Punya Tanah Luas? Berikut Usaha Perkebunan yang Bisa Anda Coba

Memiliki kebun atau tanah yang luas rasanya kurang maksimal jika tidak dimanfaatkan untuk usaha perkebunan. Ya, daripada hanya memiliki dan tidak menghasilkan apa-apa, lebih baik manfaatkan saja tanah kosong yang anda miliki untuk membangun perkebunan supaya Anda memiliki pemasukan lebih.

Ada beberapa contoh usaha perkebunan yang memang harus membutuhkan ilmu pertanian yang tinggi, ada perkebunan yang membutuhkan pengalaman, namun ada juga  perkebunan yang sifatnya mudah dilakukan dan siapa saja bisa melakukannya dengan membaca sedikit prosedur.

Ini menjadi ide yang bagus, karena saat Anda melakukan usaha perkebunan tak hanya akan memanfaatkan lahan kosong saja. Namun, usaha perkebunan yang akan Anda jalankan sangat bisa Anda andalkan. Alasannya, beberapa pilihan jenis perkebunan berikut ini sifatnya cepat dan memiliki pasar yang luas.

Baca juga : Dropship Adalah Bisnis yang Mudah? Mari Bahas lebih Jauh

Macam-macam usaha perkebunan yang menguntungkan

Banyak sekali jenis perkebunan yang dapat anda coba. Namun ada juga jenis membuat perkebunan yang sulit untuk dicoba karena kesedian lahan atau lahannya tidak cocok. Pada artikel ini kami sajikan beberapa jenis perkebunan yang menguntungkan dan mudah untuk dicoba:

Perkebunan Buah

Usaha perkebunan buah-buahan memang beberapa bisa dilakukan di sepetak tanah atau lahan yang kecil, namun jika lahan yang digunakan untuk usaha buah kali ini besar pastinya juga akan memberikan keuntungan yang besar pula. Sehingga perkebunan buah ini sangat cocok dimulai dengan memanfaatkan lahan yang sedikit.

Berbagai buah bisa Anda pilih untuk usaha perkebunan. Hal yang sudah pasti adalah jangan lupa untuk memastikan suhu daerah lahan tersebut mendukung perkembangbiakan buah atau tidak. Ya, beberapa jenis buah membutuhkan suhu yang rendah untuk bisa berkembang dengan baik. Anda juga bisa mencari buah yang memiliki nilai jual tinggi.

Sayur Organik

Kebutuhan sayur organik di setiap harinya sangat lah besar, dan Anda bisa memanfaatkan keadaan ini untuk berbisnis, terlebih usaha perkebunan. Prospek dari usaha perkebunan sayuran organik juga bagus karena mudah dilakukan namun bisa menghasilkan untung yang besar. Belum lagi, tak banyak orang yang memiliki bisnis perkebunan berupa sayuran organik.

Perkebunan teh

Perkebunan teh juga memiliki pasar yang cukup sangat luas. Untuk memulai menanm teh in sangat mudah. Tetapi perkebunan teh ini hanya cocok untuk wilayah yang memiliki cuaca yang dingin. Jika anda berada diwilayah tersebut anda bisa memulai usaha perkebuanan teh.

Perkebunan kopi

Usaha perkebunan di daerah pegunungan yang bisa dilakukan adalah perkebunan kopi. Usaha ini tidak memerlukan lahan dengan kontur yang bagus. Lahan dengan bukit curam pun bisa ditanami kopi. Sehingga perkebunan kopi ini bisa dilakukan didaerah pengunungan. Biasanya didaerah sumatera. Usaha kebun kopi ini juga sangat menguntungkan karena harga jual kopi sekarang cukup mahal. Perawatan kopi sangat mudah, berbeda dengan tanaman sayur dan juga buah buahan.

Baca juga : Tips Terbaik bagi Anda yang Berencana Membangun Bisnis Konveksi

Perkebunan karet

Usaha perkebunan karet ini sangat mudah dan jika sudah besar karet bisa di deres bisa dijual secara harian, mingguan, dan juga bulanan. Sehingga usaha perkebunan karet ini sangat cocok untuk dilakukan. memang untuk menghasilkan pohon yang bisa dideres (pemanenan getah karet) butuh waktu 4 sampai lima tahun. Tetapi dikebun karet kita bisa ditanami juga tanaman lain seperti cabai, nanas dan tanaman lainya yang menguntungkan.

Perkebunan kelapa sawit

Selain kopi, karet kelapa sawit juga merupakan salah satu perkebunan yang cukup mudah karena tanpa perawatan yang khusus seperti sayuran dan juga buah. Kelapa sawit hanya memerlukan perawatan yang seadanya saja. Pohon bisa berbuah. Dan buahnya bisa dipanen.

Tebu

Anda juga bisa memanfaatkan lahan kosong Anda untuk usaha perkebunan tebu. Terlebih lagi, sekarang ini kita berada di negara tropis yang mana membuat tanaman tebu tidak sulit untuk hidup dan berkembang.

Banyak dibutuhkan oleh pasar maupun industri untuk kembali diolah, tebu ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Jika Anda tidak mau turun tangan untuk mengurus langsung atau memanennya, Anda juga bisa mempekerjakan orang untuk mengurusnya.

Kelapa

Selain dibutuhkan oleh industri yang membutuhkan kelapa sebagai bahan utamanya, kelapa juga bisa Anda jual sendiri untuk menghidangkan minuman yang segar. Ada banyak khasiat yang diberikan dari buah kelapa hijau. Apalagi, rasanya sangat segar dan banyak dicari orang, terlebih saat musim kemarau.

Pohon Sengon

Pohon Sengon memiliki kayu yang biasa dipakai setelah kayu jati. Tak banyak ada usaha perkebunan pohon Sengon, padahal kebutuhan pasar akan jenis kayu ini cukup besar. Bahkan durasi waktu yang diperlukan pun juga tak terlalu lama, yaitu perlu waktu lima tahun saja untuk bisa memanen kayu dari pohon Sengon.

Pohon Jati

Sudah pasti pohon Jati memberikan peluang besar untuk usaha perkebunan. Harga kayu jati memang cukup mahal, namun kebutuhan pasar akan kayu ini selalu besar juga. Berbagai macam mebel dan perkakas bisa dibuat dengan kayu jati ini.

Kesimpulan

Membangun bisnis perkebunan adalah hal yang menyenangkan jika Anda telah merencanakan dan mengetahui harus dari mana Anda memulai bisnis tersebut. Perlu Anda perhatikan, setiap jenis tumbuhan dan perkebunan memiliki karakteristik yang berbeda, terutama di Indonesia sebagai negara tropis yang memiliki musim yang berbeda-beda.

Baca juga : Mengenal Bisnis Prakarya, Pilihan Bisnis yang Bisa Anda Jalani

Jika usaha perkebunan Anda sudah berjalan, Anda harus mencatat semua pemasukan dan pengeluaran secara terperinci pada pembukuan Anda. Hal ini sangat penting untuk mengetahui pengembangan bisnis secara lebih detail.

Jika Anda kesulitan dalam mengelola pembukuan secara manual, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk kemudahan pembukuan bisnis Anda. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.