Tertarik Memulai Usaha Makanan Ringan? Baca Tipsnya Disini

Untuk memulai usaha, ide membuat berbagai makanan ringan mempunyai peluang yang cukup prospektif. Sebab, permintaan akan makanan ringan selalu bertambah dari hari ke hari. Tak hanya menyasar segmen pasar anak-anak saja, usaha makanan ringan juga bisa dinikmati oleh remaja dan orang dewasa.

Saat ini memang jenis bisnis makanan ringan semakin beragam. Mulai dari keripik, siomay, batagor, dan sebagainya. Anda pun bisa membuat ide bisnis baru karena peluangnya terbuka lebar.

Nah, apabila tertarik, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan. Mulai dari membuat persiapan, merencanakan secara matang, melakukan riset dan analisis pasar, dan sebagainya. Anda pun harus mencari tahu jenis makanan ringan apa dengan permintaan pasar tinggi tetapi produsennya terbatas. Untuk memulai usaha makanan ringan diperlukan ketekunan serta manajemen yang sesuai. Supaya bisa sukses, silakan simak tipsnya berikut ini!

Baca juga : Mengetahui Secara Lengkap Kerangka Kerja Bisnis Model Canvas

Tips Sukses Memulai Usaha Makanan Ringan

Beberapa tips harus Anda perhatikan untuk memulai usaha makanan ringan.

1. Perhatikan Kualitas Bahan

Agar makanan ringan yang Anda produksi laris manis di pasaran, tentu saja Anda harus memerhatikan kualitasnya. Kualitas produk tergantung dari bagaimana proses pengolahan, bahan yang digunakan, serta cara pengemasan.

Bahan yang mesti digunakan adalah yang berkualitas baik serta higienis. Selain itu, pastikan bahan tersebut aman untuk dikonsumsi. Pengolahannya pun harus sesuai dengan aturan. Jika Anda memproduksi camilan yang digoreng, pastikan menggantinya secara berkala.

Setelah itu, buat lah kemasan dengan lebih menarik. Sebab, hal yang pertama kali diperhatikan oleh konsumen adalah packaging dari suatu produk.

2. Selalu Melakukan Inovasi

Orang yang selalu memenangkan bisnis tentu saja selalu melakukan inovasi agar tercipta makanan ringan baru. Nah, dengan adanya inovasi, maka produk yang Anda miliki menjadi berbeda dengan produk lainnya. Pun, akan mudah bagi konsumen untuk melihat ciri khas produk Anda.

3. Menciptakan Relationship dengan Pelanggan

Bagi seorang yang berkecimpung di usaha makanan ringan harus selalu menjaga hubungan dengan pelanggannya. Sehingga, tidak hanya satu kali beli saja. Melainkan akan menjadi loyal dan melakukan pembelian hingga berulang kali.

Anda bisa menjaga hubungan dengan melayani pelanggan secara baik. Serta menciptakan kesan yang lebih mendalam. Perbanyak senyum supaya pelanggan tertarik dengan pelayanan Anda.

Manfaatkan juga medsos agar tercipta branding dari makanan ringan Anda. Ciptakan hubungan yang dekat dengan customer. Sehingga pelanggan yang satu akan menjadi iklan gratis untuk pelanggan selanjutnya. Penyebaran informasi produk dari mulut ke mulut juga terbukti efektif menjaring calon customer baru.

Baca juga : Mempelajari Konsep Promosi secara Mendalam untuk Pengembangan Bisnis

4. Menerapkan Strategi yang Sesuai dengan Kebutuhan Pasar

Selain menciptakan relationship, strategi yang tepat harus diterapkan sehingga perkembangan usaha akan lebih maju.  Bangun lah strategi penjualan yang lebih tepat dan bisa membaca pasar. Sehingga, peningkatan penjualan dapat terjadi. Beberapa strategi yang dapat Anda lakukan saat memulai usaha makanan ringan adalah menambah bobot makanan, memberikan diskon, memberi harga promo, serta memberi sampel produk secara gratis.

5. Harus Lebih Visioner

Seorang pengusaha makanan ringan juga harus memiliki pemikiran ke depan. Tak hanya itu saja, pengusaha juga harus mempunyai pikiran yang positif. Perjalanan bisnis menuntut seseorang untuk melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya.

Pikiran yang positif akan membuat Anda lebih tenang. Untuk itu, Anda harus menjauhi pemikiran yang sempit dan negatif.

Baca juga : Tertarik Membangun Bisnis? Berikut Tips Perencanaan Bisnis yang Efektif

6. Lihat peluang

Pada saat ingin memulai bisnis makanan ringan kita harus melihat peluang jenis produk apa yang disukai banyak orang. Kemudian pesaing yang menjual makanan yang sama dengan yang akan kita buat. Tentu jika pesaingnya tidak ada maka bisnis makanan ringan kita akan laku.

7. Pastikan makanan yang dibuat mudah

Nah ini juga yang menjadi pertimbangan ketika ingin memulai bisnis makanan ringan. Kita harus ketahui apakah dari segi tenaga bisnis ini kan menguntungkan. Dalam artian proses pembuatannya tidak memakan waktu yang cukup lama.

8. Catat setiap pengeluaran dan pemasukan dengan rinci

Darimana Anda mengetahuu untung atau rugi dari sebuah bisnis jika Anda tidak melakukan pencatatan pada setiap pengeluaran dan pemasukan dari bisnis Anda.

Anda bisa menggunakan pembukuan manual jika Anda baru memulai usaha. Namun jika Anda sudah memiliki skala usaha menengah ke atas, penggunaan software akuntansi adalah solusi untuk optimalisasi pembukuan secara menyeluruh.

