Apa itu Domain Authority? Ini Pengertian 3 Cara Meningkatkannya

oleh | Mar 13, 2023

source envato.

Apa itu Domain Authority? Ini Pengertian 3 Cara Meningkatkannya

Domain Authority adalah salah satu hal yang sangat penting dan memiliki dampak yang besar pada rangking dari suatu situs di mesin pencarian. Tapi, apa sebenarnya domain authority itu?

Untuk Anda yang sedang mempelajari SEO, Anda harus sedikit mengetahui tentang apa itu domain authority. Karena, domain authority adalah metrik yang mampu meningkatkan peringkat situs Anda.

Jadi, semakin baik peringkat domain authority, maka diprediksi performa rangking pada mesin pencariannya juga akan semakin meningkat.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami sudah merangkum berbagai hal yang harus Anda ketahui tentang domain authority.

Apa itu Domain Authority?

accurate.id gambar DA-1

DA atau domain authority adalah skor peringkat mesin pencari yang dikembangkan oleh Moz agar bisa memprediksi seberapa baik peringkat situs Anda di mesin pencarian. Rentang skor dari DA ini dimulai dari 1 hingga 100.

Jadi, semakin tinggi skor yang bisa Anda dapatkan, maka akan semakin mudah juga bagi Anda untuk masuk ke halaman mesin pencarian.

Tentunya setiap praktisi SEO telah memiliki satu tujuan, yakni agar situsnya bisa selalu muncul pada halaman mesin pencarian Google. Berdasarkan laman Neil Patel, mampu menduduki halaman pertama mesin pencarian adalah suatu hal yang sangat luar biasa.

Tapi, berada di posisi paling atas tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat berharga. Karena, ketika memperoleh posisi teratas di halaman pertama mesin pencarian, click-through rate atau CTR Anda akan meningkat hingga 200% bila dibandingkan dengan CTR situs yang menduduki peringkat kedua.

Namun, saat ini ada beberapa ahli yang sudah meninggalkan matriks yang satu ini. Berdasarkan laman Search Engine Journal, alasannya adalah karena hal tersebut tidak berasal dari Google.

Sebelumnya, Google sempat membuat PageRank, yakni algoritma yang digunakan untuk menganalisis peringkat website dengan memberikan nilai dari 0 sampai 10. Semakin tinggi nilai situs tersebut, maka akan disebut semakin penting dan mempunyai isi yang lebih berkualitas. Namun, sejak tahun 2016 lalu, algoritma tersebut sudah ditinggalkan dan dihentikan.

Baca juga: Apa itu Backlink? Ini Pengertian dan 4 Cara Membangun Backlink yang Berkualitas

Cara Melakukan Pengecekan Domain Authority

accurate.id gambar DA-2

Untuk bisa mengetahui domain authority dari situs Anda, caranya sangat mudah. Moz juga sudah membuat tool gratis yang dikenal dengan Open Site Explorer.

Tool ini akan memudahkan Anda untuk mencari tahu seberapa baik domain authority dari suatu situs. Setelah membuka tool tersebut, Anda hanya harus memasukkan URL di kolom pencarian, lalu klik cari. Selanjutnya, Anda bisa melihat hasilnya di bawah heading Authority.

Biasanya, situs yang digunakan cukup lama mempunyai backlinks yang bagus, serta traffic yang tinggi memiliki peringkat 40 hingga 60. Tapi untuk website yang masih baru, akan sangat wajar bila domain authority yang dimilikinya rendah.

Moz juga telah menjelaskan bahwa agar bisa meningkatkan peringkat domain authority, akan lebih mudah bila berada di angka 20 ke 30, daripada dari 70 ke peringkat 80.

Jadi, ketika situs Anda telah memiliki domain authority yang tinggi, seperti 75, maka meningkatkannya ke peringkat 76 atau lebih merupakan hal yang sulit. Namun, bila peringkat situs Anda masih berada di peringkat 23, maka akan lebih mudah untuk meningkatkannya ke peringkat 24 atau peringkat yang lebih tinggi.

Baca juga: Mengenal 5 Perbedaan SEO dan SEM yang Penting untuk Diketahui

Bagaimana Cara Meningkatkan Domain Authority?

accurate.id gambar DA-3

Dirangkum dari laman HubSpot, beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan domain authority adalah sebagai berikut:

1. Lakukan Audit Pada Link Profile

Ketika situs Anda mempunyai link profile yang berkualitas, maka Google akan menganggap bahwa situs Anda lebih dipercaya. Terdapat beberapa alat yang bisa Anda gunakan untuk mencari tahu kualitas link profile dari situs Anda, seperti SEMrush, Backlink Checker, dan juga Link Explorer dari Moz.

Selain itu, Anda bisa menggunakan Disavow Tool dari Google agar bisa membantu Anda dalam memperkuat link profile dan menghapus link yang memang tidak berkualitas pada situs.

2. Buat Konten yang Menarik

Konten pun memiliki peran yang penting dalam meningkatkan domain authority. Bahkan, tanpa adanya konten yang berkualitas, suatu situs akan sulit untuk terlihat kredibel.

Selain bisa meningkatkan jumlah traffic yang besar, konten yang berkualitas pun akan membuat website Anda mempunyai para pengunjung yang setia.

3. Perbanyak Backlink yang Berkualitas

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, backlink adalah faktor yang paling penting dari domain authority. Salah satu keuntungan mempunyai domain authority yang baik adalah lebih terlihat kredibel.

Namun selain dari konten, backlink yang Anda bangun juga harus berkualitas. Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membangun backlink. Misalnya dengan mendistribusikan anchor text untuk backlink secara tepat sampai link yang dicantumkan harus relevan terhadap isi konten yang dibuat.

Baca juga: Sistem Informasi Pemasaran: Pengertian, Jenis, dan Komponen di Dalamnya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang domain authority dan cara tepat untuk meningkatkannya. Tentunya saat ini Anda sudah memahami sedikit hal tentang domain authority, bahwa elemen ini menjadi salah satu tolak ukur yang bisa digunakan dalam memprediksi ranking situs di mesin pencarian.

Namun, untuk bisa membuat domain authority yang kuat dan baik, tentu Anda sebagai pebisnis harus menyiapkan anggaran yang cukup untuk berbagai sumber daya yang tepat, dari mulai sumber daya manusia, tools, dan hal lain sebagainya.

Nah, agar bisa lebih mudah dalam membuat anggaran, #lebihbaik Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis terlengkap dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Laporan tersebut juga bisa Anda akses secara mudah di mana saja dan kapan saja. Sehingga, Anda bisa membuat anggaran bisnis secara mudah.

Ayo buktikan sendiri dengan mencoba Accurate Online selama 30 hari, gratis!

digitalmarketingbanner
sidebarPromo
Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait