20 Usaha Kecil Menguntungkan Modal Minim dan Tips Pengembangannya

Usaha kecil menguntungkan dengan sedikit modal sangat banyak. Semuanya bisa mendatangkan keuntungan yang besar bahkan mencapai jutaan rupiah perhari. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui tips mengembangkan usaha. Sehingga untuk mendapatkan keuntungan menjadi sangat sulit.

Oleh karena itu, di artikel berikut akan dijelaskan beberapa usaha modal kecil yang bisa Anda lakukan  lengkap dengan tips mengembangkannya. Silakan disimak terutama untuk anda yang tertarik mengelola. Ini dia penjelasannya :

1. Buka Usaha Laundry

Usaha laundry adalah bisnis modal kecil tetapi menguntungkan. Karena yang dibutuhkan hanya uang untuk membeli unit mesin cuci saja. Modal paling banyak hanya Rp15.000.000 rupiah. Itu sudah mendapatkan 3 unit mesin cuci.

Peluang bisnis ini juga sangat menguntungkan karena permintaan yang semakin tinggi dari tahun ke tahun. Untuk mengetahui lebih jauh tentang tips pengembangan bisnis laundry secara efektif Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

2. Kerajinan Dari Barang Bekas

Jika ingin berbisnis tetapi kurang modal buka saja usaha kerajinan bekas. Ini tidak butuh modal karena bahan bakunya bisa didapatkan secara gratis. Sekalipun begitu keuntungannya luar biasa. Karena ini tergolong pekerjaan kreatif.

3. Membuka Jasa Cukur

Bisnis kecil yang menguntungkan yang biasa dianggap sebelah mata adalah menjadi tukang cukur. Menjadi tukang cukur bukan pekerjaan rendahan, karena ini merupakan profesi kreatif yang menguntungkan. Untuk menjadi tukang cukur tidak membutuhkan modal besar. karena dari rumah bisnis sudah bisa dijalankan.

4. Jualan Makanan Online

Jika anda ibu rumah tangga pintar memasak, coba buka jasa jual makanan online. Ini sangat menguntungkan loh. Apalagi modalnya sedikit dan disesuaikan dengan jumlah pesanan. Maka dari itu, untuk menghemat buat saja 10-20 makanan setiap hari. Jika Anda tertarik membangun bisnis kuliner, Anda bisa memcanya tips menarik melalui artikel ini.

Artikel terkait : Mudahkan Pembukuan Bisnis Restoran Anda Dengan Accurate Online

5. Membuka Usaha Secara Online

Saat ini sedang marak bisnis yang dijalankan secara online. Tidak butuh modal selangit tetapi keuntungan yang didapatkan cukup besar. Pasalnya cakupan pelanggan lebih luas jika dibandingkan dengan bisnis konvensional. Hal ini disebabkan oleh transaksi mudah hanya melalui gawai, jadi bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Artikel terkait : 7 Cara Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan dan Efektif

6. Menekuni Jasa Henna

Hena merupakan kesenian melukis kulit yang biasanya dilakukan oleh pengantin. Ini juga usaha yang bagus dan menguntungkan. Untuk membuka usaha ini dibutuhkan kreativitas. Sehingga anda tidak akan kalah bersaing dengan para pelukis henna lainnya

7. Usaha Jastip Produk

Usaha jastip atau jasa titipan produk mulai banyak ditekuni orang. Karena pelanggannya banyak terutama yang tidak sempat untuk berbelanja online sendiri. Ini bisnis yang tidak membutuhkan modal besar. Yang terpenting pebisnis harus punya gawai untuk melakukan transaksi dengan pelanggan.

8. Menjadi Taylor atau Penjahit

Penjahit atau Taylor adalah profesi yang berbasis pada keahlian. Maka dari itu, tidak perlu uang besar tetapi profit berlipat-lipat. Apalagi jika jahitan yang dihasilkan bermutu tinggi tentu pelanggan akan semakin banyak. Maka dari itu, tekuni profesi ini.

Artikel terkait : 7 Hal Yang Anda Diperlukan Saat Anda Memilih Usaha Menjadi Penjahit

9. Usaha Katering Rumahan

Usaha katering rumahan bisa dijalankan oleh anda yang memiliki kemampuan memasak. Sedangkan pekerjanya bisa diambilkan dari anggota keluarga yang menganggur. Untuk meminimkan modal silakan terapkan sistem bayar sebagian. Maksudnya adalah pemesan memberikan modal awal di awal setelah selesai baru dibayarkan separuhnya.

Artikel terkait : 10 Tips Terbaik Membangun Bisnis Restoran yang Menguntungkan

10. Buka Jasa Penulis Online

Jika Anda memiliki tulisan yang bagus silakan tawarkan kepada pemilik website. Jika disetujui maka tulisan tersebut akan dibelinya dan anda akan mendapatkan komisi. Ini juga bisnis modal kecil tetapi menguntungkan. Bisa dibayangkan jika sehari bisa buat 10 artikel yang laku dijual Rp100.000 rupiah.

11. Menjadi Supplier Produk

Jika anda memiliki kemampuan promosi produk dan punya sedikit modal, maka silakan buka jasa supplier produk. Ini akan lebih menguntungkan jika produk yang dijual bermerek terkenal. Jika sudah mendapatkan produk semacam ini, segera tawarkan ke masyarakat agar ada yang membelinya. Keuntungannya bisa diambil dan tidak perlu dibagi dengan perusahaan.

12. Menjadi Dropship Produk

Menjadi dropship produk tidak membutuhkan modal sepeserpun. Karena anda hanya menawarkan saja. Jika ada yang barang yang dibeli pelanggan baru pesanan diteruskan kepada pihak supplier. Anda akan mendapatkan keuntungan pada setiap barang yang laku terjual.

Artikel terkait : Dropship Adalah Bisnis yang Mudah? Mari Bahas lebih Jauh

13. Jual Jajanan Tradisional

Usaha kecil menguntungkan yang ke tiga belas adalah menjual jajanan tradisional. Ini tidak membutuhkan biaya besar karena bahan bakunya tidak terlalu memakan biaya. Sekalipun begitu jika rasanya enak pasti banyak orang yang tertarik membelinya. Dari hal inilah mengapa usaha semacam ini masih sangat menguntungkan.

Artikel terkait : Tertarik Memulai Usaha Makanan Ringan? Baca Tipsnya Disini

14. Buka Toko Di Rumah

Buka toko di rumah juga usaha yang bagus untuk dilakukan. Karena Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membangun toko yang baru. Cukup menyediakan beberapa ruang saja sebagai tempat etalase produk. Setelah itu kabarkan kepada tetangga jika Anda membuka bisnis jualan.

15. Berjualan Pulsa

Bisnis pulsa merupakan usaha yang bagus untuk dilakukan. Selain modalnya kecil keuntungan yang didapatkan cukup besar. Untuk menjalankan usaha ini yang dibutuhkan hanya deposit pulsa sebesar Rp100.000 rupiah. Saldo tersebut digunakan untuk memesan pulsa pada server atau dealer.

Artikel Terkait : Memulai Bisnis Pulsa Besar Dengan Pembukuan Yang Benar

16. Membuka Jasa Loket Pembayaran Online

Usaha kecil menguntungkan lainnya adalah membuka jasa loket pembayaran online. Loket pembayaran tagihan online atau ppob juga bisnis yang banyak dijalankan masyarakat. Dengan bisnis ini, tetangga tidak perlu pergi ke kantor hanya untuk membayar listrik atau PDAM. Jika bisnis dijalankan dengan baik tentu pelanggan akan semakin banyak. Karena mereka merasa dipermudah ketika akan melakukan pembayaran tagihan.

17. Usaha Pengetikan Dan Print Naskah

Usaha yang minim modal tetapi keuntungannya banyak adalah bisnis pengetikan dan print naskah. Karena jasa ini selalu dibutuhkan selama masih ada orang yang bekerja dengan berkas. Modal yang dibutuhkan tidak sampai lima juta rupiah karena hanya digunakan untuk membeli komputer dan mesin printer. Sekalipun begitu keuntungannya akan berlipat ganda apalagi jika hasil cetaknya bermutu.

18. Buka Les Privat

Jika memiliki kemampuan mengajar maka membuka les privat di rumah adalah peluang yang bagus. Selain mengasah bakat juga bisa membantu mencerdaskan anak-anak di sekitar rumah. Ini bisnis yang tidak membutuhkan modal. Sebab, selain les privat bisa dijalankan di rumah dengan sarana yang ada, kadang juga diundang ke rumah siswa dengan perlengkapan sudah disediakan oleh pihak pengundang.

19. Membuka Jasa Desain Undangan

Pendesain undangan masih tetap dibutuhkan terutama ketika musim kawinan telah datang. Maka dari itu, aktifitas paruh waktu ini juga bisa dijadikan bisnis yang bagus. Yang dibutuhkan untuk bisnis desain adalah kreativitas terutama kemampuan mengoperasikan software photoshop. Sedangkan untuk membeli komputer sediakan saja uang sebesar Rp2.000.000 rupiah.

20. Buka Kedai Kopi Malam Hari

Kedai kopi di malam hari adalah sasaran masyarakat yang ingin berkumpul dengan teman-temannya. Usaha kecil menguntungkan ini akan memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan, terutama jika dibangun di tempat strategis untuk berdiskusi. Maka dari itu, jangan segan untuk menjalankan bisnis ini apalagi modalnya sangat kecil. Untuk meningkatkan penjualan kedai kopi boleh dilengkapi dengan fasilitas internet.

 

bisnis kecil menguntungkan 2

Tips Mengembangkan Usaha Kecil Menguntungkan

Bisnis yang sudah berjalan harus terus diperhatikan perkembangannya. Jika ada peluang yang bagus tingkatkan usaha tersebut agar keuntungannya lebih besar. ini dia caranya:

Menambah suntikan Modal

Modal adalah termasuk unsur penting dalam bisnis. Besar atau kecil bisnis membutuhkan modal baik materil dan inmateril. Jika bisnis Anda ingin berkembang dengan baik, tentunya Anda harus memiliki modal yang dapat menunjang segala perencanaan bisnis Anda kedepannya.

Tidak apa jika Anda hanya memiliki modal sedikit pada saat memulai bisnis. Namun saat bisnis Anda berjalan dan sudah menghasilkan keuntungan, Anda harus menyusun rencana untuk menambahkan modal agar bisnis Anda berkembang secara berkelanjutan. Mungkin salah satu solusinya adalah Anda mencari investor untuk perkembangan bisnis Anda.

Memasarkan produk di media sosial

Saat ini tren digital tengah berada di puncaknya dan mengakses media sosial sudah menjadi keseharian siapapun, baik tua atau muda. Maka dari itu, pemasaran dari media sosial akan memberikan peluang terbaik untuk bisnis Anda.

Buatlah konten terbaik untuk pemasaran digital pada media sosial bisnis Anda untuk meraih audiens sebanyak banyaknya. Dengan begitu cara ini akan meningkatakan brand awareness produk Anda dan berujung pada penjualan yang semakin meningkat.

Artikel terkait : Apa itu Content Marketing? Mari Bahas Secara Mendalam

Menambah jumlah produksi dengan merekrut tenaga kerja

Saat penjualan meningkat, tentunya Anda membutuhkan banyak sumberdaya untuk menghasilkan produk Anda. Cara terbaik untuk menambah kapasitas produksi adalah menambah tenaga kerja yang mampu membawa bisnis pada target yang Anda tentukan dan juga memenuhi permintaan pasar.

Mengajak investor untuk menanamkan modal

Ini langkah yang harus Anda lakukan saat usaha kecil Anda sudah berkembang dan menguntungkan namun Anda memiliki keterbatasan pada modal untuk pengembangan usaha atau produk yang Anda buat.

Yang perlu Anda perhatikan saat Anda mengajak investor untuk menanamkan modal pada usaha kecil Anda adalah dengan memberikan histori keuangan perusahaan dan pencapaian yang sudah dilakukan perusahaan Anda. Biasanya investor tertarik dengan rencana bisnis kedepannya dan melakukan analisa laporan keuangan usaha Anda. Jadi bisa dipastikan, jika bisnis Anda tidak memiliki laporan keuangan maka kemungkinan investor untuk menanamkan modal pada usaha Anda adalah sangat sedikit.

Jika Anda merasa kesulitan dalam melakukan pembukuan manual atau belum mampu merekrut seorang akuntan, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan, memiliki fitur terlengkap, dan dengan harga terjangkau, contohnya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan memiliki harga yang paling terjangkau, hanya 200 ribu perbulan.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa membuat lebih dari 100 jenis laporan keuangan secara otomatis berdasarkan keseluruhan transaksi yang terjadi pada bisnis. Jadi tunggu apa lagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis melalui link ini.

Membentuk manajemen yang bagus

Walaupun Anda memulai bisnis kecil, manajemen yang baik akan menentukan apakah bisnis Anda menguntungkan atau merugikan. Manajemen adalah kerangka kerja yang akan membawa usaha kecil Anda meraih keuntungan maksimal. Jika manajemen pada usaha Anda buruk, maka bisa dipastikan bahwa usaha Anda tidak akan bertahan lama.

Menimba ilmu dari pedagang yang sudah sukses

Siapun Anda, Anda membutuhkan seorang guru sebagai role model pada bisnis yang akan Anda jalankan, bahkan sekelas william tanuwidjaya pemilik tokopedia, menganggap alibaba sebagai guru dan juga role model bisnis yang ia kembangkan yaitu tokopedi.

Jika Anda berencana mengembangkan usaha kecil yang menguntungkan, menimba ilmu dari orang yang lebih berpengalaman akan membuat Anda menjadi lebih baik dan tentu akan meminimalisir kesalahan yang akan Anda lakukan pada usaha Anda. Jadi mulailah mencari partner sekaligus guru yang tepat untuk mendapatkan ilmu dari pengalaman yang telah ia lalui.


Demikian beberapa usaha kecil yang menguntungkan plus cara mengembangkannya. Jika ini dijalankan dengan baik tentu Anda bisa menjadi pebisnis yang sukses dan menghasilkan keuntungan yang besar.