5 Jenis Usaha Jasa yang Menguntungkan

Pada dasarnya, usaha dibagi menjadi dua berdasarkan wujudnya, yaitu usaha bidang barang dan usaha bidang jasa, untuk mengetahui perbedaan dari 2 jenis usaha ini Anda dapat melihatnya melalui artikel ini. Memiliki usaha jasa berarti menjual sesuatu yang bukan berupa barang, melainkan sesuatu yang langsung dinikmati konsumen saat pembelian.

Simak beberapa ide usaha jasa yang menguntungkan dalam jangka panjang di bawah ini.

1. Jasa Sewa Kursi dan Tenda Pesta

Memiliki usaha di bidang ini akan sangat menguntungkan. Pasalnya, setiap tahun, umumnya pasca bulan Ramadan, banyak pasangan-pasangan yang melangsungkan pernikahan. Usaha di bidang ini biasanya sangat dibutuhkan di daerah pedesaan, di mana para pengantin biasanya mengadakan pesta pernikahan dengan mendekorasi area rumah.

Modal yang dibutuhkan dari bidang usaha jasa ini bisa dikatakan lumayan besar untuk pembelian kursi, tenda, dan beberapa perhiasan lainnya. Namun, keuntungan yang diraup pun tidak kecil, terlebih lagi karena jasa penyewaan barang tidak akan basi layaknya makanan.

2. Jasa Servis Kendaraan

Servis kendaraan berupa motor dan mobil umumnya tidak dilakukan berbarengan, karena jasa servis motor dan mobil cukup berbeda. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan servis kendaraan seperti apa yang hendak Anda kembangkan, apakah jasa servis motor atau mobil.

Maraknya bengkel-bengkel merupakan bukti bahwa usaha servis kendaraan ini menjanjikan keuntungan yang mencukupi. Hampir setiap keluarga memiliki satu atau lebih kendaraan, baik itu kendaraan bermotor atau mobil, bayangkan saja berapa banyak kendaraan yang bisa Anda tangani dalam satu bulannya.

Tantangan di dalam jasa ini adalah untuk terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan servis atau mencari sumber daya manusia yang kompeten untuk usaha Anda. Untuk mengetahui tips membuat bengkel yang menguntungkan Anda bisa membacanya pada artikel ini.

usaha jasa 2

3. Jasa Les Privat

Les privat seolah sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi anak-anak sekolah di Indonesia, banyak yang dituntun oleh orangtuanya untuk melanjutkan pelajaran tambahan di luar jam sekolah untuk mendukung keberhasilan akademiknya, dan ada pula yang memilih les privat untuk hal yang menjadi hobinya.

Itu sebabnya, peluang untuk membuka usaha di bidang jasa les privat terbuka luas, terutama jika Anda memiliki keahlian di bidang tertentu. Pasarkan diri Anda melalui media sosial atau melalui orang-orang terdekat Anda terlebih dahulu.

4. Jasa Titip Barang (Jastip)

Pernahkan Anda hendak membeli sesuatu yang tidak ada di kota atau daerah Anda? Kemungkinan besar jika Anda tidak tinggal di kota metropolitan, pasti pernah. Hal inilah yang dilihat sebagai peluang bagi para pengusaha jasa titip barang, mereka yang tinggal di kota besar, atau seringkali bepergian ke luar negeri, membuka usaha jasa titip barang.

Usaha jasa titip barang ini berarti Anda berperan sebagai jembatan, jembatan bagi orang-orang yang hendak membeli suatu barang atau produk yang ada di tempat tinggal Anda. Beberapa kategori barang yang dititipkan umumnya adalah fashion, makanan, hingga aksesori. Barang-barang tersebut kemudian difoto, diunggah ke media sosial, lalu dijual. Modal yang dibutuhkan cukup smartphone, kuota, dan jaringan internet.

5. Jasa Fotocopy dan Printing

Meskipun membutuhkan modal awal yang cukup besar, potensi dari usaha jasa fotocopy dan printing ini bagus. Banyak orang dari berbagai kalangan membutuhkan jasa ini, baik mahasiswa, orang tua, anak sekolah, hingga instansi besar.

Anda bisa memulai dari jasa fotocopy saja, kemudian dengan keuntungan yang didapat, mulailah membuka jasa cetak foto, membuat banner, foto kilat, dan lain sebagainya. Pastikan untuk membuka jasa fotocopy dan printing di lokasi yang strategis seperti area sekolah dan kampus untuk memaksimalkan penghasilan.

Kesimpulan

Pahami kesempatan yang ada di sekeliling Anda dan mulailah membuka usaha jasa yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Jika Anda kebetulan memiliki lahan kosong di dekat area kampus, mungkin usaha jasa fotocopy dan printing bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda masih tinggal di daerah yang masih relatif pedesaan? Mungkin pilihan untuk membuka usaha jasa di bidang persewaan tenda dan kursi pesta bisa menjadi jawaban.

Jangan lupa untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan bisnis agar Anda bisa melakukan efisiensi pada modal yang Anda keluarkan. Jika Anda kesulitan melakukan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi dengan fitur lengkap dan mudah digunakan seperti Accurate Online.

Accurate Online memiliki fitur terbaik seperti pembuatan laporan keuangan tercepat dan terlengkap, penyesuaian diskon, penghitungan pajak dan aset dengan mudah, dan masih banyak lagi fitur Accurate Online yang akan memudahkan proses pembukuan bisnis Anda.

Cukup 200 ribu perbulan untuk semua yang Anda perlukan dan tanpa pembatasan fitur seperti software akuntansi lainnya. Masih merasa ragu? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online melalui link ini.

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & keuangan? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :