15 Usaha Kecil Menjanjikan dengan Modal Kecil yang Wajib Anda Coba

Menjadi seorang pebisnis yang sukses merupakan salah satu pekerjaan yang didambakan oleh banyak orang karena fleksibilitas kerjanya yang juga menyenangkan. Namun banyak orang yang kemudian merasa kesulitan berbisnis karena mengalami kendala dalam penyediaan modal. Nah! Pada uraian ini akan dijabarkan mengenai 15 usaha kecil yang menjanjikan dengan modal kecil yang bisa dicoba.

Meski 15 ide usaha yang akan dijabarkan ini bermodal kecil, namun jika ditekuni dengan baik maka akan bisa menghadirkan untung besar lho. Dalam berbisnis, tidak hanya usaha modal besar saja yang bisa sukses, namun usaha kecil yang menjanjikan juga banyak yang bisa dilakoni.

berikut adalah beberapa 15 ide usaha kecil menjanjikan dengan modal super minim yang bisa dicoba!

Memulai Usaha Kecil Apakah Menguntungkan?

Ada banyak pertanyaan dari berbagai pihak yang meragukan sebuah bisnis usaha kecil dengan modal kecil yang dianggap kurang maju dan menguntungkan. Namun benarkan bahwa sebuah usaha dengan modal kecil itu tidak menguntungkan sama sekali?

Tentu jawabannya adalah tidak. Besaran modal tidak menjadi masalah dan point penting berbisnis, karena yang terpenting adalah bagaimana pengelolaan bisnis yang ada dan promosinya.

Awalnya mungkin hanya membuka bisnis skala kecil, namun lama-lama jika digeluti dengan komitmen yang tinggi itu bisa maju dan berkembang juga.

Laba yang dihadirkan bisa dikumpulkan dan dikelola untuk membesarkan usaha, menambah jumlah produk yang dijual dan inovasi lainnya. Hingga akhirnya bisnis kecil itu bisa berkembang pesat seiring usaha yang ada, jadi jangan berpikir bahwa usaha kecil tidak menguntungkan ya!

15 Ide Usaha Kecil yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

Jadi, sudah bisa memahami bukan bahwa yang namanya usaha kecil itu juga bisa menguntungkan, seperti bisnis lainnya. Jadi jangan risau dan ragu untuk memulai berbisnis kecil seperti beberapa contoh usahanya seperti berikut!

1. Bisnis Sarapan

Usaha kecil yang menjanjikan pertama datang dari bisnis sarapan makanan yang bisa dimulai dari lingkungan rumahan. Misalnya saja dengan membuka kedai dirumah yang menawarkan sarapan seperti aneka nasi dengan lauk, bubur berbagai jenis atau makanan lainnya. Bisnis sarapan sendiri modalnya terhitung cukup murah dan berada pada kisaran Rp. 100.000,- sampai Rp. 200.000,- saja lho.

2. Bisnis Kue Lebaran

Kemudian usaha kecil yang menjanjikan selanjutnya adalah memanfaatkan momentum lebaran yang biasanya membutuhkan banyak kue sebagai hantaran tamu. Selain sudah memiliki pasar sendiri, bisnis ini juga rendah modal dan untuk operasionalnya bisa dilakukan dirumah. Oleh sebab itu, bagi yang memiliki keahlian membuat kue bisa lho mencoba bisnis yang satu ini.

Baca juga: Berencana Mendirikan Bisnis? Bisnis Kue Kering bisa Menjadi Pilihan

3. Penyedia Jasa Foto

Bisnis menguntungkan lainnya adalah menawarkan jasa foto atau menjadi fotografer. Memiliki skill foto yang baik, kamera yang mumpuni? Maka sudah bisa memulai usaha yang satu ini. Modal usaha ini super murah dan lebih dibebankan pada kemampuan pengelolaan diri sendiri.

4. Bisnis Rental Kendaraan

Memiliki kendaraan yang lumayan banyak? Maka bisa memanfaatkan bisnis rental kendaraan. Modal bisnis ini terhitung kecil karena kendaraan pribadi yang digunakan. Namun untuk untungnya sendiri super menguntungkan dan ini ide bisnis mudah yang bisa dicoba!

Baca juga: Tips Membangun Bisnis Rental Mobil yang Menguntungkan

5. Bisnis Rental Kamera

Sama seperti bisnis rental kendaraan pribadi yang dimiliki, maka usaha lainnya yang memiliki modal kecil adalah bisnis rental kamera. Bagi yang memiliki kamera pribadi tak dipakai, maka bisa saja digunakan sebagai ladang bisnis dengan menyewakannya untuk digunakan. Apalagi saat ini orang-orang ketika bepergian selalu menginginkan foto yang ciamik untuk kebutuhan koleksi, maka bisnis rental kamera tepat dilakoni.

usaha kecil menjanjikan 2

6. Bisnis Laundry

Kemudian ide usaha kecil yang menguntungkan untuk dicoba lainnya datang dari ide bisnis laundry. Dimana bisnis ini sendiri bisa dilakoni pada berbagai lingkungan seperti rumah tangga, kampus hingga wilayah perkantoran. Untuk memulai bisnis ini sendiri bisa  dengan membuat pengelolaan mandiri, tanpa melibatkan pekerja dahulu untuk memangkas pengeluaran.

