Cara Berjualan di Facebook Agar Dagangan Cepat Laku

Meski telah lama ada, Facebook masih menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di dalamnya. Kondisi ini dimanfaatkan oleh banyak pelaku usaha sebagai tempat untuk berjualan dan mempromosikan bisnisnya. Beberapa dari Anda mungkin sudah tahu bagaimana cara berjualan di Facebook. Namun, sudah tahukah Anda bagaimana cara memaksimalkannya agar dagangan lebih cepat laku?

Pada dasarnya, cara berjualan di Facebook cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengunggah foto produk Anda dan menuliskan deskripsi terkait produk tersebut.

Namun, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar pemasaran produk lebih efektif dan efisien. Berikut ini dijelasan lebih lanjut terkait hal tersebut yaitu cara berjualan di Facebook.

Cara Berjualan di Facebook

1. Gunakan Fitur Marketplace

Fitur Marketplace yang disediakan oleh Facebook ditujukan bagi para pengguna Facebook untuk menjual dan membeli barang. Dimana fitur ini mirip dengan marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia.

Fitur ini ditampilkan secara sederhana dan terletak di bagian kiri halaman saat Anda login ke Facebook melalui Desktop. Fitur ini juga akan menampilkan informasi produk Anda secara lengkap, mulai dari foto produk, harga, lokasi, deskripsi detail produk, hingga nama Anda sebagai penjual.

Adapun untuk melakukan transaksi, sistem yang diberlakukan ialah Cash On Delivery (COD) yang mengharuskan Anda untuk bertemu dengan pembeli. Tujuannya jelas untuk mengindari penipuan, baik yang dilakukan oleh penjual ataupun pembeli.

Meski begitu, penjual dan pembeli dapat berdiskusi terlebih dahulu terkait kesepakatan harga. Apabila Anda sebagai penjual cepat tanggap dalam membalas pesan pembeli, Facebook akan memberi Anda lencana “Sangat Responsif” pada profil Marketplace Anda.

2. Manfaatkan Grup Jual Beli

Fitur grup di Facebook memang sudah lama tersedia. Namun kini, tersedia pula grup yang mengkhususkan diri sebagai tempat bagi para penjual mempromosikan barangnya.

Keberadaan grup tersebut harus Anda manfaatkan sebagai bagian dari cara berjualan di Facebook yang lebih efektif dan efisien.

Anda bisa mengikuti grup jual beli berdasarkan lokasi yang bisa Anda jangkau. Anda pun hanya perlu mengunggah produk untuk memperbesar peluang produk cepat laku. Nantinya, calon pembeli akan menghubungi via pesan di Facebook atau kontak yang Anda cantumkan.

Baca juga: Indexing: Ini Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya

3. Gunakan Foto yang Orisinil dan Menarik

Langkah terpenting selanjutnya dalam cara berjualan di Facebook agar dagangan Anda cepat laku yaitu dengan menampilkan foto produk yang orisinil dan menarik. Salah satu alasan pembeli tertarik dengan suatu produk adalah karena gambar yang terlihat orisinil sehingga bisa dipercaya keasliannya.

Foto yang menarik juga bisa diartikan sebagai foto yang jelas dan tidak buram. Jangan sampai pembeli kecewa karena foto produk dengan kondisi barang aslinya tidak sesuai atau tidak sama.

4. Tampilkan Informasi Produk Secara Lengkap

Informasi terkait produk juga harus disampaikan dengan jelas dan lengkap. Hal ini akan memudahkan calon pembeli memahami detail produk dan menghindari kesalahpahaman yang mungkin terjadi kedepannya.

Tak hanya itu, ketika pelanggan membandingkan sebuah produk di antara dua toko, pelanggan cenderung akan membeli produk dengan informasi yang lengkap.

5. Pelajari Copywriting

Copywriting merupakan suatu metode pembuatan materi yang biasanya berupa tulisan, yang bertujuan untuk mengajak calon konsumen untuk membeli produk yang diiklankan. Dalam hal ini, copywriting perlu dipelajari teknik penulisannya, meski sekilas terlihat mudah untuk dilakukan.

Copywriting harus diibuat semenarik mungkin agar audience penasaran dan mau mengenal lebih jauh produk Anda. Copywriting yang baik juga akan membentuk branding yang baik terhadap bisnis Anda secara keseluruhan.

Baca juga: Verified Instagram: Ini Syarat dan Keuntungannya

6. Berikan Respons yang Baik

Ketika orang tertarik dengan produk Anda, mereka akan menghubungi untuk mencari tahu lebih lanjut. Ketika hal itu terjadi, berikan respon yang baik dan sopan. Hal ini akan membuat pelanggan merasa dihargai.

Jangan terlalu pemilih dalam menanggapi pesan dari calon pembeli. Layani semuanya dengan baik, meski pada akhirnya mereka hanya bertanya dan tidak jadi membeli.

7. Buat Fanspage

Fanspage adalah halaman khusus yang disediakan oleh Facebook, yang berisi informasi yang hendak disampaikan oleh pemilik akun. Dalam hal ini, akun fanspage dapat digunakan oleh lembaga pemerintahan, komunitas, organisasi, brand, hingga toko online. Karena itu, Anda bisa menggunakan layanan ini untuk memaksimalkan perkenalan atas produk Anda.

Sedikit berbeda dengan akun personal, terdapat tombol ikuti yang bisa diklik apabila pengguna ingin mengikuti akun fanspage tersebut. Setiap unggahan dalam fanspage tersebut juga dapat disukai, dikomentari, dan dibagikan oleh pengguna.

8. Gunakan Layanan Facebook Ads

Cara berjualan di Facebook selanjutnya yang baik untuk Anda lakukan yaitu menggunakan layanan Facebook Ads. Dimana layanan ini cenderung memberikan hasil yang cepat dibanding poin lainnya di atas yang tergolong organik.

Facebook Ads sendiri merupakan layanan berbayar yang ditujukan untuk menyebarluaskan kampanye dengan audiens yang tertarget. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan layanan ini bervariasi, mulai dari 10 ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantung pengaturan iklannya.

Untuk dapat menjalankannya, Anda pun harus memiliki akun bisnis terlebih dahulu.

Baca juga: Yuk, Maksimalkan Bio Instagram Untuk Akun Bisnis yang Lebih Menarik!

Penutup

Itu dia beberapa cara berjualan di Facebook yang bisa mulai Anda lakukan untuk memaksimalkan penjualan produk Anda. Dimaana hal tersebut secara tidak langsung juga akan meningkatkan brand awareness secara keseluruhan.

Adapun hal di atas merupakan salah satu pemanfaatan kemajuan teknologi. Dimana kemajuan teknologi ini tidak hanya bisa dirasakan melalui bidang pemasaran dan penjualan, namun juga pengelolaan keuangan.

Dalam hal ini, kini telah tersedia software akuntansi dan bisnis yang mampu membantu perorangan atau pelaku usaha dalam mengelola dan membuat laporan keuangan secara lebih efektif dan efisien. Seperti halnya yang dilakukan oleh Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Di dalamnya, juga tersedia beragam fitur dan keunggulan yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari, silahkan klik banner di bawah ini.