5 Usaha Kecil Kecilan yang Sangat Menguntungkan

Tidak selamanya gelar sarjana mampu memberikan kesuksesan dalam dunia kerja. Terlebih lagi, saat ini lapangan kerja yang tersedia tidak seimbang dengan banyaknya jumlah sarjana di Indonesia. Nah, daripada menganggur, ada baiknya Anda memulai usaha kecil kecilan yang nyatanya sangat menguntungkan.

Tapi, membuka usaha kecil kecilan bukan berarti bisa Anda lakukan secara asal. Terdapat beberapa hal yang wajib Anda perhatikan, agar tenaga dan modal yang Anda keluarkan tidak sia-sia. Bahkan, usaha kecil kecilan ini nantinya mampu mendatangkan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Kelebihan Membuka Usaha Kecil Kecilan

Pada dasarnya, usaha kecil kecilan adalah usaha yang dilakukan dengan modal yang kecil atau sedikit. Kebanyakan orang tidak tertarik menjalankan usaha ini karena mereka belum mengetahui keuntungan yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah kelebihan dalam membuka usaha kecil kecilan:

  • Menambah Penghasilan

Tidak bisa kita pungkiri bahwa setiap pengusaha tentunya berharap mendapatkan keuntungan yang lebih dari usahanya. Hasil tersebut biasanya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Tapi, tujuannya sebenarnya dari menjalankan usaha adalah agar dapat dijadikan sebagai sumber utama penghasilan, terlebih lagi untuk mereka yang sudah berkeluarga.

Akan beda ceritanya untuk mereka yang belum menikah atau masih kuliah, kebanyakan tujuannya mendirikan usaha adalah untuk menambah uang jajan atau tabungan di masa depan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat karena mereka tidak lagi membebani orang tua.

  • Modal Kecil

Dalam membuka usaha kecil-kecilan, Anda tidak memerlukan modal yang terbilang banyak. Modal tersebut justru bisa Anda dapatkan dari uang saku Anda sendiri, sehingga Anda tidak harus meminjam modal dari bank dengan bunga yang tinggi dan tidak menguntungkan. Oleh sebab itu, sebenarnya usaha kecil kecilan ini pada dasarnya bisa dilakukan oleh siapa saja.

Semakin kecil modal yang Anda keluarkan, maka produk yang akan Anda jual tidak harus dijual dengan harga yang mahal. Sehingga, seluruh konsumen akan lebih mudah untuk membeli produk Anda.

  • Tahan Banting

Jika dibandingkan dengan usaha besar, usaha kecil kecilan terbukti lebih tahan banting ketika terjadi krisis ekonomi seperti saat ini. kenapa? Karena sistem operasional yang dijalankan seperti manajemen, modal, pengeluaran, keuntungan, cara kerja, dan lain sebagainya bisa dilakukan lebih fleksibel, efektif, dan efisien.

Untuk itu, usaha kecil kecilan ini bisa terus berkembang pesat walaupun perusahaan besar lain mengalami kebangkrutan.

Tingkat kerugiannya pun tidak terlalu membebani pengusaha kecil karena mereka mengeluarkan modal yang tidak banyak. Sehingga, walaupun ada kerugian, hal tersebut bisa ditutupi dengan keuntungan yang didapat pada hari itu atau pada hari sebelumnya.

Baca juga: Peluang Bisnis yang Menjanjikan Paska Pandemi

Inspirasi Usaha Kecil Kecilan yang Bisa Dicoba

Jika niat dalam membuka usaha kecil kecilan sudah ada, modal sudah tersedia, tapi Anda masih kesulitan dalam menentukan bisnis atau usaha apa yang bisa Anda jalankan, maka sebenarnya ada banyak usaha kecil di sekitar Anda yang mampu mendatangkan keuntungan yang menjanjikan.

Selain itu, setiap bentuk usaha pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri, tergantung pada sia yang ingin melakukannya. Berikut ini adalah beberapa ide usaha kecil kecilan yang sangat mudah untuk Anda jalankan.

1. Aksesoris Wanita

Pada dasarnya, wanita sangat menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan kecantikan dan keindahan. Terlebih lagi, populasi wanita saat ini cenderung lebih banyak daripada pria. Oleh karena itu, tidak heran jika ada banyak sekali benda yang bisa diciptakan untuk wanita seperti aksesoris.

Hal tersebut bisa Anda jadikan peluang dalam memulai usaha kecil-kecilan yang cukup menarik dan juga menjanjikan.

Untuk menjalankan usaha aksesoris ini, Anda bisa lakukan dengan dua cara, yaitu menjadi pihak reseller dari suatu toko yang sudah besar, atau Anda bisa membuatnya sendiri. Untuk cara yang pertama yaitu menjadi reseller, lebih fokus ditujukan untuk Anda yang tidak mempunyai keahlian khusus dalam membuat aksesoris.

Pilihan barangnya bisa bermacam-macam ini membuat Anda bisa lebih bebas dalam memilih jenis aksesoris yang akan dijual.

Untuk cara yang kedua, yaitu membuat atau memproduksi aksesoris sendiri, Anda bisa memanfaatkan berbagai benda yang ada disekitar atau yang mudah ditemukan, seperti kain flanel, benang, perca, mute mute, dll. Memproduksi aksesoris sendiri akan mengasah kreatifitas usaha Anda dalam membuat benda yang unik dan menarik, sehingga akan meningkatkan minat pembeli.

Terdapat beberapa contoh benda yang bisa Anda jadikan sebagai aksesoris, seperti jepit rambut, syal, bando, bros, gelang, hingga kalung. Dengan membuat atau memproduksi aksesoris sendiri, maka Anda tidak membutuhkan modal yang tergolong banyak. Anda hanya perlu kesabaran dan kreativitas pengusaha dalam memproduksi produk sendiri.

2. Katering Rumahan

Usaha kecil kecilan selanjutnya adalah dengan melakukan usaha katering rumahan. Bentuk usaha ini terbilang cukup menjanjikan karena saat ini banyak kegiatan yang melibatkan banyak orang, seperti pertemuan rapat, gathering, hingga training.

Pada zaman yang serba praktis saat ini, banyak orang yang sudah kelelahan dengan tuntutan pekerjaannya, sehingga malas untuk membuat makanannya sendiri.

Selain itu, terdapat beberapa pesta yang membutuhkan penyediaan konsumsi dalam jumlah yang sangat besar, seperti pesta pernikahan, ulang tahun, khitanan, dll. Seringkali beberapa penyelenggara pesta kesulitan untuk memasak di tempatnya karena kekecilan atau tidak terlalu besar. Untuk itu, akan lebih mudah, simpel, dan praktis jika menggunakan jasa katering makanan.

Modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha ini perkiraannya adalah sekitar 3 juta, namun arus perputaran balik modal dan keuntungannya pun akan lebih mudah untuk didapatkan. Anda hanya perlu keahlian memasak yang baik, sehingga makanan Anda bisa dinikmati oleh para konsumen Anda.

Jika reputasi Anda semakin meningkat, maka informasi akan katering Anda pun akan lebih cepat menyebar dari mulut ke mulut. Para konsumen yang merasa cocok dengan masakan Anda pasti akan bertanya pada pihak penyelenggara pesta atau acara terkait jasa katering Anda. Untuk itu, Anda harus menjaga kualitas masakan Anda.

Baca juga: Bisnis Laundry Kiloan: Tips dan Target Pasarnya

3. Usaha Make up dan Skin care

Selain aksesoris, para wanita juga pastinya memerlukan make up dan skin care untuk menunjang penampilan mereka. Terlebih lagi, jaman sekarang para wakit sudah sangat paham tentang kesehatan kulit serta produk yang baik untuk make up. Belum lagi dengan banyaknya perusahaan kosmetik dan skin care yang bermunculan dengan gencarnya melakukan kegiatan promosi.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkannya sebagai usaha kecil kecilan dengan mempromosikan produk skin care atau make up ini ke media sosial.

Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil. Anda bisa melakukan bisnis make up dan skin care secara online dan bisa bebas memasarkan merek tertentu yang dirasa paling banyak dibutuhkan oleh konsumen.

Anda hanya perlu memesan barang tersebut di toko yang sudah Anda pilih, setelah barang datang, Anda bisa mendapatkan modal Anda kembali sekaligus untung penjualan dari konsumen Anda.

4. Souvenir Pernikahan

Usaha kecil kecilan selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah souvenir pernikahan. Saat ini, pernikahan adalah bentuk kegiatan yang paling banyak terjadi di sekitar kita. Terlebih lagi jika sudah dekat dengan hari besar seperti lebaran atau menjelang liburan tertentu.

Hal lain yang sangat penting ketika adanya pesta pernikahan adalah souvenir. Karena souvenir bisa menjadi suatu bentuk berbagi kebahagiaan pengantin ketika menikah pada tamu undangan. Bahkan, saat ini sudah banyak variasi souvenir pernikahan, mulai dari yang mewah, hingga yang paling sederhana.

Beberapa contoh souvenir yang biasa banyak dipilih adalah gantungan kunci, bros, kipas, dll. benda-benda ini tergolong murah dan bahkan bisa diproduksi sendiri, sehingga akan mendatangkan keuntungan yang banyak. Namun, Anda harus lebih kreatif dalam membuatnya, jika tidak maka pengusaha lainnya akan memproduksi bentuk dan jenis souvenir lain yang lebih unik dan menarik.

Hal terpenting untuk menjalankan usaha ini adalah menjaga kualitas bentuk dan keunikan souvenir. Selain itu, anda juga harus lebih sering mempromosikan bisnis souvenir Anda agar lebih dikenal banyak orang.

5. Usaha Pakaian

Seperti yang kita ketahui bahwa pakaian adalah kebutuhan utama manusia dalam melindungi tubuh dari panas matahari. Selain itu, orang Indonesia juga lebih mengutamakan menutup auratnya. Tingginya kebutuhan manusia akan pakaian ini bisa Anda jadikan peluang untuk membuka usaha kecil kecilan.

Namun, kebutuhan tiap orang akan jenis pakaian tentunya berbeda-beda, baik itu untuk anak-anak, dewasa, lelaki, perempuan, hingga kebutuhan kerja. Selain itu, berbagai model pakaian pun selalu bermunculan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern.

Modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini relatif tidak banyak, karena dengan harga 3 jutaan rupiah saja sebenarnya Anda sudah bisa membeli berbagai potong pakaian. Tapi sebelumnya, Anda harus memastikan terlebih dahulu model pakaian seperti apa yang paling banyak disukai oleh masyarakat.

Agar Anda bisa lebih banyak lagi dalam mendapatkan keuntungan, maka Anda bisa membeli pakaian di toko besar atau toko grosiran yang menyediakan harga lebih rendah untuk mereka yang ingin berjualan. Selain itu, pengaruh iklan di media sosial dan dari mulut ke mulut akan sangat menentukan bisnis Anda.

Baca juga: Berbagai Ide Bisnis Unik yang Pasti Orang Suka, Tertarik Mencobanya?

Kesimpulan

Itulah informasi usaha kecil kecilan yang bisa Anda mulai demi mendatangkan keuntungan yang besar, lengkap dengan kelebihan dan inspirasi usaha kecil kecilan yang bisa Anda tiru. Ingatlah bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika Anda memiliki niat yang kuat untuk berusaha.

Untung rugi adalah hal yang biasa dalam berbisnis. Untuk itu, mulailah usaha kecil kecilan dari sekarang karena kesuksesan tidak akan menunggu Anda.

Namun dalam melakukan usaha kecil-kecilan, Anda juga tetap harus memerhatikan manajemen keuangan Anda secara baik, agar seluruh keuntungan, kerugian, dan hal lainnya terkait keuangan usaha Anda bisa dikelola secara rapi. Agar memudahkan Anda untuk melakukan manajemen keuangan, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan memantau laporan keuangan bisnis Anda secara mudah dan real time.Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

 

accurate1