Baca juga : Langkah Awal Menggunakan Accurate Online untuk Pembukuan Bisnis

Hal ini penting, karena semakin besar sebuah bisnis, Anda membutuhkan waktu lebih banyak untuk merencanakan bisnis yang lebih terarah. Daripada membuang waktu dengan pembukuan manual yang memakan waktu, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online secara gratis melalui link ini.

Referensi Ide Usaha Makanan Ringan Paling Menguntungkan

Saat ini, ada banyak ragam makanan ringan yang dijual. Mulai dari yang tradisional hingga modern. Penjualnya pun di berbagai tempat mulai dari pinggir jalan hingga pasar, taman, restoran, serta supermarket.

Usaha makanan ringan juga dapat dilakukan dengan modal yang fleksibel. Bahkan, dengan modal ratusan ribu saja, Anda sudah bisa menjalankan usaha ini. Berikut beberapa referensi ide usaha makanan ringan paling menguntungkan:

bakpau buah usaha makanan ringan

Bakpau Buah

Usaha makanan ringan memang selalu menuntut hal-hal baru. Meskipun bakpau adalah salah satu makanan tradisional. Namun, dengan sedikit perubahan bentuk akan membuatnya menjadi sesuatu yang unik.

Nah, makanan asli China yang satu ini bisa dibentuk laiknya buah beraneka warna. Untuk isiannya bisa disesuaikan dengan selera pelanggan. Bakpau ini biasa dijual dalam kotak dengan isi sebanyak 10 buah. Tertarik untuk mencobanya?

Baca juga : 7 Cara Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan dan Efektif 

 

brownis beku usaha makanan ringan

Brownies Beku Stick

Brownies adalah jajanan yang sudah sangat lumrah ditemukan. Namun, brownies dengan suhu rendah laiknya es krim tentu akan menarik perhatian bukan? Makanan dengan tekstur lembut ini akan menjadi unik dengan tambahan stik eskrim di ujungnya.

Setelah itu, Anda bisa memasukkannya dalam freezer. Hasilnya, sebuah kue yang dingin, padat, serta kenyal ketika digigit. Panganan ini populer dengan sebutan frozen brownies.

Sebelum dibekukan, Anda bisa menambahkan topping almond, keju, serta kacang di atasnya. Jika di daerah Anda belum ada, brownies beku stick layak untuk diproduksi. Salah satu pemilik produk brownies beku stik yang terkenal adalah Mr froniez.

 

roti cane usaha makanan ringan

Roti Cane

Meskipun merupakan salah satu kue tradisional dari Timur Tengah, tetapi roti cane sangat populer di Indonesia. Makanan ini memang cukup ramah di lidah masyarakat lokal. Varian rasanya yang beragam juga bisa dipilih oleh pembeli sesuai seleranya.

Sudah banyak pengusaha yang sukses karena menjual roti cane. Salah satunya adalah Husein Fauzi yang berdomisili di Jakarta. Usaha yang dibuka semenjak tahun 2010 sudah memiliki 27 gerai di seluruh Indonesia. Hebat, kan?

Baca juga : Tertarik Menjalani Bisnis Distributor? Berikut Keuntungan dan Kerugiannya

 

kue basah usaha makanan ringan

Kue Basah

Camilan berupa kue basah memang selalu diminati masyarakat. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuka usaha makanan ringan yang satu ini. Beberapa jenis kue basah yang tidak pernah kehabisan pelanggan meliputi bolu kukus,  kue lapis, karamel, kelpon, dadar gulung, kue pastel, ongol-ongol, dan sebagainya.

Kue-kue tersebut juga bisa Anda modifikasi sedemikian rupa supaya bisa menghasilkan kue baru yang lebih menarik. Sehingga, pelanggan pun tidak akan merasa bosan.

 

mie lidi

Mie Lidi

Mie Lidi adalah jajanan anak sejak zaman dahulu. Namun, baru-baru ini mie lidi kembali booming. Ada banyak online shop yang menawarkan makanan jadul ini. Namun, saat ini mie lidi diberi varian rasa yang semakin beragam. Mulai dari sapi panggang, keju, barbeque, dan sebagainya.

Kemasannya pun dibuat sedemikian rupa agar lebih menarik. Sudah ada beberapa pebisnis mie lidi yang sukses seperti Mi Lidi Fimela yang sudah mendapatkan omset puluhan juta rupiah dalam sebulan. Buat lah produk mie lidi yang berkualitas agar Anda bisa mengikuti jejak kesuksesan Mi Lidi Fimela.

 

kerupuk

Ragam Kerupuk

Usaha makanan ringan berupa kerupuk sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari kerupuk jengkol, kerupuk ikan, kerupuk udang, dan masih banyak lagi. Meskipun terdengar sepele. Namun, pengusaha kerupuk di berbagai daerah di Indonesia sudah banyak yang menuai kesuksesan.

Kesimpulan

Demikian tips memulai usaha makanan ringan yang dapat dijalankan. Pastikan Anda konsisten melakukan setiap tahapan hingga benar-benar sukses. Silakan contek ide usaha makanan ringan di atas yang menurut Anda lebih prospektif.

Catat semua penjualan dan pengeluaran pada usaha makanan ringan Anda dengan Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang tidak hanya berfungsi sebagai software pembukuan usaha Anda.

Accurate Online memiliki fitur terlengkap seperti, pencatatan penggajian, penghitungan pajak otomatis, otomatisasi lebih dari 100 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi fitur pada Accurate Online yang akan memudahkan jalannya bisnis Anda.

Hanya 200 ribu perbulan, Anda bisa merasakan proses pembukuan dan pengelolaan bisnis menjadi mudah dengan Accurate Online. Tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis melalui link ini.