda bingung dan tidak memiliki waktu untuk mencatat laporan keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara mudah, cepat, dan akurat. Selain itu, Anda juga bisa menikmati fitur lain yang mampu memudahkan Anda dalam berbisnis, seperti fitur persediaan bahan baku, pembelian, penjualan, dan fitur menarik lainnya.

Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari lamanya dengan hanya klik tautan gambar di bawah ini. accurate 3 banner bawah