Apa itu Bounce Rate? Berikut Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya

Bounce rate atau rasio pentalan adalah salah satu aspek yang paling penting dari metrik situs web. Untuk menentukan berapa bounce rate yang baik untuk situs web perusahaan, Anda perlu mengidentifikasi dan menginterpretasikan bagaimana pengunjung Anda terlibat dengan konten Anda. Hanya dengan begitu Anda dapat memutuskan apakah rasio pentalan itu baik atau buruk, rendah atau tinggi.

Dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan semua yang perlu Anda ketahui tentang cara menentukan dan menilai bounce rate, termasuk menjawab pertanyaan berikut:

  • Apa itu bounce rate?
  • Berapa bounce rate yang baik?
  • Bagaimana Anda menurunkan bounce rate Anda?

Apa itu Bounce Rate?

Bounce rate adalah persentase orang yang mengunjungi situs web tanpa melibatkannya. Ketika seseorang mendarat di halaman dan keluar tanpa mengklik salah satu tautan yang ditemukan di sana, itu disebut bouncing oleh pakar SEO.

Perangkat lunak analitik seperti Google Analytics akan mengukur berapa banyak orang yang terpental dari halaman dan menghitung tarifnya. Tingkat persentase dihitung dengan jumlah orang yang terpental dibagi dengan jumlah keseluruhan orang yang mengunjungi situs web.

Penting untuk memahami apa yang menyebabkan bounce rate di situs web Anda, karena mengetahui bounce rate dapat membantu Anda:

1. Menentukan apakah orang yang tepat mengunjungi situs web Anda

Jika bounce rate tinggi, mungkin karena orang yang salah mengunjungi situs web Anda. Misalnya, ketika Anda menemukan bahwa bounce rate tinggi, Anda dapat memeriksa hal-hal seperti demografi audiens Anda. Jika Anda memiliki situs web yang menargetkan wanita berusia 20-30 tahun tetapi orang yang mengunjungi situs web Anda adalah remaja, itu akan menjelaskan mengapa rasio pentalan Anda yang tinggi.

2. Tentukan kualitas halaman Anda

Jika rasio pentalan pada halaman tinggi di mana seharusnya ada keterlibatan, maka mungkin ada sesuatu yang salah dengan halaman tersebut. Cari tahu apa masalahnya.

Ini bisa berupa tata letak yang buruk, situs web yang tidak ramah seluler, atau mungkin konten Anda tidak menawarkan apa yang dijanjikan kepada pembaca. Mencari tahu di mana masalahnya dapat membuat Anda menurunkan rasio pentalan.

Ada kalanya tingkat bouncing yang tinggi pada sebuah halaman adalah hal yang positif. Ini terjadi pada halaman di mana keterlibatan bukanlah tujuannya. Misalnya, artikel “petunjuk” atau halaman di situs web kamus dapat membantu pembaca menentukan kata tanpa melibatkan situs lebih jauh.

Baca juga: UTM Parameter: Pengertian, Jenis dan Cara Menggunakannya

3. Tentukan kecepatan situs Anda

Rasio pentalan yang tinggi dapat memberi tahu Anda tentang waktu pemuatan situs web Anda. Jika situs web Anda terlalu lama untuk dimuat, itu dianggap sebagai kualitas negatif bagi pengunjung dan banyak yang akan keluar dari halaman daripada menunggu untuk dimuat.

Periksa itu untuk melihat apakah kecepatan situs Anda memenuhi standar. Ada alat online yang dapat membantu Anda mengetahui seberapa cepat waktu pemuatan Anda. Jika situs web Anda membutuhkan waktu untuk dimuat, Anda dapat memperbaiki masalah tersebut dengan menghapus plugin yang tidak digunakan, mengurangi kualitas gambar, dan mengambil tindakan lain untuk mempercepat waktu pemuatan situs web Anda.

4. Tentukan apakah ada halaman kesalahan

Tingkat bouncing yang tinggi dapat menunjukkan jika Anda memiliki halaman kesalahan di situs web Anda yang menjadi tujuan pembaca Anda. Anda harus meminimalkan jumlah halaman kesalahan di situs web Anda sebanyak mungkin. Dengan melakukan itu, Anda mempermudah audiens target Anda untuk terus menelusuri halaman Anda.

5. Tentukan kualitas meta description Anda

Bounce rate yang tinggi dapat berarti Anda memiliki deskripsi meta atau meta description yang tidak akurat. Deskripsi singkat ini ditemukan di bawah judul halaman di Halaman Hasil Mesin Pencari.

Jika deskripsi meta mengatakan satu hal tetapi pembaca menemukan hal yang sama sekali berbeda saat mengklik halaman, maka mereka akan merasa disesatkan dan keluar dari situs web. Deskripsi meta halaman web Anda harus secara akurat mencerminkan konten setiap halaman.

6. Tentukan apakah ada tautan eksternal yang buruk

Terkadang, bounce rate yang tinggi disebabkan oleh tautan eksternal yang buruk. Ini terjadi ketika pemilik situs web lain menautkan ke situs web Anda dengan informasi yang menyesatkan.

Pembaca yang mengklik tautan Anda akan mengharapkan informasi tertentu, tetapi ketika mereka menemukan sesuatu yang lain, mereka keluar dari situs web Anda. Ketika ini terjadi, Anda dapat menganalisis tautan mana yang menyebabkan rasio pentalan lebih tinggi dan meminta pemilik situs web tersebut untuk memperbaiki informasi yang menyesatkan atau menghapus tautan Anda.

Baca juga: Apa itu Tittle Tag dan Bagaimana Tips Terbaik dalam Membuatnya?

7. Tentukan apakah ada halangan

Pop-up adalah alat yang hebat untuk konversi, tetapi terlalu banyak muncul di satu halaman dapat mengganggu dan mengarahkan pembaca untuk keluar dari halaman. Yang terbaik adalah tetap menggunakan satu pop-up untuk situs web Anda. Selain itu, pastikan pembaca Anda dapat dengan mudah menutup pop-up jika mereka tidak tertarik sehingga mereka dapat terus membaca konten Anda.

8. Tentukan tata letak mana yang bekerja lebih baik

Saat Anda ingin menguji tata letak yang berbeda untuk situs web Anda, rasio pentalan dapat membantu Anda memilih yang terbaik. Anda dapat menguji beberapa tata letak sekaligus, dan kemudian melalui analitik, Anda dapat mempelajari mana yang memiliki keterlibatan paling banyak dan tata letak mana yang memiliki rasio pentalan lebih tinggi.

9. Tentukan halaman mana yang berjalan dengan baik

Bounce rate yang tinggi dapat memberi Anda wawasan yang bagus tentang konten mana yang berfungsi dengan baik di situs web Anda dan mana yang tidak. Ini adalah informasi penting yang dapat Anda gunakan. Mengambil rasio pentalan dan keterlibatan terbesar sebagai panduan Anda, Anda dapat mengambil halaman yang memiliki rasio pentalan tertinggi dan memberi mereka beberapa kualitas halaman yang memiliki keterlibatan paling banyak.

Berapa Bounce Rate yang Baik?

Tingkat bouncing yang baik tergantung pada tujuan situs web Anda. Terkadang, rasio pentalan yang tinggi bisa menjadi hal yang sangat bagus. Blog biasanya memiliki tingkat bouncing yang tinggi, tetapi itu dianggap sebagai hal yang baik karena blog cenderung menjawab pertanyaan pembaca. Misalnya, jika pembaca mendapatkan panduan Anda tentang menginstal aplikasi di laptop mereka, maka rasio pentalan yang tinggi diharapkan karena pembaca akan keluar dari halaman setelah selesai.

Meski begitu, Anda mungkin ingin melihat pembaca menjelajahi halaman lain di situs web Anda. Untuk mendorong perilaku ini dan menurunkan rasio pentalan Anda, Anda dapat menambahkan tautan “baca lebih lanjut” atau pop up yang muncul saat pembaca akan mengeklik tombol keluar.

Halaman informasi kontak juga akan memiliki rasio pentalan yang tinggi, karena tujuan halaman tersebut adalah memberikan informasi kepada pembaca untuk digunakan untuk hal lain. Dalam hal ini, rasio pentalan yang tinggi juga dianggap sebagai hal yang baik.

Namun, untuk situs web e-commerce, rasio pentalan yang tinggi dianggap sebagai hal yang negatif. Tujuan dari situs web e-commerce adalah keterlibatan. Anda ingin melihat audiens Anda mengklik item toko Anda sehingga konversi — membeli item — dapat terjadi. Para ahli merekomendasikan bahwa bounce rate untuk situs web e-commerce rata-rata di bawah 45% untuk dianggap baik. Untuk situs web non-e-commerce, rasio pentalan dianggap baik jika rata-rata di bawah 60%.

Cara Menurunkan Rasio Bounce Rate Anda

Berikut ini adalah cara untuk menurunkan rasio pentalan Anda:

1. Tingkatkan konten Anda

Konten adalah kunci untuk memikat pembaca Anda. Konten Anda harus melakukan apa yang diharapkan audiens, seperti memecahkan masalah yang mereka miliki atau menghibur mereka. Tentukan apa tujuan konten Anda, dan ketika Anda melakukannya, pastikan konten memenuhi tujuan ini di setiap halaman sehingga audiens Anda akan lebih cenderung terlibat dengan situs web Anda.

2. Ciptakan merek yang kuat melalui cerita Anda

Selain membuat konten yang kuat, Anda juga harus membuat konten yang menceritakan kisah yang tepat tentang merek Anda. Jujur dengan audiens Anda adalah cara utama untuk melakukan ini.

Misalnya, saat menulis blog parenting, Anda dapat memilih untuk membagikan perjuangan Anda sebagai orang tua untuk menjalin hubungan dengan pembaca yang juga sedang berjuang. Dalam hal ini, menjadi manusia dan jujur ​​harus menjadi bagian dari merek Anda.

Baca juga: SEO Marketing: Pengertian, Cara Kerja, dan Strategi yang Bisa Anda Gunakan

3. Berikan pembaca konten segar

Pembaca yang datang ke situs web Anda biasanya berharap untuk melihat konten baru. Jika Anda memiliki blog, biasanya mereka ingin membaca artikel baru. Jika Anda memiliki situs web e-commerce, mereka berharap melihat barang baru, mungkin barang yang ingin mereka beli. Menjaga situs web Anda tetap segar penting untuk menurunkan rasio pentalan Anda.

4. Jadilah kredibel

Saat menulis konten, Anda harus dapat dipercaya. Hanya ketika Anda kredibel, audiens Anda dapat mempercayai Anda dan terlibat lebih banyak dengan situs web Anda. Bagaimana Anda menunjukkan kredibilitas tergantung pada subjek yang Anda hadapi.

Jika Anda mencoba membuktikan sesuatu, buat cadangan konten Anda dengan penelitian dari situs web .org atau .edu untuk kredibilitas. Jika Anda menulis blog perjalanan, gunakan gambar untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda pernah berada di tempat yang Anda tulis.

5. Buat ajakan bertindak yang kuat

Anda mungkin mendapatkan jumlah lalu lintas yang baik tetapi kemudian sebagian besar audiens Anda terpental tanpa keterlibatan. Memiliki ajakan bertindak yang kuat siap untuk audiens Anda ketika mereka mendarat di halaman adalah cara yang baik untuk menurunkan rasio pentalan Anda.

Ajakan bertindak yang baik harus membuat pembaca merespons dengan segera, misalnya, tombol “beli sekarang” yang mudah ditemukan di halaman untuk membeli item atau munculan yang mengundang pembaca untuk mendaftar ke buletin.

6. Gunakan keyword dengan lalu lintas bernilai tinggi

Keyword sangat penting bagi audiens yang tepat untuk menemukan Anda. Kata kunci bernilai tinggi adalah ketika sebuah kata atau frasa memiliki:

  • Nilai lalu lintas: Ketika kata atau frasa menghasilkan jumlah lalu lintas yang sehat. Misalnya, “tempat terbaik di Eropa” menghasilkan banyak pengunjung ke blog perjalanan Anda.
  • Nilai persona: Ketika kata atau frasa berarti sesuatu bagi audiens target Anda. Misalnya, “tips membuat kue untuk anak-anak” membantu audiens target Anda menemukan resep online sederhana Anda.
  • Nilai merek: Ketika kata atau frasa berarti sesuatu bagi merek Anda. Misalnya, “undangan cantik” membantu audiens target Anda menemukan desain cetak Anda secara online.
  • Nilai konversi: Saat kata atau frasa mengarah ke sasaran konversi Anda. Misalnya, “toko hewan peliharaan online” membantu audiens target Anda menemukan situs e-niaga toko hewan peliharaan Anda.

Anda dapat menggunakan alat seperti Google Planner atau Google Trends untuk menentukan kata kunci yang tepat untuk Anda.

7. Buat tautan eksternal terbuka di jendela baru

Tautan eksternal bagus untuk situs web, tetapi pastikan bahwa ketika pembaca mengeklik tautan eksternal, tautan itu terbuka di jendela baru. Ini adalah cara untuk menurunkan rasio pentalan Anda dan membuat pembaca terus mengeklik area lain di situs web Anda setelah mereka menemukan informasi yang mereka butuhkan dan menutup jendela peramban baru.

Baca juga: ATL, BTL, & TTL Marketing: Pengertian, Contoh dan Perbedaannya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai bounce rate. Rasio ini  adalah salah satu bagian kecil dari analitik. Meskipun kami telah menulis banyak tentangnya diatas, analitik digital jauh lebih dalam. Dari segmentasi hingga analisis lalu lintas, pelacakan peristiwa, pelacakan pengguna, pelacakan lintas perangkat, analisis korelatif, dan banyak lagi, ada banyak hal yang harus Anda ketahui.

Jika Anda adalah sorang pemilik bisnis yang sedang mencari solusi kemudahan pembukuan, Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi yang memudahkan Anda menghadirkan proses pembukuan yang lebih baik.

Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2 banner bawah