Bca juga: Ide Pemasaran Terbaik dan Efektif Untuk Bisnis Laundry Anda

7. Usaha Makanan Beku

Selanjutnya ide usaha kecil yang menjanjikan dengan modal minim adalah usaha makanan beku. Dimana makanan beku ini bisa kembali dijual atau diolah sebelum dijual seperti dijajakan pada sekolah-sekolah. Modal usaha ini terhitung kecil, tapi untungnya besar.

8. Berbisnis Parcel Hias

Kebutuhan akan parcel hias untuk berbagai acara misal hantaran lamaran, hantaran pernikahan, acara kantor hingga lebaran bisa menjadi peluang bisnis. Bagi yang memiliki keterampilan merangkai parcel bisa mencoba bisnis ini. Promosikan kemampuan dan bisnis yang digeluti pada lingkungan sekitar sebagai batu loncatan untuk menarik pelanggan kedepannya.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

9. Jasa Travel dan Guide

Jasa travel dan guide menjadi salah satu ide usaha kecil yang menjanjikan untuk dipilih dengan modal super minim. Kemampuan penguasaan wilayah dan pariwisata kota bisa menjadi modal utama untuk menjadi guide. Tanpa modal besar bisa lho memulai ide usaha ini!

10. Franchise Minuman Kekinian

Selanjutnya ide bisnis yang minim modal adalah franchise minuman kekinian. Dimana disini kemitraan franchise biasanya menawarkan harga join yang murah. Kemudian sistem pembagian keuntungannya juga jelas, jadi bisa dicoba untuk pemula.

Baca juga: Ingin Membuka Warung Kopi yang Sukses? Perhatikan 10 Hal Ini

11. Franchise Makanan Kekinian

Selain bisnis franchise minuman kekinian, bisa juga memilih franchise makanan kekinian yang sedang digandrungi. Modal join franchise yang terhitung murah bisa digandakan berkali-kali lipat jika menilik pada jumlah konsumen yang banyak. Jadi, meski bisnis ini berskala kecil namun bisa berkembang pesat dan menguntungkan lho!

Baca juga: Tertarik Berbisnis Franchise Makanan? Berikut 10 Rekomendasinya

12. Bisnis Online Shop atau Dropshipper

Kemudian usaha kecil yang menjanjikan selanjutnya datang dari bisnis online shop atau dropshipper. Hanya dengan memanfaatkan teknologi, ketersediaan smartphone dan juga kemampuan penawaran sudah bisa memulai bisnis ini. Misalnya saja dengan memilih berjualan online fashion pria, wanita, anak-anak atau keperluan rumah tangga dan banyak lainnya.

Baca juga: 7 Cara untuk Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan

13. Bisnis Jus Buah

Salah satu ide bisnis modal kecil yang menguntungkan lainnya adalah bisnis jus buah skala kecil. Kesadaran orang-orang akan kesehatan dan kebutuhannya untuk minuman segar yang sehat bisa menjadi peluang bisnis. Membuka bisnis ini sendiri juga bisa mulai dilakukan dengan memanfaatkan halaman rumah agar modalnya makin minim!

14. Penyedia Catering Sehat

Saat ini kesadaran orang-orang akan kesehatan dan juga kegiatan diet, bisa lho dijadikan salah satu ide bisnis modal kecil. Ya! Dengan cara membuat sebuah penawaran catering sehat yang menawarkan berbagai menu dan paket dengan harga miring. Bisnis catering sehat ini bisa dimulai dengan modal dibawah Rp. 500.000,- dan bisa mengatur sendiri jumlah produk yang ingin dijual.

Baca juga: Tertarik Membangun Bisnis Kuliner? Mari Kita Bahas Secara Lengkap

15. Penyedia Pulsa Seluler

Ide usaha yang terakhir dengan modal kecil adalah penyedia pulsa seluler. Bisnis pulsa seluler ini bisa dimulai dengan mengeluarkan dana Rp. 100.000,- saja dan bisa dilakoni berbagai kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, IRT, karyawan atau lainnya selain itu konsumennya bisa dimulai dari lingkungan terdekatnya.

Baca juga: 10 Tips Efektif untuk Membangun Bisnis Pulsa yang Menguntungkan

Kesimpulan

Jadi, diatas adalah beberapa penjabaran dan pembahasan mengenai 15 ide usaha kecil yang menjanjikan yang bisa sekali dicoba karena minim modal.

Namun selain minim modal, beberapa ide usaha diatas nyatanya memiliki pasaran yang baik dan bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Meski yang harus dipahami, ketika memulai bisnis harus memiliki semangat berbisnis, tidak pantang menyerah dan selalu giat dalam berinovasi, selamat berbisnis!

Hal yang perlu diperhatikan untuk membuat bisnis terus berjalan dan berkembang adalah dengan terus membuat bisnis terus menguntungkan.

Salah satu hal agar Anda bisa melakukan pemantauan keuangan dengan benar adalah dengan melakukan pembukuan yang sesuai standat pada usaha Anda.

Dengan pembukuan yang baik, Anda dapat memastikan seluruh arus finansial pada bisnis, dan juga memeriksa pos pengeluaran dan pemasukan yang perlu dioptimalkan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Tidak mengetahui pembukuan atau merasa pembukuan adalah hal yang memakan waktu? Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terbaik dan mudah digunakan seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dipercaya oleh 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia dan mudah digunakan oleh siapapun, sekalipun tidak memiliki pengetahuan akuntansi secara mendalam.

Tertarik mencoba? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan